Wednesday, October 31, 2012

Weaning With Lovenya Alvin

Wednesday, October 31, 2012
Alvin & boneka guguk milik kakak chacha
Cerita yang terlambat si sebetulnya, tapi aku mau share saja pengalaman weaning with lovenya Alvin. Weaning love disini merupakan proses penyapihan yang dilakukan secara alami, tidak melalui paksaan apalagi dengan menakut-nakuti ataupun memberikan sesuatu yang pahit dan lain sebagainya. Oh ya proses penyapihan ini masing-masing anak berbeda loh usianya, disesuaikan dengan kesiapan anak dan ibu.

Seminggu sebulan umurnya Alvin 2 tahun aku mencoba menerapkan penyapihan ini, masih coba-coba sih siapa tahu berhasil. Tapi sebulan sebelumnya aku sudah memberitahukan Alvin, kalau Alvin sudah besar tidak nenen lagi ya, aku sering bertanya nanti minumnya apa? dia pasti jawab air putih.

Allhamdulillah tidak menemukan kendala yang besar dalam proses penyapihan ini. Malam hari menjelang tidurpun Alvin tidak sulit waktu tidurnya, cukup dipeluk dia sudah tertidur. Paling 1 atau 2 kali dalam semalam dia terbangun, sudah pasti menangis. Disini ujian kesabaran dibutuhkan, aku mengingatkan lagi minum air putih ya. Proses ini membutuhkan waktu 5 hari. Sesekali Alvin minta gendong baru deh mau tidur lagi.

Diluar dugaanku ternyata weaning with lovenya Alvin bisa dilakukan dengan mudah, diikuti dengan free diaper juga baik siang maupun malam.

Berikut beberapa tips berdasarkan pengalamanku dalam weaning with lovenya alvin :
  • Ajak bicara anak, jelaskan dengan bahasa yang mudah kalau dia sudah besar dan sudah waktunya untuk tidak menyusu lagi.
  • Tidur dalam posisi perut yang kenyang, sehingga dia tidak menagih untuk menyusui malam hari.
  • Aku biasanya membolehkan Alvin membawa 1 mainannya untuk diajak tidur agar bisa mengalihkan keinginannya untuk menyusu.
  • Sering-sering mengingatkan untuk menyusu, beritahukan kalau minum dari gelas atau menggunakan sedootan jika si anak nyamannya begitu.
  • Minta bantuan orang rumah, dalam hal ini aku minta bantuan suami pada saat Alvin bangun malam.
  • Banyak sabar dan berdoa Insya Allah proses weaning with love berjalan dengan lancar.


Tuesday, October 30, 2012

Seminggu

Tuesday, October 30, 2012
Hampir seminggu gak online nih, niatnya sih besar tapi kok ada aja ya kerjaan yang bikin gak bisa online Intinya belum bisa manage waktu dengan baik nih :) Kangen juga BW lagi, terima kasih ya buta yang sudah mampir, Insya Allah hari ini mulai nyicil BW.

Untuk mengawali cerita soal Idul Adha kemarin aja deh. Seperti biasa kalau Idul Adha kita selalu dirumah gak pake acara mudik-mudikan deh. Tahun ini aku berhalangan untuk sholat Ied, jadi suami dan anak-anak saja yang sholat di Mesjid. Hidangan lebaran Haji ini pun tidak terlalu spesial kok aku cuma masak kari ayam :)

Karena Idul Adhanya bertepatan dengan hari jum'at, pemotongan hewan kurban dimesjid dekat rumahku baru bisa dilakukan hari sabtu. Kalau dilaksanakan hari jum'at waktunya akan terpotong sholat jum'at. Pascal dan Alvin juga ikut melihat pemtongan hewan kurbannya pada hari sabtu. Allhamdulillah masih diberikan rezeki untuk bisa berkurban.

Pascal dan Alvin antusias melihat pemotongan hewan kurbannya, cuma agak kaget waktu sapinya disembelih bisa berdiri lagi, seperti mengamuk gitu. Kita tidak melihat sampai selesai kok cuma sampai hewan kurban kita disembelih lalu pulang.

Wednesday, October 24, 2012

Lowongan Kerja

Wednesday, October 24, 2012
Siang kemarin sewaktu mau jemput Pascal pulang sekolah, aku lewat disalah satu Laundry Kiloan, kebetulan ada temanku sedang disitu mengambil pakaian yang sudah dicuci dan setrika ditempat itu.

