Cari Oli Mobil Terbaik? Pilih Saja Pertamina Fastron

Thursday, January 16, 2020
Cari Oli Mobil Terbaik? Pilih Saja Pertamina Fastron aja, begitulah obrolan kami saat kumpul keluarga beberapa waktu lalu. Kebetulan saat itu juga saya menerima pesan dari salah satu dealer dan service mobil langganan yang mengingatkan untuk service berkala.

"Kepada pelanggan xxx Bekasi Timur, kami informasikan untuk kendaraan Anda sudah saatnya melakukan perawatan berkala, ketik "B" untuk booking atau bisa mengubungi (021)12345678 untuk whatsapp 08100000000 Terimakasih."

oli mobil terbaik

Gara-gara pesan tersebut, saya jadi ingat kalau sudah saatnya mengganti oli, pas benar bukan dengan obrolan sebelumnya mengenai oli mobil terbaik.


Waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil

Mengganti oli kendaraan termasuk mobil secara rutin wajib sekali dilakukan supaya mesin kendaraan tetap terjaga, terawat, dan performanya tetap oke.

Oli mesin atau pelumas pada dasarnya mempunyai manfaat untuk melumasi bagian komponen yang berada pada mesin, supaya pada saat ada gesekan tidak terjadi keausan. Selain itu juga ada manfaat lain dari penggunaan oli antara lain membersihkan mesin, melindungi karat, memperpanjang usia kompenen pada mesin, dan lain sebagainya.

Kalau waktu saya kecil sih, bapak sering bilang kalau ganti oli itu setiap 10.000KM. Nah, waktu saya melakukan service di bengkel, montir yang menangani mobil saya juga berpesan untuk mengganti oli setiap 10.000KM atau 6 bulan sekali mana yang mencapai lebih dulu. Walaupun kilometer pada speedometer belum mencapai di angka tersebut, tetapi sudah 6 bulan lamanya sebaiknya oli tetap diganti supaya mesin mobil tidak cepat rusak dan performa kendaraan tidak menurun.

Makanya supaya tidak lupa kapan harus ganti oli, bengkel selalu menuliskan tanggal dan di KM berapa terakhir mengganti oli pada sebuah kartu yang digantungkan pada kendaraan. Jangan anggap remeh catatan kecil seperti ini lho, karena kita tidak bisa hanya mengandalkan ingatan saja. Jujur saja saya tidak bisa mengingat angka dalam jangka waktu lama, apalagi kilometernya tidak di angka yang mudah diingat.

Tips memilih oli mobil 


Dalam menentukan oli mobil haruslah memilih yang paling tepat dan cocok dengan mobil yang kita miliki. Sebagai pemilik kendaraan, perlu tahu jenis mesin kendaraan yang dimiliki, coba saja baca buku manual di sana tertera penjelasan mengenai mesin maupun oli yang cocok. Ayo siapa yang suka malas baca buku panduan? Padahal ini hal penting lho, supaya kita mengenal seluk beluk mobil sendiri.

Begini tips memilih oli mobil yang tepat :

1. Cari tahu jenis mesin kendaraan

Tidak semua mobil mempunyai jenis mesin yang sama, maka dari itu kita sebagai pemilik seharusnya tahu kendaraan masing-masing karena satu oli tertentu belum tentu cocok untuk semua mobil. Cara mengetahui jenis mesin gampang kok, baca saja panduan manual.

2. Kekentalan oli 

Selanjutnya untuk menentukan oli yang cocok untuk mobil kita harus menentukan kekentalan oli dengan melihat  kode SAE (Society of Automotive Engineer) seperti 10/40  atau 5/30 untuk mobil VVT atau VVTi. Jangan sampai jenis mobil seperti menggunakan oli dengan kekentalan 20/50 pastinya tidak akan cocok.

Perhatikan kode pada oli seperti SAE 15W-50 artinya oli mempunyai tingkat kekentalan SAE 15 saat kondisi kendaraan bersuhu dingin sedangan SAE 50 saat kondisi suhu panas

4. Perhatikan kode API

Tiap oli mobil mempunyai kode  API (American Petrolium Institute) yaitu untuk menentukan kualitas oli. Contohnya API CH atau API SN di mana huruf pertama untuk mengetahui bahwa jenis kendaaran yaitu kode S untuk kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan kode C untuk kendaraan bermesin diesel.

