badge

Tuesday, April 21, 2015

Reportase Vlogger Gathering - One Day Trip to Pulau Bidadari

Tidak menyangka saya bisa ikut serta dalam Vlogger Gathering - One Day Trip to Pulau Bidadari, Kamis 16 April 2015 yang diadakan oleh VIVA.co.id dan PT. Seabreez Indonesia. Senangnya bukan main karena bisa menikmati suasana pantai yang indah di Kepulauan Seribu dengan gratis termasuk tiket masuk Ancol bersama 40 orang teman-teman Vlogger. Fyi, Vlogger merupakan sebutan blogger yang tergabung didalam VIVA.co.id.




Pada rundown acara peserta diharapkan datang di Lounge Marina dekat dermaga 15 sekitar pukul 8.30 untuk melakukan registrasi. Saya dan dua orang teman sudah tiba di Marina sekitar pukul 6.00, kebetulan kami bertiga sama-sama dari Bekasi. Sambil menunggu teman-teman tiba kami ngobrol dan foto-foto di depan dermaga 15.

Setelah melakukan registrasi dan coffee break di Lounge, pukul 9.00 perjalanan ke Bidadari Eco Resort pun dimulai dari dermaga 17. Waktu yang di tempuh menuju Pulau Bidadari adalah 20 menit dengan mengunakan boat. Pulau ini merupakan pulau di Kepulauan Seribu yang jaraknya paling dekat dengan kota Jakarta. Selama perjalanan kami dipandu oleh MC yang bernama Mas Yozh yang membuat perjalanan tidak membosankan. Air laut pagi itu cukup tenang, sehingga kami bisa membuka jendela pada boat untuk menikmati pemandangan laut yang indah. Dari kejauhan dapat dilihat kapal-kapal nelayan yang sedang mencari ikan.

Boat yang dipergunakan menuju Bidadari Eco Resort
Setibanya di Bidadari Eco Resort kami di suguhi welcome drink berupa minuman buah yang menyegarkan. Sambil menikmati minuman kami juga dihibur dengan welcome dance yang dibawakan oleh para pegawai resort dengan seragam mirip tentara VOC.




Welcome dance

Setelah istirahat sejenak Vlogger mengikuti serangkaian kegiatan di Bidadari.

TELUSUR PULAU

Kegiatan telusur pulau di pandu oleh Kang Udung yang juga di temani oleh MC sebelumnya. Sambil menelusuri pulau kami dijelaskan mengenai latar belakang pulau yang sedang kami kunjungi. Pulau yang memiliki luas 6 hektar ini memiliki 16 patung kolonial Belanda juga dijadikan cagar budaya. Pulau ini pada jaman kolonial dijadikan benteng pertahanan bersama dengan Pulau Onrust, Pulau Kelor dan Pulau Kahyangan. Oleh karena itu di 4 pulau tersebut didirikan Menara Martello, yang juga dikenal sebagai icon di Pulau Bidadari.

1. Menara Martello.
Menara Martello yang juga biasa disebut Benteng Martello di bangun pada tahun 1850 untuk mempertahankan pulau Onrust juga Batavia. Dulunya kedalaman benteng Martello mencapai 30 meter namun mengalami kehancuran beberapa kali diantaranya adanya serangan dan letusan gunung Krakatau. Benteng Martello memiliki banyak pintu masuk, dan hingga sekarang tidak diketahui mana pintu asli benteng tersebut.

Benteng / Menara Martello

2. Sarang Elang Bondol.
Di sekitar Benteng Martello terdapat banyak patung. Benteng ini merupakan salah satu spot foto terbaik di Bidadari Eco Resort. Sering juga digunakan sebagai lokasi foto prawed. Di lokasi Benteng Martello ini juga kita dapat menemukan sarang Elang Bondol yang merupakan hewan icon kota Jakarta. Konon jika elang bondol mempunyai anak, makanya anaknya harus tinggal di pulau yang berbeda dengan induknya.

