Belajar Mengenal Jenis Tumbuhan Dengan Cepat Lewat Aplikasi

Friday, April 17, 2020
Lihat kebun ku
Penuh dengan bunga
Ada yang putih dan ada yang merah
Setiap hari ku siram semua
Mawar melati semuanya indah


Kalau ditanya ini bunga apa? Sebatas bunga mawar dan melati sih saya bisa menjawabnya dengan melihat bunga itu secara langsung maupun melalui image. Tapi, gimana dengan tanaman lainnya? Jangan tanya deh soalnya saya pasti jawab gak tau.

Pernah suatu saat anak-anak bertanya ini tanaman apa? ini pohon apa? ini bunga apa? Aduh jujur aja saya kurang mengenal jenis-jenis tumbuhan bahkan untuk berkebun dan bertanam saja saya kurang ahli. Menyesal juga sih dulu gak mau belajar dari bapak di rumah yang banyak aneka tanaman mulai dari bunga, bumbu dapur hingga buah.

Nah, makanya kalau sekarang ditanya mengenai jenis-jenis tumbuhan banyak jawab gak tau, maklum lah saya bukan seorang botanis. Mungkin kalau yang ditanya mbak Mecta pemilik blog Ilalang Ungu di mechtadeera.com beliau pasti bisa langsung menjawabnya dengan cepat.

Untuk belajar ilmu tumbuh-tumbuhan rasanya sudah terlambat ya, apalagi harus belajar dulu di IPB kelamaan. Kalau sekedar mengenal atau ingin tahu nama jenis tumbuhan yang saya jumpai di jalan maupun image sekarang saya bisa langsung tahu namanya lebih cepat lho.

Cara lama tentunya mengirimkan foto tumbuhan yang dimaksud ke orang yang lebih mengerti mengenai tumbuhan atau membagikannya di sosial media sambil bertanya siapa tau banyak yang menjawab. Tapi cara seperti ini lama-lama jadi spamming bukan!

Nah, cara praktis untuk mengenal jenis tumbuhan kita bisa belajar melalui aplikasi yang diunduh pada smartphone baik dengan sistem operasi Android maupun iOS. Beberapa aplikasi tersebut antara lain Plantnet Plant Identification, Plantsnap, PictureThis, Picture Perfect: iNaturalist, Seek, dan lainnya.

Kali ini saya mau membagikan pengalaman mengidentifikasi tanaman melalui aplikasi PlantNet.

PlantNet Plant Identification

PlantNet ini merupakan aplikasi untuk mengidentifikasi tanaman yang dikembangkan oleh ilmuwan dari empat organisasi penelitian di Perancis yaitu (Cirad, INRA, INRA dan IRD) serta Tela Botanica network.

Melalui aplikasi ini saya bisa memotret foto tumbuhan ataupun mengupload gambar tumbuhan yang ada pada smartphone untuk diidentifikasi nama tumbuhan tersebut. Caranya juga mudah, setelah upload atau difoto maka gambar akan muncul pada layar ponsel. Kemudian kita bisa menentukan akan diidentifikasi berdasarkan apa? ada beberapa pilihan identifikasi seperti lewat daun, bunga, buah, batang, lingkungan, dan lainnya.

Saya iseng mengambil gambar bunga mawar plastik di rumah ternyata bisa diidentifikasi juga. Pada aplikasi disebut akan menampilkan nama ilmiah dari bunga tersebut. Saya mendapatkan identifikasi nama ilmiah Rosa Chinensis Jacq atau di sini lebih dikenal dengan sebutan mawar China. Dari sini, saya jadi penasaran lebih jauh dan googling untuk mencari informasi lebih banyak mengenai mawar China.

Iseng-iseng saya mencari benih bunga mawar ini di marketplace, ternyata ada yang jual lho. Dengan 30 butir benih mereka menjual sekitar 25 ribu rupiah. Boleh juga nih kalau saya mau mulai belajar bertanam di teras.



Nah, kalau ini video cara menggunakan aplikasinya

Manfaat Memelihara Tanaman


Setelah bisa mengidentifikasi berbagai jenis tanaman, saya jadi mulai semangat untuk belajar memelihara tanaman juga nih untuk mengisi waktu luang selama physical distancing. Kemana aja selama ini gak mau belajar? hehehe lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan.

Ternyata memelihara tanaman di rumah itu banyak sekali manfaatnya selain untuk keindahan juga baik untuk kesehatan. Melalui tanaman yang ada di rumah kita dapat menghirup oksigen yang baik karena tanaman ini juga bisa membersihkan udara. Dengan bertanam konon juga bisa mengatasi kecemasan dan stres sehingga bisa menenangkan pikiran.