Bisnis Laudry kiloan sudah menjamur ya dimana-mana membantu sekali buat ibu-ibu yang tidak punya asisten dirumah. Tapi aku belum pernah loh sekalipun menggunakan jasa ini, makanya tidak tahu biaya mencuci ataupun menyetrikanya. Kemarin itu sempat tanya-tanya sama temanku itu. Sebelumnya aku juga tahu laundry kiloan didaerah Semarang ternyata lebih murah ya biasanya dibanding disini.

Aku tertarik dengan spanduk lowongan kerja yang mereka pasang nih. Dicari bagian setrika syaratnya wanita dan bisa setrika dengan rapi selama 5 jam kerjanya. Hihihi gak bisa apply lamaran nih wong aku aja paling males nyetrika.

Bener gak sih, sebagian besar ibu-ibu paling berat itu pekerjaan menyetrika? kalau aku sih jawabanya iya, karena menyetrika merupakan pekerjaan yang tidak bisa disambi atau multitasking gitu :). Walaupun sampai sekarang semua dikerjakan sendiri dinikmati saja.

Mau tanya dong buat temen-temen yang terbiasa menggunakan jasa Laundry Kiloan, itu hasil cuciannya bersih atau gak ya?






Tuesday, October 23, 2012

Hasil UTS Pertama

Tuesday, October 23, 2012
Setelah 2 minggu yang lalu Pascal mengikuti UTS pertamanya di SDIT Thariq Bin Ziyad, akhirnya sabtu kemarin hasil UTSnya dibagikan. Sama deg-degannya saat mengajarkan Pascal belajar dalam melihat hasil UTSnya pun aku deg-degan.

Jadwal pengambilan nilai hasil UTS dari jam 8-11 yang harus diambil oleh orang tua masing-masing. Supaya tidak antri dan terlalu lama disekolah kita sengaja datang pagi-pagi jam 7.45 sudah ada disekolah. Nilai dibagikan berdasarkan nomor urut kehadiran, kebayang dong kalau dibagikan sesuai nomor urut absensi hehehe Pascal bisa kebagian belakangan.


Nilau UTS (Ulangan Tengah Semester) ini murni tidak digabung dengan nilai harian. Bentuknya pun dalam bentu lembaran yang diprint bukan dalam bentuk raport.

Bu Iin, wali kelasnya Pascal menyerahkan nilainya Pascal. Sempat ngobrol-ngobrol sebentar berkaitan dengan Pascal dan sekolah. Allhamdulillah Pascal mendapatkan nilai tertinggi dikelasnya. Jadi makin berat nih buat aku agar Pascal bisa mempertahankan nilai-nilainya juga memperbaiki kekurangan nilainya.

Untuk nilai Matematika, IPA, IPS Pascal dapat nilai sempurna. Hanya dibidang praktek olah raga Pascal dapat nilai sama dengan rata-rata kelas hehehe. tapi memang kata bu gurunya untuk nilai praktek olah raga gak ada yang dapat nilai 100 kok.
Dari 3 Kelas 1 disekolah Pascal semua nilai tertinggi dimasing-masing kelas diraih oleh teman-temannya Pascal satu TK dulu.

Didalam kelas kita juga melihat-lihat hasil karya Pascal dan teman-temannya dalam mewarnai yang ditempel didinding. Juga pencapaian hafalan surau-surat Al Qur'an yang sudah diraih masing-masing murid.



Monday, October 22, 2012

Nasi Liwet

Monday, October 22, 2012
Tidak disangka yang dulunya aku tidak suka makan nasi liwet, sekarang malah suka banget makan nasi liwet, eh tapi lihat dulu sih bagaimana bentuk nasi liwetnya :)

Mungkin awal tidak suka itu jaman dulu SD atau SMP ada acara kemping diSekolah dihidangkan nasi liwet yang rasanya aneh agak-agak keras begitu jadinya gak suka deh.

Baru-baru ini aja aku mulai suka nasi liwet, awalnya makan nasi liwet di Cibiuk dan Bumbu Desa, ternyata kok enak banget ya. Lalu ada acara makan-makan sama temen dia bikin nasi liwet sendiri itu juga enak. Ketganya memangmempunyai ciri dan rasa berbeda tapi enak semua kok.