Di atas pohon ini terdapat sarang elang bondol
3. Pohon Jodoh.
Ada mitos tentang salah satu pohon besar yang berada di Bidadari Eco Resort yaitu pohon jodoh. Konon jika berfoto bersama pasangan disana hubungannya akan langgeng. Kami sempat berfoto disana semoga hubungan pertemanan kami langgeng ya.

Uniknya di pulau ini, semua mebel yang ada dibuat sendiri oleh para pekerja resort dengan memanfaatkan sampah-sampah yang mengapung di laut. Misalnya Kursi, meja dan lainnya. Untuk itu lah Pulau Bidadari disebut juga pulau eco resort karena memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan benda bermanfaat.

Pohon Jodoh
4. Labirin Bidadari.
Kami pun melewati labirin bidadari, disana kami melintasi semacam hutan lindung dengan berbagai pepohonan yang diberi papan dengan bertuliskan nama pohon masing-masing. Disana juga ada pembibitan hutan bakau yang di dalamnya ada kepiting dan biawak.



5. Saung Kreatif.



Area saung kreatif dibuat untuk tujuan mengenal dan menghargai lingkungan, khususnya untuk para pelajar dengan mengikuti program Ayo Ke Laut. Program untuk bertualang ke pulau-pulau yang indah di Kepulauan Sribu sambil mengenal tentang kekayaan bahari serta sejarahnya.

Di Saung Kreatif ini ada 3 kegiatan yang bisa diikuti dengan cara praktek langsung pengunjung diharapkan bisa ikut serta melestarikan alam sekitar.yaitu :

- Daur Ulang Kertas.
Kertas-kertas yang sudah tidak terpakai bisa di daur ulang dan dimanfaatkan ulang untuk membuat kerajinan.

- Proses Pembuatan Kompos.
Daun-daun yang berjatuhan di pulau bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos


- Pengolahan Air Limbah.
Air limbah yang berasal dari dapur rumah tangga bisa di jernihkan.



6. Area Refleksi.
Di area ini pengunjung dapat menikmati reflaksi pada jalur yang sudah disediakan.

Area Refleksi.
7. Fun With Dolphin.
Fasilitas baru yang ada di Bidadari Eco Resort dimana pengunjung bisa berinteraksi dengan lumba-lumba. Pengunjung bisa memilih paket Swim with  Dolphin atau Feeding Dolphin. Untuk pemberian makanan pada lumba-lumba ada jadwal tertentu setiap harinya yaitu 09.00-09.30, 13.30-14.00 dan 16.30-17.00. Agar bisa berinteraksi bersama lumba-lumba sebaiknya memperhatikan jadwal tersebut karena tidak diperkenankan masuk jika diluar jadwal.



SAMBUTAN DAN TALKSHOW

Selesai menelusuri pulau, kami diberikan waktu untuk istirahat makan siang serta Sholat Dzuhur. Lalu kegiatan selanjutnya adalah sambutan dari pihak VIVA.co.id yang dibawakan oleh Bapak Maryadi. Menurut beliau point penting dari one day trip ini adalah untuk memaksimalkan pariwisata di Jakarta khususnya di Kepulauan Seribu. Dengan mengundang Vloggenr di harapkan bisa menjadi duta pariwisata di Kepulauan Seribu

Talkshow Sesi 1 .

Pada sesi pertama di isi oleh Bapak DR. H. Agus Rochiyardi, MM. Bapak Agus sebagai Presdir dari PT. Seabreez merupakan anak perusahaan dari PT. Pembangunan Jaya Ancol. Tbk. Bapak Agus memaparkan tentang tantangan kepariwisataan di Indonesia khususnya Pulau Bidadari.

Talkshow Sesi 2.

Kembali di isi oleh pihak VIVA.co.id. Bapak Maryadi menjelaskan tentang portal Vivalog. Bagaimana mengirimkan link serta mempromosikan blog kita untuk mendapatkan trrafic yang tinggi melalui vivalog.

Talkshow Sesi 3.

