Lebih Percaya Diri Dengan Berbagi Tips Menjaga Area Kewanitaan

Thursday, April 4, 2019
Stay Strong. Make them wonder how you're still smiling
Membaca quote di atas saya jadi teringat dengan quote Ibu Misyah sebagai Ketua Institute KAPAL Perempuan yang bunyinya "Untuk membangkitkan semagat perempuan harus menyadari bahwa dia tidak sendiri dalam menghadapi masalah, karena banyak perempuan lain yang punya masalah sama bahkan lebih besar. Mulailah mendialogkan masalah tersebut dan lebih pekalah terhadap lingkungan serta meringankan langkah kakimu"



Hai Perempuan, Share Your Power!


Bicara soal perempuan kuat, KAPAL perempuan yang mempunyai visi agar perempuan Indonesia tetap kuat dan mau berbagi inspirasi bagi perempuan-perempuan lainnya di Indonesia sejalan dengan kegiatan yang baru saja diadakan oleh Lactacyd yaitu "Share Your Power" yang diadakan di halaman parkir Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan (30/4) dalam rangka perayaan Hari Perempuan Sedunia pada tanggal 8 Maret lalu.
  
KAPAL Perempuan adalah kependekan dari Lingkaran Pendidikan Alternatif Untuk Indonesia berdiri pada 8 Maret 2000. Tujuan didirikannya yaitu untuk membangun gerakan perempuan dan gerakan sosial yang mampu mewujudkan keadilan sosial, kesetaraan, dan keadilan gender serta perdamaian di ranah publik dan privat.


Acara pagi itu diawali dengan zumba yang dihadiri oleh member-member klub senam, dan pengunjung umum lainnya.

Tahu gak sih kalau zumba yang merupakan perpaduan salsa dan tari latin ini kegiatan yang banyak dilakukan di klub senam aerobik? Jadi senamnya sambil nari gitu :) Nah, dari kegiatan yang diadakan ini Lactacyd ingin membagikan info kesehatan bahwa zumba itu bermanfaat untuk membakar kalori karena seluruh anggota badan ikut bergerak yang bisa menyehatkan jantung. Lagi pula olahraganya pun gak terlalu berat kok.




Ibu Adisti Nirmala (Head of Marketing Sanofi) mengatakan bahwa kegiatan semacam ini diadakan untuk meningkatkan kepercayaan diri perempuan supaya berani membagikan pengalamannya dan menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya.


Pada kesempatan tersebut juga hadir Ibu Rohika Kurniadi Sari  (Assisten Deputy Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), beliau mengatakan kalau jumlah perempuan banyaknya separuh dari penduduk Indonesia. 

Perempuan harus percaya diri yang dimulai dari diri sendiri agar menjadi agen perubahan dengan menjaga kesehatannya. Perempuan yang sehat akan meningkatkan rasa percaya dirinya dan dapat berjuang membela negara serta mempertahankan keluarganya sehingga bisa membentuk anak-anak yang berkualitas.

Setiap perempuan pastinya punya masalah, bahkan trauma masa lalu. Dari situlah perempuan punya 2 aspek kehidupan yaitu luka dan daya. Luka yang timbul dari lingkungan dan daya yang kuat untuk menguba lingkungan. Dari daya tersebut perempuan bisa bangkit sendiri dengan mengenali luka dan mencari penyebabnya untuk mengatasinya. Setelah bisa mengatasi semuanya, dengan membagikan pengalamaan diharapkan menjadi inpirasi bagi orang lain - Ibu Misiyah (Pendiri dan Direktur Institut KAPAL Perempuan)

Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan


Ngomongin soal berbagi, gak ada salahnya kan saya juga berbagi mengenai tips agar perempuan lebih percaya diri, khususnya tips menjaga kebersihan di area kewanitaannya. Masih banyak perempuan yang belum mengerti bagaimana cara merawat area tersebut. 

  • Bersihkan area kewanitaan 1-2 kali dalam sehari menggunakan sabun khusus yang mempunyai pH sesuai dengan kandungan hipoalergic dan tidak menimbulkan alergi.
  • Pilih cairan dengan formula lembat dan alami serta  tidak mengunakan bahan kimia.
  • Cairan pembersih dengan pelembab lebih baik agar organ tidak menjadi kering.
  • Ganti pakaian dalam jika sudah terasa lembab termasuk panti liner. Pilih pakaian dalam dari bahan katun agar mudah menyerap keringat.




Kenapa harus menggunakan cairan pembersih khusus Lactacyd?

