Ke Museum Angkut Jangan Lupa Kunjungi Juga 2 Lokasi Ini

Friday, February 1, 2019

Allhamdulillah akhirnya saya bisa kembali berkunjung lagi ke Batu, Malang setelah melewatkan puluhan purnama :). Terakhir saya ke kota ini waktu masih SD dan kakek nenek masih tinggal di sana. Dulu cuma sempat jalan-jalan ke Selecta dan Wendit saja. Ternyata perkembangan kota Batu saat ini sudah pesat ya, banyak tempat wisata menarik berdiri dan selalu di padati pengunjung.

Beberapa tempat wisata yang saya kunjungi bersama suami, salah satunya adalah Museum Angkut Jatim Park 2 Batu, Malang. Lumayan pegal juga berkeliling di sana, bayangkan aja luasnya 4  hektar, tapi puas banget bisa lihat aneka kendaraan dan pernak-perniknya. Eit, jangan buru-buru untuk keluar dari area ini lho, ada 2 area lainnya yang bisa dikunjungi tanpa harus membayar tiket masuk lagi karena sudah include dengan tiket Museum Angkut.

Penasaran kan, saya mau mengajak teman-teman ke mana lagi di area Museum Angkut?

Pasar Apung Nusantara


Mendengar namanya pasti membayangkan kalau pasar apung ini adanya di sungai, tapi di Museum Angkut sungainya buatan untuk keperluan wisata saja. Lokasi Pasar Apung Nusantara ini ada di sisi kanan sebelum masuk ke Museum Angkut atau berada di akhir rute setelah Indonesian Heritage Museum.

Kalau saya lihat pasar apung ini adalah area makan dan pusat oleh-oleh yang disediakan penyelenggara wisata di Museum Angkut untuk pengunjung. Berbagai makanan dan jajanan khas daerah Malang dan sekitarnya tersedia di sini.

Saya sempat mencicipi Bakso Malang yang rasanya hmmmm enak, apalagi dinikmati di udara yang dingin setelah turun hujan, rasanya pinginnya nambah aja. Ada penjual pecal juga, tapi perut sudah full. Oh ya untuk teman-teman muslim yang mau beribadah ada Masjid di area Pasar Apung, jadi gak khawatir ya.


Uniknya beberapa penjual menyajikan makanannya di atas perahu, makanya disebut Pasar Apung Nusantara. Tapi, banyak juga kios-kios makanan di area pasar apung yang bisa dijadikan tempat istirahat setelah lelah berkeliling di Museum Angkut. Untuk membeli makanan atau minuman di area tersebut menggunakan kartu yang dapat di top up di kasir. Isi saja kartunya sesuai dengan kebutuhan, enaknya lagi kalau kelebihan uangnya dapat di ambil kembali.


Di Pasar Apung Nusantara juga banyak spot foto yang instagramable yang bisa digunakan pengunjung untuk menyalurkan hobi fotonya alias narsis.


Indonesian Heritage Museum



Selesai istirahat dan makan di Pasar Apung Nusantara, lokasi selanjutnya yang harus dikunjungi adalah Indonesian Heritage Museum, lokasinya ada di depan Pasar Apung Nusantara.

Buat pecinta seni, rugi rasanya kalau melewatkan Indonesian Heritage Museum ini yang pada awalnya bernama  D'topeng Kingdom Museum atau Museum Topeng. Karena isinya bukan hanya topeng saja melainkan koleksi artefak dan benda-benda bersejarah dari berbagai daerah di Indonesia makanya namanya pun ikut berubah.

Di area ini saya tidak banyak mengambil foto karena cahayanya agak kurang bagus. Alasan lain sih karena banyak benda pusaka dan bersejarah jadi saya agak-agak takut mengabadikan gambarnya. So far di Museum ini pengunjung bisa mempelajari sejarah dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Suami agak lama berdiri di area ini karena membaca dengan seksama sejarah kekaisaran Ottoman.



Sebenarnya banyak spot menarik ada di dalam Museum, tapi nyali saya kurang besar ada perasaan takut dan hawanya dingin, mungkin karena saya lelah juga ya. Saya yakin kalau teman-teman pasti bisa menikmati museum ini kok.



