Saturday, August 5, 2017

Menjadikan Si Kecil Anak Generasi Maju

Apa sih yang diharapkan orang tua terhadap anaknya? Pastinya kita ingin anak-anak lebih maju dari orangtuanya dan memiliki masa depan yang jauh lebih baik. Setiap anak bisa kok meraih impian tersebut, tapi kita sebagai orang tua punya peranan penting untuk mewujudkannya. Menjadikan anak generasi maju membuat para orangtua mencari tahu dan mau belajar agar pengetahuannya lebih untuk menerapkan pola asuh yang baik baik anak.

Harapan orangtua agar anaknya menjadi generasi maju juga didukung oleh SGM Eksplor yang berkomitmen selalu memberikan dukungan terbaik bagi orangtua Indonesia. Menurut Ibu Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor, SGM bukan hanya memberikan dukungan terbaik melalui nutrisi saja, tetapi juga memberikan edukasi yang bisa mendampingi orangtua untuk memastikan pemenuhan nutrisi dan pola asuh yang tepat untuk tumbuh kembang si Kecil.




Dukungan yang diberikan oleh SGM Ekplor yaitu melalui acara parenting seminar yang diselenggarakan di beberapa kota. Sabtu, 29 Juli 2017 lalu saya sempat menghadiri seminarnya di Hotel Santika Premier, Jakarta yang mengambil tema "Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju". Acara ini dihadiri oleh bunda-bunda yang rasa ingin tahunya besar sekali untuk mendapatkan ilmu parenting. Oh ya acara parenting seminar ini gratis lho, biasanya info tiket ada di fanpage Aku Anak SGM di facebook. Bukan hanya undangan umum saja yang berkesempatan datang tapi juga hadir perwakilan mombassador dan blogger.



Materi parenting yang disampaikan oleh psikologanak dan keluarga Mbak Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si., Psi atau yang sering dipanggil dengan sebutan Mbak Nina ini selalu menarik. Beberapa kali saya menghadiri parenting seminar yang dibawakan oleh beliau, selalu interaktif dan gak bikin ngantuk. Otomatis ilmu dapat diserap dan bisa diterapkan dirumah pada anak-anak. Uniknya, Mbak Nina tidak hanya menyampaikan materi secara satu arah, kadang-kadang kita diajak berinteraksi melalui games maupun hal lainnya.

Anak generasi maju yang paling penting adalah anak yang sehat dan mendapatkan stimulasi yang baik sesuai dengan usianya. Ada banyak cara orangtua untuk menjadikan anak generasi maju yaitu dengan banyak membaca, berkonsultasi atau menghikuti parenting seminar.

Anak Generai Maju = Anak Supel, Anak Mandiri, 
Anak Kreatif


Tahap tumbuh kembang anak itu berbada sesuai dengan tingkatan umurnya. Berikut sedikit panduan tumbuh kembang anak sesuai dengan tahapan umurnya :

Anak umur 1 - 3 tahun :
  • Bermain bersebelahan dengan temannya.
  • Tidak banyak bicara dengan teman di sebelahnya.
  • Kadang saling meniru dengan teman, tapi tidak main bersama.
  • Mungkin memukul ketika marah, tanpa sadar akibatnya.
  • Kadang takut dengan orang yang jarang ditemui.


Anak umur 4-6 tahun :
  • Lebih suka bermain bersama teman daripada orangtua
  • Lebih bisa mengontril diri, tidak meledak-ledak.
  • Bisa bergiliran dan bekerjasama
  • Senang humor dan imajinasi
  • Berusaha menyenangkan orang lain dan takut dihukum.


Agar anak bisa mandiri dan perkembangan psikologisnya baik, harus dibuat pondasi sejak awal melalui kedekatan orang tua dan anak. Ada dua hal yang bisa dilakukan melalui attachment dan bonding. Perbedaannya adalah, kalau attachment adanya kedekatan dua arah antara orangtua dan anak. Keduanya ada inetraksi untuk menghasilkan kedekatan. Sedangkan bonding, kedekatan yang terjadi hanay satu arah saja, yaitu dari orang tua ke anak.

Kedekatan orangtua dan anak perlu dikembangkan dan kita harus sensitif dengan menanap matanya saat berbicara, sering memeluknya, bersikap jujur dan sabar, juga berikan waktu anak untuk bermain sendiri. Jangan terus menerus selalu bermain bersama.

Tahu gak, kita sebagai orangtua ternyata harus bisa mengenali emosi anak. Tidak semua anak bisa memperlihatkan emosinya ketika marah, sedih, atau senang. Untuk itu boleh loh orangtua membantunya dengan menyebutkan emosi si anak. Misalnya "oh kamu lagi sedih ya? kenapa sih? yuk cerita nanti mama peluk deh supaya gak sedih lagi". Ternyata orangtua juga punya tugas untuk mencari tahu emosi anak ya.

Mengajarkan anak mandiri harus dilatih sejak dini, mulai lah dengan hal-hal kecil seperti merapikan mainannya setelah selesai bermain. Anak yang pandai bersosialisasi adalah cara anak menjadi anak generasi maju. Melalui keterampilan sosial yang harus dikembangkan sedini mungkin.



Nah itu sih baru sedikit ilmu yang saya dapatkan dari seminar parenting, kamu bisa mendapatkan informasi penting lainnya melaui web www.akuanaksmg.co.id yang baru saja dilaunching. Di dalamnya orang tua bisa mendapatkan ilmu dan ntips terkain nutrisi dan pola asuh Anak Generasi Maju. Web ini buat untuk membantu ibu di seluruh Indonesia, yang mungkin saja tidak bisa menghadiri acara parenting seminar karena berbagai kendala yang ada. Ada tiga pilar yang dikenalkan pada web ini untuk orang tua yaitu pilar nutrisi, edukasi, dan parenting. Nah kan cocok banget buat orangtua yang menginginkan anaknya menjadi generasi maju.

Untuk informasi lainnya mengenai nutrisi dan pola asuh bisa follow sosmednya ya.
Facebook : Aku Anak SGM
Youtube : Aku Anak SGM
Instagram : @AkuAnakSGM

1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...