Area kewanitaan mempunyai pH yang berbeda dengan kulit pada umumnya yaitu 5-6, sedangkan pada area kewanitaan mempunyai sifat yang lebih asam dengan pH3,5. Jadi jika membersihkan menggunakan sabun biasa bisa beresiko teriritasi.

Sebenarnya area kewanitaan memang dibuat basa karena di dalamnya terdapat bakter baik yaitu bactobasilus untuk menjaga area tersebut agar tidak mudah terinfeksi yang bisa menimbulkan keputihan. Meskipun tertutup area kewanitaan bisa membuat perempuan menjadi lebih percaya diri.

Tips menjaga kesehatan perempuan saya saya bagikan, kalau kamu mau berbagi dalam hal apa? yuk Share Your Power!

40 comments

  1. Aku pernah pake sabun biasa jadinya malah sering keputihan. Hehe. Baru tahu kalo ph nya beda, jadi harus pake sabun khusus juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sabun biasa justru bisa bikin alergi gitu Illa

      Delete
  2. Ah, iya. Suka lupa kadang dengan urusan yang satu ini. Padahal penting banget, ya, Mbak. Pingin coba lactacyd yang khusus untuk area V ini. Sebelumnya sudah kenal lactacyd untuk menjaga kulit anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pakai maksimal 2 kali aja sehari, jangan terlalu sering juga

      Delete
  3. Wah... Ada banyak alternatif sabun khusus area kewanitaan ya skrg.
    Aku mau coba lactacyd nanti ah mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sabun khusus ini memang dibuat sesuai pHnya

      Delete
  4. Trims utk tips yg sdh dibagi, mbak.. Berbagi memang mengasyikkan y mba.. Apalagi berbagi dg sesama perempuan utk saling menguatkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang perempuan butuh didengarkan ya gak dinasihatin hihihi

      Delete
  5. Kepercayaan diri itu bukan sesuatu yang instan!

    Ia harus dipupuk melalui serangkaian aktivitas termasuk menjaga kebersihan diri termasuk area kewanitaan.

    Semakin sering menjalankan berbagai kiat agar PD maka akan semakin meningkat juga kepercayaan diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata menjaga kebersihan kewanitaan salah satu cara buat percaya diri juga ya, selain cara2 yang lainnya tentunya

      Delete
  6. Sejak tau kalo ngebersihin area kewanitaan nggak boleh pake sabun mandi biasa, sekarang sudah rutin pakai sabun khusus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kadang gak sengaja gitu aku juga pas mandi, jadi skr harus diinget nih

      Delete
  7. Sebagai agen perubahan, setiap wanita dituntut untuk selalu sehat ya ...
    Terutama menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kebersihan diri salah satu cara menjaga kesehatan juga ya

      Delete
  8. Menjaga kebersihan area kewanitaan itu sangat penting namun kadang dilupakan oleh beberapa orang ya mba, secara area tersebut lebih tertutup, jadinya kadang disepelekan dan akhirnya malah menyesal sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal walaupun terttutp tapi bisa jadi sumber penyakit kalau gak dijaga ya mbak

      Delete
  9. seru ya acaranya Lia..banyak ilmu baru jugaras? Yang pasti spot fotonya Instagramable bangeeet yah. udah lama paka produk ini juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh mbak indah udah pakai produknya juga ya mbak, ada dua varian sekarang mbak

      Delete
  10. Selain percaya diri, wanita biasanya bakal kuat kalo ada temen wanita lain yang mendukung ya, Sista.
    Dirimu sebagai temenku, bolehlah dukung aku dengan ngasih hadiah Lactacyd ini. Gpp kok, aku terima dengan tangan terbuka :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku butuh support dari kamu, apalagi kalau lagi butuh transferan :)

      Delete
  11. Perempuan harus sehat dulu baru bisa berdaya ya mbak. Dan kesehatan area kewanitaan itu lebih penting lagi, seneng sih kalo ada yang memahami seperti Lactacyd Herbal

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sehat bisa beraktivitas dengan lancar ya mbak apalagi kalau pede

      Delete
  12. Mbaklid ikutan ZUmba juga dong? memang benar ya, kepercayaan diri seorang wanita itu berpengaruh juga dari organ kewanitaannya yak. Semakin diri merasa sehat dan merasa tidak ada masalah apa apa dengan tubuhnya, kepercayaan dirinya jg akan meningkat ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ikutan kok Astin ZUmbanya dalam hati hihihi, aku gak bawa baju ganti takut keringetan nanti pulangnya basah semua bajunya

      Delete
  13. Kadang-kadang area kewanitaan suka diabaikan. Padahal kalau udah terganggu bikin gak nyaman. Ujung-ujungnya mengganggu rasa percaya diri, deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan cuma gak percaya diri jadi kesehatan pun terganggu ya