Menariknya lagi di  Indonesian Heritage Museum kita bisa bermain dengan teknologi Augmented Reality (AR) lewat aplikasi yang didownload di smartphone. Di museum tersebut banyak sekali gambar-gambar yang bisa discan untuk melihat tampilan empat dimensi yang juga dilengkapi dengan efek suara seperti musik tradisional, manusia purba, candi, dan benda-benda bersejarah lainnya,


Indonesia Heritage Museum merupakan satu-satunya museum yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang bertujuan agar generasi muda bisa lebih mengenal kebudayaan sendiri.




Ke Malang Naik Apa?


Banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan menuju Malang selain kendaraan pribadi tentunya. Berhubung waktu yang kami miliki tidak panjang, maka diputuskan untuk naik pesawat dari bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta menuju Bandara Abdurahman Saleh, Malang. Dari Bandara menuju Batu bisa naik taksi bandara yang sudah tersedia dengan tarif normal yang sudah ditentukan.

Teman-teman yang mau ke Malang bisa mencari tiket pesawat ke Malang melalui aplikasi Pegipegi . Pas banget nih lagi ada penawaran Banjir Hoki melalui aplikasi, lumayan kan buat menghemat biaya perjalanan liburan. Saya juga mau searching ah buat balik lagi ke sana sama anak-anak.



Tenang aja pakai aplikasi Pegipegi user friendly kok, jadi gak akan mengalami kebingungan waktu memesannya.


Jadi teman-teman berminat liburan ke Malang juga? Jangan lupa mampir ke Museum Angkut dan mengunjungi 2 lokasi menarik lainnya ya. Selamat berlibur.


Museum Angkut 
Terusan Sultan Agung Street No 2
Batu City, East Java - Indonesia
+62 821 44468002
info@dtopengkingdommuseum.com

46 comments

  1. Saya yg di Pasuruan, dekat Malang, belum ke sini. Hiks. Katanya seru sih. Teman2 dapat banyak spot foto di sini. Kayaknya harus bawa stroller buat Zril, areanya luas banget ya mbak?

    ReplyDelete
  2. Wah, saya baru tau nih... Jarang ada yg bahas tentang pasar apung & museum ini... Mudah2an kpn2 bisa main ke museum angkut sekalian mengunjungi 2 lokasi ini...

    ReplyDelete
  3. Waa keduluan nih. Aku belum ke musim angkut. Semoga bulan ini bisa jalan jalan ke Malang. Uf dah kangen bangetttt sama Malang

    ReplyDelete
  4. pasar apung dan d'heritage di Malang aku belum pernah mba. Bagus banget ya. Semoga ada rejeki liburan ke Malang lagi, aamiin

    ReplyDelete
  5. Wahh saya dari dulu penasaran sm pasar apung.. belum kesempatan kesana.. moga suatu saat. Dan asiknya sekarang pergi kemana aja gak ribet yaa ada PegiPegi

    ReplyDelete
  6. huah Malang ni cucok binggo buat destinasi liburan ya mba dari tadi bacaain review Malang masyaAlloh cakep-cakep dah ini jug pasar apung dan d'heritagenya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap ya mba pake teknologi AR, aku kenal teknologi AR itu pas dongeng wkwkwk ternyata juga buat aplikasi museum

      Delete
  7. Keren ih Indonesian Heritage Museumnya. Tapi gak tau jg ya pas aku kesana ikutan serem juga apa gak ya :D
    Semoga aku ada kesempatan dan rejeki bisa ke Malang juga.

    ReplyDelete
  8. Waktu ke Museum Angkut,aku nggak mampir ke museum topeng. Udah mau Maghrib sih, jadi kami cepetan keluar. Rencana tahun ini pengen ke Malang lagi, masih banyak tempat wisata di Malang yang belum dijelajahi. Kalo aku milihnya naik kereta mba, karena dekat ya kalo dari Semarang. Coba deh nanti aku cek di Pegi-pegi, kapan waktu terbaik untuk liburan ke Malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jadi mupeng foto di atas perahu itu. Gara-gara tergesa-gesa mau mampir ke rumah teman suami, jadinya gak nyoba kulineran di Pasar Apung. Cuma numpang shalat aja di masjidnya

      Delete
  9. Semoga next saya bisa mengunjungi Malang dan berwisata ke Pasar Apung dan museum lainnya yah

    ReplyDelete
  10. seru ada pasar apungnya. Bisa makan diatas perahu.

