Tips Sehat Di Musim Pancaroba Untuk Atasi Batuk Berdahak

Thursday, January 31, 2019
"Mama gak sayang aku ya? kok gak mau peluk-peluk aku tidurnya".

Sedih juga dengar perkataan si kecil kaya gitu. Bukannya gak sayang atau gak mau peluk-peluk kok, tapi ini justru karena sayang gak mau kalau anak-anak ketularan batuk. Nikmat sehat itu mahal harganya, buktinya karena batuk berdahak bisa menjauhkan yang dekat yaitu anak-anak. 

Bukan hanya tidak bisa berdekatan dengan anak-anak, saat batuk juga banyak orang cenderung menjauhi kita karena takut tertular sehingga membuat tidak nyaman ketika harus keluar rumah dan bertemu dengan banyak orang.

Bicara soal batuk berdahak, Jum'at (25/1) lalu saya menghadiri talkshow dengan tema "Jangan Batuk Berdahak, Jauhkan yang Dekat" yang diselenggarakan oleh Bisolvon dan Fimela bertempat di 89 Cafe, Kemang. Nara sumber yang hadir antara lain Mbak Adisti Nirmala (Sanofi), Mega valentia, dokter Riana Nirmala, dan Amallia Sarah (Blogger dan ibu dari 1 orang putra).

Dalam acara tersebut, ada sesi sharing mengenai menjaga kesehatan keluarga di musim pancaroba dan cara mengatasi batuk berdahak agar senantiasa bisa dekat dengat keluarga dan kerabat.



Hubungan Batuk Berdahak dan Musim Pancaroba



Musim pancaroba saat ini sedang menghampiri kita yang tinggal di wilayah Indonesia. Karena cuaca yang tidak menentu kadang hujan lalu tiba-tiba panas membuat tubuh bekerja extra untuk menyesuaikan suhu. Bakteri dan virus sangat mudah berkembang sehingga mungkin saja daya tahan tubuh menjadi melemah yang mengakibatkan batuk menyerang tubuh.


Pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu di antara musim penghujan dan musim kemarau. Masa pancaroba biasa ditandai dengan frekuensi tinggi badai, hujan yang sangat deras disertai guruh, serta angin yang bertiup kencang - wikipedia.

Penyakit yang sering datang di musim tersebut adalah batuk. Berdasarakan survey bahwa 1 dari 3 orang mengalami batuk berdahak dalam 3 bulan terakhir. Dokter Mega membenarkan kalau di musim pancaroba ini banyak sekali pasien datang karena penyakit Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA angkanya mencapai 50%. Infeksi yang disebabkan oleh virus menyerang hidung, trakea (pipa pernafasan), atau bahkan paru-paru.

Gejala ISPA ditandai dengan bersin, hidung tersumbat, tenggorokan sakit, dan batuk-batuk. Sebenarnya batuk merupakan respon yang alami dari tubuh untuk mengeluarkan zat yang membuat iritasi saluran pernapasan. 


Jangan Tunda Pengobatan Batuk 



Meskipun batuk adalah respon alami, namun sebaiknya jangan menunda pengobatan sejak hari pertama. Batuk yang berkepanjangan bisa berubah menjadi dahak, dan penderita pun bisa merasakan menggigil, sesak dada. Kuman yang sudah ada di dalam tubuh kita bisa menulari orang lain. Namun, jika dibiarkan tanpa pengobatan lama-lama akan membahayakan.

Mungkin kita pernah berpikir ah baru juga uhuk-uhuk sedikit gak apa-apalah nanti juga sembuh. Padahal pendapat seperti itu salah, batuk sedikit saja itu sudah dikatakan penyakit, karena orang normal tidak akan mengalami hal tersebut.


Menunda pengobatan batuk tanda tidak sayang akan tubuh sendiri dan berisiko kehilangan koneksi dengan orang lain.



Kalahkan Batuk Berdahak Sekarang Juga


Gejala awal batuk berdahak, apakah harus langsung pergi ke dokter?  Boleh-boleh saja kita membeli obat OTC di luaran seperti di Apotek, Minimarket, atau Supermarket asalkan sudah terdaftar di BPOM dan obat batuk sudah teruji klinis.

Obat OTC (Over The Counter) adalah jenus obat bebas yang bisa dibeli dan digunakan tanpa memerlukan resep dokter. Jenis obat ini biasanya ditandai dengan logo lingkaran berwarna hijau dengan garis tepi hitam. Meskipun tergolong obat bebas, tetapi penggunaanya harus sesuai dengan anjuran yang tertulis pada kemasan.

