Ternyata Olahraga Plank Itu Mudah Kalau Tahu Manfaatnya

Monday, April 27, 2020
Ternyata Olahraga Plank Itu Mudah Kalau Tahu Manfaatnya. Sudah lebih dari satu bulan kita berada di dalam rumah untuk menjalankan social distancing atau menjaga jarak sesuai anjuran pemerintah untuk mengurangi penyebaran pandemi yang sedang terjadi. Banyak meme bermunculan yang mengatakan inilah waktunya kalau ingin menjadi pahlawan hanya dengan rebahan saja sudah sangat membantu. Memang asyik kerjaan cuma makan, tidur, nonton, rebahan tapi lama-lama pastinya bosan melakukan kegiatan yang monoton apalagi jika kurang gerak bisa-bisa berat badan juga ikut naik.  Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah untuk menjaga kebugaran tubuh selama di rumah aja salah satunya adalah olahraga plank.



Mengenal Olahraga Plank


Jujur aja selama di rumah aja saya juga banyak males-malesan kok, tapi kok lama-lama badan jadi pegal dan mudah lelah. Sesekali saya melakukan olahraga sepeda statis. Nah kalau lagi datang malasnya yang penting gerak apa aja deh kaya main hula hoop, sip-up atau plank.

Plank memang olahraga yang minim gerakan, wong cuma diem aja kaya gitu, tapi bisa ngeluarin banyak keringat lho dan ngos-ngosan juga. Plank merupakan salah satu olahraga kardio yang bisa memperkuat jantung dan paru-paru. Jika dilakukan secara rutin, plank bisa membakar kalori lebih banyak dan bermanfaat untuk menguatkan otot inti pada tubuh terutama pada otot perut dan pinggang.

Untuk mengetahui cara melakukan plank yang benar bisa lihat aja panduannya di youtube, kalau saya awal belajar plank waktu latihan yoga. Ada banyak variasi plank yang bisa dilakukan di rumah seperti single arm plank, single leg plank, side plank, reverse plank, knee tuck plank, dan lainnya.

Untuk pemula plank bisa dilakukan sebentar saja dulu misalnya 10 detik lalu ditingkatkan menjadi 30 detik hingga 5 menit kalau sudah terbiasa.

Manfaat Lain Plank


Ternyata melakukan olahraga plank bisa memperbaiki postur tubuh bungkuk misalnya. Nah, ini cocok kan saya lakukan karena postur saya juga agak-agak bungkuk serta meningkatkan kelenturan tubuh.

Buat yang punya perut yang tidak rada, plank bisa mengencangkan perut dan mengurangi kelebihan lemak perut. Tuh kan yang mau ngecilin perut cobain aja plank, gak cuma itu kalau rutin dan teratur bisa juga menurunkan berat badan.

Menurut informasi yang saya baca waktu terbaik melakukan plank adalah siang hari karena otot sendi tulang belakang sudah terbiasa beraktivitas, beda halnya kalau pagi hari yang masih dalam keadaan kaku.


Women Workout


Berusaha olahraga rutin dan teratur itu berat ternyata ya, walaupun gerakan mudah sekalipun, itu berdasarkan pengalaman saya makanya harus diniatkan banget. Saya sampai install Google Fit supaya bisa mengukur aktivitas gerak saya dalam sehari apakah sudah cukup atau belum. Dari sini juga saya bisa mengetahui jumlah kalori yang sudah saya buang dari berbagai aktivitas tersebut.



Untuk memaksimalkan gerakan saya juga men-download aplikasi Female Fitness - Women Workout pada smartphone. Ada berbagai pilihan challenge yang bisa dilakukan mulai dari Full Body, ABS, Butt, Arm hingga thigh. Pilih saja sesuai kebutuhan. Kalau saya memilih challenge full body. Setiap melakukan challenge ini gak lama kok sebetulnya sekitar 7 menit saja nanti diselingi dengan istirahat jadi total lamanya waktu kira-kira setengah jam.