Akhirnya aku minta resep buat nasi liwet instan itu ketemen, ternyata caranya mudah banget. Allhamdulillah anak-anak dan suami suka makannya. Lebih enak dari nasi putih biasa katanya.

Sayang aku lupa memoto nasi liwetnya, sudha keburu habis baru inget hehehe. Jadi aku kasih cara membuatnya saja ya. Buat yang ahli masak maaf kalau banyak kekurangan maklum ini yang masaknya masih amatiran. Oh ya memasak nasi liwet ini aku memakai rice cooker jadi cukup mudah kok.

Bahan :
  • Ikan jambal Asin atau teri medan (digoreng sesuai selera)
  • Beras dicuci bersih
  • daun salam
  • Sereh
  • lengkuas
  • cabe rawit merah
  • minyak goreng secukupnya
  • bawang merah dipotong besar-besar
Cara Membuat
  • Masukkan beras yang sudah dicuci bersih
  • masukkan air sebagaimana biasa kita memasak nasi
  • masukkan semua bahan diatas aduk
  • tunggu sampai matang.
Nasi liwet siap dihidangkan.




link gambar http://www.nasiliwetinstan.net/blog/resep-nasi-liwet-sunda
Monday, October 15, 2012

Lama Penyimpanan Dokumen

Monday, October 15, 2012
Terbiasa menyimpan dokumen-dokumen penting bukan dirumah, contohnya Kwitansi pembayaran SPP atau iuran lainnya. Aku iya menyimpan semuanya didalam sebuah binder, biasanya aku bolongi dulu baru deh disimpan disitu.

Kenapa aku menyimpan kwitansi itu karena ada alasan tersendiri diantaranya :
  • Sebagai bukti jika ada kesalahan pembayaran
  • Pengingat kita juga agar selalu membayar iuran tepat waktu
  • Biasanya aku simpan berdasarkan bulan
Aku juga pernah ada sedikit masalah sewaktu balik nama rumah, kita diminta melampirkan 10  tahun terkahir tanda terima pembayaran PBB, aku sih menyimpan semua pembayaran tapi orang sebelum tidak jadi kita harus membayarkan lagi PBB yang tidak ada tanda bukti pembayarannya.

Untuk berjaga-jaga juga kadang dokumen-dokumen itu aku scan supaya buktinya masih ada kalau dokumen berupa kertas hilang.

Semua kwitansi pembayaran SPP Pascal sejak Playgroup masih ada nih termasuk kwitansi pembayaran uang masuk sekolah sewaktu TK. 

Mau tanya nih sebaiknya kita menyimpan dokumen-dokumen seperti itu berapa lama?

Thursday, October 11, 2012

Rolade Praktis

Thursday, October 11, 2012
Walaupun tidak ahli memasak, tapi aku selalu memasak dipagi hari untuk bekal makan siang Pascal dan Suami, sekalian juga sih untuk makan siang aku dan Alvin :). Biasanya untuk makan malam menunya berbeda sesuai mood tukang masaknya aja, kadang-kadang juga beli lauk matang. 

Biasanya aku belanja kepasar 2 atau 3 hari sekalian, kalaupun hari ini aku belanja berarti untuk dimasak keesokan harinya. Cari menu yang praktis, mudah serta cepat saat dimasaknya, maklum lah semua aku kerjakan sendiri sudah satu paket dengan menyuapi anak-anak. 

Selasa kemarin aku pesan 1 roll rolade dari Mbak Ika, mamanya Firdaus pemilik www.ayamkodok.com kebetulan Firdaus ini teman sekolahnya Pascal di SDIT Thariq bin Ziyad. Rasanya enak sekali loh dagingnya berasa berbeda dengan rolade siap saja yang dijual dipasar, Karena roladenya sudah ada aku tinggal menyiapkan bumbunya saja nih untuk dimasak.

