Lakukan 4 Prinsip Ini Ketika Melakukan Aktivitas Fisik

Friday, December 14, 2018
Just play. Have fun. Enjoy the game - Michael Jordan



Mau main basket berapa babak nih? Gak kok ini gak lagi main basket beneran, cuma gaya lempar-lempar aja yang penting gerak ngeluarin keringat. Pas banget dengan quote Michael Jordan bukan, just play and have fun :) Itu yang saya lakukan dalam berolahraga gak mengejar kemenangan atau hadiah tapi dinikmati dan anggap lagi main.

Sebenarnya olahraga kesukaan saya berenang bukan basket, paling tidak satu minggu sekali meluangkan waktu ke kolam renang. Sudah cukup olahraga satu minggu sekali? jawaban gak cukup, karena yang bagus itu setiap hari selama 30 menit secara rutin.


4 Prinsip Aktivitas Fisik


Pasti banyak yang berpikir kalau olahraga itu sulit dilakukan karena kesibukan yang dijalani setiap hari. Padahal olahraga atau bergerak itu bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun yang penting ada kemauan.

Di rumah bergerak bisa dilakukan dengan berjalan ke pasar atau minimarket contohnya. Memilih naik tangga dibanding lift juga sudah bisa dikatakan bergerak lho, asal dilakukan rutin. Bekerja di depan laptop pun masih bisa melakukan aktivitas gerak.

Nah, pada prinsipnya dalam melakukan aktivitas fisik harus memperhatikan 4 hal BBTT berikut ini yaitu :
  1. Baik
  2. Melakukan olahraga atau aktivitas fisik harus sesuai dengan kondisi fisik dan lingkungan. Kalau gak kuat berlari, cari aja olahraga lainnya yang sesuai dengan kemampuan seperti berjalan.
  3. Benar
  4. Ada info Fun Run 5K pingin ikutan. Boleh-boleh saja, tapi apakah sudah pernah berlari sejauh itu sebelumnya? Cobalah berlatih lari sejauh 1 KM dulu lalu perlahan-lahan mulai ditingkatkan jaraknya dan akhirnya bisa mencapai jarak yang diinginkan. Hal ini juga berlaku untuk olahraga lainnya. Jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga inti dan diakhiri dengan pendinginan.
  5. Terukur
  6. Anjuran aktivitas fisik dilakukan selama 30 menit perhari hanya sebuah alat ukur saja. Saat kita baru pertama kali berolahraga jangan terlalu memaksakan dengan waktu tersebut. Lakukan 10 menit misalnya lalu ditingkatkan lagi di hari berikutnya. Jangan lupa untuk mengukur nadi setiap selesai melakukan latihan untuk mengetahui target denyut nadi tercapai atau tidak
  7. Teratur
  8. Olahraga itu harus dilakukan secara teratur 3 sampai 5 kali dalam satu minggu. Jangan karena terlalu semangat merapel olahraga  berjam-jam dalam satu hari, lalu istirahat sampai berbulan-bulan.

Ayo Bergerak Setiap Hari



Ngomongin olahraga tiap hari, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sedang mengeluarkan kampanye "Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan" untuk mendorong masyarakat lebih aktif bergerak minimal 30 menit setiap hari. Kampanye tersebut juga sejalan dengan Global Action Plan for Physical Activity dari WHO (World Health Organization) yaitu kebiasaan hidup sehat dengan aktif bergerak dan menekan angka SEDANTARI sebesar 10% di tahun 2025.


SEDENTARI adalah kegiatan yang dilakukan di luar waktu tidur dengan karakteristik keluaran kalori sangat sedikit seperti berbaring, duduk dalam waktu lama contohnya menonton TV, bermain vidoe game, duduk lama di depan komputer, malas menggunakan tangga dan sebagainya.




Ternyata menurut drg. Kartini Rustandi, M,Kes (Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI) gaya hidup sedentari mengalami peningkatan jumlahnya di Indonesia pada usia 10 tahun keatas. Oleh karena itu pemerintah sudah mengeluarkan Instruksi Presiden No, 1 Tahun 2017 melalui GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) untuk membangun 4 pilar yaitu menciptakan individu aktif, masyarakat aktif, lingkungan aktif, dan sistem aktif. Di tahun 2018 ini juga Pemerintah mengajak  masyarakat untuk lebih aktif lagi melalui kampanye Ayo Indonesia Bergerak dengan ditandai pelemparan bola sebagai simbolisasinya.

Sementara itu dr. Michael Triangto, SpKO menyampaikan bahwa aktivitas fisik bisa dilakukan secara mudah di rumah, kantor, atau tempat umum yang penting dilakukan dengan 4 prinsip BBTT seperti yang sudah saya tuliskan di atas.



Jadikan Aktivitas Fisik Sebagai Budaya



Aktivitas fisik baik untuk kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, mempertahankan berat badan ideal, dan mencegah kegemukan serta mengurangi berbagai risiko penyakit tidak menular seperti tekanan darah tinggi, jantung, diabetes dan lain-lain. Olahraga saja tidak cukup kalau tidak diimbangi dengan makanan dengan gizi seimbang dan memeriksakan kesehatan.

