Pentingnya Vitamin C Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Saturday, May 23, 2020
Selama ramadan ini saya agak susah tidur di malam hari, efeknya di siang hari jadi ngantuk terus padahal banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Waktu saya curhat ke suami, dibilang gak apa-apa tidur aja soalnya memang selama puasa waktu tidurnya kurang. Suami juga mengingatkan agar saya tidak lupa minum vitamin untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit selama menjalani ibadah puasa Ramadan.



Daya tahan tubuh atau sistem imun penting banget dijaga agar kita tetap sehat dan bisa menjalani aktivitas setiap harinya. Daya tahan tubuh yang menurun meskipun sedikit aja bisa mempengaruhi kondisi tubuh kita dan mengganggu aktivitas.

Daya tahan tubuh ini fungsinya untuk menangkal atau melindungi tubuh dari kuman yang masuk. Sistem daya tahan tubuh  terbagi menjadi dua yaitu dari genetik dan sistem adaptif yaitu pengaruh dari gaya hidup yang tidak sehat.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun


Menurunnya daya tahan tubuh dapat disebabkan oleh berbagai hal. Yang paling sering terjadi pada saya karena kurang tidur karena banyak pekerjaan atau kebanyakan nonton mungkin di malam hari. Hayo kamu termasuk yang suka begadang atau gak? Hati-hati lho kalau keseringan nanti daya tahan tubuhnya drop.

Hal lain yang dapat mempengaruhi daya tahan tubuh antara lain kurang berolahraga, konsumsi makanan tidak sehat, stres, dan pergantian musim kadang kala menjadi penyebabnya karena infeksi menjadi lebih mudah terjadi.

Beberapa kebiasaan jelek tersebut kadang saya lakukan. Tapi di masa pandemi seperti ini kita harus tetap menjaga kesehatan dengan baik supaya tidak terserang berbagai penyakit yang dapat melemahkan daya tahan tubuh dan tidak terserang virus.

Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit, kita bisa kok melakukan beberapa cara mudah walaupun di rumah saja selama menjalani physical distancing diantaranya yaitu :
⏩Minum dengan cukup
⏩Istirahat yang cukup
⏩Rutin berolahraga
⏩Mencukupi nutrisi
⏩Konsumsi Vitamin C


Vitamin C Untuk Daya Tahan Tubuh


Ngomongin Vitamin C pastinya teman-teman juga tahu ya vitamin yang satu ini banyak sekali manfaatnya bagi tubuh termasuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C ini merupakan nutrisi yang dapat larut dalam air dan sayangnya tidak diproduksi oleh tubuh kita makanya diperlukan sumber Vitamin C untuk memenuhinya.

Beberapa sumber Vitamin C terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Berikut ini beberapa jenis buah yang biasa saya konsumsi untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C.

💜Jeruk

Saya lebih suka makan jeruk yang rasanya asam dibandingkan yang manis. Jeruk yang biasa saya konsumsi bisa dimakan langsung buahnya, dijadikan jus atau infuse water. Kandungan Vitamin C yang ada di dalam jeruk kurang lebih 70 miligram bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Selain itu, buah jeruk memiliki senyawa flavonoid dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Kamu lebih suka makan jeruk secara langsung atau dijus? boleh aja sih dijus asalkan gulanya tidak terlalu banyak yang ada nanti malah penyakit lain yang muncul.

💜Jambu Biji

Jambu biji juga mempunyai kandungan Vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu jambu biji juga dipercaya bisa melawan virus dan bakteri yang disebabkan oleh infeksi.

Ada dua macam jambu biji yaitu yang berwarna merah dan putih, saya sih suka keduanya karena sama-sama enak. Lebih suka dimakan buahnya secara langsung dibandingkan dengan dijus karena lebih praktis dan cepat.

💜Nanas

Saya termasuk yang gemar makan nanas, buah yang satu ini paling sering dibeli di rumah apalagi yang rasanya manis. Selain memiliki kandungan Vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, nanas juga kaya akan serat, folat, kalium, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang serta jantung.

