Kesehatan Mental Bisa Dijaga Dengan Melakukan Hal Mudah Berikut Ini

Friday, May 22, 2020
Saya terbiasa pergi beraktivitas di awal waktu baik untuk bertemu dengan teman maupun menghadiri sebuah acara. Selain alasan gak mau terlambat juga jaga-jaga di jalan ada kendala misalnya terjadi kemacetan yang bisa menyebabkan saya menjadi stres.

Keadaan cemas seperti itu mungkin masih bisa dikatakan hal yang wajar dan normal. Adanya rasa cemas ini adalah reaksi alami dari tubuh kok dan ada manfaatnya buat kita agar lebih waspada dan hati-hati. Dalam kasus saya tadi menjadikan saya selalu menaati waktu jika ada janji temu.




Seseorang juga bisa cemas dalam hal lainnya, tapi jika kecemasan sering terjadi atau berlebihan bisa jadi ini tanda-tanda dari gangguan kecemasan. Biasanya hal ini bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Gangguan kecemasan ini adalah salah satu gangguan mental yang perlu diwaspadai. Mungkin selama ini kita hanya memperhatikan kesehatan fisik saja padahal kesehatan mental juga sama pentingnya untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Mengenal Kesehatan Mental


Kesehatan mental merupakan kesehatan yang berhubungan dengan psikologis, emosional, dan sosial. Kesehatan mental yang baik berguna bagi kita untuk menentukan sebuah pilihan, berhubungan dengan orang lain, dan mengatasi stres. Gimana bisa mengatasi hal-hal tersebut coba kalau kesehatan mentalnya terganggu.

Mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental mempunyai tanda-tanda yang berbeda misalnya makan terlalu banyak atau sedikit, tidur sepanjang hari atau malah begadang semalaman. Tanda lainnya yang sering terjadi adalah merasa putus asa, marah-marah, cemas yang berlebihan hingga ingin menyakiti diri sendiri.

Nah, penyebab dari gangguan kesehatan mental ini juga ada beberapa hal seperti trauma di kehidupannya, cedera pada bagian kepala, faktor keluarga yang juga memiliki gangguan kesehatan mental, stres berat yang berkepanjangan, dan lainnya.

Ternyata perempuan mempunyai risiko yang lebih tinggi mengidap depresi serta kecemasan, misalnya setelah melahirkan bisa menimbulkan baby blues.

Supaya Gak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental


💗Berpikiran positif

selalu berpikiran positif pada diri sendiri agar mental atau kejiwaan makin kuat. Dengan menghargai diri sendiri lebih baik maka akan membuat kita bisa menjalani hidup lebih santai dan optimis.


💗Aktivitas Fisik

Jangan dipikir kalau aktivitas fisik atau olahraga hanya baik untuk kesehatan fisik saja lho, ternyata dengan melakukan aktivitas fisik tubuh akan melepaskan endorfin untuk membantu meningkatkan suasana hati serta mengatasi stres serta kecemasan yang sedang melanda.

Gak perlu olahraga berat, lakukan sesuai kemampuan misalnya jalan kaki di sekitar rumah agar mendapatkan sinar matahari yang baik untuk meningkatkan serotonin di otak.

💗Istirahat Dengan Cukup

Jangan memaksakan diri menyelesaikan pekerjaan jika kita sedang mengalami gangguan kecemasan karena hasilnya juga tidak akan maksimal. Cobalah untuk beristirahat sejenak atau melakukan tarik napas dalam-dalam sambil menutup mata juga baik untuk mengatasi stres. Tidur tepat waktu dan teratur di jam yang sama uga bisa memperbaiki suasana hati

💗Curhat

Kadang kala kita ingin mengeluarkan unek-unek yang ada di dalam hati keluar, kamu bisa bercerita pada seseorang yang bisa dipercaya misalnya keluarga atau sahabat dekat. Biasanya dengan mengeluarkan isi hati kita akan merasa lega dan bisa bersemangat kembali.

Selain itu kita juga bisa curhat pada Yang Maha Kuasa dengan berdoa dan memohon pertolongan kepada-Nya agar apa yang sedang kita alami memiliki jalan keluar.

💗Mencari Pengobatan Yang Tepat

Kesehatan mental yang tidak ditangai lama-lama bisa berkambang menjadi sakit jiwa. Untuk mengatasinya harus menghubungi psikolog atau psikiater agar penyakit yang dialami segera sembuh.

Kalau kamu merasa sedang mengalami kesehatan mental tapi gak tau harus cerita ke siapa dan bagaimana harus mengatasinya bisa berkonsultasi dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc lho. Manfaatkan fitur Talk to a Doctor.

Halodoc merupakan aplikasi yang melayani konsultasi dengan dokter umum maupun spesialis, pembelian obat dan menyediakan artikel-artikel kesehatan bermanfaat bagi kita yang sedang mencari informasi kesehatan.

Berobat jangan menunggu parah, buat janji dengan dokter sekarang lebih mudah melalui Halodoc supaya kamu bisa sembuh lebih cepat.



Apa teman-teman pernah mengalami gangguan kecemasan hati-hati lho kalau tidak segera diatasi penyakit kesehatan mental ini nanti aktivitas kamu terhambat. Oh ya jika di sekeliling kita baik keluarga atau teman sedang mengalami kesehatan mental dukung mereka yuk, perawatan medis saja tidaklah cukup karena mereka juga membutuhkan dukungan pasangan, keluarga, dan lingkungan agar dapat sembuh kembali.