Di isi oleh Ibu Terry sebagai marketing PT. Seabreez. Beliau menjelaskan bisnis apa saja yang di jalankan oleh PT. Seabreez. Diantara bisnisnya yaitu Bidadari Eco Resort, Colombus Cafe, Colombus Fried Chicken dan Planet Games.

Sesi Games dan Door Prize.

Untuk penyegaran selama sesi talkshow diadakan games ice breaker. Vlogger yang memiliki applikasi VIVA.co.id di ponselnya bisa maju ke depan untuk mengikuti permainan memperkenalkan applikasi tersebut. Allhamdulillah saya mendapatkan juara dua dan mendapatkan vocer FoodPanda sebesar 200 ribu rupiah. Sebagai juara pertama dimenangkan oleh BBapak Johannes dan juara ketiga dimenangkan oleh Dewi.

Sebelum keberangkatan kami ke Bidadari Eco Resort kami di beritahukan tentang lomba twitpic, dengan mengirimkan foto sebanyak-banyaknya dan sekeren mungkin. Ada dua kategori yaitu single dan group. Untuk kategori single di menangkan oleh Mbak Wylvera Windayana, dan kategori Group dimenangkan oleh Rani. Ada pula pemenang livetweet dengan mengupload foto di tiap kegiatan.

Pemenang lomba twitpic
Pembagian doorprize yang unik, peserta diminta memaparkan tentang Bidadari dan Vivalog selama 2 menit.

Pemenang doorprize.


Kami juga diajak berkeliling melihat fasilitas yang ada di Bidadari Eco Resort. Untuk menikmati Bidadari Eco Resort kita bisa memilih dua paket yang ada yaitu :

One Day Tour
4 (Four) Island Package termasuk Bidadari, Onrust, Kelor, Kahyangan. Paket ini sudah termasuk Boat PP, welcome drink, lunch, water sport, Fun with Dolphins, Bicycle, Insurance, Tax & Service.

Stay Over Night Package
Paketnya sama dengan oane day tour hanya bedanya kita bermalam di Bidadari Eco Resort dengan memilih cottage sesuai dengan kebutuhan. Ada paket sharing 2 dan sharing 4.

Cottage.
Terdiri dari 60 cottage yang terdiri dari 10 Unit Standart Room, 6 Unit Suite Cottage, 8 Unit Family Floating,12 Unit Family Cottage, 23 Deluxe Cottage.

Family Floating

Suit Cottage
Family Cottage

standart Room
Deluxe Cottage


Water Sport.
Bagi yang menyukai tantangan bisa bermain banana boat, Canoe, memancing, berenang dan olah raga air lainnya.

Bermain Banana Boat

Sebelum pulang menuju Marina kami di ajak melihat 3 pulau terdekat dengan Pulau Bidadari yaitu Pulau Kelor, Pulau Onrust dan Pulau Kahyangan. Ketiga pulau tersebut bukan pulau berpenduduk. Kami hanya melintasi ketiga pulau tersebut karena sudah waktunya pulang ke Jakarta.

Three Cruiser Island

Matahari pun sudah mulai tenggelam saatnya kami harus pulang. Rasa lelah seharian mengikuti One Day Trip tidak berasa karena kegembiraan kami menikmati Pulau Bidadari. Terima kasih Viva.co.id yang sudah memfasilitasi Vlogger Gathering kali ini. Saya membawa pulang kenangan dalam perjalanan ini sekaligus hadiah dan goodie bag tentunya.

Mau ikut menikmati keseruan di Bidadari Eco Resort? tinggal pilih saja paketnya, One day tour atau stay over night package. Untuk reservation dan informasi lebih jelasnya sebagai berikut :

Terminal Pulau Bidadari
Marina Jaya Ancol Jakarta
Telp. (021) 64710048, 64713173, 6413679
https://www.facebook.com/bidadariecoresort
Twitter : @bidadaripulau
http://www.pulaubidadariecoresort.com/

57 comments:

  1. Ulasan yang menarik dan lengkap. Serasa berada langsung di lokasi acara Vlogger Gathering - One Day Trip to Pulau Bidadari. Makasih juga buat informasinya yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  2. owh.. ini toh ulasan lengkapnya. benar2 lengkap penjelasannya mbak, jadi nambah wawasan jg ttg p. seribu.

