badge

Sunday, June 5, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Perumahan Cluster

Setelah dipikir-pikir, ternyata sudah lumayan sering saya menulis soal rumah dijual di Jakarta. Baik berupa tips sebelum membeli rumah, sampai soal tips memanfaatkan berbagai ruangan yang ada di dalam rumah. Pantas saja kalau akhirnya ada teman yang menghubungi saya dan minta advise sebelum membeli rumah. Hahaha padahal sih modal googling juga saya.

Tips dari saya sih sederhana saja, yang penting sesuaikan dengan budget, akses lokasi yang mudah, bebas banjir, dan lingkungan yang aman. Soal akses pasti akan berhubungan dengan infrastruktur atau jalan. Apakah bisa dilewati kendaraan roda empat atau tidak. Soal lingkungan yang harus aman dan bebas banjir itu juga sangat penting. Ngga mau dong kalau setiap tahun harus ngenes kena banjir, atau sebentar-sebentar kecurian karena rumah dibobol orang.


Untuk poin terakhir, memang ada baiknya kita membeli rumah dengan lingkungan sistem cluster. Karena biasanya perumahan cluster memiliki sistem keamanan yang bagus, yaitu hanya punya satu pintu gerbang untuk akses masuk dan dijaga oleh security selama 24 jam.

Selain itu, perumahan cluster juga punya beberapa kelebihan lain, yaitu:

  • Memiliki banyak fasilitas publik. Perumahan cluster biasanya dikelola oleh developer besar yang mengutamakan kenyamanan. Di dalamnya biasanya dibangun juga fasilitas publik seperti kolam renang, taman, sport center, rumah ibadah, dll. 
  • Aman bagi anak-anak. Jaman sekarang banyak kejahatan mengintai di luar rumah. Sementara kita ngga mungkin mengurung anak-anak di rumah setiap hari. Mereka juga butuh bermain dan bersosialisasi kan? Di perumahan cluster tentunya anak-anak bisa lebih aman bermain di luar rumah, asal masih di dalam lingkungan perumahan.
  • Lebih bergengsi dan menambah kualitas hidup. Tinggal di perumahan cluster juga bisa meningkatkan gengsi. Mengapa? Karena perumahan cluster biasanya punya desain yang mewah, lingkungan yang aman dijaga security 24 jam dan fasilitas lengkap. Ini tentu bisa mrnambah kualitas hidup karena tinggal di lingkungan yang menyenangkan.


Namun demikian, perumahan cluster juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya yaitu design bagian depan yang seragam dan tak boleh diubah, juga harganya yang relatif mahal. Tetapi, untuk tingkat keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan, kenapa ngga? Ya kan!

4 comments:

  1. Dan gak ada mamang-mamang lewat Mbak. Mamang sayur dan mamang apapun gak ada yang bole masup di rumah saya. Huhuhu.

    ReplyDelete
  2. Kekurangan cluster lainnya kalau nggak yg mewah sekalian, dapetnya yg tanahnya terbatas karena lebih mahal. Kalau nggak baik2 dg tetangga lebih mudah bersinggungan.

    ReplyDelete
  3. Nah poin 2 itu penting banget, cari perumahan yang nyaman dan paling penting, aman buat anak-anak.

    ReplyDelete
  4. tinggal budget-nya aja ya mba, mau yg cluster atau enggak...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...