Inspirasi Fashion dari Indahnya Masjid Di 5 Benua

Tuesday, January 22, 2019
Siapa sih yang gak kenal dengan brand busana muslim Shafira yang dimilki oleh Ibu Feny Mustafa? Allhamdulillah saya bisa foto bareng dengan beliau pada acara Press Conference 30 Years Journey of SHAFIRA. Semoga bisa ketularan ilmu bisnisnya, Aamiin.



Berawal dari bisnis kecil-kecilan saat Ibu Feny masih kuliah tingkat 3 di Bandung serta modal nekat beliau berani mendirikan brand pakaian muslim. Dulunya belum adanya penggiat fashion muslim di Bandung. Desain pakaiannya pun beliau buat sendiri, dan dengan bantuan teman-temannya pula lah bisnisnya bisa berjalan. Apalagi di tahun 80-90an masih sedikit orang yang menggunakan hijab.

SHAFIRA merupakan fashion industri busana muslim pertama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1989. Dengan latar belakang ingin mempercantik muslimah Indonesia melalui balutan busana yang indah nan anggun. Saat ini SHAFIRA sudah mempunyai 24 Store dan didukung oleh sister Companynya Zoya untuk melayani kebutuhan busana muslim menengah.

Bisnis busana muslim bisa dibilang menjanjikan saat ini. Untuk itulah Ibu Feny berharap masyarakat Indonesia tetap menggunakan dan membeli brand produk lokal agar tenaga kerja yang bekerja tetap bisa bertahan. Selain itu pada tahun 2020 nanti Indonesia sedang disiapkan sebagai pusat busana muslim dunia, SHAFIRA pun ikut serta menyiapkan kebutuhan pasar tersebut.


SHAFIRA the World Wandere


Tahun ini Shafira memasuki usianya yang ke-30, umur boleh tua tapi tren fashion itu tidak pernah tua. Itulah yang selalu diinginkan oleh Ibu Feny dengan SHAFIRA. Siapa sangka beliau juga menunjuk Bapak Denny Setiawan sebagai CEO SHAFIRA, dengan usianya yang masih muda diharapkan bisa membawa brand tersebut senantiasa muda selalu. 


Untuk menunjukkan bahwa SHAFIRA tetap muda, desain-desain yang dibuatpun sesuai dengan kebutuhan generasi saat ini. Shetyawan sebagai Head Designer SHAFIRA ikut membuat rancangan khusus yang terinspirasi dari indahnya masjid-masjid di 5 benua. Sekitar 50-60 desain pakaian tersebut akan dipamerkan di Indonesian Fashion Week (IFW) dengan tajuk The World Wanderer

Gagasan diambilnya keindahan masjid di 5 benua karena seringnya Ibu Feny traveling ke luar negeri dan selalu mampir ke masjid di tiap negara yang dikunjunginya.
Sebagian karya Shetyawan yang akan ditampilkan di IFW

Desain-desain pakaian yang dibuat diadopsi dari keindahan arsitektur masjid di 5 benua antara lain :


  • Asia ada Masjid Baiturahman Aceh, dan Bibi-Khnym Mosque di Uzbekistan.
  • Amerika inspirasinya dari Islamic Center di Washington DC.
  • Afrika Masjid Hasan 2 yang berada di Maroko.
  • Eropa, Moscow Grand Mosque di Rusia yaitu masjid terbesar di sana yang memiliki interior islamic yang menarik.
  • Australia masjid Adelaide juga desain dari suku aborigin

Shetyawan dalam menuangkan idenya pada desain pakaian mengambil dari interior desain masjid yang dipilih.


Special 30 Tahun SHAFIRA


Rangkaian acara 30 ulang tahun SHAFIRA bisa dinikmati oleh banyak orang, mulai dari kompetisi desain logo 30 tahun SHAFIRA yang diikuti oleh warganet. Selain itu untuk mengapresiasi desiner berbakat juga diadakan Shafco (SHAFIRA Corporation) Modest Projet yaitu kompetisi fashion desainer muda Indonesia pada tanggal 23 Januari 2019.