Berikut resep rolade praktis ala mamanya Cal-Vin :)


Bahan-bahan :
  • 1 roll rolade siap pakai
  • bawang merah
  • bawah putih
  • lada
  • kecap
  • garam
  • sedikit gula
  • pala bubuk
  • tomat diiris
  • air secukupnya (bisa juga diganti air kaldu)
Cara Memasak :
  • potong-potong rolade (disini 1 roll aku potong menjadi 10 potong)
  • goreng rolade di minyak panas sebentar hingga berwarna kecoklatan
  • haluskan bahan-bahan yang ada kecuali tomat
  • tumis bumbu halus hingga matang dan harum
  • tambahkan kecap
  • masukkan air
  • tambahkan garam dan gula secukupnya menurut selera
  • masukkan irisan tomat
  • masukkan potongan rolade yang sudah digoreng
  • biarkan hingga bumbu meresap (aku buat agak kering bumbunya)
  • Sajikan rolade bubuhi bawang goreng supaya lebih wangi
Tuesday, October 9, 2012

Mudik dan Takbiran di Jalan

Tuesday, October 9, 2012
Kata "MUDIK" sudah lama aku dengar, tapi mengalami mudik itu sendiri ketika aku sudah menikah. Pertama kali aku mudik ke Semarang pada tahun 2006, mudik lebaran pertamaku juga dengan Pascal ke tempat mertuaku.

Dalam perjalanan mudik ini ada suka dan dukanya ternyata. Sukanya tentu saja bisa berkumpul dengan saudara di hari raya Idul Fitri, dimana kita bisa bertemu satu tahun sekali. Apalagi kita mudik menggunakan kereta atau pesawat jadi tiket harus sudah dipesan jauh hari sebelumnya. Untuk mudik tahun 2013 saja aku sudah punya tiketnya loh, mudah-mudahan panjang umur dan diberikan kelancaran.

Dalam menyambut hari idul fitri aku pernah mengalami takbiran dijalan selama dua kali. Karena tiket sudah dibeli jauh hari sebelumnya jadi kita jalani saja keadaan ini. Allhamdulillahnya masih kekejar kok sholat Ied disana.

Yang pertama waktu tahun 2009 ketika pemerintah memundurkan tanggal Idul Fitri, dan yang kedua pada tahun 2011 ketika tanggal Idul Fitrinya dimajukan. Kebetulan keduanya kita naik kereta api jadi kita malam takbiran di kereta api. Tanpa mengurangi makna dari hari lebaran semua penumpang tetap rela dan ikhlas menghadapinya.

Semoga lebaran tahun 2013 tidak dimajukan, kalau tidak kita akan berlebaran dijalan kali ini karena  ditanggal itu Insya Allah kita ada dibandara menuju Semarang.

Tulisan ini diikutsertakan pada Kontes Kenangan Bersama Sumiyati-Raditcelluler


Monday, October 8, 2012

Finding Nemo 3D

Monday, October 8, 2012
Tau dong film Finding Nemo? dulu waktu film ini diputar disini tahun 2003 aku tidak sempat nonton dibioskop. Waktu itu aku membeli VCD (jadul ya belinya VCD hehehe), aku tonton berulang-ulang sampai adik dan bapakku juga ikutan nonton, oh ya waktu itu aku belum menikah.

Film produksi Pixar ini kelihatannya cukup diminati deh saat itu hingga saat ini. Pascal saja tidak bosan-bosannya menonton DVD Nemo ini. Walaupun sudah nonton ketika ditayangkan di TV dia suka nonton lagi.

Alvin juga suka ikutan nonton Nemo, dia hafal juga kalau ikan badut yang lebih besar namanya Ayah :)

Setelah 9 tahun berlalu akhirnya kita bisa nonton fim Finding Nemo ini di bioskop, kali ini filmnya versi 3D. Sebelum nonton aku bilang ke Pascal kayanya gak ada textnya deh nanti filmnya, dia sih oke saja tidak masalah toh sudah hafal adegan dan ucapan di film itu. Aku bilang begitu karena pengalaman nonton Avatar 3D kan gak ada textnya tuh, ternyata Finding Nemo 3D ini ada textnya.

Hari minggu kemarin kita menyempatkan menonton film ini di XXI Mega Bekasi, hitung-hitung refreshing buat Pascal karena minggu ini memasuki UTS di sekolahnya. Sebelum filmnya diputar ada extra film yaitu Toy Story, cukup lama juga sampai Pascal protes ini mau nonton film apa sih. Akhirnya filmpun diputar Pascal asyik nonton deh, begitu juga dengan Alvin yang duduk sendiri menggunakan kacamata 3Dnya. Sayang ditengah film Alvin tidur karena jam pertunjukannya memang siang. Sebelum filmnya berakhir Alvin sudah bangun lagi.