Mbak Adisti dari Sanopi Indonesia mengenalkan Bisolvon sebagai obat batuk berdahak yang dapat digunakan untuk seluruh keluarga di rumah.

Sanofi Indonesia sudah hadir di Indonesia selama 61 tahun (sejak tahun 1956). Sebagai perusahaan terdepan dalam pelayanan kesehatan di dunia yang berdedikasi untuk mengedukasi masyarakat menjadi lebih baik dari sisi kualitas hidup dan kesehatan.
Bisolvon sebagai obat batuk yang sudah teruji klinis dan direkomendasikan dokter di Indonesia selama 45 tahun selalu bisa mengalahkan batuk berdahak dan terdaftar di BPOM.

Bisolvon hadir dalam 4 varian yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak seluruh keluarga Indonesia yaitu :

  1. Bisolvon Extra 
  2. Dengan kandungan Bromhexine yang dapat mengencerkan dahak dan Guafenesin untuk mengeluarkan dahak bisa digunakan mulai anak usia 2 tahun dengan rasa pepermint yang lembut. Tersedia dalam 2 kemasan yaitu 60 ml dan 125ml.
  3. Bisolvon Kids
  4. Dengan rasa strawberry disukai oleh anak-anak dan tersedia dalam kemasan 60ml.
  5. Bisolvon Tablet
  6. Bagi mereka yang dalam perjalanan jenis tablet cocok dikonsumsi serta tersedia dalam kemasan 4's dan 10's.
  7. Bisolvon Solution
  8. Bagi mereka penderita Diabtes, Bisolvon Solution pilihan yang tepat karena bebas gula serta tersedia dalam kemasan 50ml.




Selalu Patuhi Anjuran Minum Obat Dengan Baik



Nah, sekarang sudah tahu kan solusi kalau kena batuk berdahak yaitu konsumsi Bisolvon. Eits tapi, harus patuh dengan anjuran minum obat yang tertulis ya supaya penyakitnya segera hilang. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi Bisolvon ketika batuk berdahak, antara lain :

Kapan harus minum obat?

Bisolvon bisa diminum sebelum maupun setelah makan. Namun, bagi teman-teman yang punya riwayat sakit maag ada baiknya meminum setelah makan karena dapat merangsang pengeluaran asam lambung jika diminum sebelum makan.

Lamanya Penyimpanan obat


Menurut dokter Riana, sangat riskan menyimpan obat sirup dalam waktu lama apalagi sudah terbuka. Bisa saja disimpan di lemari es agar lebih awet,  namun apakah ada jaminan kalau obat tersebut tidak disimpan berdekatan dengan telur atau daging mentah misalnya yang bisa menyebabkan obat menjadi rusak karena tercemar bakteri.

Patuh Dosis Pasti Habis Obatnya

Jika kita mematuhi dosis obat yang diminum, maka dalam waktu 2 hari obat tersebut sudah habis kok dan tidak perlu menyimpannya dalam waktu lama. Dalam satu hari minum obat 3 kali dengan takaran 10 ml untuk dewasa dan 5 ml untuk anak-anak.

Cara Minum Obat Yang Tepat

Untuk dosis obat yang diminum sehari 3 kali maka diminum dalam jangka waktu 8 jam sekali. Namun, untuk mudahnya dikira-kira dengan jam makan yang teratur yaitu pagi, siang, dan malam hari.


Waktu Yang Tepat Untuk Ke Dokter


Jika gejala batuk berdahak segera ditangani dengan memberikan obat batuk berdahak seperti Bisolvon, Insya Allah dalam waktu kurang dari satu minggu batuk akan hilang. Tapi, sebagai ibu kita juga perlu waspada jika anggota keluarga mengalami tanda-tanda berikut ini untuk segera dibawa ke dokter guna mendapatkan pengobatan yang lebih tepat lagi, karena jika terlambat penanganan akan mengakibatkan radang paru-paru yang lebih susah untuk diobati.
  • Jika terjadi demam di atas 38 derajat celcius untuk mengatasi infeksi bakteri apalagi ada riwayat kejang.
  • Dahak berwarna kuning kehijauan, mungkin memerlukan antibiotik yang diberikan oleh dokter.
  • Mengalami sesak napas, dada sakit, dan jika anak-anak susah makan serta tidur maka ini tanda harus segera dibawa ke dokter.


