badge

Monday, May 23, 2016

Menanamkan Nilai-nilai Sebuah Keluarga Melalui Makan Bersama Keluarga

doc pribadi

Penataan meja makan yang rapi dan elegan seperti gambar di atas bisa menambah selera makan seseorang. Tetapi apalah artinya jika makan sendiri tidak bersama keluarga. Padahal berawal dari kebiasaan makan bersama di meja makan bisa menumbuhkan rasa menyayangi antar anggota keluarga.

Melalui event yang diadakan oleh VIVA.co.id dan Tupperware Indonesia dalam Blogger Gathering bertema "Meja Makan Punya Cerita" ingin mengajak keluarga Indonesia untuk menciptakan kembali tradisi bersantap di rumah. Beruntung sekali saya bisa ikut kemeriahan acaranya bersama dengan 49 Blogger lainnya di Head Office Tupperware Indonesia, Gedung South Quarter, Jakarta Selatan pada hari Jum'at 20 Mei 2016 lalu.



Saat memasuki ruangan kami bisa melihat deretan meja makan yang sudah ditata dengan apik lengkap dengan peralatan makan berwarna hijau yang cerah. Warna hijau yang menggambarkan warna alam dipercaya bisa menenangkan dan menyeimbangkan emosi. Saat meja makan masih kosong seperti itu tentu saja belum punya makna dan tidak ada cerita yang seru. Namun saat para blogger memasuki ruangan dengan otomatis keceriaan terjadi dengan saling bercerita satu sama lain.

Sebelum acara dimulai kami diajak mengikuti berbagai keseruan bersama. Keseruan yang pertama adalah membagi-bagikan hadiah berupa tupperware kepada lima orang yang datang pertama ke lokasi. Allhamdulillah kebiasaan saya yang datang tepat waktu bahkan beberapa saat sebelum acara dimulai bisa mendatangkan rezeki. Sebuah paket menarik Crystalwave Fancy dari Tupperware, kami dapatkan untuk menambah koleksi tempat bekal makan anak-anak di rumah. Apalagi paketnya sudah dilengkapi dangan cutlery dan tasnya.

doc pribadi


Untuk kegiatan ice breaking lainnya ada games kalimat berantai. Dibutuhkan dua group untuk memainkan games tersebut dan masing-masing group terdiri dari 9 orang. Cara bermain games ini sebetulnya mudah, MC membacakan beberapa rangkaian kalimat secara berbisik pada peserta pertama, yang selanjutnya pesan tersebut akan disampaikan secara berantai atau bergantian kepada peserta lainnya. Peserta terakhir harus menyebutkan pesan kalimat yang didengarnya kepada kami semua. Setiap kata yang benar dihitung, dan bagi group yang mendapatkan kata terbanyak merekalah pemenangnya.

doc pribadi

Dalam memainkan games kata berantai ini dibutuhkan kekompakan, ingatan yang kuat serta strategi. Intinya tidak harus mengingat dengan benar semua rangkaian kalimat tetapi gunakan taktik. Yang penting banyak kata disebutkan dengan benar saja sudah mendapatkan poin. Tim menang mendapatkan hadiah Blossom Condimate Set yang berguna untuk menyimpan camilan, bumbu, atau makanan lainnya. Tidak hanya itu sih ada hadiah lainnya untuk tim berikutnya yang memenangkan permainan.

Dari setiap kegiatan kita sehari-hari baik kesibukan, keseruan seperti acara sore itu bisa diceritakan pada keluarga saat berkumpul bersama di meja makan. Sesuai dengan campaign dari Tupperware Meja Makan Punya Cerita.

Selanjutnya penasaran dong ada apa sih dengan campaign tersebut? Yuk simak pemaparan dari beberapa narasumber di bawah ini.

Edwin Jonathans - Product Manager Tupperware Indonesia

doc pribadi

Menurut bapak Edwin inovasi produk adalah hal yang penting bagi Tupperware dengan mengikuti perkembangan jaman sesuai dengan kebutuhan wanita Indonesia. kategori produk yang paling penting bagi tupperware adalah serving karena adanya fenomena orang yang hobi memasak. Serving menjadi alat untuk food selfie tetapi bukan alat membuat suasana makan bersama keluarga lebih menyenangkan.