Enaknya lagi saya dipandu gerakannya melalui video maupun instruksi dari pelatihnya yang ada pada aplikasi tersebut. Hasil challenge yang sudah dilakukan juga bisa disinkronisasikan ke Google Fit.

Dari setiap challenge yang dilakukan setiap harinya, pasti ada gerakan plank juga di dalamnya. Jadi dengan melakukan women workout ini saya juga otomatis sudah melakukan olahraga plank di dalamnya. 

46 comments

  1. saya juga biasanya exercise 30 menit dengan sepeda statis.
    kalau plank... saya belum bisa euy... haha

    ReplyDelete
  2. Duuuh...kenapa tiba-tiba lirik tumpukan lemak di perut ya hehehe...
    Boleh juga nih cobain Google Fit dan Female Fitness. Udah kelamaan aku nggak workout, badan jadi ga enak ya, lemak nimbun semua.

    ReplyDelete
  3. Tuuh kan seruu banget plank, kek sepele padahal mah keringetan.
    Aku kalo tiap sabtu dijejelin workout di klinik Mba Lid, biar sehat ceunaah dan manfaatnya banyak banget, seperti yang diatas ntu.

    jadi sekarang pun paling plank 5 menit cukup.

    ReplyDelete
  4. waa aku pernah nih nyobain plank, ternyata sulit juga yaa hihihi, aku cuma tahan sebentar nih, gabisa lama lama hehehe

    ReplyDelete
  5. Iya aku tau plank itu bermanfaat & mudah. Tapi baru beberapa kali trus males & lupa lagi. Padahal sehari-hari ndlosor di karpet. TInggal tengkurep aja kok lupaaa terus. Kudu ngumpulin motivasi nih.

    ReplyDelete
  6. Wow, thanks infonya Mbak. Di bulan Ramadhan ini olahraga mungkin bisa dilakukan bada ashar ya, hehe

    ReplyDelete
  7. kalau saya lagi mulai tabata sama anak-anak.

    biasanya sore sehabis asar gitu.

    eh, ada juga google fit, ya. baru tahu saya.

    ReplyDelete
  8. Saya pernah beberapa kali melakukan gerakan plank loh, Mbak. Iya meskipun hanya 'diam' tapi cukup capek karena itu kan menahan berat badan dengan posisi telungkup yaa. Intinya memang tetap harus berolah raga supaya tetap sehat jiwa raga meskipun hanya di rumah saja.

    Yang suka download aplikasi olah raga dengan banyak gerakan ini anak saya sih, saya hanya ikutan saja :)

    Senangnya bisa ketemu Mbak Lydia lagi, peluukkk :)

    ReplyDelete
  9. Belum pernah nyoba sih plank ini. Kelihatannya simpel tapi butuh tenaga yang kuat juga

    ReplyDelete
  10. plank ini sempet ngetrend di jaman-jaman aku kuliah dulu. baru tau kalo ternyata banyak manfaatnya, ya.. ku kira cuma iseng-iseng main2 doang.. hehe :D

    ReplyDelete
  11. Waah..olah raga adalah salah satu yg miniim sekali kulakukan (bisa dibilang ngga pernah, hiks..). TRIms mba, jadi semangat tuk.mulai.lagi nih aku..

    ReplyDelete
  12. saya nggak bisa yoga euy, badannya kaku soalnya, pernah coba akhirnya malah jadi bahan tertawaan teman2 :)

    ReplyDelete
  13. Mak Lid kereeenn euy!
    Tetap langsing memesona kalo rajin olahraga ya
    Daku juga berupaya tetep olga meski puasa

    ReplyDelete
  14. Iya mba. Awal-awal masih rutin dan semangat melakukan peregangan tubuh, tapi lama2 bablas. Emang kudu punya aplikasi Female Fitness - Women Workout di hp agar semangat ikut challenge-nya. Mau tak mau olahraga bakal jadi rutin ya.