💜Mangga

Saya suka jenis mangga indramayu yang rasanya lebih asam dan buahnya tidak terlalu lembek, sayangnya jenis ini hanya musiman saja. Selain mengandung Vitamin C yang tinggi, mangga juga memiliki kandungan Vitamin A yang sama-sama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Selain buah-buah tersebut yang kaya akan kandungan Vitamin C, kamu juga bisa mengonsumsi buah lainnya seperti stroberi, pepaya, kiwi dan lainnya pilih saja mana yang lebih disukai asalkan kebutuhan Vitamin C kita terpenuhi.

💜Minum Suplemen

Untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, kita juga bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin misalnya yang memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat melindungi sel tubuh dari bahaya radikal bebas  juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit lho.



PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk punya produk Vitamin C 1000 dengan ekstrak lemon yang dapat digunakan untuk melengkapi kebutuhan vitamin C bagi tubuh dan membantu menjaga kesehatan tubuh setiap hari agar tetap fit.

Sido Muncul Vitamin C 1000 mempunyai kandungan yang terdiri dari madu, vitamin C, Vitamin B 12, Vitamin E, Vitamin B3, dan Vitamin B6 yang bermanfaat membantu memelihara daya tahan tubuh dan suplementasi vitamin C.

Cara minum Sido Muncul Vitamin C 1000 campurkan 1 sachet dengan 200ml  air dingin rasakan kesegarannya. Satu Dusnya berisi 6 sachet dijual dengan harga Rp9.000 bisa diperoleh di sidomunculstore.com


Ternyata mudah menjaga daya tahan tubuh asal kita teratur dan disiplin  menerapkan gaya hidup sehat serta mencukupi kebutuhan Vitamin C. Sehat selalu untuk kita semua apalagi di masa pandemi saat ini.

26 comments

  1. Baru tahu tentang produk Vitamin C 1000 dengan ekstrak lemon dari Sidomuncul ini. Bagus ya distok di rumah, selama pandemi.

    ReplyDelete
  2. Glek gleeekk glekkk, segerrr ih kalo minum vit C dari Sidomuncul.
    Aku mau ceki2 websitenya ahh

    ReplyDelete
  3. Iyaa sama banget mba Lia..klo aku kebangun tengah malem nggak bisa tidur lagi trus lanjut sahur 🤣siang ngantuk bgt.. aku baru tau ada vit c dari sido muncul.. perlu dicoba nih mba

    ReplyDelete
  4. Ternyata bukan aku aja yang siangnya di bulan pusa bawaannya ngantuk dan pengen tidur mulu hihihi. Giliran malem malah seger. Pernah lho teh jam 1 dini hari masih seger. Huaaa sebel kalau uah gitu

    ReplyDelete
  5. Wah baru tahu ada produk vitamin C dari Sidomuncul, jadi menambah persenjataan kalau pas belum sempat beli buah-buahan ya Mbak..

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu loh produk Vitamin C 1000 dari Sido Muncul. Aku pun paling suka mangga Indramayu, sama satu lagi mangga Gedong. Ada rasa asam yang khas, pasti vitamin C nya berlimpah. Tapi karena musiman, mungkin bisa diganti dengan Vitamin C 1000 ini ya

    ReplyDelete
  7. mau nyari sidomuncul vitamin c ah. biar daya tahan tubuh tetap terjaga.
    btw aku salfok sama outfitmu... keceh euyyyy

    ReplyDelete
  8. Wah aku belum coba Vitamin C 1000 dari Sido Muncul, nih. Kudu coba kayaknya soalnya aku suka minum yang seger-seger, hehehe. Termasuk buah segar juga, semua suka deh kalau aku. Hihi dasar mauan :D

    ReplyDelete
  9. Vitamin C tuh wajiiib banget memang ya mba..aku suka minum jeruk peras tiap hari tanpa gule..itu kra - kira 6 - 7 jeruk per hari hehe

    ReplyDelete
  10. Kalau aku selama musim pandemi ini buat jaga kesehatan selalu sedia jeruk Mbak. Jeruk selalu ada di rumah terus nggak sampai abis. Soalnya kemarin-kemarin vitamin C di toko-toko selalu abis terus. Wah perlu dicoba nih vitamin C dari Sido Muncul

    ReplyDelete
  11. Wah baru tau nih ada produk baru vitamin c dari sidomuncul, 1000 mg pula ya, mantap...

