badge

Monday, October 24, 2016

Anak Laki-laki Mencuci Piring, Boleh Loh !



Boleh gak sih anak laki-laki cuci piring? Saya sih boleh-boleh aja lah, gak pernah melarang toh semua pekerjaan ga terkait gender. Mau perempuan atau laki-laki sama saja, harus bisa cuci piring. Memang sih bisa diserahkan sama asisten misalnya, tapi kan ga bisa selamanya mengandalkan mereka. Ada waktunya kita harus bisa mengerjakan semua sendiri.


Nah pada intinya anak-anak itu suka meniru dan melihat sekitarnya. Walau pun mereka laki-laki otomatis tertarik juga untuk mencoba cuci piring. Ya walaupun awalnya untuk main air, gak apa-apa sih.

Kadang-kadang mereka mau mencuci gelasnya sendiri setelah minum susu. Saya sih senang-senang saja sambil mengajar kemandirian. Lagi pula untuk anak yang lebih kecil sekaligus juga mengasah motorik halus pada anak. Anak juga merasa dihargai dan diberikan kepercayaan saat mau mencuci piring sendiri. Namanya juga masih belajar kadang sponsnya dipakai main, diperas-peras air yang penuh busa sabun cuci.

Walaupun mereka masih dalam proses belajar, tetapi harus merasakan kegiatan mencuci piring dengan menyenangkan. Dalam mencuci piring tidak hanya asal bersih saja, tetapi bisa merawat peralatan dapur agar lebih awet. Nah makanya kami di rumah biasa menggunakan Scotch-Brite(TM) yang bisa membantu membersihkan peralatan dapur menjadi  3X Cepat Bersih, 3X Tahan Lama yang mengandung serat dan mineral berkualitas. Sabut juga dibuat dengan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran.


Sabut Spons Hijau (ID30)



Sabut spons hijua biasa digunakan untuk mencuci alat masak seperti panci, penggorengan dan alat masak lainnya. Sama seperti spons dari Scotch-Brite lainnya, spons ini juga memiliki dua sisi yaitu busa berwarna kuning dan sabut berwarna hijau. Cara penggunaannya juga mudah cukup membasahi sabut spons dengan air, yang diberi sabun pada sisi kuning ya. Sedangkan untuk sisi sabut yang berwarna hijau untuk mencuci alat masak. Tinggal ditekan saja sisi berwarna kuning agar spons berbusa.



Sabut Spons Anti Gores(ID30)



Sebetulnya terdiri dari 3 warna spons anti gores ini yaitu pink, orange, dan tosca. Gak mau dong punya peralatan yang terbuat dari teflon cepat rusak, apalagi harganya tidak murah ya. Spons anti gores ini bisa digunakan untuk mencuci alat makan dan alat masak seperti teflon atau peralatan anti lengket. Ukurannya 109 mm x 86 mm x 30 mm mempunyai dua sisi yaitu busa berwarna kuning dan tiga warna yang sudah saya sebutkan tadi.




Sebelumnya saya juga pernah menulis tentang cara merawat spons yang pernah di tulis di Merawat Peralatan Dapur Dengan Scotch Brite(TM). Pemakaian Sabut spons dari Scotch-Brite lebih bersih dan lebih tahan lama dibandingkan merk lain , setelah dicoba selama dua minggu.

Setelah saya membaca artikel yang berjudul Mengajarkan Anak Kebersihan di webnya www.britequeen.com harus dilaukan dengan konsistensi dan kesabaran. Pada point nomor 6 disebutkan bahwa jadilah role model dalam hal kebersihan. Anak-anak akan cepat belajar sesuatu dengan melihat orang tua di rumah.KIta harus mulai menikmati aktivitas mencuci piring juga agar mereka tertarik dan mau melakukan pekerjaan dengan happy.

