Stress Karena Macet, Ini Cara Mengatasinya

Saturday, March 16, 2019
Bagi masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya kemacetan adalah hal yang biasa terjadi, apalagi di pagi dan sore hari di mana jam-jam tersebut banyak orang yang sedang pergi dan pulang kerja. Tidak sedikit orang yang mengalami stress akibat mengalami kemacetan saat di jalan raya.



Datang on time adalah salah satu cara untuk menghindari stress karena terlambat sampai tujuan akibat macet di jalan raya. Makanya saya selalu menyiapkan waktu lebih awal jika ada janji bertemu dengan orang lain atau menghadiri suatu acara. Sering juga saya datang in time atau lebih cepat 30 menit sampai 1 jam sebelum acara agar lebih nyaman dan santai. Maklum saja saya suka deg-degan dan berkeringat kalau terlambat atau datang terburu-buru.

Kemacetan memang tidak bisa dihindari, apalagi tiap orang punya kepentingan dan aktivitas yang berbeda. Jangan stress karena macet, ini cara mengatasinya :


Mendengarkan Musik


Mendengarkan musik favorit merupakan salah satu cara saya untuk mengusir rasa bosan dan mengantuk dalam perjalanan baik naik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bawa saja earphone atau headphone agar tidak mengganggu penumpang lain di bis yang kita tumpangi.

Saya biasanya mendengarkan musik dari aplikasi spotify dengan pilihan lagu kesukaan supaya menambah semangat. Kalau saya cenderung bisa mengatasi rasa bosan karena macet di jalan, masalahnya adalah kalau bepergian bersama anak-anak. Makanya kalau di mobil selalu musik pilihan mereka yang selalu terdengar.




Nonton Film atau Membaca

Mungkin buat sebagian orang akan merasa pusing atau mual ketika nonton atau membaca dalam perjalanan. Tapi, buat saya yang sudah terbiasa tidak lagi merasakan hal tersebut lagi. Lagi-lagi saya mengandalkan aplikasi streaming film pada ponsel untuk menonton film serial yang sedang tayang di Netflix.

Karena ada batasan menggunakan ponsel dalam perjalanan, makanya anak-anak juga selalu membawa buku bacaan kesukaan mereka saat bepergian meskipun buku yang dibawa sudah berulang kali dibacanya.


Ngobrol Dengan Teman Seperjalanan

Ngobrol dengan teman seperjalanan atau lewat aplikasi chat di ponsel merupakan cara mengatasi stres akibat kemacetan. Hal tersebut bisa saya lakukan dengan catatan saya tidak sedang mengendarai kendaraan sendiri, alias duduk manis di mobil atau bis.

Pernah saya mengendarai mobil dari Cikampek menuju Bekasi memakan waktu 9 jam, Allhamdulillah anak-anak gak rewel. Kuncinya ajak ngobrol aja, dan saya sebagai orang dewasa juga jangan menunjukkan perasaan kesal atau stress selama macet.


Sediakan Camilan dan Minuman Sehat

Selama ini sih dalam keadaan macet seperti apapun anak-anak tidak pernah rewel, asalkan di mobil disediakan camilan dan minuman yang bisa mereka konsumsi. Kalau perut terisi Insya Allah mereka selalu ceria. 

Bawa camilan dan minuman sehat agak banyak kalau bepergian dengan anak-anak untuk menghindari kemacetan yang luar biasa. Saya biasanya membawa buah potong, roti, dan air mineral sebagai camilan.


Olahraga Dalam Kendaraan


Jangan membayangkan olahraga dengan aktivitas gerak seperti olahraga pada umumnya ya. Di dalam kendaraan pastinya ruang yang tersedia juga sempit, tapi tidak menutup kemungkinan seseorang untuk melakukan olahraga lho. Olahraga ringan bisa membuat badan kembali menjadi segar dan bugar. Gerakan-gerakan tertentu dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Baca juga : Lakukan 4 Prinsip Ini Ketika Melakukan Aktivitas Fisik

Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan antara lain peregangan leher, punggung, lengan, hingga kaki.

Stress bisa terjadi pada siapa pun baik orang dewasa maupun anak-anak. Jika tidak ditangani stress berlebih bisa menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh dan menyebabkan depresi hingga kematian.

Tubuh kita ternyata mampu membaca stres yang sedang dialami sebagai sebuah ancaman. Ketika itulah tubuh melepaskan hormon stres seperti adrenalin, kortisol, dan norepinefrin dengan jumlah yang banyak untuk melindungi diri. Hormon tersebut bekerja menghentikan fungsi tubuh yang sedang tidak diperlukan, misalnya pencernaan.