    ReplyDelete
  11. Senangnya di Malang, kak Lid...
    Iyaya...dulu jaman kecil, rasanya tiap ke Malang, mainnya ke Selecta melulu...
    Anehnya, gak pernah bosen.
    Hhahah~

    Bahagianya jaman kecil dulu..

    Sekarang...
    Makin bahagia, karena Malang makin kreatif dengan wisata dan kulinerannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kalau ke Malang mesti nginepnya rada lamaan yaa...mba.
      Kalau sebentar jadi berasa ada yang kurang.
      Hahhaah~

      **modus biar balik lagi...

      Delete
  12. Konsep pasar apungnya mirip floating market nya lembang ya mba lidya. Saya belum pernah euy ke malang. Burem. Mudah2an ntar da jodoh kesana. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Asyik banget kalau ke sini ya Mbak.... Aku sudh lama mengidamkan ke museum angkut lalu ke pasar apung dan museum heritage. Ada teman yang punya kios di museum angkot dan selalu mbujuki aku datang. hihihi

    ReplyDelete
  14. Yg pengin banget ke Museum Angkut itu suamiku, karena suami anak motor. Klo anakku ke sana juga pasti senang, namanya anak laki ya :)

    Tahun ini pengin jalan2 ke Jawa Timur, semoga bisa mampir ke Museum ini.

    ReplyDelete
  15. Wah, kalau ke pasar apung Malang kudu browsing pose-pose keren nih, biar gak mati gaya sesampainya di sana ya, hahaha.

    Sayang kan, sudah sampai di tempat kece, posenya ya.... itu lagi, itu lagi!

    ReplyDelete
  16. Anakku bulan Desember kemarin pada ke Malang ke Museum angkut sama Jatim Park. Rencana mau ke Baluran yang belum terwujud. Di malang banyak nih yg bisa di eksplor

    ReplyDelete
  17. museum angkut jadi salah satu wishlistku, mbak fitri.
    aduh, kapan ya bisa ke sana :D

    ReplyDelete
  18. Asikk beuudd mba bisa jalan-jalan gitu ke sport2 yang keren lagi, Malang, salah satu wish list tempat destinasyku, i hope it will come true someday

    ReplyDelete
  19. Spotnya kece kece ya mba, warna warni lagi.
    Wah bisa betah berlama-lama di situ ya.
    Di Bogor juga ada yang berkonsep pasar apung begitu

    ReplyDelete
  20. Jadi makin pengin ke Malang. Terakhir ke Malang pas zaman kuliah yang udah sekian lamanya. Anakku pasti senang nih diajakin ke Museum Angkut, soalnya dia suka alat2 transportasi. Semoga tahun ini bisa kesampaian liburan ke Malang bareng keluarga.

    ReplyDelete
  21. Mantab banget memang Museum Angkut ini ya mba ..kumpliiit. etapi aku iri deh mba bisa foto2 santai gitu..pas aku ke sana weekend..haduuh foto bocooor di mana-mana.. hiks..

    ReplyDelete
  22. Kalau di museum Indonesia Heritage cahayanya dibikin lebih terang masih berasa dingin gak, ya? Etapi, saya lebih tertarik ke Pasar Apung, ding. Kulineran pastinya hehehe

    ReplyDelete
  23. Wah, saya baru tau, ternyata selain Museum Angkut ada Pasar Apung Nusantara.
    Kalau lihat konsep Pasar Apung Nusantara seperti Floating Market di Lembang- Bandung ya...

    ReplyDelete
  24. Minat banget, Mbak. Aku ke Malang pada tahun 2013an, ke Selecta sama BNS. Dulu belum ada Museum angkut ya kayaknya. Aih, semoga kapan2 bisa ke sana lagi. Terus bisa mampir ke Museum angkut.

    ReplyDelete
  25. Aku salfok sama sate soto buaya hehe ternayata ada menu makanannya ya disana. Btw mba Lid suka deh sama foto2nya cakep-cakep yes.

