badge

Tuesday, April 19, 2016

Tips Photoshop: Membuat Photo ala Studio Photo

Ceritanya lagi belajar Photoshop sendiri nih, kemana aja selama ini hehehe. Baru sempat belajar sekarang. Lebih baik terlambat daripada gak belajar sama sekali bukan (ngeles). Postingan ini saya buat berdasarkan pengalaman saat belajar, siapa tahu aja ada teman-teman yang mau ikutan belajar juga.

Foto yang akan saya edit adalah foto kartinian Alvin tahun lalu, waktu itu menggunakan pakaian adat dari Aceh. Sayang sekali waktu itu saya tidak mengambil foto Alvin sendiri dengan background yang sudah disediakan, kami diberikan foto yang sudah tercetak.

Pada postingan ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana meng-crop foto (agar Alvin sendiri) dan membuatnya seperti foto di studio dengan background abstract. Pastinya teman-teman sudah banyak yang ahli menggunakan photoshop dong, tapi tidak ada salahnya saya berbagi itung-itung mendokumentasikan hasil belajar saya.

Berikut ini adalah foto aslinya yang akan saya olah



Saya menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CC 2015 untuk mengedit foto ini. Setelah Photoshop terbuka, klik File -> Open kemudian cari dan pilih foto tersebut, setelah terbuka akan tampil seperti gambar di bawah ini


Pada pojok kanan bawah ada Tab Layers yang berisi informasi layer - layer yang aktif digunakan. Foto yang telah terbuka tadi akan otomatis diberi nama 'Background" oleh Photoshop.

Selanjutnya pilihlah "Quick Selection Tool" pada toolbar di sebelah kiri, dan setelah terpilih klik pada kepala Alvin.


Setelah kepala Alvin diklik, akan terlihat suatu jalur yang bergerak - gerak mirip semut sedang berbaris mengelilingi kepala Alvin. Hal ini menandakan bahwa kepalanya sudah terpilih atau ter-select. Lanjutkan ke baju hingga kaki dengan cara yang sama yaitu mengklik. Jika pada saat mengklik tersebut secara tidak sengaja melakukan kesalahan , misalnya mengklik pada area yang tidak diinginkan secara tidak sengaja, jangan panik. Jika kesalahan ini terjadi maka bisa di-undo dengan menekan tombol Ctrl+Z atau Cmd+Z. Cara lain untuk mengoreksi kesalahan pilih adalah dengan menggunakan tool "Substract from selection" yang bisa ditemukan pada toolbar atas, iconnya sama dengan icon "Quick selection tool", bedanya ada tanda minus.

Selanjutnya setelah Alvin sempurna terpilih akan terlihat seperti gambar di bawah ini


Langkah selanjutnya adalah membuat layer baru yang berasal dari seleksi tadi. Caranya adalah pilih menu Layer -> New -> Layer Via Copy, lihat gambar di bawah



Setelah itu akan muncul layer baru pada Tab Layer, Photoshop akan secara otomatis menamakan Layer ini "Layer 1"


Gantilah nama Layer 1 sesuai keinginan (atau boleh juga dibiarkan apa adanya) , saya akan menamakan layer ini Alvin. Cara mengganti namanya adalah dengan cara mengklik 2 kali pada nama layer tersebut, kemudian tinggal ditulis nama barunya.



Klik ikon "Mata" pada Layer "Background" , untuk menyembunyikan layer Background ini, selanjutnya yang terlihat hanyalah layer Alvin seperti gambar di bawah ini.



Geserlah foto Alvin agar berada ditengah, caranya adalah 

1. pilih "Quick Selection Tool" kemudian select seluruh badan Alvin.
2. pilih "Move Tool"dan pindahkan badan Alvin ke tengah.

Langkah dan hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Oh ya seandainya ada bagian - bagian yang tidak diinginkan dan ingin dihapus, gunakan Eraser Tool atau cukup tekan tombol E, dan kemudian sapukan pada bagian yang ingin dihapus.


Selanjutnya klik ikon "Mata" pada Layer "Background" agar background terlihat kembali seperti gambar di bawah ini. Jangan kuatir kalau kemudian terlihat ada 2 badan Alvin, karena background ini akan kita olah agar menjadi blur.


Sebelum dijadikan blur, saya akan menambahkan brush secara acak dengan warna acak, agar hasil blurnya nanti terlihat lebih natural. Pilihlah tool Brush, kemudian atur style brushnya sesuai selera, dan atur juga warnanya.