Nah itu cara saya mengatasi stress dalam kemacetan. Kalau teman-teman biasanya mengatasi stres dalam perjalanan ketika menghadapi kemacetan dengan cara seperti apa? 

35 comments

  1. Hihihih, disini belum kenal macet separah Jakarta atau kota besar di Jawa siih Mbak. Paling juga karena perbaikan jalan atau di bulan Ramadhan tuh yg berdesakan di jalan. Jadi stress di jalannya masih biasa ajah, hihih. Bener tuh Mbak, klo jalan ama anak-anak harus sedia cemilan yg banyak biar mereka gak rewel, karena selama mereka mengunyah mah bisa anteng yah, hihihih

    ReplyDelete
  2. Karena aku berkendara pakai motor, seringnya kalau melewati macet sambil nyanyi-nyanyi, Mbak. Hahaha. Beda cerita sih ya, kalau pakai motor kan bisa nyelip sana-sini. Macetnya nggak terlalu bikin stres. Kalau panasnya itu lho, iya, bikin stres.

    ReplyDelete
  3. Alhamdullillah, kalau sedang macet, seperti saat menuju pelabuhan Merak beberapa waktu lalu, aku langsung meraih gadget, menghapus foto-foto yang tidak penting agar memori HP kembali optimal, memeriksa feed instagram, membalas komentar, memeriksa pesan WA dan lain-lain.

    ... jadi meski macet tetap bisa produktif, cie, cie...

    Semua bergantung kepada kita ya, mba.
    Para ahli bilang, "stress management"

    Begitulah...

    ReplyDelete
  4. Teman perjalanan saya biasanya tidur pules mbak...gimana dong? huehehe. Andalanku biar gak bosan saat macet biasanya sih dengerin radio, trus nyanyi-nyanyi yang kenceng =D

    ReplyDelete
  5. Boleh juga idenya. Yg penting tetap memperhatikan keamanan, ya. Kalau aku biasa menghibur diri dengan camilan 🙈

    ReplyDelete
  6. Macet bikin gak betah ya mbk dar semua cara, saya lebih memilih makan cemilan karena suka lapar kalau macet

    ReplyDelete
  7. Naiyaa...
    Aku selalu apdet lagu di USB. Biar kalo macet, bisa nyanyi sambil nari-nari.
    Anak-anak mah...malah main perosotan pake kursi depan yang direbahin.

    Eleehh~
    Tapi...lumayan menghibur laah...daripada mereka bobok.
    Aku ikutan ngantuk deeh..

    Pernah juga ketiduran pas lampu merah panjaang...
    Bangun-bangun diketok sama orang luar.

    Hadeeuuh~
    Maluuunyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nonton film di jalan, gak bisa khusyu aku...kak Lid.
      Mo nangis, nanti pas lampunya uda ijo...gajadi baper deeh...
      Huuks~

      Karena nangis adalah koentji.
      Wkkwkw~

      Delete
  8. Ke Lembang kemarin kena macet juga ngga ? Tapi ngga stress kan ..

    ReplyDelete
  9. Aku ngeras acara paling ampuh untuk mengatasi macet ya mendengarkan musik mba. Hihih. Jadi lebih tenang juga ya :)

    ReplyDelete
  10. Paling sering dikala macet aku dengerin musik sama ngobrol sih.. tapi kalo olahraga belum pernah hehe.. seru juga ya olahraga dalam kendaraan kala sedang macet.. good idea mba.. harus banyak2 cari referensi olahraga dalam kendaraan nih

    ReplyDelete
  11. Olahraga dalam kendaraan? Kalo naik motor gimans ya mba wkwk paling ya biar nggak stres kalo macet ya sama dzikir atau nyanyi wueheheh

    ReplyDelete
  12. Semuanya sering aku lakukan kecuali olah raga ringan mba ga kefikiran hahaha baru pas baca ini oh iyayah bisa juga nih dicobain kalau kena macet/ PAs macet emang yah bikin badan tuh kayak yg pegel berasa banget kayak abis lari keliling lapang padahal cuman duduk manis doang :) nice insight mba Lid

    ReplyDelete
  13. Tinggal di jakarta emang paling bisa bikin stress mbak. Kupikir bakalan enak ya karena deket orang tua, tapi masih enakan tinggal di Suly lagi. Selow banget di sana. 😅

    ReplyDelete
  14. Ini salah satu alasan aku lebih suka menggunakan commuter line mbak, walaupun harus berdesakan di jam kerja tapi paling ga waktu sampai ke lokasi lebih pasti

    ReplyDelete
  15. Kemacetan ini nih yang bikin aku lebih milih menggunakan commuter line alih alih bus, hehehe

    ReplyDelete
  16. Kalau di Semarang sih jarang mengalami stress, di sini mah jauh dekat maksimal 30 menit perjalanan saja :)) Tapi kalau di Jakarta memanglah mengerikan, kayaknya sih jarak enggak jauh tapi kok lamaaaa amat nyampenya ya. Harus menerapkan ilmu anti stressnya nih misal harus bepergian yang pake macet2 gini.