    ReplyDelete
  12. Bener banget namanya kondisi saat ini penting banget yah namanya vitamin ini dan aku jadi penasaran sama vitamin C 1000 nya ini jadi pengen coba

    ReplyDelete
  13. selama masa pandemi ini aku minum vitamin C juga mba buat jaga daya tahan tubuh, suamiku juga aku wajibin minum vitamin C

    ReplyDelete
  14. Vitamin C nih penting banget dikonsumsi setiap hari, apalagi keadaan seperti sekarang ini ya. Selain itu juga harus dibarengin sama olahraga agar tubuhnya tetap sehat.

    ReplyDelete
  15. Untuk memenuhi konsumsi vitamin C di rumah, saya juga selalu menyediakan jeruk nipis/lemon. Supaya bisa menambahkan daya tahan tubuh sekeluarga

    ReplyDelete
  16. Buah2an yg mengandung bit c mudah bnget y mba di Cari trus Ternyata mudah menjaga daya tahan tubuh teratur dan disiplin menerapkan gaya hidup sehat serta mencukupi kebutuhan Vitamin C.

    ReplyDelete
  17. saya sukanya mangga. kalau jeruk, gak tahu kok.perut saya gak mau nerima. anehnya kalau berupa suplemen, malah doyan yg rasa jeruk

    ReplyDelete
  18. Ngaku dehh, semenjak wfh dan ramadhan kemaren full ga tidur malam, diganti sama pagi ampe siang bobonya, alhadmulillah kemaren udah diterapi by onlen, jadinya 3 hari sebelom lebaran tepar mulu, ngantuuuuk teroos. Sekarang udah agak normal lagi tidurnya.

    Wah, aku baru tahu ini suplemen dari sidomuncul yang terbaruu, huuhhuu vit c yang pastinya menjadi pendamping buat menjaga daya tahan tubuh kita yaa.

    ReplyDelete
  19. Kebayang kesegarannya kak Lia..
    Minum vitamin C ini aku suka karena ada efek kaya minum soda.
    Hehhe...Boleh diminum untuk anak-anak usia 6 tahun ke atas jugakah?

    ReplyDelete
  20. Kalau badan saya kayaknya yang paling dibutuhkan itu tidur yang cukup. Biasanya kalau sudah teratur dan tercukupi kebutuhan tidur Alhamdulillah jarang sakit dan daya tahan tubuh meningkat walau jarang olahraga atau minum vitamin.

    ReplyDelete
  21. Jadi inget kan awal pandemi ini, vitamin C susahnyaaa cari dimana-mana. Untung aja ya ada vitamin C dari Sido Muncul ini yang mudah larut dan mendukung kebutuhan vitamin dalam tubuh kita.

    ReplyDelete
  22. Wah baru tahu kalau sidomuncul punya produk vitamin C mbak.
    Iya nih di rumah aja apalagi di masa kyk sekarang kudu bener2 jaga imunitas ya? Biasanya kami jg sedia buah yg banyak mengandung vit C juga

    ReplyDelete
  23. Salfok lamhsung sama sido muncul dan baru tauu produk ini mba jadi pensasaran nih ntar cari ah

    ReplyDelete
  24. Saya jg akhir2 ini susah bobo malam krn mengikuti waktu tidur bayi heu.. Jr kalo siang kadang ikut bobi jg. Makasih ya tipsnya, biasanya klo buah suka bgt sm jambu biji. He

    ReplyDelete
  25. Buah2an yang kusuka semua tuuuh. Apalagi mangga. Mangga indramayu pernah nyobain dibawain ma kang didno pas acara blogger di Jakarta. Enak emang ya...

    ReplyDelete
  26. Mbak aku belum pernah coba lho Vitamin C 1000 mg Sido Muncul ini. Keren ah, Sido Muncul makin lengkap saja produknya. Kualitasnya juwaraaa pula, mesti coba nih buat jaga daya tahan tubuh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...