badge

Monday, April 27, 2015

Memperingati Hari Kartini 2015 di TK Al Huda

Seperti kebanyakan sekolah-sekolah yang ada di Indonesia, setiap tanggal 21 April selalu diperingati sebagai hari Kartini. Momen ini diperingati untuk mengingat jasa Kartini pada masanya sehingga bisa membuat perempuan Indonesia bisa belajar dan bersaing dengan pria. Tapi sebagai perempuan tentu saja kita harus tahu kodrat sebagai perempuan ya, tidak hanya mengedepankan emansipasi saja.

Entah mengapa setiap tanggal 21 April hari Kartini identik dengan memakai pakaian adat. Tapi ya saya hanya mengikuti apa yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah saja untuk mengenang jasa-jasa Kartini.


Seminggu sebelum hari Kartini kami orang tua murid sudah diberikan surat pemberitahuan bahwa murid-murid diminta mengenakan pakaian adat atau profesi. Acara Kartini ini sendiri tidak diadakan tepat tanggal 21 yang jatuh pada hari Selasa, melainkan diadakan pada tanggal 25 yang bertepatan dengan hari Sabtu. Sengaja diambil hari Sabtu agar orang tua yang bekerja bisa menyaksikan karnaval anak-anak di sekolah.

Kalau tahun lalu Ade saya sewakan pakaian adat dari Padang, maka tahun ini saya menyewa pakaian adat asal Aceh. Enaknya punya anak laki-laki gak perlu repot saat memakai pakaian adat :). Pakaian adat yang Ade pakai berwarna kuning lengkap dengan topi raja Aceh dan rencong mainan sebagai pelengkapnya.

Anak-anak jadi bisa mengenal berbagai pakaian daerah yang ada di Indonesia, juga pakaian profesi. Setelah melakukan karnaval di sekitar sekolah, anak-anak melakukan semacam fashion show untuk mengenalkan pakaian daerah yang dikenakan. Selain itu juga melatih keberanian anak-anak untuk tampil di muka umum. Saaat tampil dihadiri oleh orang tua murid.

Ade bersama teman-temannya
Sewaktu saya melihat profile picture keponakan alias anaknya Ade saya di Sawangan kok pakai baju adat dengan warna kuning juga sama seperti warna pakaian adat yang Ade kenakan. Sehati banget deh ini pilihan warnanya sama-sama kuning, sama-sama mempunyai nama depan dengan suku kata Al :). Saat saya memasang foto dibawah ini ada beberapa teman yang japri menanyakan pakah itu calon besan hehehe ada-ada saja ya.
Alvin dan Alma







23 comments:

  1. hehehhe.....ngepas banget ya Mba, seleranya sama, kuning menyala. Andai ada Hari Teuku Umar, Ade sudah cucok tuh..ganteng deh.

    ReplyDelete
  2. hehehe bisa sehati gitu padahal gak janjian ya mbak. sekolahnya navaro tahun ini gak kartinian jadi gak bisa ndandanin :D

    ReplyDelete
  3. itu judulnya harusnya "Memperingati Hari Kartini 2015 di TK Al Huda"

    ReplyDelete
  4. Hehehe..terlalu dini untuk besan-besanan sepertinya :D
    Ade cakep beud siiih... bener sih mbak, ga repot kalau anak cowok^^

    ReplyDelete
  5. ade ganteng pake baju adat aceh.. ;)

    ReplyDelete
  6. seru ya kartini anak2 tk...tahun ini saya ga kartinian si kaka udah sd , adiknya belum sekolah....tahun kemarin ngerasain rempongnya nyari baju daerah sewaan karena salon2 dekat rumah sudah penuh

    ReplyDelete
  7. Wah lucu mbaaak. Hahaha. Dulu aku nggak pernah sempet main begituan, TK aku nggak lulus. Huhhuhu.
    Salam kenal ya mbaak. \(w)/

    ReplyDelete
  8. setiap tahun selalu sewa baju daerah, dong, Lid. Kalau anak-anak saya dari TK s/d SD sekolahnya gak pernah ngadain kartinian. Cuma sekali doang pas TK. Abis itu gak pernah lagi hihihi

    ReplyDelete
  9. selamat untuk ibu negara yang satu ini

    ReplyDelete
  10. Alfi belum bisa ikutan kartinian, nanti kalo sudah TK mau saya dandanin mbak

    ReplyDelete
  11. Hihiii... lucu dan ngegemesin tuh kalo lihat anak-anak pake baju adat begini. Sayangnya kemarin pas Naufal pakai baju adat, aku lagi ke Pacitan, jadi gak bisa foto-foto.

    ReplyDelete
  12. Senangnya melihat anak kecil yang pake pakaian adat gitu, lucu2 banget. Ortunya gak disuruh pake kebaya sekalian ya? Hehe...

    ReplyDelete
  13. Cakep sekali Ade pake baju ala Teuku Umar :D

    ReplyDelete
  14. aku malahan jarang untuk memperingati hari kartini

    ReplyDelete
  15. Kalo kakak2 yg di SD kayaknya udah nggak pakai pakaian adat kartinian lagi yah hihihi...

    Adek2 yg di TK meriah dgn kostum adatnya.. semoga pakaian daerah tetap lestari.. ^_^

    ReplyDelete
  16. di TK nya Fayda juga sama mak pakai baju adat atau profesi. Enaknya kalo anak laki2 gitu ya mak, gak ribet mesti dandan hehehe... kalo di TK nya Fayda, setelah pake baju adat,lalu pawai/karnaval

    ReplyDelete
  17. kartini sebenarnya tidak terlelu menyukai adat istiadat loh

    ReplyDelete
  18. Iya memang mbak, kalo anak cowok gak repot urusan ginian :D

    ReplyDelete
  19. betul maakk...enaknya punya anak laki2, ga perlu riweuh ke salon pas kartinian, hehe.
    alvin kamu unyuu dehh

    ReplyDelete
  20. Ihihihi.. Lucu banget ya, Mbak.. :D

    ReplyDelete
  21. Gantengnyaaa... Asiknya klo punya anak usia segini. Hari hari sll penuh kejutan!

    ReplyDelete
  22. Seneng banget liat anak kecil pake pakaian adat. Anak saya juga belum lama ini ikutan kartini. Jadi inspirasi saya buat nulis nih artikel. Nice share...

    ReplyDelete
  23. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai memperingati hari kartini Indonesia.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai indonesia.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di Indonesia Gunadarma

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...