Tugas selanjutnya adalah belajar menanam dengan baik dan mengetahui bagaimana memelihara tanaman tersebut. Wah kebetulan nih belum lama ini saya dapat bibit bunga matahari dan bunga mawar bisa langsung dipraktikan.

Buat teman-teman yang terbiasa bertanam yuk share tipsnya supaya saya lebih semangat dan berhasil memelihara tannaman dengan baik dan peniuh cinta :) Jadi gak cuma tahu bunga mawar dan melati aja kan nantinya.

55 comments

  1. Hihi...makasiiih mba Lia, sudah disenggol di sini. Ralat ya, saya sama sekali bukan ahli lho.. cuma karena kebetulan bekerja di bid pertanian sedikit banyak jadi tahu. Dan kalau kebingungan cari tahu jenis tanaman tertentu...aplikasi semacam ini penyelematnya! Haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe buat aku mbak Tanti ahli kok. Daripada aku gangguin mbak Tanti terus kan lebih baik aku cari dulu ya:) Tapi tetap mau ditanyakan?

      Delete
  2. wah jaman sekarang ada saja aplikasi yang bikin kita terbantukan ya

    ReplyDelete
  3. Waaah kece banget Mba aplikasinya. Kebetulan saya punya anak yang suka banget tanya-tanya “buk ini bunga apa, itu namanya apa?” Hahaha suka bingung jawabnya. Nanti saya coba aaah

    ReplyDelete
  4. Wah bagus juga nih. Aku tuh meski dulu pernah masuk IPA, tapi gak semua tumbuhan aku paham. Kadang sekarang baru ngeh dan ternyata bisa buat obat padahal dulu ngiranya tanaman liar

    ReplyDelete
  5. Aku jugak gak hapal nama2 tumbuhan mbaak,
    tahunya cuma pohon mangga, itu pun karena nanam di depan rumah hehehe
    Iya nih. Mbak Mechta dan Mbak Prih ahlinya kalau soal tanaman yaah

    Untung sekarang ada aplikasinya, jadi lebih mudah yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah..kalau Bu Prih memang betul tuh ahlinya.. kalau aku, rahasianya ada pada aplikasi ini dan Mbah Gugel..wkwkw..

      Delete
    2. Mosok sih Mb Mechta? Kayaknya tanaman apa aja mudeng lho dirimu. Senang melihat postinganmu yang nanem-nanem gitu.

      Delete
  6. Bagus nih aplikasinya. Terutama buatku yang kurang familier sama nama tanaman. Aku nggak hobi berkebun tapi tante di rumah rajin nanam bumbu dapur

    ReplyDelete
  7. Bhuahahahaa..aku ngacunk dan gaptek kalo soal tanaman dan namanya mbaaa. Biasanya bener mba Mechta Tanti ayo Teh Dey yang suka tahu.

    Asik euy ada aplikasinya,hihii..
    Nah pr banget ini, ku nanam apapun ga pernah jadi dan selalu mati. Tahun lalu ku dikasih pohom mawar banyak banget sama dok Dave sana bawa, urus dengan penuh cinta.Di sulap halaman jadi kebun mawar, Hmm, tak ajak ngobrol, tak siram ya layaknya ke temen dan berhasiil donk hahahaaa

    ReplyDelete
  8. Keren yah mba lewat aplikasi aja kita bisa mengetahui nama tumbuhan / tanamannya, oiya kalau pohon2 besar bisa juga gak mba?

    ReplyDelete
  9. wah terima kasih mba buat infonya, bisa di pakai buat anakku belajar nih, biar nggak kayak ibunya dulu pas sekolah, nanya taneman apa ga ada yg tau sampe semua tetangga di tanyain hahahaaa

    ReplyDelete
  10. wah menyangkan sekali. buat yang ingin mengenal tumbuhan dan belajar aplikasi ini berguna banget pastinya

    ReplyDelete
  11. asyik beneer ya sekarang untuk cek tanaman aja pakai aplikasi booow...aku suka penasaran dengan nama bunga - bungaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma memang kuaitas tanah di tempatku agak kurang sepertinya karena sempat ditimbun. Harus rajin dirawat banget biar tanaman tumbuh baguus

      Delete
  12. Wow canggih juga ada aplikasi yang bisa membantu kita untuk mengidentifikasi jenis tumbuhan. Ibuku sering tuh nanem sesuatu tapi ga tau nama tanamannya. :)) Pasti senang kalau kuajarin pake aplikasi ini.

    ReplyDelete
  13. Aplikasi membantu kita mengenal tanaman keren banget. Wajib di bawa sama pendaki, biar tahu ini tanaman apa dan beracun, tidak?