Sebagai bentuk CSR dari SHAFIRA juga mengangkat Rahmat sebagai desainer di brand tersebut tentunya dengan menyekolahkannya terlebih dahulu di bidang fashion design. Kekurangan yang dimiliki oleh Rahmat tapi tidak membuatnya putus asa dan memiliki kelebihan di bidang lainnya. Semoga bisa memberikan yang terbaik buat SHAFIRA dan masyarakat ya.




Bagi customer SHAFIRA yang datang ke store pada tanggal 8 Januari lalu diberikan rangkaian bunga, cupcakes, dan limited edition scarf berdesain khusus. Allhamdulillah saya juga kebagian lho cupcake dan scarf warna orange.


Motif scarf mengandung logo sulur khas SHAFIRA dan tidak dijual. Tapi, buat teman-teman yang mau dapetin special gift edition scarf motif dan warna yang berbeda bisa datengin aja store SHAFIRA tanngal 8 Februari mendatang.

34 comments

  1. keren banget ya bu Feny ini. Jadi bangga lho aku Indonesia punya pengusaha seperti bu Feny ini.

    ReplyDelete
  2. Ide bisa darimana saja ya, terbukti dari interior desain Masjid bisa dituangkan menjadi desain pakaian yang menarik.
    Salut dengan program CSR SHAFIRA, selamat ulang tahun dan semoga makin sukses.

    ReplyDelete
  3. Warna dan modelnya asik. Cocok dipakai segala usia menurut saya. Produk lokal begini mesti didukung banget karena kualitas kita nggak kalah sebetulnya sama produk luar. Malah menurut saya buatan kita lebih keratif dan berwarna.

    ReplyDelete
  4. Yang warna putih itu gamis atau outer ya. Cakep deh. Yang hijau juga bagus. Kalau kreatif memang apapun bisa jadi ide desain ya termasuk ide dari masjid.

    ReplyDelete
  5. Shafira emang keren banget, mba. Aku dari dlu selalu takjob ama desainnya yang nggak pasaran. Selain itu juga emang kualitasnya sangat terjaga :)

    ReplyDelete
  6. Mamah saya nih termausk penggemar baju Shafira. Gak nyangka ya ternyata brand ini udah 30 tahun

    ReplyDelete
  7. gak nyangka ya brand Shafira ini sudah 30 tahun. Wah beruntungnya mba lidya dapat scraf limited editionnya :D tanggal 8 Februari di seluruh outlet kah?

    ReplyDelete
  8. Ya ampun, ternyata sudah 30 tahun umurnya. Keren euy bisa bertahan sebegitu lamanya. Coba itu outletnya deket, mau juga datang tgl 8 Feb mendatang. Biar bisa kebagian juga special gift dr Shafira hehehe...

    ReplyDelete
  9. Sudah sukses dan yang nggak boleh dilupakan adalah program CSR, ya. Semoga Shafira makin mempermudah bagi yanh ingin hijrah. :)

    ReplyDelete
  10. Keren ya Shafira untuk ide desainnya. Jadi kiprahnya Shafira sudah 30 tahun ya? Nggak nyangka sudah selama itu...

    ReplyDelete
  11. Sudah sering dengar brand Shafira, liat produknya bagus-bagus memang, tapi baru tau kalau mereka sudah 30 tahun bergerak di Industri fashion, hebat ya Bu Fenny! Semoga bisa bertahan terus di industri ini memproduksi lebih banyak fashion muslim :)

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah bu Fenny tekun, sabar, dan gigih banget yaa. Dari penjahit rumahan sekarang bisa punya 20 store dan bertahan 30 tahun di indusri fashion. Semoga Shafira makin berkah, lancar, dan terus kreatif :)

    ReplyDelete
  13. Shafira salah satu brand busana muslimah yang udah terkenal sejak dulu. Modelnya memang selalu menarik. Sukses terus untuk Shafira, kereen 30 tahun bisa bertahan 👍

    ReplyDelete
  14. Masjid bisa juga jadi ide buat fashion. Aku kok gak kepikiran. Biasanya Masjid kan buat bangunan aja. Keren! Bajunya oke2 juga

