Ingin Membeli Mesin Cuci? Baca ini Dulu

Monday, December 3, 2018
A woman becomes better at multitasking when she becomes a mother - anonymous

Kalau dipikir-pikir quote diatas bener juga ya. Gimana gak multitasking coba dari bangun tidur list kerjaan sudah menanti. Menyiapkan sarapan buat anak-anak, goreng makanan sambil cuci piring bahkan sambil beres-beres juga. 

Untungnya saya gak perlu mencuci pakaian pakai tangan, tinggal masukkan aja ke Mesin Cuci lalu ditinggal sampai selesai dan dijemur. Buat saya mesin cuci adalah salah satu perabotan rumah  tangga yang wajib dimiliki, karena saya malas juga untuk ke laundry kiloan.




Dalam membeli mesin cuci harus memperhatikan kebutuhan sehari-hari di rumah, jangan asal beli saja. Beberapa tips berikut bisa dijadikan panduan seperti :


Perhatikan Daya Listrik



Kita perlu mengetahui besarnya daya listirk yang ada di rumah. Jangan memaksakan membeli mesin cuci jika dayanya rendah karena akan mempengaruhi cara kerja mesin dan tentunya tegang listrik juga akan terganggu. Boleh-boleh saja menaikan daya listrik sebelum membeli mesin cuci, tapi harus tahu konsekuensinya ya, maka akan ada kenaikan tagihan listrik. Kalau dihitung-hitung biayanya lebih irit dibandingkan laundry atau cari jasa cuci, gak apa-apa kok semua balik lagi sesuai kebutuhan rumah tangga.



Mau Pilih Model Mesin Cuci Yang Mana?


Saat ini ada 3 model mesin cuci yang ada di pasaran yaitu mesin cuci 2 tabung dan 1 tabung dengan bukaan depan (front loading) dan bukaan atas (top loading). Awal-awal baru menikah saya menggunakan mesin cuci 2 tabung, cuma agak repot harus mondar mandir mengisi air dan mengeluarkannya ditambah lagi memindahkan pakaian ke tabung pengering jadi gak bisa multitasking. Nah, akhirnya saya beralih ke mesin cuci 1 tabung front loading  yang lebih praktis tinggal masukan pakaian kotor dan mengeluarkannya setelah selesai langsung di jemur.


Sesuaikan Ukuran Mesin Cuci




Ukuran mesin cuci yang beragam mulai dari 5 kg sampai 10 kg bisa dipilih disesuaikan dengan banyaknya anggota keluarga di rumah. Jangan memaksakan memasukkan semua pakaian ke dalam mesin cuci karena mesin akan cepat rusak. Kalau saya biasanya memisahkan pakaian yang gelap dan terang saat mencuci tidak dijadikan satu.

Oh ya dimensi mesin cuci juga perlu diperhatikan lho, apakah tempat menyimpan mesin cukup atau tidak.


Cek Aliran Air Di Rumah


Aliran air yang keluar juga mempunyai peranan penting dalam menggunakan mesin cuci. Aliran dengan kekuatan besar lebih baik dibandingkan aliran air kecil. Tapi, jika menggunakan mesin cuci front loading aliran tidak terlalu deras pun masih bisa digunakan kok, karena prinsip kerja mesin model ini tidak sekaligus memerlukan air banyak. 


Pilih Merk Terpecaya



Banyak penawaran mesin cuci murah, tinggal pintar-pintarnya kita saja untuk memilih. Kalau dana mencukupi beli mesin cuci dengan merk terpercaya dan berkualitas baik meskipun harganya lebih mahal. Namun, mesin cuci akan lebih awet digunakan dan jatuhnya lebih awet bukan, karena gak harus tiap tahun beli mesin cuci baru.

Pada intinya apapun pilihan mesin cucinya asalkan dirawat dan digunakan sesuai aturan Insya Allah bisa bertahan lama digunakannya kok. Biar gak repot membanding-bandingkan harga di toko elektronik, bisa beli lewat marketplace lebih praktis.


Kalau sudah punya mesin cuci jangan lupa juga punya perlengkapan di laundry room supaya memudahkan kita menjalani pekerjaan mencuci.

26 comments

  1. Waaaa, makasiy mba Lidya tipsnya bermanfaat bgt!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. eh, ini pyuur no brand ya. keren deh kepikiran utk bahas ini. aku masih pake mesin cuci lama yg 10kg, maklum dulu isi rumah banyak, sekarang cuma sisa 3 org.

    ReplyDelete
  3. Aku masih setia sama 1 tabung top loading, semuanya tinggal sekali pencet aku bisa bobo cantik deh :) dan bener mba merk tertentu emang awet

    ReplyDelete
  4. Setuju semua deh sama poin di atas. Jadi pengen punya mesin cuci juga deh. Di kampungku masih jarang sekali yang punya mesin cuci. Masih banyak juga yang mencuci baju di Sungai. Maklum ya, orang kampung sih soalnya aku.

