Resep Andalan Agar Anak Nafsu Makan

Friday, March 22, 2019
Makanan berkuah paling enak dinikmati dalam cuaca yang dingin atau di saat nafsu makan anak-anak sedang menurun karena lagi sakit flu, pilek, atau demam. Makanan berkuah seperti sup memudahkan mereka mencerna makanan.

Buka kulkas sambil melihat  sayuran apa saja yang ada di sana untuk membuat sup. Wah, kebetulan sekali masih ada persediaan oyong dan wortel. Kalau gitu hari ini saya mau buat sup oyong wortel aja deh ditambah dengan bahan-bahan lainnya yang tersedia. Selain praktis cara membuatnya, sup juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat memulihkan penyakit flu. Uap panasnya menurut para ahli bisa membantu melancarkan hidung yang mampet.




Ngomongin soal oyong, jadi ingat waktu itu suami pernah minta dimasakin sayur gambas. Saya sempat gak ngerti sayuran apa itu trus cara masaknya gimana coba? Ternyata waktu diajak ke tukang sayur, suami menunjuk oyong tersebut. Oalah ternyata oyong itu sama dengan gambas toh. Kalo itu sih saya juga tau, gampang lah masaknya (gaya bener ya hihihi).

Saya yakin teman-teman lebih ahli dalam hal memasak, apalagi sayur oyong yang gampang banget. Tapi, siapa tau aja ada yang mau melirik resep Sup Oyong Wortel buatan saya ini.  Persiapan sebelum memasak pun bisa dibilang cepat sekali, cuma tinggal cuci sayuran dan potong-potong deh.




Resep Sup Oyong Wortel


Bahan-bahan:
  • 2 Buah oyong dipotong kira-kira berukuran 1-2 cm. pilih yang masih muda (katanya sih cirinya berwarna hijau muda), tapi saya beli seadanya aja yang dijual penjual sayur.
  • 1 buah wortel berukuran sedang, potong kecil-kecil sesuai selera
  • 5 butir bakso
  • 1 buah tahu kuning dipotong berbentuk dadu (optional)
  • 2 siung bawang putih diiris tipis
  • 1 bungkus Masako rasa sapi
  • 1 sendok teh gula pasir (optional)
  • Air secukupnya kurang lebih 750cc

Cara memasak:
  • Tumis bawang putih hingga matang dan harum kemudian tiriskan
  • Rebus air pada panci hingga mendidih
  • Masukkan bawang putih yang sudah ditumis ke dalam rebusan air
  • Selanjutkan masukkan bakso dan irisan wortel hingga wortel empuk
  • Masukkan gula dan Masako rasa sapi ke dalam panci
  • Terakhir masukkan potongan tahu dan oyong, rebus sebentar hingga matang
  • Sup oyong wortel pun siap disajikan



Biasanya sup oyong dimasak dengan menambahkan soun ke dalamnya, tapi berhubung anak-anak kurang suka soun makanya saya tidak menambahkannya. Oh ya di dalam sup oyong tersebut sudah lengkap loh nutrisinya, ada sayuran yang diperoleh dari oyong dan wortel. Protein nabati ada di tahu, dan protein hewani ada di bakso.

Oyong merupakan sayuran yang rendah kalori serta mengandung serat tinggi  dan terdapat kandungan vitamin C, kalsiun, dan zat besi. Sedangkan penambahan bawang putih yang baik untuk kesehatan karena mengandung antioksidan yang tinggi dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan apalagi kalau kena flu atau pilek.


Nah, untuk karbohidratnya bisa menambahkan nasi saat makan sup oyong. Tapi, kalau anak-anak lagi gak enak badan biasanya agak susah juga makan nasi. Makanya saya ganti dengan menambahkan pom pom kentang sebagai karbohidratnya. Dulu sih awalnya saya makan pom-pom di salah satu resto cepat saji, ternyata enak banget. Pssst ini sebenarnya perkedel, tapi cara memasaknya aja yang dibuat sedikit berbeda. Ini ya saya kasih tau caranya membuatnya, tapi semua takarannya kira-kira saja, yang penting rasanya enak hihihi.


