Berapa sering teman-teman mengikuti kegiatan orangtua di sekolah?


Ini pengalaman saya menyekolahkan anak di SDIT TBZ yang mempunyai kegiatan rutin untuk orangtua murid. Saya gak selalu hadir dalam semua kegiatan, tapi sesekali aja kalau pas waktunya cocok Insya Allah hadir.




Waktu Pascal baru masuk sekolah kelas 1 SD, saya sempat menjadi anggota korlas (koordinator kelas). Tapi, karena sering absen jika harus mengurus keperluan kelas, makanya kelas 2 saya mengundurkan diri hingga Alvin SD pun saya gak mau jadi korlas lagi. Saya akan ikut mendukung semua kegiatan dan mau berbagi kalau dibutuhkan. Cuma satu kegiatan yang saya gak ikuti lagi yaitu arisan kelas. Saya akan datang kalau ada undangan pertemuan saja untuk silaturahmi.

Oh ya ini beberapa kegiatan yang biasa diadakan oleh sekolah yang diikuti oleh orangtua murid. Biasanya sih kebanyakan ibu-ibu yang datang baik yang bekerja maupun tidak.


Pengambilan Raport


Biasanya setiap ambil raport saya selalu datang bersama suami dan kedua anak-anak. Kalau pun salah satunya gak bisa datang karena ada pekerjaan, masih bisa saling menggantikan. Ambil raport aja kok rombongan sih? Ini merupakan salah satu support kami untuk anak-anak untuk selalu hadir dalam semua kegiatan yang berhubungan dengan sekolah.

Nah foto di atas saya ambil waktu ambil raportnya Alvin beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan seperti ini sekalian bisa silatuahmi dengan orangtua murid yang lain, maklumlah saya biasanya menjemput anak tanpa bertemu atau mengobrol lebih dahulu.



Perlombaan Orangtua



Uniknya di sekolah Alvin ketika acara classmeeting dan lomba 17 Agustus, tidak hanya murid-muridnya saja yang berpartisipasi, tetapi ada perlombaan untuk orangtua juga.

Foto ini saya ambil waktu Pascal kelas 6 lalu ketika mengikuti lomba masak nasi goreng estafet yang diikuti oleh orangtua murid wakil kelas masing-masing. Allhamdulilah kelas kami mendapatkan juara pertama meskipun ada sedikit drama saat memasak:)

Selain lomba masak, juga ada lomba menghias tumpeng, kuis ilmu pengetahuan, sampai tarik tambang segala.




Exhibition 

Pada kegiatan exhibition ini biasanya sekaligus event open house dari pihak sekolah. Berbagai kegiatan seni yang ditampilkan oleh murid-murid juga beberapa perlombaan yang ditujukan pada murid TK. Dalam kesempatan ini juga sekaligus pembukaan pendaftaran siswa baru di sekolah.

Biasanya para orangtua repot mengurusi anak-anaknya yang akan pentas dan beberapa orangtua membuka stand bazaar di area sekolah. Di sini kami juga bisa bertemu untuk silaturahmi lagi dengan orangtua murid lainnya.




Mabid Bersama Orangtua


Mabid atau malam binaan merupakan kegiatan rutin untuk siswa kelas 6 untuk berdoa agar ujian akhir bisa berjalan dengan lancar. Di satu waktu orangtua juga wajib mengikuti Mabid hanya saja tidak menginap seperti anak-anak. Biasanya kami akan mendengarkan tausyiah ba'da magrib sekaligus mendekatkan orangtua dan anak-anak agar bisa bekerja sama selama pelaksanaan ujian.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi kegiatan sekolah yang rutin diadakan seperti pengajian rutin setiap hari Rabu di minggu pertama tiap bulannya, ada kegiatan belajar tahsin untuk orangtua, sampai kegiatan outbound untuk orangtua.


Oh ya berhubung sekolah SD tempat anak-anak sekolah adalah SDIT, maka orangtua yang datang ke sekolah pun diwajibkan berbusana muslimah. Kebanyakan mama-mamanya sih pakai gamis wanita tapi saya seringnya memakai kulot atau rok, paling sesekali aja pakai gamis kalau ikut pengajian.

Dengan mengikuti kegiatan orangtua di sekolah selain mendukung sekolah juga bisa menunjukkan kalau kita support sekolah dan anak-anak loh. Kadang anak-anak merasa bangga kalau orangtuaya bisa datang ke sekolah dan bisa memiliki dampak positif karena mereka akan merasa nyaman dan diberikan perhatian.


Nah, kalau teman-teman suka ikut kegiatan apa saja di sekolah?