Nah, dengan melihat buku panduan pastinya kita sudah langsung mengetahui kalau mobil yang dimiliki ini menggunakan bahan bakar yang mana, barulah bisa menentukan jenis oli yag sesuai.

5. Jenis oli synthetic 

Untuk jenis oli synthetic cocok digunakan pada mobil yang memiliki mesin turbo DOHC (Double Overhead Camshaft) yaitu mempunyai over head ganda sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar dan mesin SOHC (Single Over Head Camshaft) hanya punya satu over head, atau mesin LCGC (Low Cost Green Car) yaitu mobil ramah lingkungan dan ringan di kantong pembelinya namun irit bahan bakar.

Pilih Pertamina Fastron


Apa pun jenis mesin kendaraannya, pilih saja oli dari Pertamina Lubricants karena punya berbagai jenis oli yang sesuai dan tepat untuk kendaraan kita. 

oli mobil terbaik


Pernah dengan oli fastron gak? Oli Fastron adalah oli atau pelumas mesin untuk mobil yang diproduksi oleh Pertamina Lubricants. Kalau saya sih pilih Pertamina Fastron pstinya untuk oli mobilnya. Harga oli mobil Pertamina Fastron sangat terjangkau dan gak bikin kantong jebol sehingga bisa menjadi pilihan utama. Namun, oli mobil ini pastinya mempunyai kualitas yang bagus sehingga aman digunakan di berbagai mesin mobil kita. Fastron tahu betul ya keinginan dan kebutuhan penggunanya.

Ada berbagai oli fastron yang dikeluarkan oleh Pertamina Lubricants seperti Fastron Gold SAE 0W-20, Fastron Platinum Racing SAE 10W-60 sampai Fastron Techno SAE. Begitu pula dengan Mesran ada Mesran Super SAE 20M-50 dan Mesran SAE 10W, 20W, 30W, 40W, dan 50 W. 



Pilih saja yang cocok dengan jenis mesin kendaraan kalian ya, seperti yang sudah saya jelaskan di atas pada bagian tips memilih oli mobil!

Kalau saya biasanya mengganti oli mobil di bengkel, karena kurang mengerti cara mengganti oli sendiri di rumah. Tapi, kalau teman-teman mau ganti oli sendiri juga bisa kok, tinggal membeli oli fastron yang sesuai dengan mesin kendaraannya saja. Oli fastron tersedia di SPBU Pertamina terdekat atau di bengkel kendaraan. Pastikan oli mobil yang dibeli asli ya, makanya selalu membeli di tempat yang terpercaya dan terjamin produknya.

Oh ya, tadi saya isi bensin di SPBU Pertamina dekat rumah dan membaca spanduk kalau  Pertamina Lubricants baru saja meluncurkan produk oli synthetic untuk mobil Low Cost Green Car (LCGC) yaitu Pertamina Fastron Eco Green. Pastinya jenis oli ini sudah sesuai dengan kebutuhan mobil LGCC, jadi pemiliknya gak perlu khawatir lagi dengan kemampuan mesin mobilnya jika menggunakan oli terbaru ini.


Tentang Pertamina Lubricants


Kalau saya sebut PT. Pertamina pastinya teman-teman sudah mengenal sekali dengan perusahan yang satu ini ya, apalagi bagi pemilik kendaraan bermotor pasti sering melihat dan mengisi bahan bakar di sini. Nah, Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) yang sudah berdiri sejak 23 September 2013 lalu.

Pertamina Lubricans hadir di tengah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pelumas bagi pemilik kendaraan bermotor di Indonesia. Makanya perusahaan ini mempunyai visi ingin menjadi perusahaan pelumas kelas dunia.

Dalam merawat mobil jangan lupa untuk mengganti oli secara teratur, gak bingung lagi bukan kalau cari oli mobil terbaik? Pilih saja Pertamina Fastron. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan! Apa jadinya kalau tidak merawat mesin dengan baik, yang ada malah harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk perbaikan mesin mobil.