36 comments:

  1. MasKa juga di rumah dapet tugas nyuci piring bekas makan sendiri :D pake scoth brite mmg lbh awet ya mba

    ReplyDelete
  2. Hai Alvin, sini sini, bantuin tante cuci piring juga dong, mwehehehehehehe. Btw, saya di rumah juga pake scotch brite mba, beli serenteng aja, biar kalo pas yang satu rusak, ga perlu beli lagi, tinggal ngambil di lemari hehe

    ReplyDelete
  3. adikku cowok dulu sering aku ajak bantu nyuci piring lama2 males deh dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah menemukan pekerjaan lain yg lebih asyik mungkin Mar

      Delete
  4. Ntar kalo punya suami mau berbagi tugas cuci piring juga, hihihi. Gak mau befain gender

    ReplyDelete
  5. Keren ih, udah jagoan cuci piring... :)

    ReplyDelete
  6. Saya dari dulu juga tugasnya cuci piring Lidya. Huehehehehe. Dan menurut saya paling menyenangkan di antara tugas lainnya.

    ReplyDelete
  7. Walopun laki mereka kudu tetep diajarkan mandiri ya Mbak. Biar klo gede jadi kebiasaan selesai makan nyuci piring

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mbak, supaya bisa hidup mandiri juga

      Delete
  8. Pinternyaaaa Alvin.
    Nyuci piring itu asyik apa lagi kalo sabut spons nya cute kayak gitu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. spons yang ekonomis kecil pas buat genggaman anak-anak teh

      Delete
  9. Nyuci piring emang jadi menyenangkan ya degan spon yang colourfull

    ReplyDelete
  10. iya sih bener. Aku juga nyuruh anak lelakiku yang sudah jadi perjaka itu buat cuci piring.

    ReplyDelete
  11. Ih anak cowok pinter cuci puting ya. Calon mantu idaman hehehe
    Saya juga paling suka sama cuci piring pake Scotch Brite

    ReplyDelete
    Replies
    1. calon mantu cewenya juga yang rajin yaaa

      Delete
  12. Benar bangat Mba Lidya, dari kecil anak-anak diajak mandiri jauh lebih gampang, jangan tunggu gede deh nanti susah, dan laki-laki juga memang harus belajar cuci piring, kerasa bangat saat ngekos jauh dari orang tua, ga kagok lagi :)

    Ternyata yang hijau dan pink serta orange itu beda-beda fungsi ya Mba Lidya, baru tahu saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kalau sdh besar jadi mulainya agak susah

      Delete
  13. Justruuu cowo itu musti jago segala macem hihihi, seperti juga spons scotch brite yg jago urusan bebersih, gimana ngga jago kalau urusan spons aja dibedain kegunaannya kayak gitu! Bikin aku minder karena punya spons nyuci piring satu doang di rumah hihi XD

    ReplyDelete
  14. Aku biasa pake spon yg pink mbaa...abiis warnanya jarang2 spon warna pink.. :)

    ReplyDelete
  15. Malahan bagus ya mbak karena sudah kecil sudah mandiri, saya juga waktu masih kecil suka gituh tapi tidak terlalu sering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gpp yang penting bisa dan tahu caranya jadi gak manja

      Delete
  16. Ade-adeku cowo juga suka banget bantu Ibu cuci piring, Dimas juga suka aku ajak cuci piring, paling belajar cuci tempat minumnya sendiri yang gelas plastik.

    ReplyDelete
  17. anakku masih TK, ntar kali SD juga harus bisa cuci piring setelah makan hehehe

    ReplyDelete
  18. Itu pinter amat nyuci piringnya. Ngga apa Mbak, ntar pas zamannya kuliah kan udah biasa cuci sendiri.
    Spons yang pink lucu juga, kok aku malah belum pernah nemu ya yang warna-warni begitu? Iiih, kemana aja ya ...

    ReplyDelete
  19. Anak-anak suka banget cuci piring, sekalian main air ya mbaa..hihi

    ReplyDelete
  20. memang anak laki-laki justru harus bisa apa aja :D

    ReplyDelete
  21. Anak-anakku pun audah aku ajari mbaaaa.. Cewek or cowok punya kewajiban sama untuk membereskan piring bekas makannya :).

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...