    ReplyDelete
  3. huhuhuhu sayang aku ngga jadi ikutan karena bentrok dengan event kantor :(

    ReplyDelete
  4. eh ikutan naik Banan boat juga yaa?

    seruuuuuu yaa.... banyak spot utk foto2 narsis heheee

    ReplyDelete
  5. Resortnya cantik ya, mba. Semoga kapan2 bisa main ke sana.

    ReplyDelete
  6. cie cie cie, yang menang doorprize ;)

    foto yang banana boat, keren ya mbak (*pede abis)
    tapi itu kan belom jalan
    pas udah selesai ekspresi mukanya aneh2 pada kebanyakan minum air laut

    he he he

    ReplyDelete
  7. Wah..seru ya mbak...bisa ikut acara gathering vlogger. Liputannya menarik, sayang saya tidak bisa lihat mebel-mebel yang dibuat dari sampah. Pastinya unik ya..

    ReplyDelete
  8. Asli ngiri banget mbak..:)
    Semoga nanti aku bisa ikut acara spt ini.
    Makasih reportasenya ya

    ReplyDelete
  9. keren kegiatannya.... brw,, bentengnya mirip sm benteng kesultanan buton....

    ReplyDelete
  10. Ternyata Jaya punya juga toh. Tadi malem aku udah mau BW ke sini, tapi aku inget Mbak Lidya bilang takut lihat foto Pulau Bidadari malem-malem, aku juga jadi takut :p

    ReplyDelete
  11. Liputannya mantap, mbak... itu pulaunya bagus banget ya mbak Lid

    ReplyDelete
  12. tertarik deh ama family floatingnya..kayaknya ok juga buat stay semalem bersama keluarga.. ;))

    ReplyDelete
  13. senangnya ya mak bisa mengunjungi Pulau Biadadari, gratis lagi hehehe...

    ReplyDelete
  14. Wah Mak Lidya ikutanjuga tho? Yang paling dikunjungi itu pohon jodohnya. Hehe

    ReplyDelete
  15. wah asyik ya, bisa jalan2 gratis :D

    ReplyDelete
  16. di pulaunya ada bidadarinya ga mba :D

    ReplyDelete
  17. wah bnayk blogger yang ikutan acara ini yah,.

    ReplyDelete
  18. wah asiknya jalan2 ke pulau bidadari :)

    ReplyDelete
  19. Abis baca blog winda trus ke sini, jadi makin kepingin ngajak krucils ke sana pas liburan nanti ^_^

    ReplyDelete
  20. Aku belom pernah ke pulau bidadari... cantik ya.

    ReplyDelete
  21. Lengkap sangat ya mb reportase pulau bidadarinyahhh
    pohon jodoh....angker ga y

    ReplyDelete
  22. Tadi aku udah komen belum ya? :D

    Aku nyesel ih gak jadi ikut..huhuhu
    seru bnget nih acaranya

    ReplyDelete
  23. Waaa asyiiiikk bisa jalan2 gratisss sekalian kopdar.
    Ternyata Bidadari banyak spot wisatanya ya. Nggak cuman pulau berenang, makan ikan aja :)

    ReplyDelete
  24. Trims utk ulasan lengkapnya mbak... Jadi ingin berkesempatan ke sana juga... Mudah2an dapat kesempatan ikut acara seperti ini juga di lokasi dekat2 rumah saya.. hehe...

    ReplyDelete
  25. wow serunya mbak, baru tau kalau di pulau ini ada benteng, dan pohon jodoh..jaid pengen euy foto di pohon jodoh, hahahha

    ReplyDelete
  26. ada dua hal yang disayangkan,Mbak Lidya.
    yang pertama, kegiatan ini diadakan hari kerja, yang kedua say nda tau sama sekali informasinya jadi nda bisa ikutan. hiks...hiks...

