Cara Menyiasati Agar Minum Air Putih Lebih Banyak

Saturday, August 10, 2019
A cup of tea makes everything better - anonymous 

Saya banget ini quote-nya, karena saya suka banget minum teh tawar alias teh tanpa gula. Rasanya kalau belum minum teh (tawar) ada yang kurang. Setelah minum teh tawar hangat atau es teh tawar langsung kuat dan semangat lagi di mana pun berada.

Baca beberapa artikel di situs kesehatan ternyata ada benarnya juga ya kalau setelah minum teh bisa makin semangat karena tubuh bisa menjadi lebih relaks. Karena di dalam teh mengandung L-theanin yang bisa merelaksasi tubuh dan membuat mood menjadi lebih baik. Masih banyak lagi manfaat teh bagi tubuh asalkan dikonsumsi dengan bijak dan tidak berlebihan.

Nah, di sinilah permasalahannya terjadi pada saya. Minum teh buat saya seperti candu bisa-bisa dalam satu hari saya minum bergelas-gelas teh. 

Saya jadi sadar sejak menghadiri talkshow kesehatan beberapa waktu yang lalu. Salah seorang dokter yang hadir sebagai narasumber mengatakan kalau terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein yang biasa terdapat pada teh atau kopi bisa menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Efek samping yang terjadi saat minum teh terlalu banyak maka akan sering buang air kecil dan dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu bisa menyebabkan anemia. Pantas saja hB saya juga kadang-kadang rendah, bisa jadi teh ini penyebabnya.

Baca juga : Cari Tahu Penyebab Anemia dan Cara Mengatasinya 

Bukannya saya gak suka minum air putih, tapi kadang eneg kalau terlalu banyak. Jadi harus dicari cara dan solusinya supaya saya bisa minum air putih yang banyak.

Manfaat Minum Air Putih


Seperti yang diketahui kalau air putih itu punya manfaat yang bagus bagi tubuh, selain untuk mencegah dehidrasi juga menjaga kesegaran kulit. Menurut rekomendasi tiap orang dewasa harus mengonsumsi air putih mininal 2 liter perhari atau sesuai kebutuhan.

Supaya tahu apakah saya sudah cukup minum air putih setiap harinya? beberapa tanda yang perlu diketahui antara lain :

  • Cek aja apalah sering merasa haus atau gak
  • Urinenya berwarna gelap


Kalau tanda di atas jawabannya ya artinya tubuh belum terhidrasi dengan baik atau kekurangan cairan. Atau kalau terlalu kekurangan cairan bisa-bisa merasa pusing, mulut juga enjadi kering sampai kecapean.


Tips Supaya Minum Air Putih Lebih Banyak


Supaya bisa minum air putih yang cukup setiap harinya dan gak merasa eneg atau mual saya melakukan beberapa cara berikut ini:


  • Minum air putih saat bangun tidur (masih agak eneg)
  • Makan camilan sedikit lalu langsung minum air putih satu gelas (berhasil)
  • Makan makanan pedas, nah cara ini juga efektif buat saya
  • Bikin infuse water yang ditaruh di lemari es. Tapi saya gak pernah minum langsung airnya dalam keadaan dingin jadi harus disimpan dulu di suhu ruangan baru bisa diminum supaya saya gak sakit tenggorokan.
Allhamdulillah cara terakhir paling efektif, sekali minum air putih bisa lebih banyak dari biasanya dan tanpa perlu ngemil dulu. 

Nah itu cara saya menyiasati agar bisa minum air putih lebih banyak. Kalau tips dari teman-teman gimana? yuk kasih tau siapa tau bisa saya praktekkan.

48 comments

  1. Apalagi teh anget, duh... Segelas bisa langsung habis aku mbk. Makannya sekarang tiap pagi aku isi tempat minum yang 2liter,aku dirumah ber2 sama Aqla. Jadi pas sore gitu udah ketahuan berapa banyak aku minum air putih. Setidaknya jam 5 sore tinggal dikit gitu.

    ReplyDelete
  2. Kalo aku doyan teh manis panas, Mak.
    Pas acara Combiphar kan ada tes HB, ihh ternyata HB-ku rendah
    Ya wis, sekarang mau hijrah ke air mineral aja, makasiii tipsnya Mak
    --bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  3. Apa ya Mbak tips lainnya. Kebetulan aku emang suka sih sama air putih, tapi emang bukan air putih yang beneran adem. Kudu sedikit hangat! Hahahaha. Kecuali kalo habis olahraga gitu, pengennya nyari air putih yang adem dan seger.

    ReplyDelete
  4. Ooh kalo minum teh kebanyakan bisa mengakibatkan anemia ya. Aku juga suka minum teh, tapi kalo pas makan diluar rumah aja. Kalo di rumah biasanya ya sukanya minum air putih :D

    ReplyDelete
  5. Aku sediakan botol minuman yang gede di meja kantor mba. Targetnya, minumnya harus habis

    ReplyDelete
  6. Glek glek gleeekk, aku jadi rajin minum air putiiihh! :D
    Makasiii tipsnya Maak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. Saya tuh mbak yg lagi belajar minum air putih banyak. Iya, saya tuh susaah minum air putih kecuali dingin. Sekarang sih alhmdlh sudah bisa minum air putih suhu ruang dan membuat infused water jg jadi salah satu trik data minum air putih.hehe..