Sunday, October 7, 2012

Dari Monoton Menjadi Hero

Sunday, October 7, 2012
Memenuhi undangannya Mbak Niken untuk mengikuti Giveawaynya, mudah-mudahan tulisan saya bisa masuk ke kategori from zero to hero.

Kalau dilihat aktivitasku memang monoton baik sekarang maupun dulu, tapi aku senang dan enjoy menjalani aktivitas ini. Sebagai ibu dari dua orang anak yang selalu mengurus mereka dan mengerjakan semua pekerjaan rumah Allhamdulillah bisa dikerjakan dengan baik (baik versiku loh ya). Tanpa ART pun Allhamdulillah aku masih bisa online untuk ngeblog maupun menyapa teman-teman dunia maya.

Pada postingan Cara Mencegah dan Menanggulangi Tawuran, disana aku menuliskan "Biasakan pulang sekolah untuk langsung pulang kerumah". Itu memang pengalaman pribadiku :). Sejak SD sampai kuliah memang aku selalu langsung pulang kerumah jika pelajaran sudah selesai. Sesekali memang aku pernah mampir kerumah teman tapi itu sudah izin terlebih dahulu pada orang tua dan itu bisa dihitung dengan jari. Sewaktu kuliahpun aku tidak mengikuti kegiatan organisasi apapun dikampus. Selain aku kurang suka juga karena rumahku lumayan jauh Depok-Bekasi.

Dari kegiatan yang monoton inipun Allhamdulillah aku bisa menyelesaikan kuliahku tepat waktu tanpa harus menambah semester. Oh ya dikampusku dulu ambil SKSnya dengan sistem paket jadi aku tidak bisa lulus lebih cepat, jadi aku hanya bisa lulus tepat pada waktunya.

Pada saat penulisan Tugas Akhir pun aku tidak menemukan kendala yang sangat besar. Setelah mengajukan tema dan judul pada Dosen Pembimbing aku mulai membuat program aplikasi komputer untuk mendukung Tugas Akhirku tersebut.

Tidak sedikit teman-teman yang menggunakan jasa seseorang dalam membuatkan aplikasinya. Aku bertekad untuk membuat sendiri aplikasinya tanpa bantuan orang lain. Hanya bermodalkan buku-buku yang harus aku beli ditoko buku. Enaknya jaman sekarang semua contoh bisa dilihat diinternet ya, pada saat itu sepertinya susah sekali untuk mencar info seperti itu kecuali melalui buku.

Niatku untuk lulus kuliah tepat waktu harus bisa dilaksanakan, karena aku tidak mau orang tuaku membayar tambahan semester untukku. Bermodalkan komputer yang tidak begitu canggih tapi komputer itu hasil rakitan bapakku sendiri loh. Aku coding sendiri dengan bahan-bahan dari baku yang sudah aku miliki.

Allhmadulillah programku selesai dan bisa jalan. Senang sekali rasanya bisa membuat sebuah program hasil buatan sendiri. Dan orang tuaku tidak harus mengeluarkan uang banyak hanya untuk membayar aplikasi yang dibuatkan oleh orang lain. Setelah selesai aku langsung Sidang dan mendapatkan nilai yang baik tanpa harus mengulang dan mengkoreksi Tugas Akhirku.

Oktober 1999 akhirnya aku diwisuda, lega sekali rasanya bisa melewati masa perkuliahan ini tentunya bisa membanggakan orang tua juga. Tinggal menjalani PR selanjutnya yaitu mencari pekerjaan.

Kenapa aku merasa lega karena dari nol dimana aku tidak mengerti dan tidak tahu apa-apa mengenai program akhirnya aku bisa membuat program sendiri diakhir masa perkuliahan. Semoga ini termasuk ketema Giveawaynya Mbak Niken From Zero to Hero. Dari kegiatan yang monoton tapi aku bisa menjadi hero untuk diriku sendiri dan orang tua bukan :)

Walaupun saat ini aku sudah tidak bekerja lagi tapi Insya Allah semua ilmu yang sudah aku dapat masih bisa aku gunakan kok dirumah untuk keperluanku sendiri dalam membantu pekerjaan-pekerjaan yang harus aku kerjakan dirumah.