    ReplyDelete
  17. iya nih mbak, aku kalo stress langsung deh pencernaannya ga bener xD aku udah download dan install aplikasi HaloDoc, selain bisa konsultasi dengan dokter, kita juga bisa beli obat yaa.. cukup menolong disaat kondisi darurat ^^

    ReplyDelete
  18. Bener bgt ya mbak, stress itu dateng krn persepsinya sbg ancaman, kl misal kita berdamai dengan stress itu dan ada pengalihan kayak tips2 di atas, insyaa Allah deh mudah teratasi. Semuanya in our mind deh. TFS mbak

    ReplyDelete
  19. Ternyata bsa olah raga juga dalam mobil saat macet, saya seringnya cuma dengar music sambil ngemil, kalo macet bawaannya laper...;)

    ReplyDelete
  20. Music is the best one. Traffic jam is super annoying so we always get herself ready with music, books, and food

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah, udah 5 tahun terakhir bebas dari macet, Mba Li.

    Duh, kalau inget pas masih di Jakarta naik kopaja pulang kuliah muacet luar biasa. Merem salah, melek stress liat kendaraan yang mengular. Rasa-rasanya pengen teriak sambil loncat, wkwkwk.

    ReplyDelete
  22. Wah asyik ya bisa langsung curhat ke dokter yang ada di halodoc. Kalo stres, mending curhat langsung ke dokter daripada ke medsos malah dibully.

    ReplyDelete
  23. Di Jogja Alhamdulillah sih ya jarang macet (komen ala-ala orang songong) huahahahaha. Tapi beneran aku stress klo di jkt kejebak macet apalagi pas mau ke bandara ngejar flight. Sampe mules perutku. Pengalaman soalnya.

    ReplyDelete
  24. Kalo aku mesti ta gunakan buat blogwalking hahahaha utang BW banyak
    Pokoknya manfaatnya banyak ya Mba kalo macet sebenarnya

    ReplyDelete
  25. karena saya tinggalnya di daerah, saya gak pernah merasakan macet, Mba. Cuman sering banget dibuat menunggu saat naik angkutan umum. Biasanya kalo sedang menunggu gitu, yang saya lakukan adalah buka sosmed atau membaca berita-berita di muncul di timeline sosmed :)

    ReplyDelete
  26. Macet memang bikin stress yaa, Mba. Kita harus pandai-pandai mengelola stress agar gak jadi penyakit :(

    ReplyDelete
  27. Sebelum datang on time yg harus dilakukan adalah bangun lebih pagi hahaha.
    Macet emang luar biasa bikin stress ya mbak, makanya kalau saya lbh suka naik kendaraan umum aja deh, less stress, gak mikirin jalan :D

    ReplyDelete
  28. Macet memang bikin stress ya mbak , hihi tapi boleh juga nih tips di atas kalau saya paling lebih suka buka medsos saja klu terjebak macet, hehe

    ReplyDelete
  29. Macet buat aku annoying banget. Kalo pake motor ya ga bisa ngapa2in selain pasrah sama bau bensin hahhaa. Kalo mobilan ya bisa melakukan banyak hal spt yang ditulis mba lidya

    ReplyDelete
  30. Macet emang bikin stress ya mbaak. Kalo aku nggak kebayang deh kalo kenal macet sampai berjam-jam gitu. Baru sejam dua jam aja rasanya udah ga betaah

    ReplyDelete
  31. Kalau pas macet mendengarkan musik biasanya cukup ampuh mba mwngurangin stress di jalan. Atau kalau masih bete aku tinggal tidur aja hihihii

    ReplyDelete
  32. Haduh Mbak, gak kebayang kalau aku pas bosan di mobil terus olahraga hahahaa...
    Aku biasa pakai waktu untuk melihat isi gadget, misal ada foto2 yg gak penting didelete, lalu yang belum diupload, diedit dulu. :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...