Resep Pom-pom Kentang



Bahan-bahan:
  • 2 buah kentang diparut
  • Keju parut sesuai selera
  • Parutan wortel (optional)
  • Tepung roti atau tepung panir
  • Masako rasa sapi secukupnya
Cara Membuat:
  • Kukus kentang yang sudah diparut kira-kira 10 menit
  • Angkat kentang lalu dicampur dengan keju, kemudian dinginkan
  • Bentuk kentang sesuai selera, saya buat berbentuk agak lonjong.
  • Masukkan kentang pada mangkung berisi tepung roti (kalau saya simpan di lemari es dahulu)
  • Goreng pompom saat akan dimakan jadi akan terasa nikmat




Kedua masakan di atas sama-sama menggunakan Masako, bumbu penyedap masak rasa sapi. Kaldunya yang lebih lezat dengan rasa asin dan gurihnya yang pas membuat masakan yang dibuat menjadi lebih lezat. Masako terbaru ini hadir dalam kemasan 10g dengan dua rasa yaitu ayam dan sapi.

Meskipun pada sup oyong dan pompom kentang saya tidak menambahkan daging sapi, tapi rasa dagingnya berasa sekali, karena berasal dari daging pilihan dengan penambahan bumbu dan rempah pilihan.

Masak cepat dan praktis ala saya ini biasa dilakukan ketika anak-anak sedang sakit. Kalau teman-teman biasanya kasih makanan apa untuk mengatasi anak yang gak napsu makan ketika sakit?

28 comments

  1. ya ampun gampang ternyata buat pom pom kentang ini. ini dijual di gerai makanan dan harganya lumayan banget. padahal ternyata buatnya gampang banget ya apalagi ada masako

    ReplyDelete
  2. haha iya oyong sama dengan gambas. Di tempatku ini nyebutnya juga gambas bukan oyong.
    Anak-anakku suka kalo gambas, biasanya kubikin sayur bening aja, nggak pakai soun cuma tambah telur aja. Gampang dan cepat bikinnya.
    Ini sup gambas + wortel dllnya, makin komplit nih nutrisinya. Nikmat dimakan panas2 :)

    ReplyDelete
  3. Suaminya Mbak Lidya baik bener ya, nunjukin ke mbak lidya terlebih dulu, gambas tuh oyong. Penyebutan sayuran di bebrapa tempat emang banyak yang beda ya. Anak-anakku juga suka sop. Apalagi kalau sopnya ndak dikasih lada. Makanya , saya tuh jarang banget kasih lada sewaktu masak sop. Palingan dikasih penyedap masako ni

    ReplyDelete
  4. Kentang pompomnya lebih mudah dibikin daripada perkedel. Kalau begitu mah anak-anak suka banget, kapan kapan aku mau beli kentang banyakan, terus bikin pompom kentang ala Mbaklidya

    ReplyDelete
  5. Aku mau nyoba ah bikin yang pompom kentang, mba. Anakku belum pernah nyobain makan ini dan kalo aku masakin pasti dia suka nih :)

    ReplyDelete
  6. Saat anak lagi susah makan memang jadi PR banget deh buat para ibu. Tetapi, biasanya menu sop memang termasuk yang paling mudah diterima. Mungkin karena berkuah dan rasanya pun enak

    ReplyDelete
  7. Jd pengen Seruput kuah supnya mbk. Kayaknya segeeeeerr. Aku pgn bikin yg pompom itu. Campur keju kayaknya gurih2 endol gt ya mbk lid.

    ReplyDelete
  8. Resep baru, nih. Baru tau oyong juga bisa disup. Biasanya di tumis aja dengan soun.

    ReplyDelete
  9. Praktis semua nih Mbak. Waahh baru tahu ini pompom kentang, eeh perkedel yaah bedanya karena kentang diparut lalu dikukus itu ya Mbak? Jadi penasaran pengen buat juga deh :)
    Makasih ya Mbak.

    ReplyDelete
  10. Aku biasanya masak gambar jadi sayur bening aja, gak pakai bakso dan tahu. Kudu dicoba juga nih. Pompom kentangnya juga nih enak buat camilan

    ReplyDelete
  11. Pom pom kentang akan dieksekusi di rumah saya mbak. Soalnya anka-anak suka banget dengan cemilan apalagi tambah Masako rasanya pasti jadi tambah enak.

