Insto Dry Eyes Atasi Mata Kering Saat Liburan

Saturday, July 27, 2019
"Jangan dikucek matanya, nanti iritasi!" kata suami suatu hari di depan Stadion Jakabaring, Palembang. Memang saat itu cuaca sangat panas ditambah angin dan debu membuat mata saya agak perih dan sepet apalagi saya lupa menggunakan kacamata hitam. Sebenarnya saya sudah pakai kacamata, tapi kurang lebar dan melindungi mata sehingga debu dan angin mudah masuk ke dalam mata.


Niatnya mau liburan bareng suami untuk melepas stres supaya bisa lebih semangat lagi beraktivitas ke depannya, tapi kalau sampai mata sakit kan sayang juga ya. Seharusnya kami memperhatikan cuaca dan keadaan udara sekitar tempat berlibur untuk menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Di musim kemarau seperti ini membuat mata terpapar sinar matahari dan terkena debu yang menyebabkan mata menjadi kering.

Gejala Mata Kering


Apa sih mata kering? Mungkin teman-teman pernah merasakan saat mata tidak mendapatkan pelumasan yang baik melalui air mata?  Nah, inilah yang dinamakan mata kering.

Siapa sangka di saat kita menangis justru itu bermanfaat bagi kesehatan mata. Tapi, masa iya kita harus menangis setiap hari tanpa sebab bisa-bisa dibilang cengeng, kalau gak nangis berarti gak punya air mata dong?

Air mata bermanfaat untuk melindungi kornea mata, di mana organ tersebut akan menerima aliran air mata ketika kita sedang berkedip. Gak usah nangis, dalam keadaan normal dan mata sehat mata kita juga mengeluarkan air mata kok. Namun, saat air mata tidak cukup diproduksi maka akan menyebabkan mata kering dengan gejala mata sepet, pegel, dan perih karena tidak bisa menangkal debu dan benda asing lainnya yang masuk ke dalam mata. Air mata itu jadi ibaratnya tameng ya buat debu yang mau masuk ke dalam mata.





Penyebab Mata Kering


Selama liburan kemarin kami memang lebih sering berada di luar ruangan untuk meng-explore kota Palembang. Cuaca yang panas, kering, dan berangin sehingga membuat mata perih dan mata lelah. Ada satu penyebab lainnya juga yaitu selama perjalanan saya juga selalu menatap layar ponsel untuk melihat media sosial dan membaca grup chat membuat jarang berkedip  sehingga membuat mata sepet dan mata pegel.

Sebelum tiba di tujuan, saya juga lama berada di ruangan berAC dan di dalam pesawat nonton serial drama korea yang sudah saya download di smartphone. Ternyata hal tersebut juga bisa menyebabkan mata kering.

Bagi teman-teman yang sering menatap layar monitor dan membaca buku berlama-lama juga berisiko mengalami mata kering dan jika didiamkan bisa terjadi peradangan pada permukaan mata bahkan menyebabkan infeksi bakteri.


Solusi Mengatasi Mata Kering Saat Liburan

Supaya bisa menikmati liburan dengan nyaman dan terhindari dari gangguan mata kering ke depannya saya harus memperhatikan hal-hal berikut ini dan cara mengatasinya :



Gunakan Kacamata Hitam

Dulu saya malu pakai kacamata hitam, takut diledekin sok gaya lah hihihi. Ternyata penggunaan kacamata hitam bukan cuma untuk gaya aja lho, bisa menambah kepercayaan diri juga melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet.



Menggunakan kacamata saat berada di luar ruangan dengan matahari yang terik ketika liburan bisa mencegah kekeringan pada mata. Warna kacamatanya gak mesti hitam juga sih, sebenarnya banyak warna lainnya yang bisa digunakan seperti hijau, cokelat, kuning, maupun merah. Warna kacamata apapun boleh digunakan asalkan memiliki lensa yang bisa melindungi mata dari sinar UVA dan UVB.

Sebisa mungkin pilih ukuran kacamata yang lensanya besar untuk melindungi area sekitar mata lebih luas. Pasti teman-teman pernah mendengar kaca muka ya? nah kacamata seperti ini baik digunakan untuk melindungi mata dari teriknya sinar matahari sehingga liburan pun terasa nyaman.