    ReplyDelete
  14. jadi inget drakor hospital playlist yg kemaran kutonton. adegan bapak tua lagi pake aplikasi buat tahu nama tanaman apa. lalu ibu2 di sampingnya bilang: foto aku juga! ketika difoto pakai aplikasi itu, ditanya: apa namanya?
    kata si bapak: masa muda yg sudah berlalu ahaha

    ReplyDelete
  15. Waah, ada aplikasi untuk mengenal jenis tumbuhan. Bagi saya aplikasi ini bisa sangat membantu, karena anak saya sering bertanya mengenai jenis tumbuhan

    ReplyDelete
  16. Canggih banget yaaa! Jadi kita tinggal foto bunganya aja udah cukup? Hebaaat!

    ReplyDelete
  17. waaa ko menarik sih, jadi pengen cobain juga nih, harus instal dulu aplikasinya berati yaaa, mau cobain instal ah besok hihi

    ReplyDelete
  18. keren banget yah aplikasinya

    kayaknya cocok dibawa ketika pergi ke desa dan di sana banyak banget tanaman liar yang ga diketahui

    eh tapi kan lagi PSBB, ga bisa ke mana2 :D

    ReplyDelete
  19. Makin keren ya sekarang ada aplikasi yang dapat mengenali nama tanaman. Bisa jadi nanti seseorang yang belajar malah lebih menguasai nama-nama tanaman itu dibanding botanist sendiri :D

    ReplyDelete
  20. Aih mantaps banget nih aplikasi.. btw saya teh pengen rajin ngurusin tanaman tapinya kok suka sebentar aja rajinnya huhu

    ReplyDelete
  21. Saya kurang telaten mba masalah berkebun, pernah coba tanam hidroponik eh malah gak keurus hehe. Pengen coba deh aplikasinya, kayaknya bagus nih bisa sekalian ngajarin anak-anak

    ReplyDelete
  22. Baru tau ada aplikasi ini, jadi ngebantu banget ya buat kita yang ga tau macam2 tumbuhan sama bunga haha. Btw aku pengen banget punya tanaman tapi ga punya halamannya huhu.

    ReplyDelete
  23. Waw Mbak Mechtaa ternyata yaah, emang sih kulihat sering bgt posting2 ttg tanaman juga. Aplikasinya menarik, nanti klo udah bisa jalan2 keluar mau ah donlot terus coba

    ReplyDelete
  24. Lucuuu...
    Aku dulu dapet info dari temen, kalau bingung, tinggal tanya di google, semacam di pindai gitu...
    Sekarang ada apps nya gini, makin happy yaa, kak.

    Ayoo...
    Berpetualang di taman sambil cari tahu bunga apa aja yang tumbuh di sana...

    ReplyDelete
  25. Wih seru nih mbak bisa buat ngetes kemamuan soal tanam,an tapi kyknya aku sadar diri kemampuanku wkkw. Ini buat tebak2an seru kali ya. APalagi buat yang suka banget tanaman atau hobi berkebun gtu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adekku kebetulan anak biologi yg meneliti tanaman, coba kutanya apa dia tahu atau gak soal aplikasi kyk gini, kalau blm tau kan kali ini aplikasinya bermanfaat kalau kuinfokan ke dia hehe

      Delete
  26. aku kebetulan lagi suka nanam tanaman iki mbak, tapi bukan bunga2an ,. tapi cabe2an hehee

    ReplyDelete
  27. Aku nih payah banget kalau ditanya jenis tanaman padahal suka kepoan (sama jenis tanaman). Berkat ada aplikasi ini bisa bikin kita rada pinterin dikit dan ga usah kuliah ya hehehe. By the way sekitar 2 tahun lalu aku pernah miara tanaman dan fail dong. Ga telaten soalnya huhuhu

    ReplyDelete
  28. Sekarang mau belajar apa aja gampang yaa.. tinggal download aplikasi, atau lari ke pantai eh... haahhaa.. googling atau youtube mksd nya hahaha...

    ReplyDelete
  29. Wah menarik ya mba Aplikasinya. Jadi kaya kamus berbasis digital
    Ini sih ngebantu banget baik untuk edukasi atau masyarakat yang ingin berkebun

    ReplyDelete
  30. Wah keren banget ini. Anakku suka banget ngajal jalan dan tanya ini itu. Apalagi tentang hewan dan tumbuhan di sekitar rumah

    ReplyDelete
  31. Wah enak nih skrg udah aplikasi kayak gini. Penting nih buat anak2. kalo ibunya ditanya gak tau bisa tanya ke PlantNet ini juga nih.