Tulisan ini diikutsertakan pada Lovely Little Garden's First Give Away


Tuesday, October 2, 2012

Cara Mencegah dan Menanggulangi Tawuran

Tuesday, October 2, 2012
Kalau ditanya pernah ikutan tawuran? tentu saja jawabannya tidak pernah. Tapi aku pernah merasakan takutnya sebuah tawuran. Kejadiannya sekitar tahun 1993 waktu itu aku baru saja masuk kelas 1 SMA. 

Jaman aku SMA dulu ada salah satu STM yang terkenal sekali suka tawuran dikotaku. Aku ingat betul kejadianya hari sabtu, kita keluar dari sekolah menuju jalan utama untuk naik angkot. Kebetulan hari itu aku dijemput bapak diluar sekolah supaya parkirnya mudah. Ketika sampai dipinggir jalan utama tiba-tiba saja ada kumpulan anak STM naik container menimpuki kami dipinggir jalan. Setelah itu mereka turun dari container dan berhamburan berlari kearah kami. Akhirnya kami berlari kembali ke dalam sekolah untuk berlindung.

Sejak itu didepan sekolah kami setiap pulang sekolah tepatnya sore hari selalu dijaga oleh tentara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan begini orang tua pun menjadi nyaman dan tidak khawatir dengan anak-anaknya.

Berikut ini ada beberapa Cara Mencegah dan Menanggulangi Tawuran dari sisi aku sebagai orang tua :
  • Ajak anak bicara dari hati ke hati sebagai sahabat, jadi anak tidak merasa sedang diceramahi. Beritahukan untung ruginya ikut tawuran. Kalau memang si anak sayang terhadap orang tuanya Insya Allah akan mengerti.
  • Biasakan hidup disiplin dalam menjalankan peraturan yang ada baik disekolah maupun dirumah. Begitu pula disiplin dalam beribadah.
  • Bekali anak baju ganti atau jaket untuk menutupi pakaian seragam mereka jika sewaktu-waktu ada tawuran yang tidak bisa dihindari. Pengalamanku dulu biasanya musuh dari sekolah lain akan melihat bet di baju seragam kita dan mereka tidak segan-segan untuk melakukan tindakan kekerasan.
  • Biasakan pulang sekolah untuk langsung pulang kerumah. klise memang nasihat ini tapi dengan pendekatan yang baik diantara orang tua dan anak mudah-mudahan bisa.
  • Tingkatkan kecintaan pada Allah dan sesama sehingga saling menyayangi dan tidak terjadi tawuran. Kalau saja setiap anak berbekal ini Insya Allah tidak ada tawuran lagi. 
  • Jauhkan sikap mendendam supaya tidak ada tawuran.
  • Pihak sekolah juga harus mendukung agar tawuran antar sekolah tidak terjadi misalnya dengan cara mengadakan bimbingan dan sering-sering mengingatkan hal ini.


Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bersatu : Cara Mencegah Dan Menanggulangi Tawuran.

Monday, October 1, 2012

Terima Kasih Bu Guru

Monday, October 1, 2012
Allhamdulillah bisa online lagi, ujiannya Pascal belum selesai sih tapi sekarang sudah bisa disambi online nih. Supaya fresh weekend kemarin Pascal ke Gramedia lagi nih seperti biasa tiap bulan nagih beli buku. Kali ini dia beli 3 buku Kungfu Panda.

Sebelum ke Gramedia kita mampir ke Total dulu untuk isi BBM sekalian menukarkan hadiah (pssst ini iklan gak dibayar loh hehehe). Kita dapat tempat minum dari Lock n Lock setelah mendapatkan stempel 10. Untuk mobil dengan pembelian BBM seharga 250 ribu bisa mendapatkan 1 stamp sedangkan motor dengan pembelian 25 ribu.

Kembali ke judul postingan diatas. Kali ini aku akan bercerita tentang wali kelasnya Pascal disekolah. Allhamdulillah Pascal dapat wali kelas yang perhatian dan baik. Beberapa kali wali kelasnya sms wali murid untuk info-info penting. Seperti saat ini sedang ujian praktek tiap hari wali kelasnya selalu mengingatkan orang tua untuk memdampingi dalam belajar sambil memberitahukan mata pelajaran apa yang akan diujikan esok hari.

Sempat ada obrolan dari ibu-ibu kelas lain karena walikelasnya tidak seperti itu. Aku sangat berterima kasih sekali sama wali kelasnya yang begitu perhatian pada murid-muridnya. Semoga jasa ibu guru mendapatkan balasan yang setimpal ya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...