Ajak Anak Mencari Informasi Mengenai Virus Lewat Cara Ini!

Sunday, April 5, 2020
HATSYIII

"Adeeee...kalau bersin ditutup dong, virus tau, makanya pakai masker!" Teriak Pascal ke Alvin suatu hari. Adenya pun ngeles bilang kalau posisi bersinnya jauh dari Aanya.

"Tetep aja bisa nular virusnya walaupun jauh!" Kata Pascal

"Aa tau dari mana?" Tanya Alvin lagi.

"Makanya baca buku Ensiklopedia yang udah dibeli!" perintah Pascal.



Baca juga review buku Berbagi Cerita Berbagi Cinta

Belakangan ini kalau ada yang bersin atau batuk seakan seluruh dunia langsung menoleh pada orang tersebut dan sebisa mungkin menghindarinya. Maklumlah pandemi yang sedang berlangsung di hampir belahan dunia ini bikin takut serta mengkhawatirkan dan banyak orang mulai waspada.

Anak-anak juga jadi lebih aware dan waspada lagi selama menjalani social distancing di rumah sudah 3 minggu ini. Berbagai aktivitas mereka lakukan di rumah, mulai dari mengerjakan tugas dari sekolah, olahraga, istirahat, dan main termasuk melakukan hobi yang mereka sukai seperti bermain games, nonton film, dan membaca buku.

Aneka mainan mulai mereka keluarkan lagi dari. tempatnya begitu juga buku-buku yang sudah pernah dibaca sebelumnya untuk mengurangi rasa bosan dengan aktivitas yang monoton di dalam rumah.

Alvin pun langsung mengambil salah satu dari sekian banyak buku National Geographic Kids yang dimiliki. Karena penasaran dengan informasi yang diberikan oleh Pascal, dia pun ambil buku yang membahas tentang TUBUHPEDIA untuk membaca tentang virus dan cara kerja tubuh.


Setelah menemukan halaman mengenai virus, Alvin pun percaya kalau virus itu bisa menulari orang lain juga walaupun jaraknya agak jauh.

Bersin dapat terbang menyebrangi ruangan dengan kecepatan 56 km/jam dan meloncat sampai jarak 3m! (sumber : Buku TUBUHPEDIA)

Bersin itu padahal salah satu cara tubuh untuk mengusir kuman lho atau sebagai tanda ada yang mengganggu pada hidung seperti alergi debu, awal tanda pilek, menghirup lada atau cabe misalnya ketika ada yang sedang memasak.

Virus dan bakteri biasa menyebar melalui berbagai cara lewat kontak langsung, benda-benda termasuk makanan yang pernah digunakan oleh orang yang terinfeksi. Berbagai virus seperti flu, batuk maupun covid-19 yang sedang menyebar juga pada dasarnya sama cara penularannya.

Jangan Menahan Bersin


Pernah gak sih menahan bersih? Saya pernah sih sesekali, kalau pun harus bersin pelan-pelan gitu supaya gak mengganggu orang lain. Ternyata menahan bersin itu akan menyebabkan pembuluh darah di bagian putih mata bisa pecah, mengalami gangguan pendengaran atau vertigo.

Duh serba salah ya, kalau bersin bisa menyebarkan kuman sekitar 100 ribu kuman ke udara dan bisa menulari orang lain sedangkan menahannya bisa alami gangguan kesehatan.

Cara Bersin Yang Aman

Sekarang di mana-mana banyak yang pakai masker ya untuk menghindari virus yang sedang merajalela. Lebih aman lah ya kalau sedang batuk atau bersin setidaknya tertutup oleh masker. Tapi, kalau tidak menggunakan masker bisa menutup mulut dan hidung ketika bersin menggunakan siku atau tisu. Jangan lupa tisunya dibuang ke tempat sampah supaya tidak menulari orang lain.

Hal penting lainnya adalah untuk lebih sering mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer jika dalam keadaan mendesak ketika sedang berada di luar rumah.


Cara Atasi Bosan Ketika di Rumah


Setelah membaca informasi mengenai virus melalui buku tersebut, Alvin pun jadi mengerti. Tugas orangtua juga mengawasi dan menjelaskan lebih lanjut kalau anak-anak masih belum memahami informasi yang didapatkan.