Untuk itulah Tupperware Indonesia meluncurkan campaign Meja Makan Punya Cerita. Dengan tujuan mengajak dan menghidupkan kembali kebiasaan keluarga Indonesia makan bersama di meja makan. Dengan makan bersama keluarga di meja makan dari situlah nilai-nilai sebuah keluarga terdelivery kepada anak-anak. Yuk luangkan waktu untuk makan bersama di meja makan.


Rina Sudiana - Product Manager - Marketing Dept. Tupperware Indonesia

doc pribadi

Kapan sih terkahir makan bersama keluarga di Meja Makan? Allhamdulillah kami masih bisa berkumpul dan makan bersama setiap harinya di rumah.

Berdasarkan cerita yang disampaikan oleh Ibu Rina, ada keluarga yang terakhir makan bersama itu dua minggu, dua bulan lalu, bahkan ada yang bilang satu tahun lalu. Untuk kasus makan bersama satu tahun sekali pastinya saat pulang mudik Lebaran ya. Sangat menyedihkan ya di jaman yang serba cepat dan teknologi sudah canggih tetapi kebersamaan makan bersama sudah mulai berkurang.

Melalui campaign Meja Makan Punya Cerita Tupperware meluncurkan produk terbarunya yaitu Petite Blossom. Wadah yang bisa ditempatkan di meja makan dengan bentuk yang cantik, modern dan warnanya hijau segar. Karena ukurannya mungil sangat cocok untuk wadah sajian harian di rumah. 

Cukup makan bersama di rumah untuk kembali mendekatkan diri antara anggota keluarga. Cantik ya serving set terbaru ini.

petite-blossom
Petite blossom dari Tupperware (doc pribadi)


  
Ibu Rina juga memperlihatkan video yang mengharukan. Di mana anak-anak dan seorang istri yang menginginkan adanya makan sama-sama lagi.


Ajeng Raviando, Psi - Psikolog Anak dan Keluarga

doc pribadi


Di jaman yang sibuk seperti saat ini menurut Mbak Ajeng menjadi salah satu faktor hilangnya tradisi makan bersama di rumah. Secara tidak sadar dengan hilangnya tradisi ini maka memiliki pengaruh buruk untuk hubungan anggota keluaraga. Kalau sebelumnya saat makan bersama di meja makan keluarga saling bercerita tentang aktivitas mereka sehingga bisa mendekatkan hubungan satu sama lain. 

Padahal melalui makan bersama ini orang tua bisa sekaligus menanamkan nilai-nilai yang akan diangkat dalam sebuah keluarga dan tidak menjadi generasi yang acuh.


Makan Bersama Blogger

Tibalah saatnya kami, Blogger makan bersama dengan menggunakan product terbaru Tupperware yaitu Petite Blossom.

doc pribadi

Beberapa meja makan sudah disiapkan untuk kami, setiap meja untuk 4 orang. Kami menikmati bakso malang di sebuah Blossom Bowl. Menu lainnya adalah mie goreng dan rujak. Uniknya sebelum menikmati rujaknya, kami harus menghaluskan bumbu rujak terlebih dahulu menggunakan produk terbaru dari Tupperware juga yaitu Turbo Chopper. Cara penggunaannya mudah, semua bahan yang akan dihaluskan dimasukkan ke dalam turbo chopper dan setelah di tutup tinggal ditarik saja kurang lebih 10 kali bumbu  rujak pun siap disajikan.

doc pribadi


Serunya Pembagian Hadiah Door prize dan Livetweet


doc pribadi


Ada 14 hadiah dari tupperware di bagikan untuk pemenang doorprize. Juga ada pengumuman pemenang live tweet untuk dua orang pemernag. Selamat untuk yang mendapatkan hadiah tentunya ada keceriaan dan kebahagiaan yang bisa di bagi saat makan bersama di meja makan dengan keluarga di rumah ya. Untuk yang belum beruntung jangan bersedih hal in juga bisa dijadikan bahan obrolan dan sekaligus mengajarkan tentang bersyukur misalnya.