57 comments

  1. Jadi tau banyak saya tentang macam2 jenis oli dan cara memilihnya. Terima kasih ya

    ReplyDelete
  2. Aku belum cek nih motorku pake oli apa ya...hehehe Kualitas oli nya pertamina emang oke ya...Mesin jadi awet...gak rewel..

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  3. Meski tidak punya kendaraan jadi nambah ilmu nih kalau mengganti oli secara berkala itu jadi keharusan kalau ingin kendaraan terawat baik ya

    ReplyDelete
  4. Fastron emang terkenal bagus mbak. Cocok buat semua jenis mobil

    ReplyDelete
  5. Aku kurang paham masalah oli2an begini Mbaak.. belum fasih nyetir mobil soalnya hahaha tapi thanks buat informasinya mbak, manfaat bgt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih mba, aku juga bisanya pake doang, itu pun belum lancar. Tapi bakalan diinget terus nih pesan artikel ini, harus rutin ganti oli tiap 10.000 km atau 6 bulan, mana yang cepet duluan.

      Delete
  6. Waktu zaman kuliah dan kerja, saya suka rutin ke bengkel buat ganti oli. Itu aja yang selalu saya ingat. Kalau urusan lainnya tentang mobil, suka gak paham. Oli Fastron ini bisa untuk segala jenis mobil, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca lagi tulisannya, ternyata komplit juga varian Fastron. Bisa untuk berbagai kendaraan. Tinggal cari tau aja cocoknya oli yang mana. Kalau masih bingung, orang bengkel pasti paham deh sama oli Fastron

      Delete
  7. sama, biar gak lupa, kapan waktu ganti oli ditulis di kertas yg terbang2 di bawah setir. hihi. kalau gak gitu yaa kelewatan, kasihan mobilnya

    ReplyDelete
  8. Pertamina Fastron ini terpercaya banget ya Mba
    AKu juga sering ganti pakai oli ini buat motor.
    asyik bgt tarikannya

    ReplyDelete
  9. Nah iya bener. Oli mobil ini memang yang terbaik mba. SOlusif banget buat kita ya mbaa. Dan makasih udah kasih bocoran tipsnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi awalnya aku kira fastron ini hanya satu pilihan aja. Teryata banyak juga pilihannya ya

      Delete
  10. Suami aku juga suka Oli Fastron, menurut dia memang paling bagus buat merawat mesin mobil

    ReplyDelete
  11. Serius gak pake boong, ini oli yang saya pakai di mobil saya. Oke!

    ReplyDelete
  12. Ganti oli wajib rutin. Sayang mobilnya kalau sampai nggak sesuai jadwal bulan atau kilometernya. Keluaran pertamina pasti terjamin mutunya dong ya.

    ReplyDelete
  13. Pas pertama punya mobil, saya sebel setiap kali lihat kertas kecil yang digantungkan di dekat kemudi. Bikin jelek pemandangan.

    Setelah di kasih tahu suami itu sebagai pengingat, dan kalau di pindah takutnya hilang, akhirnya jadi terbiasa dan nggak ada niat pengen menyingkirkannya

    ReplyDelete
  14. Hahhahha..duh kadang akutu gaptek perolian Mbaa, pengennya tau beres ternyata minimal meski tauu yaa, biar ga dibodo bodoin..hihii

    Maacih loh tipsnyaa..

    ReplyDelete
  15. Kekentalan oli penting juga ya dalam mencari oli terbaik bagi mobil kita

    ReplyDelete
  16. Ganti oli ini kesannya masalah sepele, tapi kalau sampai terlambat bisa panjang urusannya tuh.

    Pertamina Fastron emang paling mantab sih!

    ReplyDelete
  17. Aku nih biasanya cuma tau pakai mobil doang, urusan perolian bapake. Tapi sepertinya harus belajar mengurus semuanya juga ya, biar lebih paham apa yang dibutuhkan oleh mesin mobilku.

    ReplyDelete
  18. Aku tahunya paksuami juga pakai Fastron, sesekali pernah ikut kalo doi servis di bengkel langganan. Yang bikin seneng tuh harganya nggak mahal, jadi mayan bisa hemat ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamiku juga minimal setiap 6 bulan sekali servis mobil. Apalagi kalo udah lebih dari 10 ribu, wah dia langsung nyediain waktu. Karena bengkel resmi nya selalu ramai

      Delete
  19. Beli mobil gak bisa sembarang juga ya mba. Harus paham jenis mobionya, mana yang benar-benar dibutuhkan.