Tiga minggu di rumah aja, bosan banget pastinya ya, jangan kan buat dewasa, anak-anak juga merasakan hal yang sama. Buku-buku sudah keluar semua, alhasil bacaan pun sudah dilahap habis semua oleh mereka. Makanya nih mereka minta beliin buku baru lagi selama di rumah untuk mengisi waktu luang , apalagi sebentar lagi Ramadan tiba. Tapi, mana mungkin pergi ke toko buku bukan? Pokoknya lagi ikutan anjuran pemerintah buat #DiRumahAja.

Untungnya saya baru aja baca penawaran menarik dari Tokopedia untuk menyambut bulan Ramadan tahun ini, sehingga saya bisa memanfaatkan promo tersebut untuk membeli buku buat anak-anak dan kebutuhan lainnya selama Ramadan. Promo yang ditawarkan antara lain :

  1. Bebas Ongkir
  2. Crazy Deals (Mulai 1 April): Promo menarik dengan kategori berbeda-beda setiap harinya.
  3. Brand Deals (Mulai 1 April): Penawaran menarik dari brand-brand eksklusif di Tokopedia.
  4. Flash Coupon (Mulai 1 April): Kupon-kupon promo yang bisa dipakai untuk transaksi.
  5. Kejar Diskon (Mulai 1 April): Promo flash sale.
  6. Tokopedia Play - Live Shopping (Mulai 20 April): Untuk menikmati pengalaman berbelanja yang lebih seru serta mendapatkan promo ekslusif, diskon dan cashback.
  7. Kotak Kejutan (Mulai 6 April):
  8. * Kotak Kejutan (tap di app untuk dapat hadiah)
    * Scan QR (user bisa menemukan tanda QR yang bisa di-scan untuk mendapatkan hadiah pada setiap partner offline store Tokopedia)
    * Kotak Kejutan dan Scan QR berkesempatan mendapatkan hadiah: Kupon Diskon + Ovo Points, Kupon Cashback + Ovo Points, dan Kupon Undian Grand Prize (1 mobil, 5 motor, 50 smartphone, 500 emas 1 gram dan 1.000 powerbank) + Ovo Points.
  9. Gajian Ekstra (27-29 April)



Sebagian buku National Geographic yang dimiliki oleh anak-anak. Kalau belinya di Tokopedia pakai promo Ramadan nanti bisa free ongkir lumayan banget apalagi kalau sampai dapetin flash coupon untuk dapetin harga promo. Tahu sendirilah harga buku sekarang mahal-mahal.

Oh ya Tokopedia juga bisa top up e money lho jadi gak repot lagi harus ke ATM atau minimarket lagi, untungnya ponsel saya sudah ada NFCnya. Butuh banget kan pakai e money buat bayar di gerbang tol atau transaksi parkir. Saya juga langsung cek tiket pesawat murah dan pesan tiket kereta buat ketemu keluarga nanti ketika pandemi berakhir.

Selama social distancing ini teman-teman di rumah belanjanya di mana? Nah, bisa manfaatin promo di atas lho. Hayo...kira-kira mau belanja apa aja buat persiapan Ramadan nanti.


42 comments

  1. Mudah2an banyak marketplace yang ngadain promo biar bisa belanja online lebih murah

    ReplyDelete
  2. Bersin dapat terbang menyebrangi ruangan dengan kecepatan 56 km/jam dan meloncat sampai jarak 3m!

    Waduh.

    Bukan hanya kita, ya .. anak-anak juga harus mendapatkan informasi dari buku yang bagus. Seperti yang bisa diperoleh di Tokopedia. Lumayan kalau bisa free ongkir.

    ReplyDelete
  3. Benerrr Mbaaaa
    Kasihan bgt anak2 dilanda kebosanan luar biasa.
    Bismillah, semoga kita saling menguatkan dan selalu sehaaaaaattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku dan para ponakan juga bolak/i nanyain, "Kapan ini sekolah lagiiii"
      Aselik udah kangen kumpul ama temen2nya ih

      Delete
  4. Social distancing sudah mulai membuat anak-anak merindukan sekolah, mba.

    Saya ketika batuk pilek kemaren memang ga berani keluar rumah, mba. Ntar bisa dijadikan 'tersangka' oleh orang2 karena batuk atau bersin.

    Keren Tokopedia banyak menawarkan promo menarik. Siap-siap menyambut Ramadhan dengan browsing di Tokped nih.

    ReplyDelete
  5. Social distancing begini banyak diskonan Lo mbak. Dan emang menguntungkan pembeli juga selama social distancing.