    ReplyDelete
  27. Aku mupeng banget pengen ke sana, Mbaaak :(

    ReplyDelete
  28. asik ya buat kumpul keluarga besar,wah,ada pohon jodohnya juga hehe

    ReplyDelete
  29. Aku selalu menikmati jalan-jalan ke kepulauan seribu.. tapi Pulau Bidadari belum nih, moga2 pulang nanti bisa main ke sini. Bagus ya jadi eco resort dan melakukan banyak daun ulang..bisa jadi conto utk yang lain

    ReplyDelete
  30. saya ga ikut daftar karna hari /jam kerja :D
    seru bgt tuh acaranya ^ 0 ^

    ReplyDelete
  31. ulasan keren bgt deh..lengkap

    belum pernah nih ke Pulau Bidadari

    ReplyDelete
  32. Seru bangeet..jadi nyesel dulu dari pulau Onrust diajakin ke pulau bidadari tapi gak mau.. lengkap ternyata fasilitasnya..pengen main ama lumba-lumbaa..huhu

    ReplyDelete
  33. Ini si Ibu blognya join ke vlog itu juga yah?

    ReplyDelete
  34. ngileer mbak. pengen kesana juga tapi belum ada kesemptan. hehe

    ReplyDelete
  35. seruuu bangettt siih..
    cocok nih untuk pergi sejenak dari hiruk pikuk kota jakarta

    ReplyDelete
  36. ngeblog ngefun terhubung dengan komunitas serta seabgreg nilai tambah ya Jeng. Selamat Jeng Lidya

    ReplyDelete
  37. Aku di email juga nih, tapi ke Jakartanya bayar sendiri. Jadi aku nggak daftar. Padahal seru ya bareng2 temen2 :((

    ReplyDelete
  38. Asyiiknya, andai Bunda masih muda usia pasti ikutan nimbrung ke Pulau Bidadari ini, hehe...

    ReplyDelete
  39. asiknya...ini tuh tempat artis Atikah Hasiholan nikah kan mak?

    ReplyDelete
  40. Subhanallah, cantik banget ya Mbak pemandangannya..
    Mbak Lidya asyik banget deh bisa slalu ikutan acara seru kayak gini, dapat hadiah pula ;)

    ReplyDelete
  41. Lidya, bagus banget ih penjelasannya...foto-fotonya juga menarik pisan...keren, keren, keren :D
    Saya pernah sekali ke Pulau Bidadari ini, tapi udah lama dan pastinya belum selengkap ini fasilitasnya. Thanks infonya ya!

    ReplyDelete
  42. aih seru banget itu mbak, boleh nih ulasan trip nya mudah2an kapan2 bisa ke pulau bidadari juga ah. kan deket ya

    ReplyDelete
  43. waah keren.. boleh tuh kalo cuma nyebrang 20 menit :D

    ReplyDelete
  44. selamat ya mbak, juara nih. kalo hadiahnya ngetrip ke pulau seribu lagi aku ikut ya heheheh... :)

    ReplyDelete
  45. Mbaaak, senang bisa mengenal mu :D

    ReplyDelete
  46. huaa senangnya, dapat voucher 200 rb pula... Selamat, ya.. ^-^

    ReplyDelete
  47. Selamat ya mba..bakal jalan-jalan lagi ke sana ya

    ReplyDelete
  48. keren benar2 lengkap penjelasannya mbak :)

    ReplyDelete
  49. idealnya berapa hari ya mak untuk keliling ke kepulauan seribu? mupeng juga setelah baca tulisannya.

    ReplyDelete
  50. Selamat, Mba Lidya.
    Aku pernah nginep di sini, dulu pas kerja. Emang bagus nih pulau.

    ReplyDelete
  51. Aku juga diemail tp tiket pesawat dari sini nggak ada, jadi nggak ikut :(

    ReplyDelete
  52. Alhamdulillah, rezeki yah mbak... ^_^
    Pemandangannya keren... aku tertarik sama kegiatan2 di saung kreatif... inspiratif :)
    Semoga kapan2 bisa kesana :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...