    ReplyDelete
  15. Hebat nih Mba Lidya. Soalnya kayaknya kok lumayan susah yaa? padahal pengen juga ngecilin perut

    ReplyDelete
  16. Aku baru denger plank ini, tapi dilihat dari gerakannya sepertinya sering liat. Meuni berat euy pas melakukan plank ini, tapi dilihat dari manfaatnya sepertinya harus dirutinkan lagi ya. hihi

    ReplyDelete
  17. Plank berasa bangeeet berat huahaha..dan memang bagus. Tapi aku cukup menikmati yoga yang walaupun ngga loncat - loncat tapi keringatnya mantaaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat lia yang kurus plank memang mudah..buat aku yang gemuk ini perjuangan hahahaha. Tapi memang buisa dilatih siiih

      Delete
  18. aku inget dulu pas sma aku sering liat temen2 ngeplank saat pelajaran olahraga. katanya susah sih, aku sama sekali nggak bisa hehe

    ReplyDelete
  19. Waktu masih fitness mbak dan suka pilates saya suka melakukan gerakan plank ini mbak dan manfaatnya membakar kalori dan lemak jadi perut juga bisa kecil mbak.

    ReplyDelete
  20. Aku baru mulai nih nge-plank soalnya semenjak puasa nggak olahraga sama sekali jadi rencananya di rumah mau nge-plank aja pengen ngecilin perut haha.

    ReplyDelete
  21. Aku juga bosen diem rebahan mulu, Teh. Jadi rajin ngeyoga hihihi terus emang bener pas pose plank ini bikin pegel, gemeter dan keringetan. Padahal keliatannya (((keliatannya))) kayak gampang

    ReplyDelete
  22. Wah gerakannya variatif juga ya Mbak Lid, aku biasanya olahraga lihat acara senam di TV kabel lumayan tiap hari beda jenisnya hihi kadang zumba, yoga, aerobik..

    ReplyDelete
  23. lah sama aku pun workout kayak gitu di rumah, mbak. kadang ikutin orang2 di instagram, kadang ya udahlah yang penting gerak haha lumayan sih minimal 15 menit udah enteng banget di tubuh

    ReplyDelete
  24. Aku baru denger islitah Plank ini
    Jadi bisa dibilang salah satu gerakan Yoga ya ?
    Tips yg menarik untuk jadi renrensi olahraga ringan selama di rumah aja

    ReplyDelete
  25. Kemarin-kemarin aku rajin yoga lho, makin ke sini tugas anakku makin menggila akhirnya, ya gitu deh. Btw aku udah install aplikasi semacam ini dan emang lumayan membantu buat kita-kita yang gak bisa ke gym. Nex time mau aku ikutin lagi deh. Itung-itung pengganti bolos yoga, hehe

    ReplyDelete
  26. Aku pernah nyobain, gak tahan lama-lama Sis, berat di tubuh bagian tengah wakakaka

    ReplyDelete
  27. Plank ini sebenarnya asik hehe tapi memang harus dibiasakan.. dan bener banget manfaatnya sangat banyak.. jadi ingin install google fit juga deh untuk parameter harian juga.. supaya senantiasa fit

    ReplyDelete
  28. Wah ada appsnya juga ya. Jadi pgn coba di rumah. tapi beli matras yoganya dulu deh..

    ReplyDelete
  29. Olahraga menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan selama pandemi ini ya mbak, selain kegiatan positif juga tambah bugar dan prima, InshaAllah imun kuat dan ngga mudah sakit

    ReplyDelete
  30. Huah mba Lid, ini sering anakku lakukan oh namanya plank aku ya ga kuat lama2 wkwkwk tp kalau biasa sih pasti bisa yah

    ReplyDelete
  31. wah asyik nih mba saya belum pernah mencoba olah raga plank ini sempat tahu sih tapi belum mencari tahu lebih jauh. Ternyata manfaatnya bagus ya jadi pengen noba deh..

