badge

Monday, April 13, 2015

Seblak Basah

Lagi happening banget ya kayanya yang jual seblak. Di dekat rumah ada dua yang jual nih sampai laris manis. Sebetulnya saya mengenal seblak sudah lama sejak kecil, tapi yang saya kenal biasanya seblak kering. Seblak kering itu adalah kerupuk yang diberi bumbu cabai yang rasanya pedas. Nah dulu waktu kecil saya suka beli kerupuk warna warni gitu di simpan di daun lalu di beri sambal encer mungkin bisa dikategorikan seblak juga ya.


Nah saat ini banyak yang menjual seblak basah. Untuk seblak basah sih saya baru mencoba belakangan ini. Buat yang belum tahu seblak apa sih? Seblak adalah makanan khas yang berasal dari Bandung berupa kerupuk yang di rebus (biasanya menggunakan kerupuk yang agak kenyal) lalu di beri bumbu pedas. Bumbunya sih selera sih kalau mau buat biasanya terdiri dari bawang putih, garam, kencur, penyedap rasa dan yang utamanya adalah cabai.

Untuk saat ini penjual seblak memodifikasi isi dari seblak yang di jualnya, selain kerupuk, ada makaroni dan kwetiaw yang sudah direbus. Ada bakso, kornet, telur bahkan ada yang menggunakan ceker ayam di tambah dengan sayuran seperti sawi dan brokoli. Di dekat rumah saya satu portsi biasa di jual 7000 rupiah. Kata suami saya untungnya banyak banget ya yang jual hehehe, namanya juga berjualan ya. Jadi tantangan buat saya nih membuat sendiri seblak dirumah. 

Ade suka juga loh makan seblak pedas, beda dengan Aa yang kurang suka pedas. Kalau Ade biasanya saya rebuskan lagi makaroni saat makan seblak ini, dia lebih suka makaroni yang banyak. Saat saya menginap di salah satu hotel di Bandung, mereka juga sudah menyediakan makanan seblak ini pada menu makannya loh.

Walaupun banyak penjual seblak tapi rasanya berbeda ya. Mungkin ada suatu bumbu rahasia yang tidak dimiliki oleh penjual lainnya. Pingin banget tanya resepnya sama si penjual seblak yang rasanya enak ini. Hehehe pasti gak dikasih lah ya. Bisa-bisa nanti penjualnya ada saingan dan tidak laku lagi berjualan.

Nah ini dia seporsi seblak pedas yang baru saja saya beli di dekat rumah. Penjualnya mangkal di dekat sekolah SMK makanya laris manis sekali nih. Pagi saya lewat penjualnay sedang melayani penjual. Setiap saya lewat penjualnya tidak pernah berhenti melayani penjual. Biasanya seblak habis saat magrib tiba.


18 comments:

  1. Waaah...kayaknya enaaaak...pedes lagi! Kalau ada yang jual di sini aku pasti dah Langganan hehehe..mau coba bikin sendiriiii aaah 😊

    ReplyDelete
  2. aku sukaaaa seblakkkk....nti bawaaain yaaa kalo ketemuuu

    ReplyDelete
  3. Aku belom pernah makan seblak dan baru tau sekarang. Keliatannya enak :)

    ReplyDelete
  4. di sini ga ada yg bikin Mbaa.. jd akubsering bikin sendiri. Hihihi

    ReplyDelete
  5. Sepertinya tuh makanan enak, mana pas bangad lagi momennya lagi lapar gini.

    ReplyDelete
  6. Idiiih...pengen, Lidya...saya belum pernah nyobain seblak yang dari macaroni gini, biasanya mah dari kerupuk aci, jadi rasanya kayak kwetiau gitu deh... :D

    ReplyDelete
  7. aku pertama kali ngicip kaya gini pas dibandung. agak aneh sih pertamanya. cuma ya enak juga. heheh

    ReplyDelete
  8. Emang lagi heitz banget yah kayaknya seblak. Kalau liat seblak inget tteokpokki. Aku belum pernah makan seblak Mbaaa... bagi dongs...

    ReplyDelete
  9. rahasia perusahaan, mana mungkin dikasih tahu mbak :D
    sama aja bunuh diri, hehe

    ReplyDelete
  10. saya baru tahu ada makanan macam itu :D

    ReplyDelete
  11. Sy blm pernah makan seblak hehehe
    lgan sy jg g mampu makan pedas :D

    ReplyDelete
  12. Aku belom pernah makan seblak... Heuheu, pingiin. Nanti klo aku ke Bekasi, traktir dong ya... :p

    ReplyDelete
  13. Minyak goreng sekarang ga laku di rumah, kerupuknya beralih fungsi buat dijadiin seblak terus sih heheh

    ReplyDelete
  14. Akuu sukaaa Seblak, mbak.
    Apalagi yg pedeeeeees
    nyam nyam rasanya :D

    ReplyDelete
  15. pingin seblak, di surabaya ngak nemu -_-

    ReplyDelete
  16. perasaan pernah lama di bandung, kenapa baru denger makhluk yang kek gini ya..?

    ReplyDelete
  17. slruuup... jadi pengen makan seblak..!

    ReplyDelete
  18. saya suka seblak, dulu pernah nyoba bikin seblak kerupuk. Skrg ini memang bnyk modifikasi seblak ya mak...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...