badge

Thursday, June 25, 2015

Membuat Paper Craft Bersama Anak

Liburan sekolah anak-anak masih panjang, bosan juga kalau gak diisi dengan kegiatan yang menyenangkan ya. Sesekali nonton kartun atau main games boleh lah tapi lama-lama pasti jenuh. Apalagi liburan kali ini waktunya bertepatan dengan ramadhan, ga bisa cemal-cemil .

Kegiatan di rumah agak bebas tapi ada aturannya juga lah. Untuk mandi pagi gak terlalu buru-buru seperti biasanya hari sekolah. Mau mainan apapun yang ada di rumah juga boleh, gunting kertas, main lego dan lain-lain. Tapi ada syaratnya harus dirapikan kembali , hehehe emak gak mau rugi beresin mainan.

Hari pertama, kedua ramadhan masih gak berasa apa-apa. Paling anak-anak ikut membantu bikin pudding, atau kolak. Walaupun mereka laki-laki mau kok di suruh mengaduk atau sekedar mengambilkan alat masak. Kadang-kadang malah rebutan ingin berlomba satu sama lain kalau di suruh mengambil barang.

Hari ini bingung nih mau main apa, mamanya juga lagi gak punya ide. Akhirnya mereka main ipad deh sambil lihat-lihat gambar yang mereka suka. Aa browsing membuat papercraft. Langsung deh saya sediakan kertas, kami memang menyediakan kertas berbagai ukuran biasanya beli 1 rim. Aa dan Ade masing-masing membuat kreasi mainan dari kertas sesuai selera masing-masing. Ada yang mencontek contoh ada pula yang bikin sembarangan.


Aa membuat tank dan danbo dari kertas putih. Kalau Ade membuat pedang katanya. Banyaknya sih dia menggambar naruto, gak tau deh lagi suka gambar naruto di kertas sampai banyak sekali.



Biasanya sih hasil prakarya mereka saya simpan, nanti kapan-kapan mereka memainkannya lagi. Jadi inget nih Ade pernah membuat es krim dan teropong di sekolah. Tentu saja membuatnya di bantu oleh gurunya ya.

pedang buatan Ade
Banyak papercraft yang bisa di ikuti di internet nih kalau mau cari ide kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak-anak di rumah saat libur begini. Katanya sih Aa besok mau buat kapal selam dari botol air mineral, kita tunggu aja ya hasilnya. Biasa sih saya Cuma bisa melihat aja gak ikutan bikin J. Biar mereka kreatif hehehe alasan padahal emang mamanya gak kreatif. Cari lagi kegiatan untuk besok ah. Ada ide gak teman-teman?

42 comments:

  1. Cobaa danbonya cokelat... Hihi, jd pingin mkn cokelat :p

    ReplyDelete
  2. di tunggu mbak hasil karya aa, kapal selam dari botol air mineralnya hehe

    ReplyDelete
  3. seru ya bikin papercraft... :)

    ReplyDelete
  4. asik nih mak buat nunggu bedug. suka mati gaya ngapain lagi ya kegiatan di rumah, soalnya sekolah jg libur lama. kalo pergi keluar selain boros, juga kasian anaknya cape.

    ReplyDelete
  5. Mak, ajak anak - anak ke Perpus yang lagi hit di Cikini yuk....atau ke Planetarium, gimana?

    ReplyDelete
  6. Maknya kreatipp. AKu kalo yang kaya gini biar bagian bapake ajalah, malah kaco kalo aku yang ngajarin hihiii

    ReplyDelete
  7. bagus-bagus mba hasilnya,apalagi yang tank :D

    ReplyDelete
  8. Wah ide bagus ne mbak..bentar lg byk ponakan2 ngumpul..pst mereka cpet bosan klo d rmh diem aj. Bisa diajarin paper craft.

    Ngomong2 mbak Lidya nulisnya byk yg kurang hurufnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya Ajeng makasih koreksinya :) keyboardnya di kepenet tapi ga keluar huruf aku gak cek lagi

      Delete
  9. Ini aku dah pin beberapa crafttng di pinterest. Tp nunggu PPDB selesai, baru garap sm arya :)

    ReplyDelete
  10. mbak ada webnya kok kalau mau bikin papercraft..zalasad.com kalau ga salah.banyak karakter lucu disituuu

    ReplyDelete
  11. kalau anakku suka dengan mainan play doh / lilin itu. tapi bikin dari terigu dll ada bahannya. hehee. asik nih liburan panjang ya