Sharing Amallia Sarah 


Oh ya pada talkshow tersebut si cantik Amallia Sarah yang berprofesi sebagai blogger dan ibu dari 1 orang putra usia balita juga menyampaikan pengalamannya ketika anak batuk. Maklumlah anak-anak sukanya makan yang manis-manis seperti premen dan biskuit.

Ketika batuk, Amallia takut untuk memberikan obat batuk sembarangan karena khawatir akan efek samping dari obat yang diberikan, makanya kadang dia memberikan obat tradisional seperti campuran madu, jeruk nipis, dan air hangat untuk mengatasi batuk pada anaknya Rayyan 

Tapi, saat ini Amallia sudah tahu ada obat batuk berdahak yang bisa digunakan saat Rayyan sakit yaitu Bisolvon Kids dengan rasa strawberry dan dijual bebas dekat dengan rumah.


Tips Sehat Di Masa Pancaroba

Supaya selalu sehat di masa pancaroba coba deh terapkan tips berikut ini.


  1. Olaharaga teratur
  2. Menjaga pola makan dengan banyak makan sayur dan buah serta mengurangi gorengan, makanan pedas, dan manis.
  3. Minum air putih 8 gelas dalam satu hari.
  4. Jaga kesehatan tubuh dengan membawa perlengkapan untuk melindungi diri seperti jaket, payung, atau jas hujan.
  5. Pakai masker untuk melindungi diri dan orang lain supaya tidak menularkan penyakit
  6. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan yang akan berhubungan dengan jenis penyakit lainnya yaitu demam berdarah.





Yuk, jaga kesehatan dengan menerapkan tips sehat di atas. Jangan gara-gara batuk kita merelakan kehilangan momen berharga dekat dengan keluarga. Konsumsi bisolvon untuk mengatasi batuk berdahak.



31 comments

  1. Musim pancaroba memang mudah banget bagi anak2 terserang batuk. Anaku aja udah 2x batuk di tambah badanya panas

    ReplyDelete
  2. Bisolvon emang juaranya obat batuk si kecil LD

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum, akhirnya ketemu lagi blognya mama cal-vin. apa kabar mba... aku dah lama vakum dah hampir 5 tahun hehe

    ReplyDelete
  4. Aq tu gampang batuk,jgankan musim pancaroba. Kehausan gk diminumin aja jd batuk, mau tidur gak minum paginya batuk. Dan klo dah batuk, andalanku ya Bisolvon

    ReplyDelete
  5. Ya ampun dialog di awal postingan kok drama banget, persis kayak Fathir deh mbak. Kalo gak dipeluk bilangnya udah gak sayang lagi hahaha.

    Iya nih mbak, masuk musim pancaroba kita harus lebih menjaga kesehatan yah mbak, sekalian nyetok bisolvon jugak di rumah kali aja ada yang batuk.

    ReplyDelete
  6. Wah baru tahu nih kalau ada sediaan dalam bentuk tablet dan rendah gula juga bahkan.

    ReplyDelete
  7. musim pancaroba gini memang harus bisa menjaa kesehatan ya mba dan wajib nih sedia Bisolvon dirumah untuk jaga-jaga :D

    ReplyDelete
  8. Iyaa...
    Kami sekeluarga juga kalau batuk jarang minum obat.
    Karena rasanya ((iih...minum obat kok pakek perasaan siik..?? hihii...)) setelah minum obat, batuknya malah lebih parah.

    Hiiks~

    Semoga Allah lindungi keluarga di musim pancaroba seperti ini sekalipun.
    Aamiin~

    ReplyDelete
  9. Wah..ternyata Bisolvon ada banyak jenisnya ya.. untuk anak ada, bahkan untuk yg diabetes pun ada! Mantaaab laah..

    ReplyDelete
  10. Batuk memang rentan menyerang kalau di musim pancaroba begini. apalagi kalau kondisi tubuh lagi kecapean. Harus semakin jaga kesehatan. Untungnya Bisolvon juga mudah didapat di apotik atau minimarket manapun

    ReplyDelete
  11. Beneran deh sekarang kalo batuk, jangan tunda-tunda lagi.. karena kalo ditunda tunda minum obatnya bisa komplikasi malah penyakitnya.. sekarang jadi lebih aware saa penyakit batuk dan sedia obat batuk dirumah, jadi kalo keluarga ada yang batuk, langsung deh kalahkan batuk dengan obat batuk

