badge

Saturday, September 12, 2015

Menjaga Kebersihan Ala Anak TK

Saya punya tempat menunggu atau meeting point di Bekasi saat janjian  akan menghadiri suatu event blogger. Salah satunya adalah di depan Mega Bekasi atau biasa kami menyebutnya Giant. Biasanya saya janjian dengan Orin dan Irma Susanti alias Mak Jurbay Makminnya KEB.

Jum'at kemarin seperti biasa saya janjian lagi di sana. Karena saya datang lebih dahulu, sambil menunggu saya duduk di kursi yang ada di depan pintu masuk Mal tersebut. Pagi itu saya melihat banyak anak TK yang sedang berbaris di depan. Saya pikir murid TK tersebut akan melakukan kunjungan ke Mal untuk berbelanja di Supermarket.

Saya terus memperhatikan anak-anak tersebut. Ternyata guru mereka sedang mengajarkan tentang pentingnya menjaga kebersihan dimanapun berada. Untuk mengajarkan secara langsung anak-anak di minta mengambil sampah yang jatuh di sekitar Mal, kebetulan Mal saat itu masih tutup karena masih jam 9 pagi. 







Tidak lama gurunya memberikan beberapa kertas kecil kepada setiap murid untuk dibagikan pada pengunjung yang sedang menunuggu di Mega Bekasi. Saya pun menerima kertas tersebut yang berisi tulisan "Jagalah Kebersihan - Buang Sampah Pada Tempatnya". Senang sekali raut wajah mereka saat saya menerimanya.
Saya baca tulisan yang ada di balik kertas tersebut. Anak-anak TK itu sekolah di TK Bintang Bersinar yang lokasinya ada di gedung Mega Bekasi Hypermall tersebut. Oh pantas saja mereka pagi-pagi ada di sana.

Program mengajarkan kebersihan ala anak TK ini unik juga. Jadi saat mereka ada dimana pun bisa belajar menjaga kebersihan. Jika ada sampah selalu membuang ke tempat sampah yang ada atau di kantongi terlebih dahulu. Jaga selalu kebersihan ya ade-ade :).

Anak-anak tersebut senang sekali saat kertas yang dimiliki habis di bagikan pada orang-orang yang ada disekitar. Tapi ada salah satu bapak yang diberikan kertas menolak, padahal anak kecil ini berlari mengikuti dari ujung sampai ujung. Duh kasihan sekali ya, apa salahnya sih mengambil dan menyenangkan anak tersebut. Ada raut kekecewaan saat tidak berhasil memberikan kertas tersebut. Saya harap si anak bisa belajar juga bahwa tidak selamanya apa yang kita mau diinginkan oleh orang lain dan bisa selalu sabar ya nak.

31 comments:

  1. hihihi lucu ya ngajari anak kecil..
    kalo sekarang paling cuci tangan dan bersihkan maenan

    ReplyDelete
  2. Kalau aku membiasakan anak-anak buang sampah pada tempatnya dengan kasih tempat sampah di ruang tamu, kamar mereka, dapur, ruang tengah. Di mana-mana tempat sampah lah :D
    Di mobil saja ada 2 tempat sampah.
    Menurutku, kebiasaan membuang sampah itu harus dibiasakan sejak dari kecil ya, Lidya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak di awali dari rumah mudah-mudahan terbiasa saat di luar rumah

      Delete
  3. jadi, intinya buanglah sampah pada tempatnya :)
    he he he

    jadi ingat jaman dulu waktu ada kampanye GDN
    sayangnya, sekarang udah lenyap...

    ReplyDelete
  4. Selalu menarik jika membahas tentang anak-anak. Mengajarkan kebersihan pada anak penting sekali untuk bekal saat dewasa kelak, agar anak lebih aware. Mungkin bapak yg tdk mau dikasih itu, kecilnya tdk dapat pembelajaran tentang bgmn peduli terhadap lingkungannya, jadi acuh aja dan tak mau saat dikasih...