Pilih Pakaian dan Aksesoris yang tepat

Berlibur ke tempat yang panas di musim kemarau seperti saat ini, jangan lupa untuk memakai pakaian yang sesuai dan bisa menyerap keringat dengan cepat. Selain itu juga penggunaan topi lebar di saat matahari bersinar terik bisa melindungi kulit wajah dan mata supaya tidak menyebabkan mata kering


Istirahat dan Tidak Lupa Berkedip


Liburan masih pegang gadget?  Hal ini masih saya lakukan kok selain untuk melihat map juga untuk mengambil foto-foto. Atau membaca informasi mengenai lokasi tempat wisata yang akan saya tuju.Terlalu lama menatap gadget lama-lama membuat mata perih dan kering. Untuk mengatasinya bisa dengan berkedip secara teratur sehingga produksi air mata akan tetap terjaga. Istirahat sejenak dari gadget, nikmati suasana liburan supaya mata gak pegel dan menjadi kering.


Selalu Terhidrasi


Udara yang panas membuat saya selalu kehausan, itu hal yang wajar kok. Justru wajib banget selama berlibur untuk menjaga tubuh agar senantiasa terhidrasi dengan minum air yang cukup kira-kira 8-10 gelas setiap harinya.


Menggunakan tetes mata Insto Dry Eyes 

Jika cara-cara diatas sudah dilakukan namun mata kering masih melanda tandanya kita perlu menggunakan obat tetes air mata buatan. Untungnya saya selalu bawa Insto Dry Eyes untuk berjaga-jaga saat keluar rumah terutama liburan



Insto Dry Eyes sebagai air mata buatan terdapat bahan aktif yang bisa membunuh bakteri dan mengatasi kekeringan pada mata serta memberikan efek pelumas seperti halnya air mata. Tersedia dalam ukuran 7.5 ml, ukurannya yang mungil praktis dibawa saat traveling.



Saat menggunakan tetes mata Insto Dry Eyes sebaiknya tangan dicuci dulu supaya bersih. Supaya tetesan air mata buatan ini bisa masuk dengan benar ke dalam mata caranya adalah dengan mendongakkan kepala lalau pegang dan sedikit tarik kelopak mata bagian bawah menggunakan jari barulah menteskannya . Setelah meneteskan Insro Drt Eyes tundukkan kepala dan tahan kedipanmata sebentar. Jika ada aliran tetes mata di daerah wajah lap saja menggunakan tisu bersih.

Mata kering saat liburan? Gak khawatir lagi sekarang karena ada Insto Dry Eyes yang membuat liburan saya makin nyaman karena bebas gangguan mata kering dan mata pun menjadi segar kembali.



25 comments

  1. Memang kalo mata kering dan gatal, bawaannya pengin ngucek mulu ya mba.aahhh untung sedia Insto, jadi no worries

    ReplyDelete
  2. aku mau beli kaca anti radiasi nih, biar kece, hahaha
    ya sekalian biar matanya gak pegel...
    tapi kalau pegel ya tinggal dikasih insto
    beres dah

    ReplyDelete
  3. Oh ternyata fungsi kacamata hitam juga untuk melindungi mata agar nggak kena debu atau angin ya. Aku selalu sedia Insto sih kalo untuk menangkal mata pedih karena layar hape atau laptop, mbak

    ReplyDelete
  4. Saya nih, sering lupa berkedip, saking sok seriusnya.
    Alhasil mata saya sering banget terasa kering dan perih gitu, kelamaan di depan layar laptop atau hape.

    Makanya harus selalu sedia insto nih, biar mata kering jadi segar lagi :)

    ReplyDelete
  5. Penting banget ya menjaga kebersihan tangan, suami saya tuh seringnya pakai insto karena matanya sering sakit, tapi tangannya kotor, abis itu matanya makin merah, tapedeeehh.

    Insto dry eyes ini termasuk si imut yang sering ada bersama kami, secara saya juga sangat butuh karena sering kelamaan di depan hape dan laptop

    ReplyDelete
  6. Kacamata lensa besar memang bagus Selain buat gaya gayaan terlihat masakini juga bisa melindungi mata dari debu dan lelah. Insto dry eyes praktis dibawa kemana mana

    ReplyDelete
  7. Mata emang harus dijaga dengan baik ya Mbak, apalagi saat liburan, secara klo mata sakit duuuhh jadi kacau liburannya.
    Saya jg kalau milih kacamata hitam sukanya yg lebar, suka aja, ternyata memang bermanfaat ya biar nutupin mata jg lebih maksimal bukan sekedar gaya, hihihih.

