Beberapa Kegiatan Orangtua Murid Di Sekolah

Wednesday, March 27, 2019
Berapa sering teman-teman mengikuti kegiatan orangtua di sekolah?


Ini pengalaman saya menyekolahkan anak di SDIT TBZ yang mempunyai kegiatan rutin untuk orangtua murid. Saya gak selalu hadir dalam semua kegiatan, tapi sesekali aja kalau pas waktunya cocok Insya Allah hadir.




Waktu Pascal baru masuk sekolah kelas 1 SD, saya sempat menjadi anggota korlas (koordinator kelas). Tapi, karena sering absen jika harus mengurus keperluan kelas, makanya kelas 2 saya mengundurkan diri hingga Alvin SD pun saya gak mau jadi korlas lagi. Saya akan ikut mendukung semua kegiatan dan mau berbagi kalau dibutuhkan. Cuma satu kegiatan yang saya gak ikuti lagi yaitu arisan kelas. Saya akan datang kalau ada undangan pertemuan saja untuk silaturahmi.

Oh ya ini beberapa kegiatan yang biasa diadakan oleh sekolah yang diikuti oleh orangtua murid. Biasanya sih kebanyakan ibu-ibu yang datang baik yang bekerja maupun tidak.


Pengambilan Raport


Biasanya setiap ambil raport saya selalu datang bersama suami dan kedua anak-anak. Kalau pun salah satunya gak bisa datang karena ada pekerjaan, masih bisa saling menggantikan. Ambil raport aja kok rombongan sih? Ini merupakan salah satu support kami untuk anak-anak untuk selalu hadir dalam semua kegiatan yang berhubungan dengan sekolah.

Nah foto di atas saya ambil waktu ambil raportnya Alvin beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan seperti ini sekalian bisa silatuahmi dengan orangtua murid yang lain, maklumlah saya biasanya menjemput anak tanpa bertemu atau mengobrol lebih dahulu.



Perlombaan Orangtua



Uniknya di sekolah Alvin ketika acara classmeeting dan lomba 17 Agustus, tidak hanya murid-muridnya saja yang berpartisipasi, tetapi ada perlombaan untuk orangtua juga.

Foto ini saya ambil waktu Pascal kelas 6 lalu ketika mengikuti lomba masak nasi goreng estafet yang diikuti oleh orangtua murid wakil kelas masing-masing. Allhamdulilah kelas kami mendapatkan juara pertama meskipun ada sedikit drama saat memasak:)

Selain lomba masak, juga ada lomba menghias tumpeng, kuis ilmu pengetahuan, sampai tarik tambang segala.




Exhibition 

Pada kegiatan exhibition ini biasanya sekaligus event open house dari pihak sekolah. Berbagai kegiatan seni yang ditampilkan oleh murid-murid juga beberapa perlombaan yang ditujukan pada murid TK. Dalam kesempatan ini juga sekaligus pembukaan pendaftaran siswa baru di sekolah.

Biasanya para orangtua repot mengurusi anak-anaknya yang akan pentas dan beberapa orangtua membuka stand bazaar di area sekolah. Di sini kami juga bisa bertemu untuk silaturahmi lagi dengan orangtua murid lainnya.




Mabid Bersama Orangtua


Mabid atau malam binaan merupakan kegiatan rutin untuk siswa kelas 6 untuk berdoa agar ujian akhir bisa berjalan dengan lancar. Di satu waktu orangtua juga wajib mengikuti Mabid hanya saja tidak menginap seperti anak-anak. Biasanya kami akan mendengarkan tausyiah ba'da magrib sekaligus mendekatkan orangtua dan anak-anak agar bisa bekerja sama selama pelaksanaan ujian.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi kegiatan sekolah yang rutin diadakan seperti pengajian rutin setiap hari Rabu di minggu pertama tiap bulannya, ada kegiatan belajar tahsin untuk orangtua, sampai kegiatan outbound untuk orangtua.


Oh ya berhubung sekolah SD tempat anak-anak sekolah adalah SDIT, maka orangtua yang datang ke sekolah pun diwajibkan berbusana muslimah. Kebanyakan mama-mamanya sih pakai gamis wanita tapi saya seringnya memakai kulot atau rok, paling sesekali aja pakai gamis kalau ikut pengajian.

Dengan mengikuti kegiatan orangtua di sekolah selain mendukung sekolah juga bisa menunjukkan kalau kita support sekolah dan anak-anak loh. Kadang anak-anak merasa bangga kalau orangtuaya bisa datang ke sekolah dan bisa memiliki dampak positif karena mereka akan merasa nyaman dan diberikan perhatian.


Nah, kalau teman-teman suka ikut kegiatan apa saja di sekolah?


27 comments

  1. baru tahu kak ternyata banyak juga ya kegiatan wali murid yang bisa dilakukan di sekolahan, saya kira hanya antar jemput saja getu, ini bisa dijadikan inspirasi untuk saya ketika anak saya sudah mulai masuk ke sekolah ;)

    ReplyDelete
  2. Mendukung anak dengan selalu hadir di acara itu memang bikin anak pede ya Lia, semoga anak-anak akan ingat seumur hidupnya

    ReplyDelete
  3. Aku merasa ortu yg cuek karena dateng cuman pas bagi raport doang huhuhuhu, biasanya kalau ada kegiatan2 anak aku nitip ke gurunya aja, untung alhamdulillah Raya ngga masalah :D tapi ngga tau deh kalau nanti mulai SD, semoga ada jalannya :)

    ReplyDelete
  4. Aku suka banget acara di sekolah anak mbak, hahaha. Kalau kesempatan pasti ikutan deh. Cuma ya kalau rutin malas juga. Soalnya akukan juga kerja, jadi gak bakalan sempat.