    ReplyDelete
  26. Ajak aku ke Malang dong kakak Liaaa.. pasti cantik dan museumnya keren-kereen itu! Aku suka museum yang mencerahkan dan kaya budaya Indonesia

    ReplyDelete
  27. Aku belum pernah ke museum angkut. Tiap ke malang gak sempet buat main-main sampe puas huhuuu.. Penasaran sama pasar apungnya itu, kayanya seru banget :)

    ReplyDelete
  28. Saya makin mulieng pengen jalan ke malang. Hias ga sabar bisa main menyeruak angkut dan indonesia heritage nya. Semoga planning 2020 bisa

    ReplyDelete
  29. Museum Angkut di Malang ini terkenal banget ya. Itu Pasar Apungnya seru deh kayaknya, jadi ingat iklan RCTI tempo dulu wkwk

    ReplyDelete
  30. Wah, seru tuh kayaknya main ke Pasar Apung. Jadi inget iklan RCTI OKE itu lho. Hehehe... tempatnya bagus ya. Instagramable pisan.

    ReplyDelete
  31. Baru sadar, aku ke Malang udah 3 tahun yang lalu. Udah lama banget Kakaaak, baca postingan Lidya bikin pengen balik lagi ke sana. Apalagi ke Museum Angkut itu gak ada bosennya. Aku juga suka tuh ke Museum Wayang, dijelasin banyak hal sama guide-nya, jadi nambah ilmu.

    ReplyDelete
  32. Aku malah belum pernah ke Museum Angkut soalnya kebayang luas banget trus bawa anak. Terakhir ke Jatim Park 3 aja udah pegel jalan.
    Eh yang pasar apung seperti floating market Lembang? Wisata kuliner sambil Naik perahu.

    ReplyDelete
  33. Jalan jalannya seru banget ya lid, apalagi beli tiketnya di pegi pegi

    ReplyDelete
  34. Selain bromo.. Museum angkut juga jadi salah satu list destinasi aku jika ke Kota Malang.. wah itu ada pasar apung juga ya disana.. tempatnya bagus dan instagramable banget ya mba.. duh ngga sabar untuk segera ke kota Malang deh

    ReplyDelete
  35. Salah satu tempat yang paling pertama saya kunjungi semenjak pindah ke surabaya adalah tempat ini heheh, karena anak2 juga hobbynya tentang mobil jadi yahh mereka nikmati banget kesini heheh

    ReplyDelete
  36. Museum Angkut ini salah satu destinasi impianku mbak kalau ke Malang, moga2 tahun ini kami bisa ke Malang aamiin. Wah makasih infonya, ada promo imlek pegipegi ya? Kebetulan aku lg cari tiket mbak TFS

    ReplyDelete
  37. Malang salah satu destinasi wisata yang pengen aku kunjungi banget nih Mba Fit, asik banget selain mueseum angkut ada pasar apung. Seru!
    Mudah-mudahan bisa menyusulmu main ke sini. aamiin

    ReplyDelete
  38. Yaahh...aku yang pengin banget ke Museum Angkut malah dia yang udah nyampe duluan ke sana :)) Baik bu, saya mau ikuti juga berkunjung ke semua tempat tadi.

    ReplyDelete
  39. Aku bener bener makin penasaran sama museum angkut ini mba. Kalo kuliner jagung serut enak akunsuka

    ReplyDelete
  40. Sayangnya aku ga masuk ke sini, mbak. Waktu itu Salfa rewel minta naim perahu di Pasar Apung. Jadi deh ga masuk ke sana.

    ReplyDelete
  41. Kece banget mbak foto di kedai bambu itu, jadi salah fokus hehhe

    btw, udah lama saya ingin jalan-jalan ke daerah malang, pernah kakakku ngajak, tapi belum rejeki bisa ikutan dengannya. ntar kalau ada rejeki pengen main ke tempat yang direkomendasikan mbak fitri ah ... thanks mbak :-)

    ReplyDelete
  42. udah keren banget kok mbak ini foto2nya udah lengkap
    museumnya banyak banget spot fotokah ya?
    ih jadi pengen jg kesana
    banyak hal yg bisa dipelajari juga ya mbak

    ReplyDelete
  43. suka banget sama foto yang diatas perahu, kelihatan cantik mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...