    ReplyDelete
  8. Bener bun. Buat aku minum air teh itu sebagai me time juga. Tapi sehari cuma 1 gelas. Aku dulu nggak suka juga minum air putih. Tapi karena pernah banyak baca buku manfaat minum air putih, jadi aku termotivasi jadi belajar banyak minum. Awalnya langsung mual. Tapi pelan-pelan dan perlahan allhamdulillah jadi terbiasa

    ReplyDelete
  9. Aku otomatis gampang haus sih jadi ya mesti kalau minum air putih ya banyak hihihi...

    ReplyDelete
  10. Saya malah kebalikan mba, justru kelabakan jika ga ketemu air putih.
    Bangun tidur yang dicari duluan justru air putih :D

    ReplyDelete
  11. Aku juga belum terbiasa minum air setelah bangun tidur, Mbak
    Kalau inget ya minum tapi seuprit aja. Bahkan di tempat kerja 1 botol bisa buat seharian, kwkwkwkw
    Kalau minum teh tawar, belum pernah nyobain sama sekali malahan heheee
    TFS yah Mbak Lidya

    ReplyDelete
  12. Toss, Mbak. Saya juga suka banget minum teh tawar, tapi yang hangat. Lebih lagi, teh yang diminum saya yang terbuat dari tradisional gitu. Kayak daun teh yang udah kering terus dicampurkan air panas. Karena begitu saya juga sempet kekurangan air putih.

    Kalau saya untuk mensiasatinya, ya, benar salah satunya camilan. Terus saya bawa air putih hangat ke ruang kerja. Biar cepet bisa minum kalau haus.

    ReplyDelete
  13. Saya juga kurang suka minum air yang baru ambil dari kulkas. Ngilu hahaha
    Tips makan yang pedes2 dulu kayak rujak buah itu keren banget mbak hahaha

    ReplyDelete
  14. kok pas banget ya bun, aku lagi dehidrasi 3 hari ini dan parah banget sampe panas dalam, bibir terkelupas sakit banget. lagi ngebiasain minum air putih, tapi agak susah rasanya. aku coba tips nya deh.

    ReplyDelete
  15. Ku biasanya pakai botol yang sudah di siapkan smbil diem dikit2 terus minum. Skrg kan nyusui kudu banyak minummnya

    ReplyDelete
  16. Aku juga maksa banget, Mbak. Tapi kalau bangun tidur itu memang sudah jadi kebiasaan. Jadi bangun langsung glegek segelas air putih. Nah, kalau sehari-hari, aku siasati pakek botol air. Jadi kelihatan udah minum apa belum itu dari kondisi air di botol yang menyusut or not. Kalau infused water, entah kenapa aku krg terlalu suka, hehe. Lbh menikmati air putih biasa.

    ReplyDelete
  17. Iya nih aku juga akhir-akhir ini sering dehidrasi huhu makanya kalau malam selalu sediakan air putih dalam botol dekat meja tempat tidur suka kehausan..bisa jadi karena akhir2 ini juga rajin ngopi ya :)

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah sih kalo minum air putih aku banyak kok. Gak susah. Bangun tidur juga mesti nyari air putih

    ReplyDelete
  19. Aku awalnya paksain banget minum air putih. Lama- lama maunya minum air putih aja.. ngg mau yang laiiin hehehe

    ReplyDelete
  20. Iya juga nih, kadang males banget minum air putih. Eneg gitu rasanya di tenggorokan. Kalau es teh naaahh itu enak banget hehehee... ngawur banget ya ini.
    Oke, tips agar minum air putih ini kucatet yaaa... thanks.

    ReplyDelete
  21. Aku termasuk yg kudu rutin bikin infused water setiap hari. Ksrena biar anak2 rajin minum air putih tanpa harus nyemil dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamiku nih mba yang demen sama infused water. Kalau aku dan anak-anak sih asal glegek-glegek aja minum air putih heheee....

      Delete
  22. Wah benar banget ini, kalau bangun tidur kadang Dewi ngerasa eneg bila minum air putih banyak, caranya makan sedikit camilan ya mbak. Bsk Dewi coba deh, terimakasih...

    ReplyDelete
  23. aku kok ngerasa masih haus ya kak kalo cuma minum teh, makanya aku lebih suka minum air putih dibanding teh

    ReplyDelete
  24. Aku justru banyak minumnya saat pagi hari setela bangun tidur mba, kalo bikin infus water memang belum nih mbak aku kurang rajin anaknya hehe.. tapi makan pedas sering.. jadi efektif emang air putih langsung habis sekian liter

    ReplyDelete
  25. Iyaa..
    Aku juga menyiasati dengan makan camilan.

    Tapi asa cepet banget timbangan nggesernya...uwwaa~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caraku biar minum air mineral banyak tuh teh...aku ukur di tempat minum yang 1 L gitu...
      Pokonya sehari harus habis minimal segitu.