    ReplyDelete
  6. Aku salut sama para mama yang mampu mengalihkan kebosanan putranya ke hal-hal posiif, tentu enggak mudah, tapi ini saatnya ya.

    ReplyDelete
  7. Waah..nahan bersin ternyata berbahaya ya. Lebih baik tetap bersin tapi dengan cara yg benar..

    ReplyDelete
  8. Wah keren ma, selalu berikan yg terbaik buat anak, selalu mengedukasi anak jangn kalah dari ibu guru disekolah. Semoga akakak dan dedekku yg ganteng sehat selalu yah. Amin

    ReplyDelete
  9. Whuaaa...buku bukunya bagus bagus mbak. Anak anak pasti betah ya untuk belajar di rumah kalau temennya buku asyik macam begini.

    ReplyDelete
  10. Eh bersin dapat terbang dan meloncat ya. Aslik baru tau aku. Makasih infonya ya Sis. Jadi tau aku sekarang :D

    ReplyDelete
  11. Wah mantaps nih cocok buat anak-anak banget supaya lebih jelas dan menyenangkan mempelajarinya ya..anak2ku mah sudah gede sudah ga cucok kali yah hehe...

    ReplyDelete
  12. Anak-anakku juga mulai mati gaya mba di rumah aja hehehe.. yang satu udah mulai diakalin boleh main bola dalem rumah, yang gede mulai diajarin naik motor beberapa menit di luaran. Abis itu mandi lagi dan mainan di dalem aja. Kalopun pergi kami hanya naik mobil aja muter liat situasi. itupun hanya 15 menit langsung balik rumah lagi.

    ReplyDelete
  13. Wow wow wow hampir lupa kalau ada program menarik dr tokopedia setiap ramadan tiba. Makasih y mbk lid udah diingetin. Aku mau pasang kuda2 ah buat belanja belanji di tokopedia besok. Btw naksir sama buku2nya pascal mbk cakep2.

    ReplyDelete
  14. Ada hikmah di setiap musibah ya mba Fit, semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesabaran melewati. Mengenalkan kepada anak soal virus dengna cara tersebut ampuh ya Mba ternyata. Hehehe. Sehat selalu sekeluarga mba Fit.

    ReplyDelete
  15. Ya ampun! Aku juga mau nih nyari buku buat keponakanku. Aku juga infoin tentang cara bersin dan jangan sampai sembarang karena sedang musim virus kan. Tetap sehat buat semua

    ReplyDelete
  16. si kaka pinter deh, kecil2 tapi disiplin pake masker klo keluar rumah ya kak? adeknya aja dinasehatin.. hihi

    ReplyDelete
  17. anak - anakku juga sudah mulai cari infomasi tentang Corona dari banyak sumber. So Bi malah disuruh buat videonya jugaa Lia..jadi seruu anak - anak bisa langsung berkontribusi di perang lawan pandemik ini

    ReplyDelete
  18. untunglah ada promo menarik jd boringnya bisa dialihkan dengan belanja belanja hehe itu sih aku mbk e haha

    ReplyDelete
  19. Di musim wabah kayak gini memang paling tepat belanja online ya. Apalagi kalau bayarnya bisa seperti di Tokopedia gini, pake Ovo bereess... Untuk keperluan Ramadhan nanti aku juga mau cek cek di Tokopedia ah.

    ReplyDelete
  20. kondisi kaya gini aku juga lebih memilih belanja online dalah segala hal, kadang beli sayur pun aku pake online hihhihi, sekarang segala sesuatunya udah dipermudah ya

    ReplyDelete
  21. Sekarang mah kalau bersin tuh berasa jadi penjahat ya, Teh hihihi Sebelum tau etika bersin ku pernah nahan bersin. Nyiksa karena bikin hidung sakit, dan ternyata efeknya buruk buat organ mata, ya? Hiy ga lagi-lagi nahan bersin. Maskeran emang udah bener harus dipake selalu

    ReplyDelete
  22. Wah wah jadi tertarik ingin beli. Penasaran ternyata bukunya mirip ensiklopedia. Lucu ya namanya tubuhpedia haha.

    ReplyDelete
  23. Banyak banget promonya.
    Bisa banget buat belanja kebutuhan saat pembatasan sosial seperti ini.