      Delete
  14. Mau share aja mudah-mudahan bisa jadi pelajaran bersama. Aku pernah pagi-pagi mencium bau ga sedap dari temanku. Aku diam aja krn selain nggak enak mau negur, kami juga nggak gitu deket. Aku mikir, ini bau aku tau bukan dari keringat ketiak, tapi dari miss V (keputihan). Baunya ga sedap dan menguar ke mana-mana. Aku nggak tau dia ngeh apa enggak, kemungkinan besar sih enggak sadar. Soalnya menurutku kebersihan dan wangi miss V itu prioritas banget buat diperhatikan. Mungkin karena saat itu kami mahasiswa ya jadi mana peduli soal perawatan miss V. Mesti sering dan masif acara edukasi kayak gini. Tentu dgn sudut pandang topik diskusi yang nggak melulu soal miss V yg identik dgn perempuan. Soal women power itu oke banget banget banget karena cakupan peran dan kemampuan perempuan itu luaaaasss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang serba salah ya mbak mau ngasih tau gak enak takut tersinggung tapi kalau dibiarkan kasihan

      Delete
  15. Kita memang ga bisa menutup mata ya mba Lid mengenai masih banyak perempuan diluar sana yang menderita dan takut untuk keluar dari penderitaan tersebut. Memurut saya Kapal lerempuan juga ngebantu banget paraperempuan diluar sana yang takut untuk sharing atau curhat diluar sana .

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena takut ya Amel & gak punya support system juga

      Delete
  16. Aku sejak punya anak lebih aware dengan urusan kewanitaan. Soalnya kalo ga bersih terasa banget ga enaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasilnya buat diri sendiri juga orang lain ya kalau ada bau2 gitu kan gak enak juga ya

      Delete
  17. Setuju Mba Lid, bahwa perempuan itu harus percaya diri salah satunya dengan menjaga kesehatannya, karena perempuan yang sehat akan meningkatkan rasa percaya dirinya sehingga bisa membentuk anak-anak yang berkualitas.

    ReplyDelete
  18. Area kewanitaan ini perlu dijaga banget, ga bisa sembarangan dan asal pake produk ya. Salah satu kepercayaan diri juga soalnya. Hehe

    ReplyDelete
  19. Liat fotonya...ehmmm cantik banget. Suegerrr, pasti sebelum ikut zumba ya, belum keringetan. Huehehe. Aku dulu seriing pake lactacyd, karena memang pernah ngalamin masa-masa sensitif di area miss V. kalo skrg mgkn karena udah berumur (((BERUMUR))) rasanya udah gak ngalamin keputihan, jd asal jaga area situ bersih n kering, insyaallah aman.

    ReplyDelete
  20. Aku dulu juga rajin zumba..kak.
    Hahhaa~
    Banggain jaman dulu yaak...

    Sekarang olahraganya lari pagi, tapi ga rutin.
    Sediih aah~


    Share your power, kaka..

    ReplyDelete
  21. Suka Banget sama konsep yang diusung
    Wanita emang harus belajar percaya diri ya Mba. Alhamdulillah aku sudah make laytacyd ini mba. Menyamankan.

    ReplyDelete
  22. Memang harus percaya diri ya mbak, kalau bukan kita yg percaya pd kemampuan diri sendiri ya siapa lagi coba ya.
    Wah aku jd pengen nyoba produk lactacyd yg ini kyknya emang cocok buat sabun area kewanitaan tfs

    ReplyDelete
  23. menjaga daerah kewanitaan emang sudah keharusan. karena banyak info yg saya dapat daerah sekitaran itu paling mudah terkena bakteri dan virus.

    kalau kita ga pinter2 jaga, bakal fatal akibatnya. makanya saya kalau ke toilet umum, cari wc jongkok. kalau tidak ada sebelum saya dudukin closetnya, saya lap dulu dengan tisu basah. soalnya sudah banyak pengalaman dr orang2 sekitaran saya yg punya pengalaman buruk ttg kewanitaan dan berbagai macam hal berasalnya.

    Informasi di artikel ini sangat mengedukasi dan bermanfaat buat para wanita.

    ReplyDelete
  24. Seandainya saja KAPAL ini ada juga kadernya di desa-desa kecil di setiap kabupaten, Mbak, pasti akan banyak perempuan yang merasa dirinya tidak sendiri. Karenakenyataannya, di lingkungan sekolah tempatlu mengajar, banyak sekali kasus perceraian dengan berbagai macam sebab, salah satunya yang paling banyak adalah kekerasan dalam rumah tangga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...