VIVALOVA Wujudkan Liburan Seru Di Dufan Bareng Keluarga Blogger

Friday, April 13, 2018
Beberapa waktu lalu, adik saya dan keluarganya baru saja jalan-jalan ke Dunia Fantasi (Dufan). Baru saja punya niat dan rencana ke sana juga, eh diajak liburan barengan sama Viva.co.id. Pucuk dicinta ulam tiba, Allhamdulillah Pascal dan Alvin bisa ikut ke Dufan dalam acara Viva's Blogger On Vacation. Berbeda dengan event liburan sebelumnya ke Pulau Bidadari hanya bloggernya saja yang ikut. Kali ini Viva tidak hanya mengajak 30 blogger saja, tapi juga boleh mengajak keluarga, asyik yaaa.

Sabtu, 7 April 2018 akhirnya kami pun meluncur ke Dufan. Tim Viva sudah menunggu kedatangan kami sejak pagi di pintu utama Taman Impian Jaya Ancol untuk membagikan Free Pass yang akan digunakan masuk Ancol dan Dunia Fantasi.



Sambil menunggu teman-teman lainnya yang belum sampai di lokasi, kami pun ngobrol satu sama lain. Sebelum masuk ke Dufan kami pun mengabadikan momen tak terlupakan ini di depan simbol Dufan yang berbentuk segitiga.




Menuju Pentas Prestasi


Sebagai tamu yang baik, kami pun ikut aturan dari pihak panitia dan tuan rumah. Sebelum mengexplore semua wahana yang ada di Dufan, kami berkumpul terlebih dahulu di Pentas Prestasi untuk mendengarkan sambutan dan paparan singkat dari Viva dan pihak Dufan.



Gedung Pentas Prestasi ini diresmikan pada tahun 2007 lalu yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional tahun itu juga. Ternyata sudah lama juga ya berdirinya, ya iyalah karena sudah hampir 10 tahun saya baru ke Dufan lagi.

Kami berkumpul di area indoor Pentas Prestasi dengan setting seperti layaknya studio yang dilengkapi dengan panggung dan layar lebar. Tempat ini berkapasitas sekitar 100 orang, jadi cukuplah siang itu blogger dan keluarga berkumpul di ruangan tersebut.


Sebagai pembuka Mas Maryadi yang lebih dikenal dengan Adi sebagai Pemimpin Redaksi Viva.co.id menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih pada kami yang sudah bisa hadir untuk berlibur bersama. Diharapkan blogger bisa dengan aktif submit tulisan di portal viva. Untuk bisa submit tulisan di Viva jangan lupa untuk register dulu ya.

Mas Reynon Vigor Adi Sukma (Manager Dufan) menjelaskan wahana-wahana apa saja yang ada di Dufan yang bisa dinikmati oleh keluarga sesuai dengan tinggi badan tentunya. Penasaran ada wahana apa saja? baca lanjut ya, saya akan bagikan keseruan kami bermain di wahana-wahana Dufan.





Mengenal Dunia Fantasi


Dunia Fantasi dibuka pertama kali pada 29 Agustus 1985 yang dikembangkan oleh Perseroan dan memiliki sertifikasi ISO 9001:2015. Dengan Theme park pertama memiliki wahana indoor dan outdoor.
Jadi ingat jaman SD dulu, pertama kali ke Dufan bersama keluarga juga. Dufan dulu dan sekarang pastinya sudah mengalami kemajuan yang pesat baik dari banyaknya wahana maupun pelayanannya.


Dunia Fantasi punya 9 karakter atau maskot loh, semuanya diambil dari hewan-hewan yang disingkat nama dan julukannya. Yuk kenalan satu-satu dengan mereka yang lucu :
  • Dufan: Dunia fantasi
  • Dufi: Dunia Fantasi
  • Kabul: katak gembul
  • Bije: bison jenaka
  • Garin: garuda indonesia
  • Tanit: tapir genit
  • Kombi: komodo gembira
  • Cili: kancil licik
  • Barus: babi rakus
Maskot utamanya berupa kera bekantan yang dikasih nama Dufan. Ternyata wilayah Dufan ini dulunya merupakan kawasan kera, makanya saat ini dijadikan maskot Dufan.


