4 Cara Pemasaran Online Untuk Tingkatkan Penjualan UKM

Tuesday, June 9, 2020
Cara pemasaran online saat ini sudah banyak dilakukan oleh kalangan pebisnis termasuk para UKM di Indonesia. Pastinya sudah jarang melihat flyer iklan yang dibagikan di pinggir jalan untuk mempromosikan sebuah produk.

cara pemasaran online merupakan cara ampuh untuk ukm memasarkan produknya

Bicara soal flyer, saya jadi ingat ketika menonton serial drama korea yang berjudul Itaewon Class. Ada salah satu adegan di mana saat Park Sae-royi tokoh utama pada serial tersebut sedang membagikan flyer berisi informasi mengenai kedai Danbam yang baru dibukanya sambil menggunakan kostum maskot boneka berwarna cokelat. 

Aksi yang dilakukannya sempat dicemooh oleh Jo Yi-Seo yang dikenal sebagai influencer dan blogger dalam dalam kesehariannya. Jo Yi-Seo sempat merasa heran jaman sekarang  masih ada orang yang melakukan teknik pemasaran seperti itu apalagi lokasinya di Itaewon yaitu wilayah yang ada di pusat kota Seoul di mana tempat tersebut banyak warga asing tinggal juga sebagai pusat kedutaan besar luar negeri dan tempat nongkrong yang hits. Yi-Seo pun memberikan masukan kepada Sae-royi kalau saat ini cara pemasaran online terbaik untuk memasarkan sebuah produk adalah melalui media sosial dan blog.


Mengenal Bisnis UKM


Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis UKM yang banyak dijalani oleh banyak orang di mana pun. Di sekitar tempat tinggal saya, bisnis kuliner termasuk salah satu bisnis UKM yang pesat perkembangannya apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Banyak sekali kontak whatsapp saya yang menawarkan produk makanan dengan maksud supaya masyarakat tetap berada di rumah selama menjalani PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar yang ditetapkan oleh pemerintah namun masih bisa mengonsumsi berbagai macam makanan tanpa keluar rumah.

UKM atau Usaha Kecil dan Menengah merupakan salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia. Ketika perekonomian di Indonesia sempat goyah, justru UKM ini tetap berjalan.

Bisnis UKM ini menghasilkan berbagai macam produk bukan hanya makanan saja tetapi produk lainnya seperti pakaian, karya seni, otomotif, pendidikan seperti tempat les dan lainnya.

Siapa saja sih yang termasuk ke dalam kategori UKM? 

UKM sendiri dibedakan berdasarkan kriteria aset dan omset dan terbagi menjadi tiga yaitu usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah. UKM ini merupakan bentuk usaha yang menghasilkan suatu produk yang bisa dinikmati langsung oleh konsumennya.

Cara pemasaran online untuk meningkatkan penjualan bisnis online UKM


Apa yang dilakukan teman-teman saya di status whatsapp dalam memasarkan produknya merupakan salah satu cara strategi pemasaran produk online yang bisa dilakukan untuk menarik pembeli. Namun untuk lebih melebarkan sayap penjualan produk ada beberapa cara pemasaran online lainnya yang dapat dilakukan, antara lain :

1. Strategi Pemasaran Online Shop

Sebuah UKM haruslah punya strategi pemasaran online dan offline agar bisnisnya dapat berkembang dan meningkatkan pendapatannya. Jika pemasaran offline biasanya dilakukan dengan memasang sebuah spanduk di depan toko atau rumah, nah untuk pemasaran online bisa dilakukan dengan membuat sebuah website atau blog.

Dalam membuat blog atau website, pelaku bisnis UKM juga perlu mengetahui langkah-langkah penting untuk memaksimalkan cara pemasaran online tersebut.

💗Pilih Platform

Ada berbagai platform penyedia pembuatan blog maupun website. Pilihlah yang paling nyaman digunakan agar dalam melakukan promosi lebih maksimal. Jika sebuah website toko online yang dipilih sebagai tempat berjualan, ada baiknya tetap membuat blog juga supaya tidak hanya berisi produk-produk saja melainkan ada artikel yang bermanfaat dibagikan kepada pelanggan.

Agar lebih praktis, para UKM juga dapat menggunakan platform khusus berjualan yang sudah siap pakai sehingga cukup kelola toko melalui dashboard saja.

💗Gunakan Desain Yang Menarik

Sebuah blog atau website diibaratkan sebagai toko atau rumah tempat kita berjualan. Maka dari itu diperlukan memoles blog tersebut agar terlihat cantik dan betah dikunjungi serta mudah diingat oleh pelanggannya.