    ReplyDelete
  12. Ini baru keren Mbak...memanfaatkna internet untuk mencari ide2 kreatif...semoga gak lupa tak terapin ke Zafa saat Zafa udah seumuran Alvin hehehe

    ReplyDelete
  13. lucuu lucuu paper craftnya, ngga harus pake kertas yang mahal ya mba ^^

    ReplyDelete
  14. Coba Danbo'a di kasih lubang buat mata sama mulutnya, pasti lebih mirip lagi mba. tapi segitu juga udah bagus hasilnya :)

    ReplyDelete
  15. wah seru membuatnya bareng anak :)

    ReplyDelete
  16. Adik aku malah beli papercraft mba heuheu. Papercraft bergambar naruto, karakter kartun kesukaannya. Belinya 2500/biji hahaha

    ReplyDelete
  17. Iya mbak, sekarang enak ya, tutorial crafting banyak beredar di internet

    ReplyDelete
  18. anak-anak kalau diajakin maen paper craft suka dan sangat bersemangat banget, apalagi jika kemudian mereka mampu membuat sesuatu sesuai keinginan dan imajinasinya...wah hebohnya maratan langit banget, seluruh warga desa pasti di kasih tau....maklum namanya juga anak-anaknya Kades...tinggal ambil towa di mesjid lalu di uar-uar deh hasil karya paper craftnya...lebay

    ReplyDelete
  19. Bulan puasa kali ini beneran free dr kegiatan sekolah, ya. Aku jg awalnya khawatir anak2 bosan, tapi ternyata mereka udah punya rencana mau ngapain aja selama liburan di rumah. Jd pada sibuk masing2. Cuma moses aja nih yg agak rewel, krn biasanya kegiatan dia banyakan outdoor. Bulan puasa ini libur semua :D

    ReplyDelete
  20. sangat layak blognya daftar ke GA.
    coba klik Powered by Blogger terus klik gambar piala (penghasilan) di dasboadr, lalu ikuti panduan selanjutnya

    ReplyDelete
  21. Pedangnya cakep banget. . . :)

    ReplyDelete
  22. Wah bagus-bagus. Kreatif banget si Aa..

    ReplyDelete
  23. hihi danbonya lucu, coba diwarnai biar tambah bagus :)

    ReplyDelete
  24. iya mbaaak...
    Puasa kali ini liburnya lamaaa,...
    Aku juga bingung mau ngapain nih, takut pada bosen...

    Asyik juga nih idenya mbaak :)

    ReplyDelete
  25. Kreatifitas anak2 terlatih dgn papercraft. Mereka pun senang sekali y mbak...

    ReplyDelete
  26. Aa sama Ade sini atuh bantuin masak hihihihi

    ReplyDelete
  27. Trus buat perang2an nggak tuh?

    ReplyDelete
  28. Faiz ikut umminya ke kantooooor, titip Faiz ya main bareng pas-cal, bikin paper craft minion

    ReplyDelete
  29. semakin mengasah kreatifitas anak ya mak :D

    ReplyDelete
  30. Kangen main kertas. Klo ponakanku hobi gunting, blm bs nempel

    ReplyDelete
  31. Keren, bisa dicoba buat mainan sama keponakan.

    ReplyDelete
  32. liburan lama gini mah emang menuntut kreatifitas... gak mungkin jalan2 terus, bisa2 gak jadi lebaran hehehe

    ReplyDelete
  33. Hasyeeekk,,,mengisi waktu bersama anak2 emang seru ya mak,, tapi beberesnya ruarr biasa xixixi,, bikin busa dari sabun mak, kan lumayan tuh mainan air, jd sedikit melegakan tenggorokan,, eh,,hahaha

    ReplyDelete
  34. asiknya zama sekarang tuh begitu. Walopun kita gak kreatif, tapi bisa dapet ide dari mana-mana :D

    ReplyDelete
  35. aku selalu suka sam aorangtua yang kreatif mencari berbagai aktivitas manfaat buat anak2nya saat liburan. Bisa jadi rekomendasi aku nih mak nanti :)

    ReplyDelete
  36. kreativitas Aa dan Adek yang didukung oleh kreativitas mama ya Jeng

    ReplyDelete
  37. Liburan butuh kretifitassss ya....pascal alvin..coba ajak mamany jalan-jalan hihi sekalian liburan gt

    ReplyDelete
  38. Aa pinter. Yuk bikin lagi a. Memang asyik main sama anak ya mak

    ReplyDelete
  39. wah...seru banget ya kalo bisa berkreatifitas sama anak...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...