10 Kawasan Tematik dari 33 Wahana


Dufan punya 10 kawasan tematik dari berbagai belahan dunia, di mana masing-masing kawasan mempunyai wahana dengan tema dan ciri khas sesuai dengan kawasan tersebut. Berada di tiap kawasan seolah kami sedang berada di daerah tersebut.




Mau tahu wahana apa saja yang kami masuki? 

1. KAWASAN HIKAYAT


  • Galactica
Alvin dan Shaki foto bersama setelah bermain di wahana Galactica

Ini wahana yang paling disukai oleh Alvin, sampai berkali-kali masuk wahana Galactica. Pengunjung menaiki kapal berbentuk perahu bulat yang berisi 6 orang dan menelusui track sejauh 225 meter. Ceritanya sih kami menaiki pesawat ruang angkasa untuk melawan alien. Seru, pantas saja Alvin suka apalagi kami dibekali dengan senjata laser untuk menembak lampu-lampu yang ada pada alien. Tiap lampu yang tertembak akan berubah warna dan menambah poin permainan.

Alvin siap bertempur menembak alien

Poin para pemain

Di akhir permainan masing-masing pemain akan mengetahui poin yang didapatkan setiap kali berhasil menembak lampu. Poin saya paling besar 153 ribu. Sayang waktu sudah malam dan hujan turun sehingga kami gagal masuk kembali ke wahana ini untuk yang ketiga kalinya. Next time kita ke sini lagi ya De.

  • Burung Tempur

Pascal dan Alvin naik burung tempur yang bisa turun naik hingga 15 meter. Saya dan suami tidak ikut naik wahana ini, karena relatif aman anak-anak berdua saja yang naik. Untuk orangtua yang mau menemani anaknya main burung tempur diperbolehkan kok, karena wahana ini untuk keluarga.

  • 3D Simulator - Mysterious Island

Di wahana ini saya tidak mengambil foto karena agak susah dan tidak diperkenankan mengambil gambar atau video. Wahana yang mengajak pengunjung berpetualangan di tanah misteri dimana orang-orangnya menjadi kecil dan menaiki lebah yang dikejar-kejar burung. Kursi yang kami duduki bergoyang-goyang, turun naik seolah kami sedang berada di atas lebah yang sedang terbang.


2. KAWASAN KIDZ FANTASY

  • Ice Age Arctic Adventure

Kalau pernah nonton film Ice Age pasti kenal dengan karakter Sid, Diego, Manny, dan Scrat ya. Pengunjung tidak hanya bisa bertemu dengan mereka lho tapi juga bisa merasakan proses pencairan es di kutub utara. Kami bertualangan naik perahu kayu yang dipenuhi dengan hewan masa purba. Pantas saja di wahana ini tidak boleh mengambil foto dan video karena mengandung unsur kejutan yang tidak terduga. Saat memasuki lorong yang gelap gulita, tiba-tiba perahu kami turun seolah melewati air terjun, alhasil saya pun basah. Psst saya kasih bocoran ya, jangan duduk di pinggir perahu kalau gak mau terlalu basah:)

ini perahunya, gambar ini diambil sebelum saya naik. Kami duduk di bagian paling belakang


  • Hello Kitty Adventure

Tokoh kartun Hello Kitty yang banyak disukai oleh perempuan bisa ditemui di wahana ini. Tidak hanya Hello Kitty saja tapi juga ada My Melody, Kero Kero Keroppi, Bad Batdz Maru. Kebanyakan sih areanya buat foto-foto dan aktivitas games.

  • Dream Playground

Buat keluarga yang membawa anak kecil cocok nih masuk wahana Dream Playground di area indoor, tempatnya dekat dengan Ice Age. Pascal dan Alvin tidak antusias bermain di wahana ini, mungkin permainannya cocok untuk anak-anak kecil saja ya.


  • Kontici Swing Boat

Sekilas terlihat hanya perahu biasa saja ya, makanya kami naiklah wahana ini. Ternyata gara-gara naik wahana ini saya sampai pusing dan mual. Lebih baik naik wahana extreme deh daripada yang bikin eneg. Kami diombang-ambing dan diayun-ayun ke sana-kemari. Di tengah permainan rasanya mau berhenti saja :)



3. KAWASAN JAKARTA

  • Turangga - Rangga

Wahana yang biasa disebut komedi putar ini terdiri dari 40 kuda tunggangan. Ayo mau pilih naik kuda yang mana? Jangan salah loh wahana ini juga disukai oleh dewasa, mungkin karena menjaga anak-anaknya atau buat melepas lelah karena sudah menikmati banyak wahana menegangkan.