    ReplyDelete
  32. Hehe toss mbak. Yang paling hapal di luar kepala ya bunga mawar dan melati. Wah bagus banget ini aplikasinya, baru tahu. Jadi gampang yah mengidentifikasi tunbuhan

    ReplyDelete
  33. Sekarang zamannya sudah dipermudah ya, apa apa tinggal buka hp. Salah satunya Planet ini. Aku baru tau lho xixixi. Lumayan terbantu banget ya.

    ReplyDelete
  34. walau dulu pas SMA aku anak IPA tapi pengetahuanku akan tumbuhan dan bunga-bungaan bisa dibilang cetek banget huhuhu. boleh juga nih aplikasinya. makasih ya mba

    ReplyDelete
  35. Wah, benih bunga mawar dalam bentuk biji? Baru ngerti kalau nanam bunga mawar ternyata bisa dari biji ya. Harganya lumayan ramah, 30 biji seharga 25k.

    selama ini, aku nanam mawar dg cara menanam potongan ranting mawar yg ada lingkaran serupa (calon) akar.

    ReplyDelete
  36. Wah beneran ya keren loh, aku juga minim banget tahu tentang perbungaan kalau kayak gini jadi tinggal buka aplikasi cekrek ketauan deh bungan apa ya mba :) kefikiran ya mereka yang bikin hahaha

    ReplyDelete
  37. Waaah beneran ternyata ada aplikasi secanggih itu mbak? Saya sering gak tau itu bunga atau tanaman apa pas anak -anak nanya. Kayaknya perlu dicoba undih nih aplikasinya. Salutt bangêt sama yang bikin aplikasinya ya Mbak

    ReplyDelete
  38. Wah aku baru tau banget tentang aplikasi ini. cocok bgt kayanya deh buat aku dan suami yang baru baru ini menggemari tanaman. hihi. maaci sharingnya mak Lid

    ReplyDelete
  39. Wah, aplikasinya baguuus. Anakku pasti suka, nih. Makasih sharingnya, Mbak. Ntar aku mo coba download juga ah.

    ReplyDelete
  40. Wah keren ini mbak aplikasinya. Pengen juga nyoba, meski lulusan pertanian kadang ada yg ngak kenal juga dengan beberapa jenis tanaman yg ditemui di lapangan.

    ReplyDelete
  41. Aku masih milih-milih kalau tanaman. Paling deg2an pelihara taneman. Tapi kalau nyari2 ini tanaman apa pakai aplikasi seru juga

    ReplyDelete
  42. Aku juga suka tanaman mba,, dari bunga sampe buah-buahan,, kalo bunga lumayan bisa dipake buat properti foto biar manis gitu,, tapi aku baru tahu ada aplikasi editifikasi gini, berarti kalo beli taneman online ga takut ketipu ya bisa dicek pake aplikasi ini

    ReplyDelete
  43. Aplikasi baru yah, duh saya baru tau hehe. Kudet memang. Wajib donlod nih biar paham nama - nama / jenis tumbuhan. Thanks sharingnya mbak Fit.

    ReplyDelete
  44. Sama neh saya juga banyak nama tanaman bunga yang belum faham. bisa ikutan belajar via aplikasi PlanNet ya. Makasih infonya Mbak.

    ReplyDelete
  45. Hahaha aku sudah pake aplikasi ini tahun 2018 kalau ga salah
    Saat ngajar di Steemit Online tentang keluarga Multimedia

    ReplyDelete
  46. Ya ampun aku baru tau aplikasi secanggih itu, secara selama ini tanya tulip, mawar dan melati hehe. Aku mau coba pakai juga ah, ternyata pakainya mudah. Makasih infonya mba Lidya :))

    ReplyDelete
  47. Baru tahu ada aplikasi Planet kebetulan suka butuh nih buat identifikasi anggrek2 d rmh . Mau coba akhb

    ReplyDelete
  48. Makin keren aja aplikasi jaman sekarang, sampe jenis tumbuhan dan bunga pun bisa dicari tau melalui aplikasi. Keren sih ini.

    ReplyDelete
  49. Aku juga sering nih mba ditanyain nama bunga sama krucils. Trus klo aku gak tau, bingung deh nyari tau dimana. Klo ada aplikasi ini, gampang ya tinggal foto aja.

    ReplyDelete
  50. Bisa dicoba nih Mbak, aplikasinya, sangat membantu banget terutama buat saya. Pada dasarnya saya nggak begitu suka berkebun alasannya nggak mau ketemu cacing hihi.

    Sehingga jika ditanya ini pohon apa, itu bunga apa, nggak tahu. Ibaratnya tuh, pohon mangga jika belum ada buahnya saya nggak bisa nebak, hehe parah yaa :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...