Hasil brush ini kemudian terlihat seperti gambar di bawah


Selanjutnya untuk melakukan proses Blur ini, pilihlah Layer "Background" kemudian pilih menu Filter -> Blur -> Gaussian Blur. Tanda tiga titik setelah menu menunjukkan jika menu diklik akan terbuka form.


Akan terbuka Form Gaussian Blur, secara default nilainya adalah 1.0 Pixels.


Ubahlah menjadi angka 100 Pixels, atau sesuai selera. Semakin tinggi angkanya akan semakin blur.


Setelah itu klik tombol OK. Terlihat Background sudah menjadi blur pada gambar di bawah. Selanjutnya pilih Layer "Alvin" dan Zoom In untuk melihat lebih dekat. untuk Zoom In ini bisa menggunakan shortcut Ctrl dan tombol + . atau CMD dan tombol +


Terlihat sekali kalau hasilnya masih belum natural, ada garis kebiru - biruan pada ujung (edge) badan alvin ini. Untuk itu edge dari Alvin ini perlu disapu dengan Blur Tool.


Klik Blur Tool, kemudian pada Blur property, set "Strength" value pada angka 100%. Setelah itu sapukan ke seluruh edge badan alvin.


Setelah selesai hasilnya akan terlihat lebih natural, karena badan Alvin tidak kelihatan seperti tempelan. Efek Blur pada background akan membuat kelihatan seperti background canvas pada Studio - Studio Photo.

Berikut hasil akhirnya setelah diexport menjadi file jpg.


21 comments:

  1. waah.. mba lia pinter pake photoshopnya..
    ntar ditulis cara2 edit foto lainnya pake photoshop ya mba..

    aku biasanya pake picsart di hp sih :D

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk tutorial tip photoshop ala studio-nya.

    ReplyDelete
  3. Hasilnya bagus sekali mbak Lidya, meskipun caranya bagi saya sangat ribet hehe, saya belum punya aplikasi ini. Kalau melihat hasilnya pingin juga sih belajar mbak :)

    ReplyDelete
  4. saya dari dulu juga gak pernah ke photo studio. Main photoshop ajah :D

    ReplyDelete
  5. terimakasih kak ilmunya, bakal jadi nambah ilmu ngedit foto dengan lebih baik nih :)

    ReplyDelete
  6. Jujur, saya masih belum terlalu mengerti dengan yang namanya photoshop. Saya simpan ah, ulasannya. Lumayan buat di ambil ilmuny.

    ReplyDelete
  7. Wow..hasilnya jadi bagus ya... Saya juga belum bisa menggunakan photoshop, mbak he..he.. perlu belajar lagi, nih! Tidak ada kata terlambat untuk belajar, bukan? :)

    ReplyDelete
  8. Aah keren banget. Aku pernah belajar photoshop tp masih ttp ngeblank sampe skrg. Ga ada sisanya pernah belajar. Kalau ada tutorial macam ini asik, berbahasa Indonesia ;p. Bikin tutorial yg lain ya mb Lidya, aku bakal follow nih

    ReplyDelete
  9. Wuiii multitalented mama.. ajarin aku dooongs..

    ReplyDelete
  10. Widihhh keren.. Uda bs nih buka studio foto.. Aku pasrah bgt klo sm dunia edit foto

    ReplyDelete
  11. Jadinya keren ya, kayak di studio foto. Saya belum pernah pake photoshop, hehe...

    ReplyDelete
  12. Aaaahh keren! Duh aku paling nggakk bisa edit-edit gini hiks. Mesti dipelajari pelan-pelan berkali-kali nih. Bookmark dulu.

    ReplyDelete
  13. Ayooo mba Lid, jebretin lagi elmunya yaak :D daku mau coba belajar ngutek2 pake sotosop

    ReplyDelete
  14. Wiiii asik nih mbak udah ngoprek photoshop juga :)) Jago bener mbak yang satu inihhhh

    ReplyDelete
  15. aiiih mantap ibu yang satu ini.
    aku kok nyerah sm photoshop ini, lamaa ngertinya dan terlalu "tinggi" buat sy mba.
    tapi klo bisa ngopreknya, asik banget yaa..
    jd keren gitu hasilnya..beneran kyk photo studio tuh.

    ReplyDelete
  16. Terima kasih tipsnya, Mbak.
    Banyakin lagi dooong... (hadeuuh minta nambah hahahaha)

    ReplyDelete
  17. sudah jago mainan photoshop sekarang mbak, aku sudah lama ngga buka PS, jd kangen mainan fotoshop

    ReplyDelete
  18. Mbaknya pintr photoshop juga nih, thkx ilmunya :-)

    ReplyDelete
  19. Mbak lidya pinter bget edit2 potonya..mantap mbak...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...