Melihat Proses Pembuatan Xpander Di MMKI Cikarang

Saturday, February 10, 2018
Saya tidak pernah membayangkan sebelumnya bisa masuk ke pabrik mobil.  Mungkin selama ini saya hanya bisa melihat proses pembuatan mobil melalui tayangan video atau games saja. Tapi berkat komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) dan Mobil123 sebagai Portal Otomotif No 1 di Indonesia, saya bisa menyaksikan sendiri proses pembuatan mobil secara langsung di PT. Mitsubihi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Delta Mas, Cikarang pada hari Rabu, 7 Februari 2018 lalu.



Meskipun harus berkumpul sejak pagi, tapi saya dan teman-teman sudah antusias sekali untuk mengikuti plant tour hari itu. Perjalanan dari FX Sudirman ke Deltamas menempuh jarak kira-kira 52 KM. Biasanya jarak tersebut bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam, namun hari itu kami menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam. Tidak masalah, karena ini merupakan perjalanan yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Belum tentu semua orang bisa masuk ke pabrik mobil bukan.

PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI)

Pabrik Mobil Mitsubishi yang terletak di kawasan Greenland International Center Blok CH Nomor 01, Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 25 April 2017 lalu.

Ternyata di pabrik baru ini bisa memproduksi mobil hingga 160.000 unit pertahun yang dibagi menjadi tiga merek yaitu small MPV, Pajero Sport, dan L300.

Pabrik Mobil Mitsubishi yang terletak di kawasan Greenland International Center Blok CH Nomor 01, Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 25 April 2017 lalu.

MMKI yang berdiri di lahan seluas 51 hektar ini  memproduksi mobil hingga 160.000 unit pertahun yang dibagi menjadi tiga merek yaitu small MPV , Pajero Sport, dan L300. Kedepannya produksi akan lebih ditingkatkan lagi menjadi 240 ribu unit per tahunnya.

MMKI juga memiliki standarisasi pabrik Internasional dan menjaga kualitas produksinya karena produknya bukan hanya untuk pangsa domestik saja, juga untuk diekspor keluar negeri.

Press Conference 


Rombongan Blogger dari Mobil123 akhirnya tiba di pabrik MKKI sekitar pukul 13.00, setelah sebelumnya menunggu waktu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara di rumah makan untuk istirahat, makan siang dan sholat. Senang rasanya kedatangan kami disambut oleh mereka melalui sebuah banner yang dipasang di depan pabrik.

Sebelum masuk ke ruangan press conference kami melihat ada dua buah mobil yang terpajang di sana yaitu Pajero dan Xpander. Kami pun akhirnya dipersilakan masuk ke dalam. Di ruangan itu kami bergabung dengan group blogger lain dan komunitas Xpander yang turut serta dalam acara plant tour.

Dalam kesempatan itu hadir beberapa management Mitsubishi yang akan memaparkan materi yang perlu disampaikan antara lain Mr. Kyoya Kondo Presiden Direktur PT. MMKSI, Mr. Takao Kato, Presiden Direktur MMKI, juga Rifat Sungkar.

Tentang Mitsubishi XPANDER

XPANDER merupakan jenis mobil MPV terbaru dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) yang mendapatkan peringkat bintang 4 dari ASEAN New Car Assessment Program (NCAP). Di Indonesia sendiri XPANDER sudah mulai dipasarkan sejak September 2017 pada event GIIAS.

Mitsubishi sebagai kendaraan yang atraktif, dicintai, dan dipercaya saat ini sudah lebih dari 50.000 unit pemesanan. Jumlah tersebut tidak hanya untuk produksi dalam negeri saja, tapi juga pemesanan yang akan di ekspor ke negara lain seperti Filipina, Thailand, dan lain-laon

Sebagai Brand Ambassador Mitsubishi XPANDER, Rifat Sungkat mengatakan bahwa mobil ini mempunyai desain ekstra ordinary yang menggunakan desain Mitsubishi Dynamic Shiled. Bagi pecinta dunia balap pastinya sudah tahu dong siapa Rifat Sungkar. Ya dia adalah atlet motorsport yang sudah malang melintang di runia reli baik nasional maupun internasional. Pantas saja Rifat dipilih menjadi Brand Ambassador XPANDER, ternya dia sudah memiliki 4 XPANDER di rumahnya. Jadi Rifat tahu betul keunggulan dari mobil ini. Salah satunya adalah karena bandannya yang tinggi, sehingga nyaman saat dikendarainya.

Makin gagah aja ya Rifat kalau mengendari XPANDER, apalagi rodanya memiliki velg 16 inch dengan two-tone color dan mempunyai mesin 1500Cc sehingga lebih bertenaga namun tetap efisein. Rifat juga menjelaskan kelebihan-kelebihan lainnya dari XPANDER ini antara lain :
  • Mempunyai desain lampu belakang LED Rear Combination Lamp
  • Kabin yang terlihat luas
  • Mempunyai 19 titik penyimpanan. Tahu sendiri dong, kalau bepergian bersama keluarga apalagi punya anak kecil, pastinya akan banyak sekali barang yang harus dibawa. Hal ini memudahkan pengendara dan penumpangnya menyimpan keperluan selama perjalanan.
  • Ada 3 titik charger jadi ga perlu lagi deh rebutan buat ngecharge ponsel yang kehabisan baterai.


