Pengumuman Lulusan Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda

Friday, February 28, 2020
Berkembangnya UKM di berbagai daerah memberikan nilai positif bagi masyarakat sekitar salah satunya adalah membuka lapangan pekerjaan baru. Saat ini kaum muda juga sudah banyak yang bergerak di bidang kewirausahaan dengan menciptakan berbagai produk dan di pasarkan di dalam maupun luar negeri.  Namun, sayangnya belum semua UKM di Indonesia bisa bersaing secara global terutama di wilayah Indonesia Timur seperti Papua.




Untuk membantu kaum muda di Papua, Prudential Indonesia pada 13 Agustus 2018 lalu resmi meluncurkan Program Pemberdayaan Indonesia Timur melalui Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment yang sejalan dengan empat pilar CSR dari Prudential yaitu Pendidikan, Filantropi, Kesehatan, dan Keamanan & Pemberdayaan Indonesia Timur. Programnya sendiri sudah dimulai sejak 9 Mei 2019 lalu yang bekerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) melalui inagurasi kepada 60 calon pengusaha muda peserta Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda.

Program Pendidikan dan Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Kurikulum Internasional Untuk Indonesia Timur

Apresiasi Kesuksesan Bisnis Pengusaha Muda Jayapura


Sebanyak 60 calon pengusaha muda Papua diberikan mentoring secara intensif selama 9 bulan dengan coach dari PJI dan mentor pengusaha profesional melalui program kewirausahaan yang diadopsi dari Junior Achievement Worldwide di Amerika Serikat sejak Mei 2018 lalu.

Nah, 19 Februari 2020 lalu PT Prudential Indonesia dan PJI sudah mengumumkan 33 pengusaha muda profesional baru Papua lulusan program Pendidikan Kewirausahaan Kamu Muda (Youth Entrepreneurship Education). Diharapkan lulusannya mempunyai semangat optimisme yang tinggi dan melanjutkan perjuangan membangun usaha serta menjadi inspirasi dan panutan bagi para pemuda Papua lainnya sehingga bisa bersaing secara global

Kewirausahaan memiliki peranan yang sangat besar dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia sebagai negara berkembang karena menciptakan lapangan pekerjaan baru, menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatan masyarakat serta meningkatkan produktivitas. Rinaldi Mudahar - Country CEO Community Investment Prudential Indonesia

Sinergi yang diberikan oleh Prudential dan berbagai pihak dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Papua dan mengembangkan potensinya termasuk sumber daya para pemudanya agar bisa memajukan Papua. Pada acara pengumuman Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM ikut mengapresiasi kepada lulusan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda yang sudah berhasil mengembangkan kapasitas dirinya sebagai pengusaha muda. Ucapan terima kasih juga disampaikan Walikota kepada pihak Prudential Indonesia yang sudah memaksimalkan potensi pengusaha muda di Jayapura  sehingga bisa lebih percaya diri dan menciptakan kesuksesan dengan caranya masing-masing.

Tahapan Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda

Dari 60 pengusaha muda terpilih sejak 2018 melalui berbagai tahapan mulai dari analisis, pendaftaran, penyaringan dan tahap seleksi dalam bentuk workshop. Mereka juga diajak mengikuti pameran di berbagai kesempatan sampai mengikuti kegiatan PRURide Indonesia 2019 di Yogyakarta.



Pada program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda ini mereka mendapatkan ilmu yang dapat diterapkan pada usaha miliknya dan bisa merasakan dampak langsung bisnisnya. Mereka juga diberikan pengetahuan betapa pentingnya melakukan pelaporan keuangan dengan baik dan bisa memberdayakan masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan omzet bisnisnya.

Tiga Lulusan Terbaik program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda


Dari 33 orang lulusan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda, Prudential Indonesia mendokumentasikan seluruh proses, semangat, dan harapan melalui buku SuperPapuanPreneurs. Dan di antara 33 orang tersebut sudah terpilih 3 lulusan terbaik dengan bisnisnya masing-masing.



Paideia Gratia Sumihe

Usaha yang dijalankan adalah gel perawatan rambut keriting dengan merek Gracy Curis. Awal bisnisnya dirintis karena pengalaman sendiri terhadap rambutnya yang rusak karena sering di rebonding atau diluruskan. Grace melakukan inovasi sendiri untuk mendapatkan produk perawatan rambut keriting alami yang dibuat dari aloe vera. Melalui program yang diikutinya Grace bisa memasarkan produknya dengan jangkauan yang lebih luas.