    ReplyDelete
  20. Ternyata penting banget ya penggantian oli untuk keawetan mesin, emang krusial sekali fungsinya, nggak boleh salah pilih atau telat diganti..

    ReplyDelete
  21. Urusan mobil kami biasanya adikku nih yg ngerti..tapi sepertinya pakai Fastron juga nih..malah botol bekasnya kita pakai utk nanam2 hehe..

    ReplyDelete
  22. Wah mbak terima kasih pengetahuan tentang olinya... Selama ini saya enggak ngerti apa-apa, semua diurusin suami, hihihi... Padahal penting ya jangan cuma tau makainya aja...

    ReplyDelete
  23. Aku tak paham soal kendaraan tapi sama bapakku selalu diwanti2 kudu paling gak sebulan dua bulan sekali baw kendaraan ke bengkel buat dicek semuanya :D
    Oli Fastron ini emang terkenal bagus ya mbak buat mesin kendaraan :D

    ReplyDelete
  24. Kudu tanya suami nih, doi biasanya pakai oli apa.
    Maklumlah, urusan oli memang daerah teritorial doi, hihihi

    ReplyDelete
  25. Oli Fastron emang bagus. Di kantorku juga kalau ganti oli mobil pakai fastron.

    Iya, ganti oli wajib banget sesuai jadwalnya. Entah itu km nya yg nyampai dulu, atau bulannya yg nyampai duluan. Biar mesin terlindungi dan lebih jos kalau dibawa berkendara.

    ReplyDelete
  26. Aku ga begitu paham seputar mobil huhu, biasanya yang ngurusin suami. Tapi penting sih ya buat sedikit sedikit tau biar bisa pilih sendiri oli yang bagus

    ReplyDelete
  27. Aku itu dulu ga pernah merhatiin mau yang mana kalau pake oli ganti mobil. Skrg dah tau kalau mau ganti oli ya fastron aja

    ReplyDelete
  28. Wah ternyata gtu ya pakai oli yang pas jangan sampai keliru nanti mesinnya bis arusak hehe. Biasanya aku percayakan aja sama bengkel sih :D
    Tapi bawanya selalu rutin gtu walau gk ada masalah dicek dan dibersihkan :D

    ReplyDelete
  29. Dulu, urusan oli ini hanya para lelaki yang tahu kini para perempuan pun sudah biasa ambil bagian karena sudah menjadi kebutuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bener banget jangan sampai mau kalah sama laki2, apalagi kalau kita melek mesin pasti lbh baik lagi. Kalau gk paham jg minimal rajin bersihin dan bawa ke bengkel ya :D

      Delete
  30. akupun pakai oli ini loh mbakk,, tos duluuhhh

    ReplyDelete
  31. aku ngga pernah ganti oli mobil hehehe..urusan Bapak Udi nih. Tapi good to know ada banyak produk oli yang bagus

    ReplyDelete
  32. rasanya lebih afdol pakai produk buatan dalam negeri yaa Lia..apalagi memang kualitasnya oke juga nih yang satu ini

    ReplyDelete
  33. Oli mesin mobil merupakan bagian dari perawatan mobil yang harus rutin di ganti ya mbak, karena mesin mobil komponen penting dalam sebuah mobil, agar berkendara tetap aman dan nyaman gunakan oli mobil berkualitas seperti fastron ini ya mbak

    ReplyDelete
  34. Kalau saya ganti oli sendiri di rumah mbak, biasanya nunggu buang oli bekas semalaman abis itu paginya baru diganti pakai Fastron. Cuma memang dari harga Fastron lebih mahal namun kualitas lebih bagus mbak.