    ReplyDelete
  5. Di tempat tinggal ada TK Islam. Juga secara periodik mengadakan pertemuan para orang tua siswa. Misalnya mengadakan pertemuan yang diisi dengan ceramah dari narasumber mengenai mendidik anak di rumah.

    Ini membuat orang tua punya bekal tentang bagaimana mendidik anak secara baik dan benar. Efek positifnya, antara pihak sekolah dan orang tua bisa saling membantu membuat anak sukses belajarnya. Artinya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Seru ya menjadi orangtua sekolah. Anak saya belum ada yang sekolah. Baru 2 tahun 😃

    ReplyDelete
  7. Referensi nih. Soalnya shasa, ponakan saya, tahun ini masuk SD. Dan mama udah daftarin ke SDIT. Kemarin tes masuknya. Moga Shasa lulus... Keren banget deh mutu pendidikan di SDIT

    ReplyDelete
  8. Hi..hi, aku malah belum pernah ke sekolah anakku pake gamis😁😁 ada gamis sih mba, cuma dipakenya klo pqs ke nikahan ato yang formal...😂

    ReplyDelete
  9. Keren nih ada mabit orang tua. Kegiatan kayak gini bisa membantu ortu saling sharing soal anak ya mbak. Seperti ada teman senasib hehe

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah ikutan lomba antar orangtua di siswa. Hihi. Paling sering ya ambil rapor atau nemanin anak pas pentas :)

    ReplyDelete
  11. catatan nih buatku yang anaknya siap masuk sekolah, bakal banyak kegiatan wali muridu juga...setauku di calon sekolah anak ada gathering setaun sekali selain bagi rapot

    ReplyDelete
  12. Ini salah satu praktek baik pendidikan sih, orangtua terlibat. Sayangnya kegiatan parenting yg aktif begini biasanya baru berjalan di sekolah2 swasta, manfaatnya jelas banyak banget ya mbak. Jadi, ada sinergi antara sekolah - orangtua untuk pendidikan anak. Sukaaaa ❤

    ReplyDelete
  13. Saya enggak aktif di kepengurusan Jamiyyah (perkumpulan OTM di sekolah anak saya) tapi aktif hadir di kegiatan yang diadakan seperti seminar parenting, pengajian akbar, dan lainnya.
    Bagus ini SDIT nya mbak...anak saya sekolah di SDS (SD Swasta) Islam tapi bukan terpadu.

    ReplyDelete
  14. Tetap kompak ye mak mak nye, aku kalau diundang acara di sekolah anak bentrok trus dengan jadwal kerja sedihnyaa

    ReplyDelete
  15. Seru juga ya, ada perlombaan juga untuk orang tua murid. Jadi makin akrab untuk mengenal orang tua murid satu sama lainnya.

    Tentang gamis saya juga pakainya kalau pas pengajian, kalau acara lainnya saya juga biasanya pakai kulot atau rok.

    ReplyDelete
  16. Wuih keren, ada exhibition dan mabit juga ya orang tuanya. kalo di sini sih, cuma ngambil rapot, sama ngurusin perpisahan aja kayaknya. :)

    ReplyDelete
  17. iiih keren banget ya ada classmeeting orang tua pula. Seru jadi para ortu saling mengenal satu sama lain. Selama ini hanya chi chat di grup whatsapp saja sama orang tua anak-anak didik.

    ReplyDelete
  18. kyaaa belum punya anak, eheeh
    Cuman sering sih lihat kegiatan kakak ipar di seklah bareng orangtua murid lainnya itu banyak banget, tapi seru sih tiap kali lihat seseruan agenda mereka.

    TFs yah mbak ^_^

    ReplyDelete
  19. Kalo jaman sekolah dulu orang tua kegiatannya cuma ambil rapot sama rapat aja mbak. Kalo sekarang banyak yaa

    ReplyDelete
  20. Seru banget ya mbak Lid ada kegiatan dan lomba antar orang tua gini ya. Aku belum lama juga ikutan kegiatan di sekolah anakku.

    ReplyDelete
  21. Seru yaaa kegiatannya
    Aku blm jadi ortu sih tp pernah ikut Ibu2 ngumpul pas wakilin ortunya ponakan. Ya sekadarnya aja sih karena emang jarang ngobrol

    ReplyDelete
  22. Anakku ga sekolah tapi biasanya ada kegiatan dari TPA sama pengajian dekat rumah. Ada piknik bareng ortu muridnya.

    ReplyDelete
  23. Aku hampir tidak pernah ikutan acara di sekolah karena memang tidak ada keguyupan macam di sekolah Calvin gitu. Kalau ngumpul bawaannya ngegibahin orang sih, jadinya males. :))

    ReplyDelete
  24. Seru yaa.. orang tua murid kini aktif.. produktif banget.. soalnya suka miris banyak juga yang cuma nongrong dan bergosip.. huhu

    ReplyDelete
  25. Sama , kegiatan ortu di sekolah anak2ku juga lumayan banyak. Ikut kalo waktunya cocok dan emang sreg sama kegiatannya.

    ReplyDelete
  26. Aku juga mundur aja Mbak kalau jadi korlas. Sekarang mah, ya pokoknya ikut ngguyubi, tapi ya gak sering2. Soalnya anakku yang kecil suka mogok kalau diajak ke sekolah kakaknya. Pokok acara yg santai saja aku ikut.

    ReplyDelete
  27. mampir kesini karena liat fotonya, wajahnya familiar semua wwkkwkw....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...