    ReplyDelete
  15. Wow sudah 30 tahun?
    Mantep banget ya mba bisa survive sampai sekarang ditengah gempuran brand fashion baru... Sukses terus Shafira hihihi

    ReplyDelete
  16. Keren ya Shafira, ide CSR nya menjadi ajang pembuktian kreatifitas anak muda untuk membuat desain yang terinspirasi masjid dari lima benua. Aku galfok sama scarf warna orange itu, mba Lid

    ReplyDelete
  17. Wow keren ya Shafira, menggandeng Rahmat masuk ke dalam bisnisnya. Saluut...

    ReplyDelete
  18. Saya termasuk pengguna brand Shafira ini mba. Pakaiannya selalu nyamaan sekali digunakan , terlihat sangat memperhatikan kualitas bahannya.

    ReplyDelete
  19. Aku suka baju gamis yang putihnya warnanya kalem dan akuh banget pokoknya lah. Btw jadi inget kalau dulu Mama suka banget sama brand Baju ini dan ternyata masih ada ya.

    ReplyDelete
  20. Shafira memang luar biasa ya...gak ada matinya hehe....gaun1nya keren sayang biat high class ya...kemahalan kalau buat akuh mah hehe..

    ReplyDelete
  21. Ada apakah di tanggal 8 Februari nanti di Shafira? Aku mau banget scarf-nyaaaa. Cantiiiikk, ya!

    ReplyDelete
  22. Wah malah masjid di timir tengah justru gak ada ya hehe aku fikir tadi bakalan membaca masjidil hara., Masjid nabawi atau masjidil aqso. Tapi biar gimanapun ini tetap keren sih buat promosiin islam ke negara negara non muslom

    ReplyDelete
  23. Aku pernah ketemua beliau di NYC lho.. sempet show di NYC juga memang. Bagus yaaa koleksinya

    ReplyDelete
  24. Harus nunggu 8 Feb jadinya ya Mba Fit. Di Pekalongan ada nggak sih ya, heheheh kalo nggak ada lari ke Semarang ini. Keren ya Shafira.

    ReplyDelete
  25. Kagum sama Shafira yang sudah eksis selama 30 tahun, desain baju-baju shafira tuh simple tapi elegan, ternyata terinspirasi dari desain masjid ya

    ReplyDelete
  26. Ternyata ada program CSRnya juga ya dengan menyekolahkan Rahmat agar menguasai ilmu desain. Shafira keren deh.

    Btw naksir loh sama scarf orange-nya, kece banget bu ;)

    ReplyDelete
  27. Salam ya mba buat bu Feny, aku mau Shafiranya. Hehe. Keren keren Indonesia gituu lohhh

    ReplyDelete
  28. Masyaallah sudah 30 tahun, semoga makin sukses di dunia fashion muslim. Aku pengen jilbab atau baju brand ini juga jadinya

    ReplyDelete
  29. Keren ya Shafira. Udah eksis 30 tahun. Tapi memang desain dan kualitas produk Shafira ini memang bagus. Kayak 3 model baju di atas. Aku sukaaaa...

    ReplyDelete
  30. Duh aku tuh rajin banget loh lid nunggu Shafira diskon haha..

    ReplyDelete
  31. Mbak Lia beliin atu dong trus dikirim ke Surabaya, hihi
    Cantik, simple dan elegan ya fashion-nya Shafira

    ReplyDelete
  32. Keren ih udah 30 tahun aja. Pantesan karyanya legends semua. Dan terbukti nyaman dan fashionable

    ReplyDelete
  33. Mbaaa aku kok gagal fokus sama rok motif batikmu yaa. Hehe

    Aku punya jilbab shafira dan aku eman eman banget mba. Saking sukanya. Emang the best deh

    ReplyDelete
  34. Saya baru tahu pemilik brand busana muslim Shafira yang dimilki oleh Ibu Feny Mustafa pasti beliau sangat gigih dalam menjalan kan usahanya pantut menjadi inspirasi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...