Pemilihan nama web, logo serta tagline juga penting sebagai ciri khas dari online shop tersebut. Jika para UKM belum bisa membuatnya sendiri bisa menggunakan jasa pihak lain untuk menuangkan semua ke dalam blog atau website. Ada baiknya sebagai pemilik ikut belajar supaya nantinya bisa bertanggung jawab pada toko online milik sendiri.

💗Buat Konten Menarik

Content is a king. Jadi diperlukan konten yang menarik pengunjung agar lebih bervariasi dan menyajikan informasi soft selling mengenai produk yang sedang dipromosikan. Gak enak juga bukan kalau menulis artikel terlalu hard selling yang membuat pelanggan jenuh dan kabur.

💗Gunakan Teknik SEO

Tidak ada salahnya juga jika para UKM yang memiliki toko online dalam sebuah website maupun blog untuk belajar teknik optimasi SEO (Search Optimize Engine) agar website-nya berada di halaman pertama pada mesin pencarian dan banyak pengunjung yang mampir ke web tersebut untuk melihat-lihat dan membeli produknya.

Keuntungan dari sebuah web berada pada halaman pertama mesin pencarian tentunya peluang mencari maupun membeli produk lebih besar dan dikenal lebih luas.

2. Promosi Lewat Media Sosial

Cara pemasaran online selanjutnya dapat dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, maupun Twitter. Tidak bisa dipungkiri lagi kalau media sosial memiliki peranan penting dalam memasarkan sebuah produk. Para UKM dapat mengelola media sosial sendiri atau menyewa seorang admin yang dapat membantu berkomunikasi dengan pelanggannya.

cara pemasaran online untuk meningkatkan penjualan bisnis online melalui sosial media


Pada media sosial kita dapat mengunggah foto dan video produk yang dibuat semenarik mungkin untuk memikat para pelanggan. Unggahan foto atau video tidak harus dalam bentuk foto produk saja tapi juga bisa melalui gambar-gambar inspirasi yang berhubungan. Usahakan untuk tetap update postingan di media sosial untuk menunjukkan bahwa kita aktif dan serius menjalankan usaha.

Lakukan interaksi dengan follower atau pelanggan itu penting, karena customer senang jika pertanyaannya ditanggapi bukan oleh robot. Tetaplah bersikap ramah apapun jenis pelanggan yang datang karena kepuasan pelanggan itu sangat penting dalam berbisnis.


3. Promosi Melalui MarketPlace

Meskipun sudah memiliki website maupun blog, tidak ada salahnya kalau pelaku UKM juga melakukan cara pemasaran online melalui marketplace.

Marketplace ini bisa diibaratkan tempat berkumpulnya penjual atau pasar online, jadi para UKM juga bisa menjual di pasar tersebut. Kendati persaingannya tinggi antar penjual di MarketPlace, namun para UKM tetap memiliki peluang mendapatkan konsumen karena banyaknya pengunjung yang datang secara online di marketplace.

Enaknya di marketplace, kita tidak memerlukan mendesain tampilan web karena semua sudah disediakan. Agar lebih profesional, tetap dibutuhkan admin untuk menangani orderan yang datang serta melayani pertanyaan pelanggan apalagi kalau penjualan sudah makin banyak.

Di Indonesia terdapat beberapa marketplace yang dapat dijadikan tempat berjualan produk para UKM. Pilih marketplace yang ternama dan terpercaya, kamu bisa juga mendaftarkan produk pada beberapa marketplace sekaligus, hanya saja jangan lupa selalu update stok barang secara real time agar konsumen tidak kecewa.

Contohnya di kampung tempat ortu saya berasal ada sebuah kampung boneka yang menjual beragam boneka di toko-toko yang dimiliki, namun mereka juga tetap menggunakan cara pemasaran online melalui marketplace untuk mengcover pelanggan lebih luas lagi.

Nah, di marketplace ini, kamu bisa mengenalkan website dan akun media sosial sekaligus, sehingga pelanggan bisa langsung berbelanja melalui dua platform tersebut. Oh ya jangan lupa juga selalu mencantumkan kontak supaya pelanggan percaya.

4. Menggunakan Jasa Promosi Pihak Lain

Beberapa teman saya yang berjualan online juga memasarkan produknya menggunakan bantuan jasa influencer maupun selebgram. Hal ini termasuk cara pemasaran online yang sudah banyak dilakukan oleh para UKM.