4. KAWASAN INDONESIA

  • Alap-alap




Bagi mereka yang takut naik halilintar bisa mencoba naik wahana alap-alap. Tenang saja kereta luncur ini gak akan berputar sampai 360 derajat kok, jadi aman untuk anak-anak. Saya sempat ambil video selama menaiki wahana ini, tapi sayang sekali saya duduk di kursi nomor dua. Mau naik lagi tapi anak-anak sudah minta pindah ke wahana lainnya.






  • Istana Boneka


Mau cari kenyamanan dan kesejukan masuk aja ke wahana istana boneka yang lebih santai. Di sini pengunjung bisa melihat beragam boneka dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara. Anak-anak pasti senang masuk wahana ini karena lebih tenang dan tidak menegangkan.



5. KAWASAN YUNANI

  • Halilintar


Ini wahana yang pertama kali saya naiki kemarin, karena lokasinya dekat dengan Pentas Prestasi. Saya, suami, Pascal dan Isti naik sama-sama wahana ini. Seruuuuu abis pokoknya kami naik kereta yang berputar hingga 360 derajat, apalagi turunan yang menegangkan. Kapok? tentu saja tidak masih mau naik lagi kok. Teriak juga gak dilarang untuk menghilangkan ketegangan.

  • Ontang-Anting
Sayang sekali waktu Pascal naik ontang anting waktunya sudah malam dan suami tidak mengambil foto di wahana ini. Sedangkan saya sedang menunggu Alvin di wahana lainnya


6. KAWASAN ASIA

  • Bianglala


Saya biasa menyebutnya dengan kincir angin waktu kecil. Dari ketinggian Bianglala bisa melihat suasana yang ada di Dufan dari atas. Kami naiknya siang hari agak panas tapi untung saja banyak angin jadi cukup menyegarkan. Kalau naik Bianglala di malam hari lebih seru karena akan banyak lampu warna warni terlihat dari atas

  • Baku Toki (Bamper Cars)

Alvin ketagihan naik Baku Toki sampai turun naik wahana ini hingga malam:). Keahlian mengendarai mobil bisa diuji di sini supaya tidak menabrak mobil yang dikendarai orang lain dan bisa mencari jalan lain.

  • Kora-kora

Ini Wahana yang paling disukai oleh Pascal meskipun awalnya dia agak takut dan gak mau naik, tapi setelah naik malah ketagihan. Lucunya saat malam hari Pascal naik Kora-kora, baru selesai dia langsung naik lagi. Kalau bukan karena hujan yang turun mungkin dia akan nambah lagi.

Memang menyenangkan naik wahana ini yang berbentuk perahu bajak laut, makin lama makin miring dan tinggi hingga 90 derajat. Kami selalu memilih tempat duduk di paling belakang supaya kemiringannya makin terasa dan seru.






  7. KAWASAN AMERIKA
  • Niagara-Gara
foto diambil sesaat sebelum naik wahana dan pakaiannya masih kering

Di wahana Niagara-Gara harus siap basah loh, tapi permainannya seru. Kami naik perahu kayu yang berisi 5 orang kemudian meluncur dari ketinggian 20 meter dan byuuurrrr basah semua. Ternyata ada pengunjung yang sudah menyiapkan jas hujan loh untuk menaiki wahana ini, kreatif juga ya. Oh ya kalau mau naik wahana ini sebaiknya pakai sandal aja, kalau pakai sepatu lebih baik dibuka saja kalau tidak mau basah.

  • Rumah Jahil

Rumah jahil atau rumah kaca juga sempat kami masuki satu kali. Awalnya kami bingung untuk memilih jalan keluar yang penuh dengan kaca. Salah jalan atau menabrak kaca kalau tidak hati-hati. Tapi akhirnya kamu punya trik untuk bisa keluar dari rumah jahil dan berhasil. Mau tahu caranya? nanti saya tuliskan sendiri triknya ya.

  • Poci-poci



Mau uji nyali atau uji pusing? naik deh poci-poci :) Tapi herannya buat anak-anak mereka suka banget naik wahana, padahal mamanya gak mau naik karena takut pusing.