Petite Blossom

Setalah menghadiri Blogger Gathering saya jadi tertarik untuk punya Petite Blossom. Apalagi saya juga member Tupperware dan bulan ini sedang ada promo setiap pembelian akan mendapatkan 3 buah Blossom Bowl.

Set Petite Blossom terdiri dari :

  • 1 Soup server
  • 1 saucy dish
  • 2 Serving Platter
  • 2 Deep Serving Spoon
  • 2 Serving Spoon
  • 1 Blossom Bowl


Petite Blossom yang menghiasi meja makan kami di rumah (doc pribadi)

Petite Blossom  ini sangat praktis untuk 3 manfaat penggunaan yaitu :

  • Sebagai wadah harian
  • Menyimpan makanan dalam lemari es
  • Juga bisa digunakan untuk pemanasan (re-heat) dalam microwave
Wah asyik juga ya, karena kebiasaan saya kalau makanan berlebih disimpan di dalam lemari es nanti kalau mau dimakan tinggal dihangatkan di microwave. Kalau pakai petite blossom gak perlu lagi menuangkan makanan pada wadah lain.

Ternyata produk Petite Blossom pas digunakan dan disimpan di atas meja makan kami yang imut. Makan makin berselera dan kebersamaan dengan keluarga tetap terjalin.


Meja Makan Punya Cerita 

Keluarga kecil kami yang berjumlah 4 orang masih bisa menikmati makan bersama setiap harinya yaitu saat sarapan dan makan malam. Karena suami pergi kerjanya tidak terlalu pagi, jadilah bisa sarapan bersama.


doc pribadi

Untuk makan siang weekend kemarin saya memasak sayur sop, tahu, ayam goreng dan ditambah lalapan. Ada buah nanas, pepaya dan melon. Semuanya saya tempatkan dalam petite blossom. Makanan sekali makan untuk keluarga kami pas sekali disajikan di sana. Anak-anak pun lahap makannya.

keluarga kecil makan pakai perlatan makan imut juga

Ade yang biasanya tidak suka makan buncis saat makan bersama mau makan. Adik kakak bersaing secara sehat satu sama lain dalam hal makan buah dan sayur.  Dengan makan bersama sekaligus mengajarkan makan dengan mandiri untuk anak-anak. Sambil memberitahukan bagaimana adab makan secara baik pada mereka.

Saat makan Ade bercerita kalau di sekolah tadi dia latihan membaca Asmaul Husna bersama teman-temannya untuk acara Akhirussuanah TKnya. Dia senang sekali katanya sudah dan hafal 99 bacaannya karena sering dibaca dan diulang di rumah.

Saat tidak sempat masak sarapan pagi, kami makan roti tawar dengan topping kesukaan anak-anak yaitu meses dan keju. Nah kalau ini kesukaan Aa katanya. Jadi teringat ceritanya Aa waktu itu karena saya suka membawakan bekal roti tawar dengan berbagai macam toping dan bentuk. Saat itu diadakan lomba mengias roti di sekolahnya, dia mendapatkan juara karena bentuknya bagus. Padahal sih sebetulnya saya hanya mengandalkan cetakan saja. Simple tapi membuat anak-anak senang.

rotinya disimpan di Mosaic Bread Lover nih

Apapun makanan yang disajikan di rumah asalkan makan bersama di meja makan semuanya terasa nikmat. Kedekatan makin erat dengan keluarga dan terjalin komunikasi yang main intens. Tinggalkan gadget sesaat ketika makan bersama, fokus dengan kebersamaan keluarga. Saya jadi kangen makan sama-sama adik-adik dan orang tua juga.

Jadikan santap bersama keluarga makin bermakna

45 comments:

  1. tupperware emang jaminan mutu ya mba,
    seger banget liat ijo-ijo gitu diatas meja makan :)

    ReplyDelete
  2. Wah, keluarga semakin hangat dengan makan bersama di meja makan :)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah berkah datang awal jadi dapat hadiah ya mbak Lidya, pasti senang sekali hadiahnya bagus tuh mbak :)

    Iya mbak, saat ini makan bersama keluarga di satu meja makan sudah sangat jarang ya. Bagus juga acara ini punya misi untuk menghidupkan lagi makan bersama keluarga, apalagi peralatannya menggunakan tupper ware, pasti makannya tambah lahap ya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Cakeeep Mbak Tuppy nyaaah. Iih itu seru amat liat meja makan berjejer gitu. Mau da saya dilempar sama tuppy nya 1 set ajah. wkwkwk.

