Suzuki All New Ertiga Mobil MPV Pilihan Keluarga Indonesia

Thursday, May 17, 2018
Mau pergi menginap cuma satu malam, tapi bawaannya kaya bepergian satu minggu? ayo siapa yang pernah mengalami hal ini?

Kebiasaan seperti ini sebenarnya sudah tidak asing lagi dilakukan oleh keluarga Indonesia, apalagi jika bepergian bersama anak-anak. Semua kebutuhan harus dibawa, untuk itu harus menggunakan kendaraan yang lebih luas agar bisa menampung semua barang yang harus dibawa. Makanya banyak keluarga yang memilih mobil MPV sebagai kendaraan mereka. Apalagi sebentar lagi mudik lebaran tiba, pastinya kendaraan seperti ini sangat dibutuhkan sekali.



Kendaraan MPV atau Multi Purpose Vehicle merupakan  mobil multi-fungsi yang bisa digunakan untuk mengangkut penampung dan membawa barang sekaligus.


Menurut data dari GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) penjualan mobil MPV di Indonesia selama tahun 2017 mengalami peningkatan dibandingkan jenis mobil sedan. Hal ini disebabkan karena kebutuhan keluarga Indonesia yang ingin menampung lebih banyak penumpang dan barang bawaan mereka.


Pameran Suzuki di Summarecon Mall Serpong


Bicara soal mobil MPV, Suzuki sedang mengadakan pameran mobil di Summarecon Mal Serpong. Saya dan teman-teman blogger pada hari Senin, 14 Mei 2018 mengunjungi pameran tersebut atas undangan Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang bekerjasama dengan KOMPAS.com.



Meskipun melakukan perjalanan jauh dari Bekasi, tapi tidak membuat nyali saya ciut mendatangi pameran mobil Suzuki ini untuk melihat generasi terbaru dari Ertiga yang baru saja diluncurkan. Apalagi seperti yang sudah diketahui bahwa All New Ertiga ini mendapatkan penghargaan sebagai "The Best MPV" pada ajang IIMS (Indonesia International Motor Show) 2018 lalu. Pas sekali nih saya mengenakan pakaian berwarna merah dan biru sesuai dengan logo dari Suzuki.

Logo Suzuki mempunyai arti sebagai contoh ideal dari lencana kesederhanaan, bersih, dan konsistensi dan tetap mempunyai visual yang menarik serta berwibawa.

Bicara tentang kecermerlangan, kekuatan, dan berkelas, saya makin penasaran dengan Suzuki yang baru saja  mengeluarkan All New Ertiga sebagai alternatif pilihan MPV bagi keluarga Indonesia. Dengan desain yang berbeda untuk sebuah urban MPV makanya dikukuhkan sebagai The New Face of Urban MPV.

Pada pameran tersebut ada sebuah mobil New Ertiga pada bagian samping kiri, atas dan belakangnya dibiarkan terbuka. Hal ini untuk menunjukkan pada pengunjung pameran seperti apa sih transformasi Suzuki All New Ertiga dari dekat.  


Lebih Panjang, Lebih Lebar, dan Lebih Nyaman


All New Ertiga keluaran terbaru ini lebih panjang 130 mm dari generasi sebelumnya yaitu 4395 mm. Sedangkan untuk bodinya juga mengalami pelebaran sebesar 40 mm menjadi 1735 mm sehingga membuatnya lebih lebar.



Dari gambar di atas bisa terlihat jelas bukan perubahan Suzuki All New Ertiga. Seat tengah bisa dislider sesuai kebutuhan sehingga membuat nyaman penumpang pada seat bagian belakang.


Saya mencoba duduk di seat bagian tengah dengan posisi kursi agak dimajukan, tetapi kaki masih terasa nyaman dan luas sehingga lutut pun tidak membentur kursi bagian depannya.



