badge

Sunday, May 15, 2016

Memilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Beberapa waktu yang lalu seorang teman mengupload gambar sebuah motor pada sebuah group. Dia menginformasikan kalau melihat motor tersebut mohon infonya. Kami pun bertanya motor siapa? ternyata motor miliknya yang hilang. Innalilahi mana masih baru motornya dan harga motornya termasuk diatas rata-rata. Teman yang lain menyarankan untuk lapor ke leasing motor tersebut untuk claim asuransi kehilangan. Wah ternyata teman saya ini belinya cash dan tidak mempunyai asuransi untuk kendaraan yang baru dibelinya.



Kalau beli kendaraan secara kredit setahu saya pasti sudah otomatis mendapatkan perlindungan asuransi. Tapi kalau beli cash kita harus membeli lagi asuransinya secara terpisah. Jadi pelajaran buat saya juga kalau mau beli motor idaman harus memikirkan proteksinya nih.

Ada dua jenis asuransi kendaraan yaitu all risk dan total lost only. keduanya tentu berbeda dan mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Untuk jenis all risk akan di cover semua risiko sedangkan total lost only hanya menanggung kehilangan atau rusak parah yang tidak mungkin kendaraan tersebut dipakai lagi.

Mana yang lebih menguntungkan? tentu saja tiap orang mempunyai pertimbangan sendiri dan memilih sesuai kebutuhan dari kemungkinan risiko yang dihadapi.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk asuransi kendaraan saja tetapi dalam memilih asuransi lainnya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti asuransi kesehatan, kecelakaan dan lain-lain. Namanya musibah tentu saja tidak ada satu orang pun yang ingin mengalaminya ya, tapi tidak bisa dihindari. Misalnya saat sakit dan harus di opname kebanyakan rumah sakit mengharuskan membayar uang muka sebelum masuk rumah sakit. Iya kalau sedang ada dananya kalau tidak ada bagaimana? masa sih harus di pending terlebih dahulu. Sebaiknya sih memilih asuransi yang menggunakan kartu untuk jaga-jaga di opname bisa langsung masuk saja dengan memberikan kartu tersebut dan tidak perlu membayar uang muka terlebih dahulu.

Bingung memilih asuransi mana yang akan dipilih saat ini bisa mengandalkan www.futuready.com yaitu broker asuransi online pertama yang memegang licensi resmi dari OJK dan bagian dari AEGON yang berbasis di Den Haag, Belanda. Kita bisa memilih berbagai asuransi yang ada dan bisa membandingkan satu sama lain. Jadi seperti supermarket asuransi ya.


14 comments:

  1. Betul banget nih, asuransi tuk jaga2 hal yg tidak diinginkan bisa melindungi dari kata2 udah jatuh ketiban tangga pula.

    ReplyDelete
  2. tetangga saya dua minggu lalu baru aja kehilangan motornya sekaligus dua, ampun kasian deh, saya makanya belum beli motor nih mbak, soale takut hilang, memang kudu ada asuransi ya biar tenang mbak

    ReplyDelete
  3. Nah ada baiknya ya mbk mulai sekarang belajar selektif memilah2 proteksi masa depan ( pengin beli mobil idaman) *cie cie

    ReplyDelete
  4. Asuransi memang membantu, Mbak. Saya pun sedang mengusahakannya untuk kehidupan kedepannya

    ReplyDelete
  5. sekarang itu asuransi itu sebuah kebutuhan. bukan lagi pelengkap.

    ReplyDelete
  6. Paling aman yg all risk ya mbaa

    ReplyDelete
  7. oo jadi sesuai kebutuhan ya kalo milih asuransi
    wuih untung ada fitiready, jadi kita ga pusing lagi pilih asuransi

    ReplyDelete
  8. Sekarang sudah ada broker asuransi online ya Mba.. Semakin mudah untuk mendapatkan informasi asuransi yang kita butuhkanya..

    ReplyDelete
  9. Saya pernah merasakan kehilangan motor dan gak punya perlindungan asuransi. Kayaknya mulai sekarang harus punya perlindungan dari asuransi ya...supaya ruginya gak berlipat :)

    ReplyDelete
  10. yang jelas sebelum memutuskan ikut asuransinya pastikan dulu apa saja yg dicover dan apa yg bisa membatalkan klaim, karena tiap asuransi beda2, sama2 all risk tapi syarat2nya suka beda dan seringnya apa yg kita pikir sudah tercover ternyata enggak.

    ReplyDelete
  11. Asuransi pendidikan sama kesehatan yang wajib dimiliki buat kami :)

    ReplyDelete
  12. Aku dah perna kehilangan motor dan alhamdulillah asuransi, akhir nya di ganti setelah di potong biaya admin blokir dll yg nominalnya sampai 1 juta ihik ihik

    ReplyDelete
  13. Keren infonya Mbak Lid. Makasih banyak ya Mbak :)
    Emang penting sih asuransi kalo mau beli barang idaman. Gaktahu deh, terima asuransi macbook gak ya? :D

    ReplyDelete
  14. Wah futureready tu salah satu tempat aku belajar keuangan mbak, termasuk asuransi tentu. Info2nya keren, dan manfaat banget.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...