    ReplyDelete
  5. Makan bersama itu membuat kita terasa dekat dengan keluarga apalagi kalau lengkat dengan kakek nenek :)

    ReplyDelete
  6. komplit banget ya mbak produk tupperware, ditambah petite blossom yang mungil cocok untuk meja makan minimalis.

    ReplyDelete
  7. baca ini aku jadi kangen makan sama bapak ibu di meja makan..

    ReplyDelete
  8. Perabot plastikku jg tuperware loh teh. Ishhh lucu yaaa di pakai di meja makan dan makan dgn keluarga tercinta :)

    ReplyDelete
  9. Aishh...udah punya koleksi lengkapnya nya toh Lid. Aku gak mau ketinggalan ah :D

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah mbak, ane sama Ayah dan Ibu selalu punya waktu makan bersama hehe... Nggak mesti nunggu mudik lebaran hehe

    ReplyDelete
  11. Wahhh seneng baca ceritanya. Apalagi ditutup dengan foto keluarga :)

    Aku suka pakai tupperware. Kalau lihat katalognya suka kalap. Harganya memang mahal untuk ukuran aku, tapi suka karena awet.

    ReplyDelete
  12. cita2 banget waktu masih ngekos dulu pengen punya meja makan kalau sudah berkeluarga. bisa jadi tempat family meeting juga..

    ReplyDelete
  13. Aakk, mb lidya bikin mupeng. Pengen wadah makannya yang ijo cutee. Dulu aku suka makan bareng di meja makan. Sejak pindahan jadi suka makan bareng tapi misah karena rumahnya kecil. Yang dua di depan tivi, yang lain di dapur :D moga aja punya rumah besar jadi bisa leluasa naruh perabotan. Hehe

    ReplyDelete
  14. Asyik sekali acaranya ya mbak :) Jadi ingat..tupperware ini perkakas makan andalan ibu saya nih..

    ReplyDelete
  15. Sekarang saya jarang makan bersama di meja makan.
    Masing-masing punya gaya dan cara sendiri
    kami kadang makan sambil nonton tv je
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  16. acaranya seru ya, mantap banget deh pengen juga ikutan hehehe...makan bareng keluarga emang seru ya mbk

    ReplyDelete
  17. woww... cantik sekali meja makannya. warnanya juga menambah selera makan :)

    ReplyDelete
  18. acaranya keren banget! mupeng waktu liat live tweetnya..

    btw, aku juga suka koleksi tupperware di rumah :D

    ReplyDelete
  19. Saya dan suami sering makan bareng di meja makan. :D Cuma kangen juga ya kalo keluarga besar duduk berasama makan..
    Tupperware mah jaminan ya teh, saya juga punya beberapa produknya, cintaa banget hahahaha

    ReplyDelete
  20. makan bersama keluarga, memang moment yang jangan sampai dibuang....karena disana bisa dijadikan tempat mencurahkan perhatian, ditengah kesibukan ayah, ibu yang berkerja.....misalnya.

    salam damai dan sukses bu ^__^

    ReplyDelete
  21. Punyaku seset yang ungu mbak. I love tupperware deh, apalagi krn skrg udah sering ngeluarin yang warna ungu :D

    ReplyDelete
  22. Aku sih tiap hari makan bareng sama anak2 dan suami plus ibu. Cuma kurang petite blossomnya aja nih. Cantik ya ijo2 gitu di atas meja makan. Bikin selera makan meningkat sepertinya.
    Semoga aja kapan2 bisa punya juga ah Petit Blossomnya :)

    ReplyDelete
  23. Mbak lidya, makan bersama memang membuat rindu anggota keluarga. Saya dan keluarga kecil kadang makan gak bareng, tapi selalu di rumah. Jadi harus menyamakaan waktu makan ya

    ReplyDelete
  24. aku juga suka ngumpulin tupperware untuk perkakas rumah mbak hehe
    btw acaranya keren bangettt

    ReplyDelete
  25. Momen kumpul di meja makan setiap malam memang penting bgt di keluargaku. Ini bisa jadi momen evaluasi dan bonding yang menyenangkan banget. Jadi semacam "ritual" penting tiap malam sih.