    ReplyDelete
  5. Kalau gak ada mesin cuci mamak bisa peniiing haha. Terpujilah wahai penemu mesin cuci 😁
    Iya mbak, aku kalai beli mesin cuci tentu nyari merk terpercaya biar awet gtu.

    ReplyDelete
  6. Ku kalau beli mesin elektronik seperti mesin cuci pasti langsung ke tokonya hehehe... walau ga ngerti nyuci, tapi kalau model ku bisa milih nya hehehe

    ReplyDelete
  7. Sejak hamil anak pertama, suami langsung membeli mesin cuci buat aku. Dan itu awet sampe si sulung umur 16 tahun. Nah yang kedua ini udah beli selama 7 tahun, moga awet juga kayak yang pertama.

    Tips nya oke semua, setuju banget terutama daya tahan listrik, sumber air mesti lancar juga

    ReplyDelete
  8. Iyeeess...aku pun kemarin survey nya di online shop dan dateng ke toko elektronik.
    Alhamdulillah~
    Berjodoh dengan mesin cuci cantik yang sesuai keinginan, kebutuhan dan juga harga on budget.


    **mamak tinggal leye-leye sambil baca komik...
    hahha~

    ReplyDelete
  9. Baca ini pas bener, mesin cuci di rumah pengeringnya rusak dan berencana beli lagi karena sudah nggak bisa diperbaiki, kebayang khan repotnya pengering mesin cuci rusak pas musim hujan

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah dapat tips sebelum membeli mesin cuci, ini sudah menjadi kebutuhan banget kayaknya berhubung kerja di luar banyak, thanks mba

    ReplyDelete
  11. Aku termasuk orang yang setiap beli home applies selalu meluangkan waktu membaca buku petunjuk.

    Alhamdullillah kebiasaanku ini berbuah manis.
    Umumnya semua produk home apllies aku awet, wet ^^
    Sampai-sampai warnanya hampir pudar seperti magiccom, masih bisa beroperasi.

    Tip di atas juga aku eksekusi saat membeli mesin cuci.
    Terutama tentang jumlah potongan kain, aku 'patuh' banget sama juklak ^^
    Walhasil mesin cuci aku yang 1 tabung, top loading, awet juga

    ReplyDelete
  12. Nah tips penting nih, mesin cuci yg ada mulai ngadat..sepertinya sudah minta pensiun..hehe..

    ReplyDelete
  13. Nah it's Mbak. Di rumah aliran airnya kecil, tandonnya kecil. Pakai sebentar langsung habis. Jadi sebenarnya mesin cuci 1 tabung atas dan front loading nggak cocok buat kami tapi udah terlanjur terbeli, hufft

    ReplyDelete
  14. Mesin cuciku awet banget alhamdulillah. 25 tahun pernikahan baru beli 3 kali

    ReplyDelete
  15. Mending beli kapasitas gede sekalian ya kalo aku.

    ReplyDelete
  16. Pilih mesin cuci yang awet dan ga banyak drama serta layanan servicenya bagus dong.

    ReplyDelete
  17. Aku masih yang 2 tabung kak huhu pengen deh punya yang satu tabung jadi tinggal pencet terus udah lah tinggal jemur.

    ReplyDelete
  18. aku belum punya mesin cuci, kalau nanti p=mau beli aku cari yang hemat daya listrik

    ReplyDelete
  19. Aku belum punya laundry room, masih nangkring di depan kamar mandi aja mesin cucinya. Pingin sih punya laundry room keren kaya di pinterest2 itu :)))

    ReplyDelete
  20. masih belum paham antara front loading dan top loading. Banyak yang bilang front loading lebih awet. Bener? Trus deterjen untuk sekali cuci itu seberapa banyak sih?

    ReplyDelete
  21. Nanti Mba kalau saya sudah bisa punya rumah sendiri, baru mau beli mesin cuci. Kalau dikontrakan masih susah karena sempit

    ReplyDelete
  22. Aku lagi butuh info ini mbalid. Mau ganti mesin cuci. Mesin cuciku usianya udah hampir 7 tahun dan udah mulai sering ngadat

    ReplyDelete
  23. Selama ini aku masih pake mesin cuci yang bukaan atas 2 tabung. Mau ganti ke yang satu tabung bukaan depan ini si bibik belum sanggup mengoperasikan hehehee... takutnya ntar malah rusak :))

    ReplyDelete
  24. Aku nih mbakso Lia yg lagi cari mesin cuci, aku sdh nggak berdaya buat ngucek2 pake cara manual, hihi. Lg mempertimbangkan mau yg 1 tabung ato 2 tabung hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban atas kebimbangan pilih yg mana yaa akhirnya terjawab hehhe

      www. ipung .net

      Delete
  25. Mesin cuci emang salah satu penemuan yang paling top. Siapa aja jadi bisa nyuci sendiri nggak pake cape. Setuju sama tips-tips di atas supaya bisa milih mesin cuci yang awet.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...