Kesehatan saya saat ini adalah apa yang kita lakukan 15 tahun lalu. Oleh karena itu perkenalkan olahraga sejak dini pada anak-anak dan buat olahraga mejadi suatu permaianan yang menarik.


Melakukan aktivitas fisik seharusnya secara teratur dan dijadikan budaya yang baik. Namun, agar menjadi budaya maka kita harus mengetahui dulu apa manfaat dari olahraga tersebut. Biasanya jika ada sesuatu yang bisa jadi trigger makan olahraga bisa menjadi suatu kebutuhan hidup.

Mbak Novita seorang pejuang kesehatan punya trigger tersendiri juga untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur ketika berat badannya mencapai 107 kg. Beliau sudah melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badannya tapi disaat beratnya sudah turun aktivitas fisiknya berhenti sehingga kembali lagi seperti semula. Dari situ lah Mbak Novita mulai sadar akan pentingnya melakukan olahraga dengan prinsip BBTT. Allhamdulillah saat ini beratnya sudah turun menjadi 71 kg, bahkan saat ini olahraga jadi kegiatan wajib yang harus dilakukan, rasanya ada yang kurang jika belum olahraga.



Kamu sudah berolahraga hari ini? Yuk lakukan kegiatan fisik secara baik, benar, terukur, dan teratur agar tidak menyebabkan radikal bebas karena berlebihan saat berolahraga.


37 comments

  1. Orang yang terbiasa berolahraga dan lalu vakum sebentar biasanya akan linu-linu, Mbak. Hehehe tapi aku sih masih dalam kategori orang yang jarang gerak T_T

    ReplyDelete
  2. Zaman masih single sih lumayan lah ya olahraganya. Tapi sekarang semenjak menikah dan punya krucil, alamak... bisa mandi sama makan dengan santai aja sudah alhamdulilah banget. Tapi kyknya bener juga nih, pelan2 harus mulai olahraga rutin lagi biar pas makin tua ttp bugar.

    ReplyDelete
  3. Jadi kangen olahraga basket. Terakhir kali main basket pas masih jaman kelas 12 SMK kira-kira empat tahun yang lalu. Kalau sekarang aku lebih suka olahraga lari dan bersepeda. Tapi sayangnya hari ini aku belum berolahraga. Terimakasih atas postingan ini aku jadi harus olahraga 30 menit dulu hari ini.

    ReplyDelete
  4. Aktifitas fisik harus dilakukan dengan benar yah bund, jangan sampai niat kita untuk kesehatan malah cari penyakit 😊

    ReplyDelete
  5. Ujungnya ke tumpeng gizi ya lid. Selain mengkonsumsi makanan bergizi juga melakukan kegiatan fisik secara rutin dan menjaga kebersihan diri

    ReplyDelete
  6. Prinsipnya oke bangeet.. baik, benar, terukur dan teratur ya. Naaah buat jadi regulernya yang susaaah nih :)

    ReplyDelete
  7. Keren bgd mbk novita, bisa turun 36 kg. Aku juga mau ah praktekin prinsipnya mbk BBTT. Semoga dg melakukan hal ini, aku bisa sehat dan seterong saat musim apapun...

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata olahraga gak boleh sekadar berolah raga ya mbak, kudu memenuhi BBTT ya, baik benar terukur dan teratur, makanya kalau gak ada salah satunya, bakalan males-malesan ya, hihihi makasih infonya

    ReplyDelete
  9. Untuk tetap sehat, olahraga nya harus teratur, ya, Mbak. Kebanyakan orang kalau olahraga itu, hanya sekali-kali aja. Termasuk saya yang olahraga kalau pengen aja hihihi

    ReplyDelete
  10. Makasih untuk sharingnya Mbak. Memang benar, seharusnya baik, benar, teratur, terukur. Meskipun 30 menit sehari itu sebenarnya berat juga saat dilakukan hehee

    ReplyDelete
  11. Aku sekarang sudah biasa olahraga 30 menit setiap hari. Tapi pagi tadi bolong karena ada event sampai tengah malam. Rasanya kalau sudah rutin beraktifitas badan pun ga gampang sakit mba.

    ReplyDelete
  12. Saya setuju banget mbak, kalau berkegiatan fisik nggak boleh asal. Alih alih sehat malah yang ada bisa sakit. :) Jadi memang harus juga menyesuaikan kondisi ya....

    ReplyDelete
  13. OR apapun itu kalau dilakukan dngn teratur hasilnya akan memuaskan koq, paling gak kesehatan terjaga. Badan terasa enak

    ReplyDelete
  14. Kalau ibuk-ibuk aktivitas fisikya seputar urusan beresin rumah dan aktivitas rumah lainnya kayak ngepel, nyuci, dll, itu termasuk olahraga nggak ya, hihihi duh udah lama nggak joging lagi

    ReplyDelete
  15. Ulasannya jadi catatan penting buat diri saya pribadi. Aktivitas harus dijalankan dengan baik, benar, terukur, dan teratur. Sehat dan selalu semangat, mba.