    ReplyDelete
  32. Aih aku tuh kadang nggak konsisten buat olahraga. Download aplikasi sering terabaikan. Tapi puasa ini niat buat lebih sehat ah. Makasih mentorkuuu

    ReplyDelete
  33. Sekarang enak ya ada aplikasi di smartphone buat bantuin kita dan instrukurin kalo mau olah raga. Maacih mba. Mau nyobain juga ah. Hehehehe

    ReplyDelete
  34. Ampuuun, Mba kalau saya disuruh ngeplank. Nggak kuat. Padahal itu bagus ya buat pembakaran kalori kita. Sederhana gerakannya tapi susah prakteknya.. huhuhu

    ReplyDelete
  35. Aku tahu manfaatnya banyak kakak, tapi suka gak kuat kakak wkwkwk #alesyan.
    Sebenarnya alu lbh suka renang atau sepedaan gtu yg fun dan gak kerasa capek pdhl gerak juga haha. Kalau plank hampir jarang xixixii
    Wah baru tau ada google fit, ntr aku liat deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rumah yang rajin ngepklank itu suamiku, aku bagian menghitung aja hehe. Emang kudu konsisten olahraga supaya sellau sehat ya mbak :D

      Delete
  36. Aku belum pernah plank. Tapi sempat ikut body performance.
    Warbyasak~
    Kayanya badan itu punya semacam kesukaan dalam berolahraga yaa..?
    Kaya ga ngefek apa-apa di badan, cape doank gitu...kak Lia.

    Jadi olahraga yang udah aku lakukan sepanjang hidupku, paling ngefek ituuu...zumba.
    Hehehe....rasanya abis zumba itu happy dan jadi cepet kenyang kalo makan. Stamina pun oke bangeett.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ah...ikutin tips kak Lia.
      Semoga BB ini manut, turun dan perut pun melangsing.
      Aseekk~

      Delete
  37. Pas baca di awal-awal, aku mikir, seperti gerakan yoga. Ternyata...

    Kubanyangkan kalau aku mau konsisten olahraga plank ini perutku yang bergelambir ini bisa kencang lagi.

    Selama WFH ini aku malah berusaha untuk meditasi, Mbak. Nyobain meditasi.

    ReplyDelete
  38. saya baru nyobain plank yg kayak di foto pertama itu mbaak. itu juga gara2 tugas olahraga anak saya hahaha. tp betul ya, olahraga diem gitu tp ngos2an dan makan energi bgt. jd pengen belajar posisi lainnya aah

    ReplyDelete
  39. Baca ini langsung berasa insecure sama tumpukan lemak di perut. hahaha.
    Aku barusan nyobain juga, mbak. Karena bobot yang berlebih mungkin, ya. Rasanya suliiiit. Lengan dan pahaku pegel, euy. Tapi butuh ketekunan mungkin, ya. Kalo cuma sekali dilakuin ya ga ada efeknya. hehehe

    ReplyDelete
  40. Saya baru tahu tentang olahraga plank ini, dan langsung tertarik waktu baca sampai di bagian "plank bisa mengencangkan perut dan mengurangi kelebihan lemak perut."

    ReplyDelete
  41. alhamdulillah, aku baru buka puasa.
    abis ini mau coba praktikin plank ah
    semangaattt

    ReplyDelete
  42. Wah aku olahraga juga tapi tidak terukur dan tidak jelas Apa nama gerakannya Bolehkah sesekali melakukan gerakan ini Mana tahu bisa kurus hahaha

    ReplyDelete
  43. Wah,samaaan mbak aku juga pakai google fit, lumayan lah ya bisa tahu hasil dari aktivitas fisik sehari-hari. Sayangnya hape harus dibawa ketika joging gitu, hehehe. Btw, saya udah coba juga aplikasi workout gitu tapi kadang cuma seminggu dah malas lagi, kurang motivasi deh kayaknya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...