Berapa banyak barang yang dibawa saat berlibur atau mudik? pastinya banyak sekali meskipun penumpangnya hanya 4 orang. Gak perlu khawatir karena All New Ertiga punya kapasitas bagasi yang lebih luas dan dapat menampung barang lebih banyak.


Berniat bepergian jauh dan membawa kasur yang disimpan pada bagian  belakang? Nah, New Ertiga ini seat bagian belakang bisa dilipat secara datar jadi membuat nyaman saat meletakkan kasur. Anak-anak lelah selama di perjalanan, bisa nyaman tidur di bekang,


Uji kelebihan Suzuki All New Ertiga Dengan Test Drive


Kami tidak hanya bisa melihat-lihat berbagai fitur serta keunggulan Suzuki All New Ertiga saja, tapi juga bisa melakukan test drive menggunakan mobil All New Ertiga. Karena keterbatasan waktu, tidak semua bisa mengendarai New Ertiga, tapi jangan khawatir karena kami bisa mengikuti test drive sebagai penumpang sehingga bisa menikmati kenyamanan kendaraan tersebut. Kelompok kami kebagian melakukan test drive New Ertiga transmisi manual berwarna merah.



Dalam satu kendaraan test drive terdiri dari 5 orang blogger dan ditemani oleh satu orang dari pihak Suzuki yang akan menemani dan menunjukkan jalan selama mengendarai New Ertiga. Kami menyusuri area parkir yang ada di Summarecon Mall Serpong, mulai parkiran luar hingga ke basement.

Kalau naik mobil MPV, saya menghindari duduk di seat paling belakang, karena biasanya sempit pada bagian kaki, bisa-bisa pegel dan buat mual selama perjalanan. Tapi ternyata Suzuki All New Ertiga mempunyai ruang yang cukup luas sehingga kaki pun tidak mentok pada kursi di depannya. Kursi penumpang yang berada di tengah bisa diatur mundur maju sesuai kebutuhan, sehingga membuat nyaman pemumpang yang duduk pada seat belakang. Wah kalau begini duduk di belakang untuk perjalanan jauh pun saya mau karena nyaman dan tidak merasakan pegal-pegal lagi karena sempit.


Lihat expresi kami berenam yang berada di New Ertiga, happy semua kan:)

Tentang Suzuki All New Ertiga di Blogger Gathering


Setelah melihat dan mencoba lebih dekat dengan Suzuki All New Ertiga, kami pun diajak ke Dermaga Makassar di The Breeze untuk makan siang dan mendengarkan paparan dari pihak Suzuki secara langsung.

Talkshow kali ini dimoderatori oleh Bapak Aris Harvenda sebagai Editor Otomotif KOMPAS.com. Acara tersebut dilakukan dengan santai dan tidak kaku, apalagi ada Mbak MC yang mengaku namanya Lilis yang super kocak sehingga membuat suasana menjadi tambah meriah.

Bapak Harold Donnel sebagai Head of Brand Development Marketing Research Suzuki Indomobil Sales menyampaikan bahwa tujuan mengundang teman-teman blogger dalam event ini adalah agar bisa menuliskan review dengan mengenal terlebih dahulu produknya lebih dekat, karena blogger bisa menuliskan pengalamannya dari sisi yang berbeda.

Sementara itu Bapak Yulius Purwanto selaku Product Development and Accessories Head Suzuki Indomobil Sales menyampaikan  mengenai semua yang berkaitan dengan Suzuki All New Ertiga ke dalam 5 bagian yaitu :






1. Konsep Produk

All New Ertiga tahu betul kebutuhan keluarga Indonesia dengan mengusung Togetherness yaitu kebersamaan. Jadi, Suzuki New Ertiga ikut serta memperkuat ikatan kekeluargaan dengan membuat kabin yang lebih luas sehingga bisa membawa lebih banyak penumpang. Buat saya sendiri walaupun cuma punya dua anak, tapi kadang-kadang harus membawa kakek, nenek, keponakan, atau sepupu. Dengan New Ertiga ini semuanya bisa dibawa plus bawa barang-barang.

