Mahasiswi Baru, Film Drama Komedi Yang Penuh Makna

Saturday, August 10, 2019
Working Hard To Evolve



Nemu quote ini di dinding CGV dekat rumah. Jadi untuk mendapatkan sesuatu itu harus bekerja keras, bener bukan? 


Ceritanya Jum'at malam tadi sepulang suami dari kantor, kami langsung meluncur ke CGV GP Mal dekat rumah. Suami baru sampai rumah sekitar jam 8 malam, untungnya jarak menuju mall cuma 5 langkah ( eh itu sih kaya lagu ya hehehe) jadi gak butuh waktu lama untuk sampai di lokasi, tinggal keluar perumahan saja kira-kira 1.2KM.

Lalu apa hubungannya dengan film Mahasiswi Baru yang baru saja saya tonton? Film drama komedi ini bercerita tentang perjuangan Oma Lastri yang diperankan oleh Widyawati untuk tetap berkuliah di Universitas Cyber Indonesia. Beliau berjuang untuk hal apa aja? gak seru dong kalau saya ceritakan semua, yang pasti film ini layak ditonton karena bukan hanya berisi mengenai tontonan saja tapi juga ada tuntunan yang bisa kita ambil hikmahnya.


Mengenai Film Mahasiswi Baru


Apa jadinya kalau seorang oma berusia 70 tahun kuliah lagi? Di awal adegan film saja sudah banyak mengundang tawa penonton. Bayangkan Oma Lastri datang ke Orientasi Mahasiwi Baru menggunakan panci dengan rambut di kuncir-kuncir. Mungkin bagi teman-teman jaman old tau lah kalau perploncoan di masanya seperti itu. Lucunya lagi kakak-kakak kelas mikir kalau Oma Lastri ini pakai make-up tua :-D

Film Mahasiswi Baru ini disutradarai oleh Monty Tiwa dan diproduksi oleh MNC Pictures juga dibintangi oleh Slamet Raharjo (Dekan Umar Shahab). Dua artis kawakan ini beradu akting dengan artis masa kini seperti Morgan Oey (Danny), Mikha Tambayong (sarah), Umay Shahab (Erfan), dan Sonia Alyssa (Refa).

Perkenalan Oma Lastri dengan teman-temannya diawali dengan kekocakan juga, mulai penyebutan namanya yang gak mau disertai embel-embel, terlibat tawuran, sampai kena prank dari Danny. Tapi dari sana akhirnya mereka saling kompak dalam sebuah genk.

Gak seru sebuah film kalau gak ada rintangannya. Di film ini juga ada kok, seperti tentangan berkuliah dari Ibu Anna anaknya Oma Lastri yang diperankan oleh Karina Suwandi, sampai usaha Oma Lastri untuk tetap bisa berkuliah sampai akhir karena beliau akan di keluarkan oleh pihak kampus kalau tidak memilki nilai IPK yang cukup. Lucunya Oma Lastri sudah girang dapet IPK 1.8 hahaha ternyata itu kecil. Nah, dari sini satu persatu permasalahan terungkap.

Di awal memang tidak diceritakan apa alasan Oma Lastri berkuliah lagi atau kenapa Sarah mau membantunya agar tetap berkuliah dan tidak di DO oleh Dekan kampus. Semuanya dikemas dalam canda dan penuh makna.


Tontonan Yang Menjadi Tuntunan


Banyak makna dan tuntunan yang dapat kita ambil dari film Mahasiswi Baru. Perkembangan jaman di era Revolusi Industri 4.0 kita harus bisa mengikuti perkembangan jaman anak milenial namun juga tidak lantas melupakan norma-norma yang ada.

Dunia media sosial yang marak juga ditampilkan pada film ini, bagaimana Danny yang selalu melakukan live di Instagramnya, semua hal masuk ke dalam rekamannya. Di sini kita juga bisa belajar bagaimana memilih konten yang layak dishare atau tidak.

Film ini juga mengajarkan kita bagaimana pentingnya ikatan sebuah kekeluargaan yang gak bisa terputus begitu saja walaupun banyak rintangan dan ujian yang dihadapi.

Penasaran gak gimana akhirnya dengan Oma Lastri apakah bisa berhasil melanjutkan kuliahnya? Yang paling penting penonton bisa tahu kenapa alasan terbesar Oma Lastri keukeuh mau kuliah di usianya yang tidak muda lagi. Bagaimana persahabatan genk mereka? Rasa penasaran saya tentang Rianti juga akhirnya terjawab, karena di awal sempat bingung dengan tokoh ini.

Jawaban bisa didapatkan setelah menonton film Mahasiswi Baru di bioskop :) Filmnya sudah tayang sejak 8 Agustus 2018 lalu lho. Ajak keluarga menonton film ini, pokoknya gak rugi deh (review jujur saya loh ini). Filmnya juga aman kok ditonton anak-anak dengan catatan untuk anak yang sudah mengerti dan perlu didampingi juga untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung di dalam film tersebut.

Melihat tawamu
Mendengar senandungmu
Terlihat jelas di mataku
Warna-warna indahmu
Menatap langkahmu
Meratapi kisah hidupmu
Terlihat jelas bahwa hatimu
Anugerah terindah yang pernah kumiliki

Duh jadi pingin nyanyiin lagu Anugerah Terindah Sheila on 7 yang juga menjadi salah lagu soundtrack film Mahasiwi Baru.



Pokoknya kalian harus nonton film ini "Iyakan Genkkkkk!!!" "Yoaaaa Bray" bagus banget deh film ini hihihi saya ambil jargonnya Oma Lastri di film.

No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...