21 comments

  1. Trimakasih informasi nya kak... kesehatan mental memang banyak pengaruhnya bagi kehidupan kita sehari-hari.
    Jangan sampai hubungan dengan orang-orang terdekat maupun lingkungan sosial kita terganggu gara-gara kesehatan mental yang rendah. Mental sehat, pasti hidup kita pun lebih bahagia.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget kak, dalam tubuh yang sehat pastinya kita dapat melakukan hal hal yang lebih positif. Cari teman curhat ini yang sedikit harus di pilih agar tak membuat makin rumit suasana hahaha

    ReplyDelete
  3. Kadang orang malah gak menyadari kalo dirinya sedang mengalami gangguan kesehatan mental.. Kalo ada sarana konsultasi gratis begini pasti banyak yang bisa mendeteksi lebih dini dan tertangani dengan tepat ya.

    ReplyDelete
  4. Tipsnya benar2 membantu. Aku sendiri punya cara utk menyeimbangkan kesehatan mental yaitu dg cara journaling.

    ReplyDelete
  5. Duh, jangan sampai deh saya mengalami masalah kesehatan mental. Pernah sih beberapa kali galau atau resah, tapi setelah curhat-curhatan dengan Yang Maha Kuasa, perasaan pun menjadi plong. Semoga kesehatan mental kita selalu terjaga, ya, mba..

    ReplyDelete
  6. Curhat sama Allah lewat Al-Quran yang paling cepet bikin tenang. Asalkan ikhlas aja bacanya. Trus bikin diri sendiri happy juga penyebab kita bisa sehat lahir batin :D

    ReplyDelete
  7. Aku sebenernya seneng karena sekarang-sekarang ini masyarakat udah lebih aware dengan kesehatan mental. Dengan banyaknya public figure yang speakup dan open tentang hal ini, dll.. Untuk menjangkau pengobatan atau treatmentnya pun sekarang cukup mudah ya mbak

    ReplyDelete
  8. Mbak Lia, itu sepertinya ada kata "gangguan" yang hilang di kalimat ini:
    - "...penyebab dari kesehatan mental"
    dan di subjudul "supaya gak mengalami kesehatan mental"

    Satu kata yang hilang, artinya langsung berubah :))

    ReplyDelete
  9. Aku termasuk yang juga lebih baik bersiap jauh-jauh waktu untuk menghindari stress, mba. Maklum, usia jg mempengaruhi, lebih mudah cemas ya.
    Untungnya ada aplikasi Halodoc yang bisa membantu kecemasan utk menjaga kesehatan mental ya.

    ReplyDelete
  10. yang penting setelah corona selesai kesehatan mental manusia pasti kembali normal lagi hehe

    ReplyDelete
  11. Apalagi di kondisi stay at home sudah 3 bulanan lumayan stressfull ya mbak jika tidak punya kegiatan positif

    ReplyDelete
  12. Wah tips yg sangat bermanfaat ini...
    Sebenarnya cukup mudah ya menjaga kesehatan mental itu

    ReplyDelete
  13. Saya setuju dengan poin curhat ini. Karena banyak kasus kesehatan mental yang berujung bunuh diri karena merasa buntu tidak menemukan jalan keluar. Jika saja mereka curhat mungkin akan ada jalan keluar setidaknya beban mentalnya sedikit teringankan.

    ReplyDelete
  14. Istirahat cukup itu penting banget sih untuk menjaga biar kita tetap waras dan bisa berpikir positif, termasuk membuat mood kita tetap terjaga setiap harinya.

    Enaknya jaman sekarang, kalau mau konsultasi bahkan urusan kesehatan mental, tinggal klak klik di Halodoc.

    ReplyDelete
  15. Makasih tipsnya mba. Aku mau cobain fiturnya di Halodoc ah. Aku kadang mengalami gangguan kecemasan, sama kadang rasanya males ngapa-ngapain dan badan serasa remuk padahal enggak habis beraktivitas berat. Dan sekarang lebih memilih banyak curhat ke Allah aja dibanding ke orang. Karena kadang suka males lagi curhat eh dipotong dan malah serasa disudutkan gitu sih. Padahal kadang enggak minta pendapat, cuma minta didengerin aja biar gak dipendem sendiri :(

    ReplyDelete
  16. ini nih, istirahat yang cukup belum kulakukan dengan baik. Jam tidur jungkir balik huehehe

    ReplyDelete
  17. Saya seeing tertarik dengan bahasan mental illness karena seringkali diabaikan dibandingkan dengan kesehatan fisik, kadang sering menolak sama mental illness ini padahal bisa menimpa siapa saja ya

    ReplyDelete
  18. Sarannya ngena bgt di hati kak..
    Kesehatan itu penting ternyata, aplagi kesehatan mental biar tidak stress.

    ReplyDelete
  19. Aku selalu tertarik juga dengan bahasa mental illness karena kebetulan aku OCD, yang kadang kalau tak se-perfect yang aku mau malah akunya stres sendiri. Nah kebanyakan orang gak sadar lho dirinya ada gangguan, makanya perlu banget sebenarnya mengenai mental illness ini dipelajari. Dan solusi yang berhasil aku lakukan ya perlu ada jadwal khusus untuk konsultasi dengan ahli dan di rumah rutin terapi melalui kegiatan ngejurnal dan writing for healing untuk mengenali diri sendiri

    ReplyDelete
  20. setuju banget mb. Sudah byk bukti bahwa hal yg pertama kali untuk menyehatkan mental adalah selalu berpikiran positif supaya terbawa suasana yg baik dan tenang dalam kondisi apapun. Jadi kesehatan mentalnya tidak gampang goyah atau terganggu.

    ReplyDelete
  21. Kesehatan mental penting banget buat kesehatan fisik, curhat terutama sama yang Maha Kuasa bisa jadi obat ampuh menurutku :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...