      Delete
  26. Aku juga suka minum teh tawar, tapi sering dingin Mba, daripada manis. Tapi, makin ke sini sadar banget konsumsi air putih jadi berkurang. Padahal manfaatnya banyak banget. Mau dibiasain lagi ah

    ReplyDelete
  27. Kalau saya kopi, Mbak. Belum minum kopi rasanya blm hidup 😁

    Makasih tips minum air putihnya.. Saya juga masih blm konsisten nih. Saya sekarang sedia tumbler ukuran 1liter,taruh di meja/dimana yg dekat jadi pas ngetik atau aktivitas lain nggak ada alasan mager mau ambil minum 😄

    ReplyDelete
  28. Wah samaan mbak aku juga menyiasati minum air putih agak banyakan dengan makan makanan pedas.
    Kalau kurang minum air putih emang berasa banget efeknya ke kulit, jd kering gtu kulit ya. Makanya kudu banyakin minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu lagi yang bisa bikin aku banyak minum tu pas lagi banyak kerjaan atau pas banyak jalan wkwkwk, jd kyknya olahraga/ aktivitas agak berat juga bisa nih dilakukan biar terpicu minum air putih yg banyak hehe

      Delete
  29. Aku pakai tumblr sih jadi banyak minum. Tapi kadang masih males juga. Males bolak balik pipis. ;)

    ReplyDelete
  30. Aku juga doyannya minun teh mbak walau tau kalo terlalu banyak bisa ga baek buat tubuh. Dulu sering buat infused water, sekarang yang malesin wkwkk. Baca in jd semangat buat perbaiki pola hidup

    ReplyDelete
  31. Iya nih layaknya hrs rajin bikin infused water lagi biar rajin minum air putih nya... Blm sempat beli botol khusus nya lg setelah yg lama hilang entah kemana...

    ReplyDelete
  32. Tips tambahan, nyanding air putih Mbak. Kalau ada air putih yang terjangkau, bisa minum air putih lebih rajin. Kalau air putihnya masih harus ngambil ke dapur atau dispenser, kadang suka ntar-ntar saja minumnya (kalau sudah duduk manis sambil nulis)

    ReplyDelete
  33. Iya nih, minum air putih tuh kudu banget 8 gelas perhari. Kalau lagi rajin bisa lebih dari itu sih, tapi kalau pas kumat males bisa kurang. Dan memang berasa banget sih kalau konsumsi air putih tuh banyak keuntungannya.

    ReplyDelete
  34. Mau nyobain ah, akutuh suka bgt ngopi dan di kantor adanya teh manis. Kadang kurang air putih

    ReplyDelete
  35. Iya benernie kak kalau penting banget kita harus sering minum air putih yang banyak biar stabil.

    ReplyDelete
  36. hehe jadi inget. dulu jaman saya sekolah, mama selalu bikinkan teh hangat dan wajib diminum. kata mama biar banyak tenaga karena teh kan manis. eh yg ada, akhirnya saya jadi anemia

    ReplyDelete
  37. Kalau saya lagi kerja, saya punya target minum air minimal 1 liter sampai sebelum dzuhur. abis itu minum 1 liter lagi sampai menjelang pulang , hihihi

    ReplyDelete
  38. Aku sukanya teh tarik nih mbaLid gimana dong. Tapi sekarang ku usahain ngurangin minuman bergula

    ReplyDelete
  39. kalo aku berisaha untuk menyiapkan gelas atau botol kecil dimana aja aku lagi duduk, terutama di kantor dan rumah, jadi selalu ada kesempatan buat minum, tapi gelasnya kecil aja, jad ga langsung enek dan sering. air hangat yang bisa bikin aku doyan minum

    ReplyDelete
  40. Minum teh tawar itu kebiasaan kami sedari kecil. Dan begitu pindah ke Jakarta, aku baru tahu ternyata ada teh manis. Dengarnya saja aneh kok bisa teh rasanya manis. Hehe. Ternyata digulain. Dulu mengira bahwa ada varian teh yang manis😅

    ReplyDelete
  41. Kalo aku udah terbiasa dari kecil sih mbak, selalu sediain sebotol gede air putih di samping tempat tidur. Jadi tiap bangun tidur udah reflek aja langsung minum.. yang sudah itu kalo pas puasa, sering lupa hehehe

    ReplyDelete
  42. Wah, tips nya penting banget buat saya yang sukanya mager. Terus lupa deh minum air putih. Padahal manfaat minum air putih itu banyak buat kesehatan tubuh, ya

    ReplyDelete
  43. akhir-akhir ini aku sering merasa kepanasan jadi sengaja simpan air di kulkas supaya saat gerah langsung nyesss minum air putih. Jadinya ya lebih banyak minum air putih, deh.

    ReplyDelete
  44. Kalo saya emang lebih suka minum air putih sih, lebih segar aja gitu.

    ReplyDelete
  45. nah bener nih, pdhl udh punya tumblr dibawa kemana2 lho, tapi mager aja

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...