    ReplyDelete
  35. Wanita pun harus peduli sm printilanny mobil y mb
    Secara jujur aj kalau saya rada males biarlah itu urusan suami wkkk
    Gak boleh jg padahal kayak gini
    Huoo... tengs tipsny Mb

    ReplyDelete
  36. Oh iya mb hampir lupa tadi belym selesai udah kepencet
    Keluarga kami juga pakai ini dan sejauh ini memang baik2 aj alhamdulillah
    Insya Allah setia sama oli dr pertamina

    ReplyDelete
  37. Aku juga rutin ganti oli ke bengkel. Cm jenis olinya aku terserah tukang bengkelnya. Baru tahu kalau olie itu beda2 fungsinya. Noted besok mau minta ganti olie dari pertamina saja. Tfs mb...

    ReplyDelete
  38. Fastron dan enduro dari pertamina lubricants memang oli terbaik ya mbak lia. Ibu2 juga harus paham nih ttg oli

    ReplyDelete
  39. Ganti oli ya mendingan ke bengkel aja, lebih simpel ya. Biasanya juga dikasih saran oleh pihak bengkel oli apa saja yang bagus untuk mobil. Pertamina Fastron nih yang jadi andalan untuk menjaga keawetan mesin mobil kita.

    ReplyDelete
  40. Oli terbaik, karena saya juga pake buat mobil saya hehe. Fastron emang okeh sih

    ReplyDelete
  41. Bisa jadi catatan penting buat saya dan ibu2 lain yg nyetir tp cuma tau pakai dan minim info tentang perawatan mobil ... akhirnya tercerahkan jg tentang oli lewat postingan ini . Hehehe

    ReplyDelete
  42. Oli jg salah satu yg diwanti2 u crk rutin, takut kebablasan terus lupa, bisa kacau 😅

    ReplyDelete
  43. Saya tidak terlalu paham soal oli tetapi hanya tahu'fungsinya saja. Ternyata ada tambahan ilmu lainnya yang baru saya ketahui. Soal jenis oli dan keharusan untuk ganti olinya kapan. Bermanfaat sekali bagi saya, siapa tahu kelak Palung punya mobil sendiri setelah dewasa'dan mandiri,he he.

    ReplyDelete
  44. Berhubung aku ini cuma bisa pake mobil dan gak paham urusan "dapur"nya, info ini akan aku sampein ke suami deh. Karena biasanya dia yang ngurusin dapurnya mobil. Hehehe

    ReplyDelete
  45. Ternyata harus sedetil itu rupanya utk mau ganti oli. Slama ini cm taunya per 3 bulan ajah ganti dg merk yg cocok. Eh tp anyway aku pake nya juga fastron loh

    ReplyDelete
  46. Aku malah jarang bangt kaka cek motor aku pake oli apa hahaha,kadang ikut suami gnti oli ya ikut ikut aja tapi sekrg lihat ini aku kudu perhatian juga nih sam motor pake oli apa 😍

    ReplyDelete
  47. Walaupun belum punya mobil, tapi artikel Mbak Lidya membuat wawasan saya bertambah seputar oli mobil. Dan memang sama dengan oli motor ya, Mbak. Oli mobil wajib diganti secara berkala, jangan sampai telat. Makanya adik saya itu saya ingat sekali dalam waktu-waktu tertentu pas di WA, lagi di mana? jawabnya, ganti oli mobil, Mas. Sekalian servis

    ReplyDelete
  48. aku termasuk yang pemakai mobil cuma tau pakai aja
    gak tau ngerawat, buta soal perawtan
    apalagi oli2
    abis baca ini jdi lumayan ngerti juga
    ih gampang juga kok ys hehehehe

    ReplyDelete
  49. Mobil termasuk barang kesayangan ya mbak yang harus dirawat dg baik, termasuk rutin menyervis dan mengganti oli, supaya mesinnya awet dan nyaman dibawa kemana-mana.

    ReplyDelete
  50. Masalah oli mobil, fastron ini jagonya yah. saya suka liat suami ganti oli ke bengkel juga pakai Fastron mbak.

    ReplyDelete
  51. Aduh aku malah nggak ngerti dunia oli, semuanya tinggal beres duduk manis. Salut sama perempuan yang ngerti oli dan bisa otak-atik mobil. Memang oli fastron bagus kata orang.

    ReplyDelete
  52. Kalau soal oli mobil, saya juga lebih pilih Fastron karena kualitas yang diberikan lebih baik dan membantu dalam menjaga keawetan mesin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...