Jika kamu termasuk UKM level pemula bisa menggunakan jasa micro influencer dibandingkan dengan macro influencer karena memiliki follower lebih sedikit  dan tidak harus mengeluarkan budget lebih tinggi.

Selain influencer, UKM juga bisa meminta bantuan para blogger untuk menuliskan review mengenai produk tersebut. Biasanya mereka akan menuliskan review jujur antara kelebihan dan kekurangan sebuah produk dengan bahasa yang mudah dipahami serta sopan dan jangan sampai menjatuhkan produk yang sedang diulasnya.

Keuntungan Melakukan Pemasaran Online

Sebenarnya apa sih keuntungan menjalankan cara pemasaran online seperti yang sudah saya jelaskan di atas? Suatu cara dilakukan pastinya ada kelebihan yang bisa diambil bukan!

Cara pemasaran online atau biasa disebut dengan pemasaran digital yang memanfaatkan internet ini sejalan dengan produktivitas dan belanja online masyarakat Indonesia sendiri.

Menekan Biaya Promosi

Cara pemasaran produk online bisa menekan biaya promosi iklan dibandingkan jika melakukan cara offline seperti memasang iklan di koran, radio  atau mencetak flyer untuk dibagi-bagikan.

Mengukur Target

Jika pemasaran dilakukan secara online para UKM bisa memantau berapa banyak engagement yang masuk dari iklan yang dibuat tersebut. Selain itu kita juga dapat menentukan target pasarnya, produk akan dipasarkan pada siapa saja.

Informasi Bisa Bertahan Lebih Panjang


Saat melakukan pemasaran secara offline biasanya iklan tersebut ada waktunya, jika sudah habis maka tidak dapat lagi dilihat oleh pelanggan. Beda halnya ketika pemasaran dilakukan secara online maka akan bertahan panjang. Misalnya membuat artikel dalam sebuah blog atau media sosial, sampai kapanpun masih tetap dapat terlihat oleh siapa pun.

Dari cara pemasaran online yang ada, teman-teman UKM dapat menerapkannya untuk meningkatkan penjualan produk yang dijualnya. Pilihlah cara pemasaran online terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan pangsa pasar dari produk yang akan dipasarkan, apakah melalui tulisan blogger, media sosial maupun marketplace.


59 comments

  1. Memang ya the power of digital. Berasa dimudahkan bgt adanya medsos begini, apalagi untuk yg punya usaha. Byk keuntungan yg diperoleh dg promosi online ketimbang offline :)

    ReplyDelete
  2. Eh sekarang orang-orang pd promosi di WA. Sampe heran, jangan-jangan yg ga jualan barang cuma saya, hihihi...

    ReplyDelete
  3. Jadi pengin lihat drakorny jadiny wkkk
    Setuju dg artikel Mbak
    Zaman sekarng ini memang lebih efektif pemasaran online, apalagi jika pangsa pasarny milenial
    Enggak cuma untuk masarin produk saja, tapi juga jasa
    Aku udah sangat merasakanny/membuktikanny sejak masuk d dunia penulisan

    ReplyDelete
  4. Iya ya memang zaman digital ini pemasaran online itu jadi hal yang sangat penting banget kalau tidak mau tertinggal oleh yang lain...

    ReplyDelete
  5. There are so many ways to market your products nowadays and social media platforms are a huge help. Market place is really working yah

    ReplyDelete
  6. Sekarang sudah waktunya ya pengusaha UKM go online, apalagi di tengah pandemi begini, pemasaran online menjadi cara jitu untuk terus mengembangkan bisnis

    ReplyDelete
  7. Sekarang emang harus serba digital ya kak agar pemasaran semakin booming dan cepet di kenal pasar. Teknik di atas perlu banget nih dicoba, thanks infonya yah kak

    ReplyDelete
  8. Aih, kasian deh, yang dicemooh. Namanya ngiklan bisa pake banyak cara, ya. Termasuk lewat online seperti ini.

    ReplyDelete
  9. Sekarang target market jadi lebih luas dan tak terhingga ya...asalkan tahu dan mau belajar teknik marketing yang tepat.
    Saluut sama para pengusaha zaman sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saudaraku sejak sebelum pandemi sudah merintis usaha catering kecil-kecilan.
      Alhamdulillah.
      Di masa pandemi malah semakin laris maniiss.

      Berkat marketing yang tepat menggunakan sosial media dan menggunakan jasa promosi pihak lain.

      Delete
  10. Lebih praktis ya menerapkan ilmu pemasaran ini dengan cara online. Paling tidak kita ga perlu sewa lapak, maintain karyawan yang banyak kayak kalau jualan offline. Tapi juga harus kerja keras untuk memasarkan produknya.