    ReplyDelete
  12. Kalo di rumaku, Manda nih yang doyan banget oyong. Anyway, aku mau nyontek pompom kentangnya ya, mbak.

    ReplyDelete
  13. Samaaa banget, andalan kalau lagi pada sakit itu sop. Pokoknya kayak akan sayur makannya juga gak seret hihihi

    ReplyDelete
  14. Waaahhh pompom kentang nya pernah saya bikin, tapi gak jadi, pas di goreng jadi hancur, kata orang2 kudu di goreng dulu ya kentangnya?
    Pakai masako jadi lebih sedap ya :)

    ReplyDelete
  15. Aku mau makan pakai sayur sop ma... itu kalimat anak aku mba kalo aku masakin sayur sop, baca tulisan mba lidya ini aku setuju, kalo sayur sop ini ampuh banget mengatasi anak yang susah makan.. totaly agree karena aku sudah mengalami dan membuktikannya

    ReplyDelete
  16. Pom-pom kentang itu unik dan layak dicoba, untuk variasi kalau Palung bosan dengan perkedel kentang biasa.
    Saya belum coba bikin sup oyong, Mbak. Di tanah Sunda memang disebut oyong atau emes. Kalau buahnya sudah tua dan keras akan berubah jadi serabut untuk mandi.
    Harus coba bikin sup oyong, nih. Alternatif sayur agar Palung mau coba. Susah banget nyuruh makan sayur.

    ReplyDelete
  17. Gambas itu sebutan buat oyong yang udah dikeringkan kan ya? Aku taunya sih itu, gambas bisa jadi sabut organik dan bekasnya nggak bikin sampah, menggantikan sabut nilon&plastik. Ini kenapa bukan bahas makanan ya, malah bahas gambas, hehe

    ReplyDelete
  18. Gambas waow sayuran favorit aku ini, enak soalnya. Heheheh, ibu dulu sering masakin ini Mba. Seger kalo dibuat kuah sayur. Apalagi disandingin ama sambel terasi dan ikan asin ulalal enak

    ReplyDelete
  19. Pas baca pom-pom aku ingat, pom-pom girl.
    Itu lho yang biasanya sering tampil di acara pembukaan kompetisi basket.
    Iya, yang seperti gadis-gadis akrobat itu.

    Baidewei, resem pom-pomnya simpel dan praktis, boleh juga nih!
    Eh iya, campur kentang dan kejunya, pakai tangan saja ya, mba?
    Diremas saja, gitu?

    ReplyDelete
  20. Sukaa banget sayur oyong mbak, kalau di rumah dibuat sayur bening aja. Ternyata enak juga ga dibuat sup

    ReplyDelete
  21. Aku tuh paling suka makan sayur oyong tapi tiap kali mau masak tuh suka bingung cara kupas oyong nya masa kak, duuuh jadi malu.. .. Ada tips nya ga sih kak?

    ReplyDelete
  22. Aku mau nyontek resep pom2 kentangnya yaaa... Enak juga nih buat camilan Faris klo pas dia ga mau maem.

    ReplyDelete
  23. Mbak Lidya ini mama yang kreatif banget ya bisa tahu dan memasakkan anaknya makanan makanan pebggugah selrlera

    ReplyDelete
  24. Oyong mana, kak?
    Enak...enak~
    Dan alas fotonya cantik.
    HIhii~

    Sebenarnya,
    dibanding masakan yang garingan, aku lebih seneng makanan berkuah.
    Seger gittuu udahannya.

    ReplyDelete
  25. Udah sering banget masak oyong (gambas) ini. Aku malah pengen nyobain bikin pom pom kentang nya

    ReplyDelete
  26. Kuah sup seger banget mba, aku pernah masako aku kasih dikin di sambel ulek jd tanbah sedep

    ReplyDelete
  27. Resep andalannya saya banget deh..hehe..tapi kalo oyong saya suka pke bihun dan baso anak2 pasti sukaa deh..:)

    ReplyDelete
  28. Pom pom kentang seru juga neh untuk di coba. Resepnya sangat mudah dihuat ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...