XPANDER Plant Tour


Ini lah waktu yang ditunggu-tunggu peserta yaitu melakukan plant tour. Sebelum berkeliling pabrik kami diharuskan memakai topi dan kacamata serta tidak diperbolehkan membawa tas dan ponsel demi keselamatan dan ketertiban para pekerja plant.

Menuju pabrik kami naik bis saking besarnya plant yang dikunjungi. Kami akan turun pada pintu masuk plant untuk berjalan di sepanjang jalan yang sudah ditentukan. Pabrik MMKI dalam satu hari bisa memproduisi 176 unit mobil. Saya sempat melihat papan petunjuk yang berisi informasi jumlah target produksi dan unit yang sedang dikerjakan.

Kami melihat proses Stamping, Painting, Assembling, Welding, sampai ke Vihicle Inspection. Proses pengerjaan dilakukan oleh mesin yang berbentu seperti robot. Jadi inget film Transformer nih seperti Bumble Bee dan Optimus Prime.

Ada yang menarik di pabrik Mitsubishi ini yaitu adanya sistem Tatami Conveyor yaitu struktur tanpa lubang yang memudahkan dalam memperluas dan mengganti layout. Oh ya pabrik MMKI juga merupakan pabrik yang ramah lingkungan lho. Dengan mendaur uang limbang dan menggunakan air hujan dalam proses produksinya untuk melakuoan penghematan air.

Test Drive Mitsubishi XPANDER

Setelah berkeliling plant, kami pun turun di sebuah lapangan bak lautan XPANDER. Di tempat ini pula kami akan mencoba XPANDER secara langsung baik bagi pengemudi maupun penumpang. Di dalam mobil XPANDER berwarna putih ini saya dan kedua teman blogger juga didampingi oleh Mas Ali dari Rifat Drive Labs yang akan membawa kami menguji ketangguhan mobil.



Test drive yang dilakukan kali itu ada tiga tahapan yaitu menguji Anti-lock Braking System (ABS) yaitu sistem pengereman pada mobil supaya tidak terkunci saat mengerem mendadak. Mas Ali mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi, awalnya saya sempat deg-degan dan berpesan hati-hati :). Lalu pedal rem pun diinjak dengan tiba-tiba dan penuh. Apa yang terjadi? Meskipun terjadi pengereman mendadak, roda tidak berhenti dan masih bisa dikendalikan oleh pengemudi. Hal seperti ini diperlukan karena jika roda langsung mengunci akan membahayakan dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Selanjutnya kami pun diajak untuk menguji suspensi yang berfungsi untuk meredam getaran pada kendaraan, biasanya akan berasa pada jalan yang jelek atau bergelombang. Nah Mas Ali mengebdari XPANDER sambil melindaskan bon mobil pada rintangan seperti polisi tidur dengan kecepatan 20KM/Jam. Hasilnya? Rasanya empuk alias tidak kasar dan menyakitkan saat mobil melewati jalan tersebut. Jelas aja Suspensi XPANDER memang bagus dan bisa meredam goncangan di luar.

Selain itu kami juga mencoba rintangan berikutnya yaitu zig-zag dan trek 8 circle. Di sini akan terlibah kalau XPANDER mempunyai handling yang stabil untuk digunakan dalam kecepatan tinggi ketika bermanuver,

Ternyata mengikuti test drive oleh ahlinya membuat adrenalin berpacu ya. Mengerikan tapi juga menyenangkan. Setelah menguji XPANDER, tertarik dong membelinya? :)

16 comments

  1. Boleh dong aku dibeliin satu hehehe.. mobil gagah model begini yg aku sukaaa

    ReplyDelete
  2. Weiss sudah 50 ribua aja antriannya yah? Mantap jiwa...!

    ReplyDelete
  3. Untung pada gak mabok ya abis ikutan test drive haha

    ReplyDelete
  4. pas tes ABS aku khawatir Lidya dan Melly cemas,...jd sloowwww ajah :D

    ReplyDelete
  5. Mobil idaman nih,macho banget hehehe

    ReplyDelete
  6. Udah tertarik sama Xpander sejak pertama kali nengok penampilannya di GIIAS tahun lalu. :D

    ReplyDelete
  7. Biasanya bawa mobil ya bawa aja, baca ini lumayan dapat pengetahuan tentang mobil hehehe.

    ReplyDelete
  8. Kemarin nggak dibawa pulang XPandernha satu, Lid? 😂

    ReplyDelete
  9. setiap blogger yg datang boleh nyobain nyetir sendiri kah saat test drive?

    seru amaatt

    ReplyDelete
  10. Dobel keuntungan,bisa lihat perakitan mobil secara langsung juga bisa foto sama Rifat Sungkar Hahahaha

    ReplyDelete
  11. Emang seru bisa mengunjungi langsung pabriknya....Xpander Mobil keluarga yg cocok disegala Medan nih desainnya juga Kren

    ReplyDelete
  12. Seruuu bangat ya Mba Lidya bisa lihat pabrik dan coba test drive bareng XPander ini :)

    ReplyDelete
  13. Aku juga nggak ngebayangin loh bisa ke pabrik Mitsubishi melihat secara langsung proses pembuatan Xpander. Terkesan dan terkesima itu robot canggih dan keren yah pada bikin spare part mobil dengan cepat. 👍😱

    ReplyDelete
  14. sukaaaa banget masuk ke pabriknya... luaassss soalnya... trus suka banget liat plat baja diproses jadi mobil

    ReplyDelete
  15. Kesempatan emas bangeeet untuk liat langsung prosesnya ya mba..pasti seruuu rame-rame trip ke sini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...