    ReplyDelete
  26. Saya baca perlahan-lahan jadi Tupperware haha... tapi saya salahs atu penggemar Tupperware kok.... harganya sesuai dengan kualitas yang diberikan

    ReplyDelete
  27. mupeng banget dengan meja makannya mbak... itu tupperware nya juga bikin kepingiinn...

    ReplyDelete
  28. Jadi rindu dengan kebiasaan makan bersama di rumah bersama orangtua sebelum melanjutkan kuliah di kampungnya orang. Udah gitu, kalau makanan nggak habis atau ngambilnya kebanyakan, bapak pasti langsung memberi nasehat.

    ReplyDelete
  29. makan bersama selalu punya cerita ya Mba Lid :)
    entah mengapa, setiap kali makan bersama, makanannya pasti terasa lebih nikmat walaupun makanan di meja hanyalah menu sederhana. mungkin karena efek kebersamaannya kali yah :)

    ReplyDelete
  30. Romantis banget mba makan bersmanya, jadi merasa harus segera menikah nih, hehehe

    ReplyDelete
  31. Huaaa. Jadi baper kangen istri deh Mbak. Wkwkwkwk. Tupperware setnya bagus. Suka banget sama warnanya deh Mbak.

    ReplyDelete
  32. waah aku juga penmggemar si tuppy mba...cuma koleksiku blom banyak nih...

    ReplyDelete
  33. acaranya seru bgd ya mbk lid, ada gamesnya pulak
    btw tupperware ini slh satu produk favorit ibuk aku, dan skrg jd favorit aku juga, cakep sih

    ReplyDelete
  34. hayuu atuh botraam...
    makaan bareng keluarga blogger hihii

    ahh kereen tuh yang ijo2 :D

    ReplyDelete
  35. Setiap pulang ke rumah, pasti saya sempatkan untuk makan malam bersama keluarga. Soalnya kalau makan bareng-bareng begini, bisa saling berbagi cerita juga. :D

    ReplyDelete
  36. Kami juga terbiasa makan bersama kelaurga, Teh, hmm.... Tupperware memang oke. Di rumah saya juga banyak peralatan dari Tupperware :)

    ReplyDelete
  37. Wah tempat makanya istimewa banget mbak :D
    lebih enak lagi kalau nanti buka puasa bareng bareng gitu ya :D

    ReplyDelete
  38. Wah tuppy, set tablenya cantik mba.. Trus lengkap banget punya mba li :)
    Seger yaa ijo ijo gitu hehe... Kapan ya terakhir makan bareng..oh sebelum aku lahiran, diajak bapak ku makan bareng, bikin warm, ngangenin yaa momentnya mba

    ReplyDelete
  39. asyik banget acaranya ya mbak.. asik juga keluarga bisa makan bareng ditemani produk tupperware yg cakep

    ReplyDelete
  40. Aduh.. warna hijau tuppynya saya banget tuhh..
    Oh ya, Alhamdulillah saya hampir tiap hari makan malam bersama keluarga. :)

    ReplyDelete
  41. Kebayang serunya acara ini.
    Mba Lid, aku suka penataan meja makannya di rumah Mba. Rumahku blm ada meja makan soalnya huahahahaha.

    ReplyDelete
  42. Aku los fokus sama meja makannya. Jadi pengin ngecet meja makanku jadi putih heheee

    ReplyDelete
  43. Instagramable banget ya ituu meja makan di acara xD

    ReplyDelete
  44. Penataan tempatnya bagus sekali, Mbak.
    Menarik dengan hijau-hijaunya....

    ReplyDelete
  45. warnanya cakep dan fresh yaaa...kami masih suka makan bareng..it was great indeed :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...