Yafeth Stevel Wetipo

Dengan usaha kopi Papua bermerek Highland Roastery. Yafeth berjualan biji kopi green beans dari kabupaten Lannu Jaya dan membuat kopi dalam kemasan dengan nama Highland Coffee yang kemudian berubah nama menjadi Highland Roastery. Yafeth juga ternyata menjadi orang Papua asli yang bersertifikat roaster. Saat ini Yafet menjadi pemasok kopi di berbagai resto dan cafe wilayah Papua. Dia juga mendukung pendidikan komunitas daerah dan menyelenggarakan kegiatan minum kopi yang ditukar dengan buku tulis.

Agustina Maria Ayomi

Dengan usahanya salon dan anting sekam Wamena, Tine ingin mempercantik kaum hawa melalui 21 layanan yang dimiliki salonnya. Awalnya Tine belum bisa memisahkan keuangan pribadi dan bisnis namun setelah mengikuti program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda bisa menyelesaikan masalah-masalah yang tidak diketahuinya. Tine juga bisa belajar mengenai Standar Operating Prosedur (SOP) sehingga layanan di salonnya memiliki standar yang sama. Untuk urusan media sosial juga Tine mulai mengoptimalisasi Instagramnya dan menggunakan jasa endorser Hermin Rachel Makanuay yaitu Finalis Puteri Indonesia 2020 yang berasal dari Papua.


14 comments

  1. Bravooo Prudential!
    Keren banget yaak, Pru punya semangat untuk memberdayakan putra/i terbaik Papua.
    Sip sipp markosipp

    ReplyDelete
  2. Semoga kegiatan semacam ini terus berkelanjutan. Wirausaha harus terus digalakkan

    ReplyDelete
  3. Menurut aku pendidikan wira usaha untuk kaum muda ini tepat banget, karena akan menubuhanaa jiwa enterpreneur yang penh inisiatif.
    Kaum muda ini akan membuka lapangan usaha buat yang lain, keren ya programnya Prudential.

    ReplyDelete
  4. Makin banyak wirausaha baru, makin banyak lapangan kerja. Salut, ya, dari untuk mengatasi masalah pribadi, jadi bisa membangun usaha.

    ReplyDelete
  5. Senang deh dengan adanya Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda ini. Jadi banyak pengusaha muda yang produktif deh. Dan pastinya bisa angkat apa yang ada di daerahnya

    ReplyDelete
  6. Aku kok tertarik sama produk buatan dari Mbak Paideia Gratia Sumihe. Secara kan memang orang Papua sana identik dengan rambutnya yang keriting kecil-kecil. Anak muda zaman now pasti merasa agak gimanaaaa gitu ya terus dilurusin dengan rebonding, tapi ya lama-lama rusak. Bagus bagus produknya.

    ReplyDelete
  7. Salut dengan pengusaha muda Papua ya mbak, apalagi pembinaannya sampai 60 pengusaha dibina oleh program prudential ini. Keren sekali jadi Indonesia Timur nantinya dapat lebih berkembang dan madani.

    ReplyDelete
  8. Kopi. Bener-bener usaha yg lagi naik daun ya. Dari mulai bertaninya,jualan kopi mentah sampai kafe-kafe. Sangat pantas.Apalagi kopi terbaik kabarnya memang dari Indonesia.

    Salam kenal ya, mbak

    ReplyDelete
  9. Keren banget nih wirausaha muda yang terpilih dan lulus dalam Program ini. Apalagi tiga terbaik itu, salah satunya menarik banget nih. Berawal dari rambutnya yang rusak jadi bikin gel yang mengantarkan nya jadu juara

    ReplyDelete
  10. Salut deh dengan upaya Prudential untuk memajukan UKM di Papua. Kadang suka menghela nafas melihat kondisi saudara-saudara kita disana. Secara aku pernah 8 tahun disana, dan agaknya masyarakat Papua butuh sentuhan lembut agar mereka mampu berkarya....semoga upaya ini berkelanjutan dan masyarakat Papua mampu menunjukkan kreativitasnya.

    ReplyDelete
  11. Wah jempol deh buat Prudential, program seperti ini bagus banget dan tepat guna. Semoga menghasilkan kaum muda di Indonesia Timur yang kompeten di bidangnya masing-masing

    ReplyDelete
  12. Wah senang banget bacanya karena semangat dan pengetahuan soal kewirausahaan bisa disebarkan sampai ke Papua. Jadinya masyarakat di sana juga bisa lebih berdaya ya

    ReplyDelete
  13. Bagus juga ya dari Prudential ada pelatihan seperti ini. Bisa lebih sering lagi nih menyasar segmen anak muda di berbagai tempat. Anak-anak muda gini ini yang jadi tulang punggung bangsa untuk menggerakkan ekonomi kan.

    ReplyDelete
  14. Wah pengen nyicipin kopinya Highland. Kopi khas Papua pasti nikmat banget nih mbLid. Letk geografis Papua kan unik ya tanamannya juga hasilnya enak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...