    ReplyDelete
  12. Musim pancaroba gini emang rawan kena batuk ya Mbak. Saya nih mulai uhuk uhuk dari pagi, gatal banget ni leher. Batuk kering juga menyiksa apalagi saat hamil gini, hikss.
    Ohyaa, baru tahu lho Mbak klo sekarang udah ada obat batuk khusus bagi mereka yg menderita diabetes. Kereen inovasi Bisolvon nih :)

    ReplyDelete
  13. Duh, jangan sampe sakit deh. Ini kemarin kena pilek dan batuk berdahak aja udah menderitanya minta ampun, apalagi kalo anak-anak yang kena. Kasian :(

    ReplyDelete
  14. Iya ya, noted banget. Kalo obat batuk itu udah dibuka botolnya memang gak boleh berlama-lama ya. Takut tercemar gitu

    ReplyDelete
  15. Wah, Bisolvon varian lengkap nih. Pengin beli yg Bisolvon Extra sm Bisolvon Kids nih buat anakku. Soalnya dia kalau batuk susah banget disuruh minum obat. Moga aja Bisolvon Kids rasanya cocok buat anakku.

    ReplyDelete
  16. kudu punya simpenan Bisolvon nih di kotak obat. untuk persediaan. apalagi sekarang musim hujan. kelembaban udara tinggi.

    ReplyDelete
  17. Klo pertolongan pertama biasanya aku marut kencur dulu Mba, apalagi buat anak. Karena kalau si adek yang batuk masih agak takut ngasi obat batuk. Susah nyari yang untuk anak 2 tahun. Tapi kalau Mamanya yang batuk apalagi udh berdahak n agak bandel ya mau ga mau minum obat lain hehe

    ReplyDelete
  18. Dimusim pancaroba gini memang gampang banget ya terkena penyakit terutama batuk sama flu. Kalau udah kena penyakit itu semua tidurpun ga nyaman. Semoga kita sehat selalu ya di musim pancaroba ini.

    ReplyDelete
  19. Wah iya nih lagi musim saya dan dua anak pun lagi kena batuk berdahak ini...saya mau voba biosolvon ah..

    ReplyDelete
  20. Aku udah nyetok Bisolvon nih lid di rumah soalnya sekeluarga pada batuk pilek akibat masa pancaroba.

    ReplyDelete
  21. Musim pancaroba memang memerlukan persiapan khusus, soalnya badan bakal remuuk redam hehehe. Ini obat ampuh yaaa memang

    ReplyDelete
  22. Bener mba hrs jga kesehatan d musim pancaroba. Ini rentan bngt klo kena batuk

    ReplyDelete
  23. Sekarang nih cuaca gak menentu, apalagi sering terserang sakit seperti batuk berdahak, makasih ulasannya kak, saya baru tau Bisolvon, rekomended deh

    ReplyDelete
  24. Batuk berdahak gak enak banget ya mbaaakk. Aku ini bbrp kali kena, sampai trauma, soalya di rumah batuknya ganti2an :(
    Emang kalau batuk kudu segera diobati biar gak nularin yg lain TFS

    ReplyDelete
  25. anak anakku itu kalau batuk suka lama dan berdahak. kasian. punya stok bisolvon juga utk jaga2 di rumah

    ReplyDelete
  26. Hihii persis anakku kalo mau tidur, kudu peluk2 kalau ngga masih ribut aja :))
    Aku suka bisolvon yg tablet, praktis banget buat dibawa2 jalan jauh.

    ReplyDelete
  27. Menjalankan pola hidup sehat dan pola makan yang baik, tidak boleh ditinggalkan. Apalagi di musim pancaroba seperti sekarang ini. Penyakit flu mudah sekali menyebar.

    ReplyDelete
  28. Bener banget, saat batuk tuh perasaan orang-orang pada menghindari kita ya. Jadi jauh dengan orang lain. Makanya penting banget menjaga kesehatan, juga segera minum obat batuk yang recomended saat batuk menyerang.

    ReplyDelete
  29. Noted banget nih pesan-pesannya. Aku pun sampe beli jad hujan kemarin karena sering hujan setiap jemput anak sekolah.

    ReplyDelete
  30. Siap sedia bisolvon buat jaga-jaga, kemarin mas suami sempat batuk dahak. Mertua juga pusing rasanya dan sedih alhamdulillah ada bisolvon

    ReplyDelete
  31. Aku salah fokus sama jas hujan dan payung warna oranye. Jadi pengen punya jas hujan dan payung warna oranye deh setelah baca postingan ini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...