    Best regard,
    Adi Pradana

    ReplyDelete
    Replies
    1. setidaknya lebih empati pada anak-anak ya dengan menerima

      Delete
  5. Mengajarkan hal-hal basic semacam ini memang harus dimulai dari kecil ya Mbak Lid..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul dan orang dewasa harusnya belajar pada anak kecil :)

      Delete
  6. pendidikan menjaga kebersihan memang hrs sejak kecil ya mbak.. Bapak yg menolak pemberian anak tk itu mgkn butuh piknik mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasihi vocer buat piknik aja heheh, itu ada foto si bapaknya tapi aku crop takut bermasalah kalau di publish

      Delete
  7. Aku suka kata-kata penutupnya. Itu bener banget. Jleb juga! -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar mengalami kekecewaan supaya lebih tangguh :)

      Delete
  8. Sama kayak @operasisemut ya pingin ngajarin buat buang sampah pada tempatnya.
    Ini susah banget lho ngajarin orang untuk tidak asal membuang ketika ga nemu tempat sampah.
    Alasannya pasti kalau bukan nyalahin tempat sampah yg jauh, ya nyalahin ngapain buang sampah bener ntr tukang kebersihan ga ada kerjaan.
    Padahal kan ya kayak gt caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus di mulai dari diri sendiri untuk disiplin ya, jangan menyalahkan karena gak ada tempat sampah

      Delete
  9. hal yang kecil dimulai dari yang kecil, dari anak tk dan dari rumah

    ReplyDelete
  10. iyah ini saah satu pendidikan karakter katany, ayo jangan buang sampah sembarangan ya

    ReplyDelete
  11. dari kecil sudah di ajari tentang kebersihan, berharap besarnya nanti akan lebih kreatif lagi dan senantiasa menjaga kebersihan untuk diri sendiri dan lingkungannya... :)

    ReplyDelete
  12. TKnya itu di mall rupanya yaa..

    Iya nih, anak saya Sedja yang baru TK A saja selalu ingat sikat gigi setiap selesai makan dan sebelum tidur. Terus asal selesai ngemil, kemasannya pasti dibuang di tempat sampah. Ketemu sampah dikit udah resah mau cari tempat sampah :D

    ReplyDelete
  13. Diiih nggak sensitif banget sih si bapak. Moga2 anak baik itu nggak kecewa berat.

    ReplyDelete
  14. Waahh bapak2 yg kayak gini yg biasanya buang sampahnya sembarangan *ehhhh hahaha

    ReplyDelete
  15. Sebuah cara mendidik yang sangat berkesan menurut saya :)

    ReplyDelete
  16. Anak TK aja bisa bersih ya..masak ya udah dewasa kalah :)

    ReplyDelete
  17. hehe iya ya apa salahnya ngambil aja kertasnya yang dibagiin anak2 biar anak2 seneng ya... aneh juga bapak itu ya...

    ReplyDelete
  18. Waah, asik.. Ada harapan generasi masa depan bisa lebih memperhatikan lingkungan ya mbaak :)

    ReplyDelete
  19. Belajar menjaga kebersihan memang harusnya dilakukan sejak kecil ya :)

    ReplyDelete
  20. Ngga cuma nyuruh yah mba, tapi ngasih contoh juga :)

    ReplyDelete
  21. Gemes kalau lihat anak2 yg pada peduli lingkungan. Pinteer. . .

    ReplyDelete
  22. anak ku angot2an, kadang mau buang ke tempat sampah kadang enggak, kalau lagi nggak mau, tetep bilang sambil ngeledek "Icha buang di sini, nggak di tempat sampah" cobaakk, anakuhh

    ReplyDelete
  23. nah ini bagus sekali. anak-anak dibiasakan begini agar kelak sudah besar terbiasa. duh kasian sekali si adeknya :( tega banget tuh bapak-bapak gak mau dikasih kertas >.<

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...