    ReplyDelete
  24. Baru tahu kalau menahan bersin itu bahaya banget sampai bisa membuat pembuluh darah putih di mata pecah.

    Wah, Tokoped lagi bagi-bagi promo kece nih dalam rangkat menyambut Ramadhan.

    ReplyDelete
  25. Selama social distancing ini, utk urusan belanja logistik masih seperrti sebelumnya, di warung-warung terdekat rumah Mbak. Hanya sekarang lebih jarang, artinya sekali belanja di banyakin utk beberapa hari.

    ReplyDelete
  26. Semoga wabah ini segera berlalu ya, Mbak. Kasihan para pedagang kecil, yang untung jualan untuk makan sehari-hari. Semoga promo2 tokopedia bisa meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan menjelang ramadhan. Aamiin

    ReplyDelete
  27. Aku pernah nahan bersin wkwkwk jadi nggak enak banget malah ya, niatnya ga pengen ganggu orang. Jadi bahaya juga ya, bersin mah bersin aja ya mba.
    Seru di rumah bareng anak ya, biasanya yang di rumah sepi sekarang rame

    ReplyDelete
  28. Ya ampyuuun, baru tahu aku fakta ini:

    "... bersin dapat terbang menyebrangi ruangan dengan kecepatan 56 km/jam dan meloncat sampai jarak 3m!"

    Ulang lagi, sampai 3 meter, dengan kecepatan 56km/jam!

    Masya Allah.
    Pantes saja, WHO suruh pakai masker terutama saat corona!
    C-A-T-A-T

    ReplyDelete
  29. Belanja tetap di warung milik tetangga. Tapi kalau sekiranya di kotaku jarang ada atau aku malas keliling, baru belanja online

    ReplyDelete
  30. wah mau juga beli buku national geografi untuk anak-anak kebetulan ada salado ovo lumayan banyak neh pas banget untuk menyambut ramadhan belanja di tokopedia

    ReplyDelete
  31. Wow, bukunya bagus. Pastinya sangat menyenangkan belajar mengenalkan pada anak soal Virus Corona ya. Seru kalau lengkap begini infonya.

    ReplyDelete
  32. Aih rajin banget ya Alvin membaca untuk mengetahui kayak apa sih virus Corona itu.
    Sembari belajar minta dibuatin camilan mama aja ya dek. Biar mama masak terus hehehe..

    ReplyDelete
  33. Wow, programnya Tokopedia seru.. banyak bngt yang berpihak ke konsumen. Bebas ongkir itu yang menurut aku penting bngt..apalagi di tengah pandemi yang membuat kita nggak bebas keluar2..

    ReplyDelete
  34. wah, makasih infonya mbak. Kebtulan lagi pengen hunting buku juga buat anak-anak yang udah mulai bosan di rumah ini.

    ReplyDelete
  35. Sama mba sy banyak belanja online juga selama wabah. Langganan tokoped yg lain ga instal aplikasinya krn menuhin memori. Dr dulu udah cocok sm tokped..jualan juga d sana jd ga kelain hati hahahh

    ReplyDelete
  36. Waah ternyata menahan bersin berbahaya ya Mbak. Baru tau seberbahaya itu. Anak-anak pinjam National Geograpich sepupunya yang langganan.

    Wah emang bulan ini Tokopedia gratis ongkir Mbak. Saya sudah belanja 3 kali April ini dan bebas ongkir. Mayan hemat.

    ReplyDelete
  37. Bahaya virus corona akhirnya paham, tapi kadang anakku suka lupa bersin dan batuk harus nutup dengan lengan bukan telapak tangan, huhu.

    ReplyDelete
  38. Terima kasih infonya mbak. Ini keponakanku nanyain terus kapan masuk sekolah. Sudah bosen banget libur di rumah

    ReplyDelete
  39. Bersin tuh enak banget kalo bisa keluar ya. Wah aku juga pengen pesan buku-buku nih. Selama di rumah aja, jadi bosen.

    ReplyDelete
  40. cara yang sangat menarik mbak lia, mengajari anak-anak tentang virus dengan kegiatan yang bermanfaat. masa-masa seperti ini emang paling enak kalau kita belanja online aja ya. apalagi kalau banyak promo kayak tokopedia

    ReplyDelete
  41. selama social distancing gini saya ga ke mana mana mba, dan ga beli apa apa juga ehehe. hemat

    cara edukasi ke anak anak juga keren mba, bisa dipraktekkan nanti.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...