Friday, April 6, 2018

Ini Lho Makanan Bayi 7 Bulan Yang Pernah Alvin Makan

Happiness is watching your baby try their very first foods, and seeing the funny faces they make - anonymous


Rasanya baru kemarin Alvin makan MPASI pertamanya, tau-tau sudah umur 8 tahun aja sekarang. Waktu memang cepat berlalu  ya, langsung melow deh :). Allhamdulillah setelah memberikan ASI Exclusive selama 6 bulan, Alvin pun siap menyantap suapan pertamanya dengan antusias.


Satu bulan pertama menikmati makanan padatnya pastinya sebagai orangtua harus belajar. Makanan saja yang harus diberikan dan larangan apa saja yang harus dipatuhi. Meskipun sudah diberikan makan sehari tiga kali dengan porsi yang sesuai umur, pastinya ASI harus tetap diberikan sampai umur 2 tahun.

Saya sempat googling untuk mengetahui makanan bayi 7 bulan yang bisa diberikan pada Alvin waktu itu. Beberapa rekomendasi makanan saya dapatkan seperti :

Pisang

Jenis buah yang gampang banget ditemukan dimanapun, gak perlu jauh-jauh mencarinya. Di dalam pisang mengandung karbohidat dan serat yang baik untuk tubuh. Saya paling suka menyuapi Alvin pisang yang dikerok terlebih dahulu lalu dihaluskan menggunakan garpu. Pantas saja sampai sekarang dia suka pisang, apalagi bisa diandalkan kalau pagi-pagi belum ada makanan. 

Alpukat

Alpukat punya kandungan protein yang tinggi dan baik diberikan pada bayi. Ada lemak tidak jenuh yang bermanfaat untuk perkembangan otaknya. Siapa sih yang gak mau punya anak pintar ya. Waktu memberikan alpukat buat bayi sama seperti halnya pisang di atas harus dihaluskan juga, kecuali umurnya sudah makin besar bisa disajikan lebih kasar teksturnya. Oh ya, kalau mau memberikan alpukat gak perlu banyak-banyak soalnya bisa cepet kenyang, bisa-bisa di jam makannya malah gak mau makan.

Ikan

Nah kalau ini makanan kegemaran saya banget, makanya untuk MPASI juga selalu saya berikan. Ikan yang mengandung sumber protein juga rendah lemak gampang didapatkan kok, meskipun itu berasal dari laut.

Daging Ayam

Kalau beli daging ayam fillet biasanya saya giling dulu buat dimakan pakai bubur. Daging ayam banyak mengandung protein dan vitamin B12 yang bagus untuk pertumbuhan bayi. Saya juga kadang-kadang memberikan ceker buat Alvin. 

Bayam dan Ubi Jalar

Nah kalau kedua bahan makanan ini kaya akan kalsium, zat besi, vitamin A juga folat yang bagus untuk bayi. Kalau makan bayamnya aja pasti langu makannya bisa dicampur pakai ubi jalar supaya ada rasa manisnya.

Masih banyak jenis makanan lainnya yang bisa diberikan buat bayi umur 7 bulan. Setiap kasih makan lakukan dengan bertahap jangan langsung dalam porsi besar. Kadang sebagai ibu terlalu antusias kasih berbagai jenis makanan. Sebaiknya tunggu dua sampai tiga hari supaya tahu kalau ada alergi makanan.

2 comments:

  1. Hahaha lucu banget itu Alvin! Aku inget dulu Faruq doyannya avokad. Gak pake gula cuma kasih susu formula dikit. Habis seketika. :D

    ReplyDelete
  2. Sama liaaa.. Bo sama Obi juga seneng banget buah. Setelah besar dikit makan salmon sama brokoli. Udah besar beneran susaaah banget makan sayuur hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...