Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan

Thursday, October 4, 2018
Sejak lahir kita sudah dikenalkan dengan susu, yaitu ASI atau air susu ibu yang terbaik untuk bayi sampai usia 2 tahun. Setelah dewasa, apakah teman-teman juga rutin mengonsumsi susu dan susu apa yang biasa diminum?

Pernah gak nyobain susu kambing? Saya pernah waktu Pascal masih kecil. Karena ada rekomendasi dari teman-teman katanya kalau mau berat badannya naik bisa konsumsi susu kambing.




Memang susu kambing gak populer waktu itu tidak seperti susu sapi. Apalagi waktu itu masih susah untuk mendapatkan susu kambing dibandingkan sekarang. 

Susu kambing maupun susu sapi bisa menyebabkan alergi karena adanya kandungan beta-lactoglobulin. Tapi tenang aja kok kasus ini jarang terjadi biasanya hanya ada pada anak yang alergi terhadap susu saja. Masih banyak manfaat lainnya dari susu kambing yang dijadikan alternatif pengganti susu sapi.

Mau tau apa sih manfaat susu kambing dari kandungan nutrisinya?


  • Buat yang punya sakit maag susu kambing bisa bermanfat mengatasi asam lambung karena di dalamnya terkandung alkaline yang dapat menetralkan asam lambung.
  • Ibu hamil dan menyusui bisa juga mengonsumsi susu kambing yang bisa membantu mencerdaskan dan menyehatkan otak si kecil. Selain itu bagi ibu hamil yang mengalami anemia atau kurang darah bisa diatasi dengan minum susu ini karena punya kandungan mineral yang tinggi.
  • Bagi wanita yang punya siklus haid tidak teratur dengan minum susu kambing dipercaya dapat membantu malancarkan siklus haidnya.
  • Kandungan kalium dan potasiun yang ada di dalam susu kambing bisa menjaga kesehatan jantung dan memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.
  • Secangkir susu kambing mempunyai 168 kalori lebih banyak dengan lemak 10 gram. Selain itu kandungan vitamin C yang ada pada susu kambing lebih besar.
  • Kandungan kalsium, fosfor, dan zat besinya efektif untuk menghindari osteoporosis.
  • Setelah sakit minum susu kambing bisa membantu mempercepat penyembuhan
Masih banyak lagi manfaat susu kambing yang bisa kita dapatkan. Tips mengonsumsi susu kambing sebaiknya memperhatikan label bebas Bovine Growth Hromine dan antibiotik. Susu yang dikonsumsi juga harus steril ya agar terhindar dari berbagai bakteri.

Buat teman-teman yang mempunyai resiko alergi terhadap susu sapi, bisa coba susu kambing. Karena susu kambing mempunyai senyawa protein lebih sedikit yang menjadi penyebab alergi. Ngeri kan kalau ada alergi bisa berpengaruh pada pencernaan.


Dimana Bisa Beli Susu Kambing?



Ternyata gak semua jenis kambing menghasilkan susu denngan kandungan dan manfaat yang sama, namun pada umumnya semua susu yang berasal dari kambing mempunyai kandungan kalsium dan berbagai nutrisi serta mineral yang berguna untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Kalau sekarang sih gak perlu repot lagi mau beli susu kambing, karena sudah bisa dibeli secara online. Berbagai merk susu kambing recommended bisa dipilih di Bukalapak salah satu market place terpercaya. Teman-teman bisa memilih susu dengan merek Skygoat atau Etawa Gomars.

Kalau teman-teman dalam satu hari berapa banyak susu yang diminum? Dianjurkan minum susu 2 gelas sehari untuk pembentukan tulang jangka panjang. Gak ada aturan khusus kapan minum susu sih, semuanya tergantung dari kebiasaan aja mau pagi, siang, sore, atau malam gak akan mengurangi atau menambah manfaat susu dan penyerapan nutrisi di dalamnya. Kalau saya lebih suka minum susu pagi hari sebelum makan buat ganjel perut dulu:)

4 comments

  1. susu kambing itu bau ga sih mbak?
    aku kok gara2 daging kambing bau agak gimana gitu sama susu nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah adakah susu kambing dengan varian rasa yang lebih akrab di lidah kita, Mbak Lidya?

      Delete
  2. Susu kambing memang bagus manfaatnya. Awalnya skeptis karena tidak akrab dengan rasanya, ternyata sekarang sudah ada produk yang rasanya enak.

    ReplyDelete
  3. Hall mba Lidya, ingat saya nggak??hehe btw anakku sekarang minum susu kambing selain minum susu uht, alhamdulillah cocok 😆
    Btw kunjungi blog baru ya saya mba : mychibiphariz.blogspot.com
    Thanks 😉

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...