Dalam memilih mobil tidak hanya memperhatikan luas kabinnya saja, tetapi juga sudah uptodate dengan desain interior dan eksterior modern. Jadi bukan hanya punya kendaraan yang fungsional saja, tapi juga berkelas yang dilengkapi dengan fitur-fitur modern

Selain itu penting juga loh punya kendaraan yang irit bahan bakar. New Ertiga ini mempunyai kapasitas tangki bahan bakar sebesar 45 liter.

2. Spesifikasi

Di atas sudah saya jelaskan bahwa New Ertiga mempunya bodi yang lebih lebar dan panjang. Sedangkan spesifikasi lain yang dimiliki oleh New Ertiga adalah menggunakan tipe mesin 1462 cc dengan roda depan sebagai sistem penggeraknya.                


3. Fitur-fitur

All New Ertiga mempunyai fitur-fitur modern diantaranya diterengan mesin baru 1,5 l yang lebih bertenaga namun irit bahan bakar. Asyiknya lagi untuk kenyamanan pengemudi All New Ertiga punya fitur push start/stop button. Sedangkan untuk safety dilengkapi dengan dual SRS Airbag.

Untuk fitur lainnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.




4. Transmisi

Suzuki All New Ertiga juga mempunyai dua transmisi yaitu automatic dan manual. Kalau saya lebih memilih transmisi automatic, maklumlah karena kepraktisannya tidak perlu mikir ganti gigi atau persneling dan di Jakarta yang macet lebih mudah menggunakan transmisi ini.

Masing-masing transmisi tentunya mempunyai harga jual yang berbeda tergantung dari tipe kendaraannya. Buat referensi Bapak Harlod pun memberikan contekan harganya buat teman-teman yang berminat membeli berikut ini :

GA 190 juta
GL MT Rp211,5 juta
GL AT Rp222 juta
GX MT Rp223 juta
GX AT Rp230 juta
GX ESp MT Rp228 juta
GX ESp AT Rp238 juta


5. Pilihan Warna

Untuk warna New Ertiga mempunyai 7 pilihan yaitu :


Iseng tanya anak-anak katanya suka warna Snow White yang keren. Sebenarnya sih semua warna All New Ertiga cool, tinggal disesuaikan saja dengan kepribadaian pemakainya.

Pengumuman Instagram Competition Winner



Oh ya, selama kegiatan berlangsung, kami diminta untuk share keseruan acara lewat foto dan caption yang diunggah di Instagram masing-masing. Akan dipilih 5 orang pemenang untuk mendapatkan hadiah dari penyelenggara. Allhamdulillah saya kebagian salah satu hadiah tersebut. Terima kasih ya KOMPAS.com dan Suzuki.




Acara pun ditutup dengan melakukan foto bersama sebagai kenang-kenangan atas kemeriahan event yang diselenggarakan sore itu.

foto : Imawan Anshari

Teman-teman sudah tidak bingung lagi kan untuk memilih mobil MPV Suzuki All New Ertiga yang lebih panjang, lebih lebar, dan lebih nyaman. Mudik aman dan nyaman dengan kendaraan yang irit bahan bakar ya All New Ertiga.

6 comments

  1. Wuihhh mobilnya cakep mbak. Bisa juga tuh dipakai buat jalan darat ke Lombok hihihi...

    ReplyDelete
  2. Mantap ya Lid mobilnya luaaasss.

    ReplyDelete
  3. jadi DP mobil suzuki yang mana mbak :D

    ReplyDelete
  4. Wah, Ertiga baru ya Mbak Lid. Keren ya.

    ReplyDelete
  5. Wah ini keluaran baru dari Ertiga ya, lebih lapang. Adik iparku juga pakai Ertiga tapi yang lama.
    Ertiga ini cocok buat mudik, nggak bikin kaki pegel karena sempit :)

    ReplyDelete
  6. Hemm....bagusnya. semoga suatu saat bisa terbeli. Amin..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...