    ReplyDelete
  16. Bener sih, kemarin waktu BBku udah turun 13 kg, trus berhenti olah raga, jadi balik lagi alias naik, hahahaa

    ReplyDelete
  17. Mbaa, belakangan aktifitas fisik aku semakin berkurang deh. Kegiatan fisik yang minimal selalu aku lakukan ya jalan kaki diperbanyak

    ReplyDelete
  18. Saya gak kuat kalau harus berlari, meskipun cuma 5 menit. Lebih memilih berjalan kaki smapai ribuan langkah. Ya daripada memaksakan diri. Mendingan cari yang aman buat badan

    ReplyDelete
  19. Agak susah nih buat olahraga tiap hari. Saya olahraga 1 minggu sekali aja udah senang heehhe. Mba Lidya, saya izin share ya postingannya,suka sama informasinya. Biar gampang juga kalo mau baca lagi kapan2 hehehe

    ReplyDelete
  20. Aktivis fisik kaya olahraga ini sebenarnya mudah ya kak cuma yang berat itu kalau rasa malas datang aja haha.

    ReplyDelete
  21. Mungkin saya belum mampu untuk terukur karena seringnya aktivitas berganti ganti

    ReplyDelete
  22. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini nampaknya mulai menjamur di kota-kota besar.
    Tak hanya bergeraknya yang bikin sehat yaa...tapi juga asupan makanannya, udaranya dan pikirannya.

    Mantap.

    ReplyDelete
  23. Olahraga yang teratur ini jadi pe'er buatku juga mba. Makin tambah umur harus makin sayang ama tubuh, biar tubuh sehat dan tetap produktif 😄

    ReplyDelete
  24. Aku jarang banget olahraga hiiks.. selalu ada aja cari2 alasan buat menunda mulai olahraga, yg masih banyak kerjaan lah, yg ga enak badan lah :(((

    ReplyDelete
  25. Terukur, hmmm kalo aku berenang sampe kedinginan itu berarti ga terukur ya. Oke deh

    ReplyDelete
  26. aku olahraga nya jogging lid, jalan kaki di mall hehe

    ReplyDelete
  27. Huhuhu, aku nih jarang olahraga. Makanya badan sering kaku banget. Gampang sakit pula. Ihiks...

    ReplyDelete
  28. Duh aku termasuk pelaku sedentari niiih huhuuu... kudu mulai banyak bergerak agar badan sehat ya. Ini dikit2 dah mulai memacu diri untuk jalan dan lari2 kecil di stadion.

    ReplyDelete
  29. Thanks mba aku jadi tau ttg BBTT deh. Pas banget nih buat aku yg mau getolin lagi aktivitas fisik

    ReplyDelete
  30. Ngobrolin aktivitas fisik, kalau aku selau berusaha jalan kaki kalau perginya deket2. Kan ada tu org ke wraung depan rmh aja naik motor hehe. Mungkin org Indonesia malas jalan krn jalanan kurang ramah pejalan jg kali ya.
    Selain jalan paling ya gerak nyapu2 ngepel2 haha, kalau soal olahraga aku blm rutin lakukan, pas bisa aja kadang lari :D

    ReplyDelete
  31. wahh. Iya bener, 4 patokan buat olahraga itu harus diingat ya jika ingin berolahraga

    ReplyDelete
  32. aku kalo dah nonton drakor suka lupa gerak tuh... ya ampun, padahal nggak boleh ya

    ReplyDelete
  33. Aku udah 2 bulan gak olahraga nih. Aktivitas fisik sih tiap hari tapi kayaknya kurang ya karena ga kurus-kurus wkwk

    ReplyDelete
  34. Baru tahu tentang 4 prinsip ini.
    Aku termasuk yang lama di depan komputer nih, apalagi pas dikerjar DL :)

    ReplyDelete
  35. nahhh aku banget ini malas aktifitas fisik , jogging aja jarang hiks..
    reminder nih.
    makasih tips BBBT nya mbak baru tau saya hehe

    ReplyDelete
  36. Aku senang sekali di wilayah RW tempat tinggal saya sudah dua bulan ini diadakan senam bagi warganya. Baik untuk bapak - ibu yang sudah berumur atau ibu-ibu muda.
    Walaupun hanya dilakukan satu minggu sekali tiap hari Sabtu, tetapi lumayan untuk mendukung kebiasaan berolahraga biar fisik selalu sehat. Tiap kali olahraga berlangsung 1 jam dengan pelatih khusus.

    Saya yang punya darah tinggi tentu sangat terbantu untuk hidup sehat. Tempo hari diadakan cek tensi, tensi darah saya normal. Dengan gerakan olahraga bersama, banyak warga yang termotivasi untuk ikut serta.
    Kalau senam sendiri, lebih banyak malasnya. Kalau beramai-ramai, senang karena banyak temannya. Melakukan senam tidak terasa berat seperti kalau senam sendirian.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...