8. KAWASAN EROPA
  • Time Adventure (Magic House)

Jadwal shownya weekday jam 14.00 sedangkan weekend jam 13.30 WIB


9. KAWASAN KALILA
  • Kalila Adventure
  • Ubangga-banga 

10. KAWASAN AFRICA
  • - Fantasy Lights
  • - Fantastique

Ada dua kawasan yang tidak kami masuki yaitu kawasan Kalila dan Africa karena hari sudah malam. Lagi pula anak-anak lebih antusias di kawasan lain. Meskipun tidak semua wahana kami masuki tapi beberapa wahana kami masuki berulang kali karena suka.



Bermain Di Seluruh Wahana Dalam Satu Hari Dengan Fast Track


Mungkin gak sih ke Dufan bisa menikmati seluruh wahana yang ada dalam satu hari? Rasanya agak sulit ya, apalagi di 14 wahana favorit antriannya mengular dan belum lagi harus istirahat untuk makan atau sholat. Satu wahana bisa menghabiskan waktu 1-2 jam untuk antri, bisa-bisa sudah tutup dan malam. 



Makanya kemarin sempat mundur maju waktu ada kesempatan ke Dufan, soalnya anak-anak tuh senang sekali bermain di wahana-wahana yang penuh tantangan. Nah, kendalanya adalah antriannya bisa-bisa membuat mereka bete. Makanya kami putuskan untuk membeli tiket fast track sendiri di Dufan.

Harga tiketnya memang lumayan mahal juga sih, tapi itung-itung hadiah ulang tahun mereka akhir Maret lalu. Mereka senang sekali waktu tahu dibelikan fast track. Kalau teman-teman ada rezeki lebih worth-it kok beli tiket ini, karena bebas antri dan bisa langsung menikmati wahana favorit. Kenapa cuma 14 wahana favorit aja yang berlaku? karena wahana lain gak antri kok, jadi gak perlu lagi fast track.


Syarat beli fast track pengungjung harus membeli tiket masuk Dufan terlebih dahulu. Tiket Fast Track bisa di beli di dalam area Dufan tapatnya sebelah kanan pintu masuk atau di depan wahana Turangga Rangga. Setelah membayar tiket, pengunjung akan diberikan gelang seperti gambar di atas. Gak usah khawatir sobek atau lepas, karena bahan pembuatnya kuat kok meskipun kena air wudhu sekalipun.


Di wahana favorit, kita tidak perlu mengikuti antrian karena akan ada petunjuk jalur cepat naik wahana yang biasanya langsung menuju pintu masuk wahana. Lumayan menghemat waktu dan tenaga untuk antri, hanya boros dikantong aja sih hehehe.



Satu-satunya tempat rekreasi dengan permainan terbesar, terlengkap, penuh adrenalin dan edukatif ya di Dunia Fantasi. Anak-anak jadi ketagihan dan minta balik lagi ke sana. Terima kasih Viva dan Dufan yang sudah mengajak keluarga kami berlibur.


Informasi tiket
Reguler Senin - Jum'at Rp200,000 Sabtu/Minggu/Libur Rp295,000
Fast Track Rp200,000
Premium Rp450,000 - Rp550,000
Annual PAss Rp299,000 pertahun seharusnya Rp600,000 selama bulan April 2018



6 comments

  1. Seeruuuuuuu! Semua dinaikin yah mbak? Asyiknyaaa kalau anak2 tingginya udah masuk batas naik wahana :))

    ReplyDelete
  2. wah informasi yang menarik..
    website yang sangat membantu untuk menentukan tujuan liburan kita

    ReplyDelete
  3. Dufan dari dulu memang menjadi tujuan wisata yang asyik bersama keluarga. Banyak wahana-wahana menarik yang layak untuk dicoba.

    ReplyDelete
  4. Keren banget...
    Jadi pengen ke Dufan.
    Tapi jauh.

    ReplyDelete
  5. Waaah Dufan salah satu whistlist ku nih kalo ke Jakarta. Pengen ngajak bocah ke sini.

    ReplyDelete
  6. Foto-foto di artikel ini cerah banget ya, mba.
    Boleh tahu berapa ukuran pixelnya?
    Mendadak kepo, karena meski tampilan foto-fotonya besar dan cerah, loading blognya tetap lancar :).

    Boleh tahu, mba, pakai blogger atau wordpress?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...