    ReplyDelete
  8. Bisa dibayangkan tanpa mata normal bagaimana nasib kita melihat dunia ya. Jangan sampai Maya sepet atau merah dibiarkan sampai parah ya

    ReplyDelete
  9. insto harus dibawa kalau lagi liburan di kota yang panas dan banyak debu ya...
    untung insto gampang dibeli di mana-mana :D

    ReplyDelete
  10. Welcome a board mba Lidya!
    Aku dulu juga termasuk yang kurang pede lho pakai kaca mata hitam.
    Sama, ntar dikira belagu, sok bule gitu, hihihi
    Lucu juga kalau ingat itu semua ya.

    ReplyDelete
  11. Saya kalo di kantor sih seriing banget mata kerasa ga enak gitu krn keseringan liat layar, tiap sore aku jd selalu pake insto, mayan jadi seger lagi :D

    ReplyDelete
  12. Liburan mah semuanya harus serba OK, jangan ada gangguan apalagi mata kering yes. Jadi insto harus dibawa-bawa dong ya dalam tas.

    ReplyDelete
  13. Waaahhhh pakai baju merah deket jembatan merahhh ishhh meuni ngejreng mba Lid hehehe. Btw aku juga pakai Insto dan nenek ku bilang ini tuh kecer mata haha.

    ReplyDelete
  14. Mata termasuk bagian yang harus dijaga ya mbak. Bermasalah dengan penglihatan saja sudah membuat aktivitas kita tertunda.Makanya jaga mata kita dr iritasi dan gunakan selalu insto, agar mata tetap sehat sepanjang hari.

    ReplyDelete
  15. Aku juga pakai Insto Dry Eyes mbak apalagi selalu mantengin hape dan laptop. Mata jadi mudah pegal, sepet dan perih. Kondisi mata kering dan buat enggak nyaman banget.

    ReplyDelete
  16. Insto terbukti ampuh mengatasi gejala mata kering, perih atau iritasi ya mbak. Aku juga sedia di rumah buat jaga2 klo mata terasa ada gangguan setelah melakukan perjalanan jauh dan lama, atau mata terasa kering setelah lama berhadapan dg layar laptop atau hp.

    ReplyDelete
  17. Selain penggunaan menjaga agar hidrasi mata tetep terjaga, ternyata penggunaan aksesoris yang tepat mempengaruhi juga ya.. pakaian yang nyaman juga berpengaruh ya.. jadi lebih paham penyebab mata kering

    ReplyDelete
  18. Aku juga mau ah bawa insto ini mba. kecil dan mudah dbawa kemana-mana ya mba :)

    ReplyDelete
  19. Wah aku sih kedip pasti refleks ya.
    Cuma kalau kelamaan natap layar pasti mata sepet banget. Klo tetes mata ga ampuh biasanya harus tidur

    ReplyDelete
  20. Iya katanya berkedip bisa mencegah mata kering. Trus kalau bisa jangan memandang satu objek kelamaan misal gadget atau laptop nih, usahakan juga buat mengalihkan pandangan ke obyek yang berbeda. Insto ini travel friendly ya kemasannya jd bisa ajg dibawa2 pa traveling

    ReplyDelete
  21. Mau dong aku dikirimin stok sebulan Lia hehehe.. ini hp dan laptop memang buat mata capeeek dan kering

    ReplyDelete
  22. Wah mata kering emang ganggu banget yak untungnya ada insto jd ada solusinya...

    ReplyDelete
  23. mba lidya, akutuh kalo abis kerjain detlen tulisan mataku ga enak banget. kering nggak nyaman. mau tidur juga nggak enak. kayanya aku butuh insto ini deh. mau beli ah

    ReplyDelete
  24. ga cuma mulut yang perlu minum ya, mata juga harus terus terhidrasi. Insto mah kecil jadi bisa dibawa kemana aja

    ReplyDelete
  25. Wah senangnya traveling bebas dry eyes karena Insto ya
    Jadi selalu bawa deh kalau keluar rumah saya juga
    Polusi sudah ga sedikit

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...