    ReplyDelete
  11. sejak di rumah aja 3 bulan lebih, aku pun belanja dari tetagga yang punya usaha kecil gitu mba, selain produk mereka bagus, saling membantu juga dan harganya pun lebih terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, setuju banget nih dengan yang membantu usaha orang lain dengan melarisi dagangannya. Mudah banget loh dapetin produk jika sudah dipasarkan secara online.

      Delete
  12. saatnya usaha rumahan go online ya mba, jadi mau gak mau harus melek digital buat pemasaran

    ReplyDelete
  13. Saat ada pandemi ini, terasa memang owner2 usaha di kota saya termasuk owner UKM lebih mengencangkan inovasi produk dan promosi online.

    ReplyDelete
  14. dengan promosi apapun di tempat online pasti akan mendapatkan penghasilan yg luar biasa

    ReplyDelete
  15. Banyak keuntungan memasarkan via online, khususnya di media sosial.
    Yang utaka sih bisa menekan biaya promosi, seperti cetak flyer dan sebagainya.

    ReplyDelete
  16. Setiap usaha pasti punya pangsa pasarnya masing-masing. UNtuk itu memang dibutuhkan strategi yang pas buat memasarkan produknya ya? Sekarang ini memang cara online lebih masuk akal.

    ReplyDelete
  17. tipsnya bermanfaat sekali mbak lia khususnya untuk pelaku usaha kecil menengah dalam memasarkan produkdnya secara online. zaman digital sekarang memang semua lini harus melek teknologi ya

    ReplyDelete
  18. Mba Fit, sangat bermanfaat banget buat aku yang termasuk UKM, cara pemasaran yang kudu emang melek digital ya sekarang mba FIt. Selama ini aku masih main medsos dan marketpace

    ReplyDelete
  19. Iya nih UKM harus jeli melihat media promosi, sebab ga semua UKM memiliki modal gede dalam pemarasan, online media ini yang paling mujarab dalam meraih pembeli

    ReplyDelete
  20. Betul banget. Zaman sekarang diutamakan online marketing. Jangan kalah bersaing dengan produsen barang lain hanya karena penjual ga memiliki media sosial untuk memasarkan produknya.

    ReplyDelete
  21. Setuju mba. Di jaman yang serba teknologi gini sebaiknya kita melengkapi usaha kita dengan pemasaran online untuk menjangkau target yang lebih luas lagi dan biaya promosi yang lebih murah ya jatuhnya.

    ReplyDelete
  22. Anakku sering banget belanja secara online, katanya lebih memghemat, hemat transpor katanya.
    Yah mau apalagi, sekarang era digital maka pelaku usaha harus beralih mengikuti zaman

    ReplyDelete
  23. Pemasaran online adalah hal yang harus dipelajari para pelaku UMKM kita sekarang. Tidak bisa lagi murni offline ya, Mbak Lidya.

    ReplyDelete
  24. utk yg murah dan gratis bs pake marketplace dulu sih, kalo yg lain butuh biaya beriklan atau bayar influencer.

    ReplyDelete
  25. Sepakat mba untuk mengunakan konten yang terbaik. Bagaimanapun ini jadi salah satu pendukung utama ya mba biar lancar juga

    ReplyDelete
  26. jualan online labih banyak diminati saat ini dan itu juga butuh kreativitas supaya postingan kita dilihat orang sama halnya dengan yang ada di brosur2 yang dibagikan itu

    ReplyDelete
  27. sekarang serba digital. pemasaran skala lokal di kota masing-masing saja, media digital juga dibutuhkan. baik muda dan tua, sekarang udah akrab dengan gadget soalnya

    ReplyDelete
  28. Sekarang enak juga, ya. Mau mempromosikan produk UMKM banyak jalannya. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan

    ReplyDelete
  29. Banyak banget keuntungan jika UKM melakukan pemasaran secara online, jangkauan target marketnya lebih luas, siapa tahu bisa expor ke negara eropa

    ReplyDelete
  30. Apalagi kalau kerjasama dengan blogger. Postingannya abadi di mesin pencari. Jadi informasi tentang UKM bakalan bisa diakses sampai kapanpun

    ReplyDelete
  31. Setuju sekali. Banyak hal yang bisa kita lakuin salah satunya pemasaran online ini. Menurutku pemasaran online efektif menjangkau banyak pasar sih.

    ReplyDelete
  32. Sekarang belanja dan jajan pun lewat medsos dan marketplace, kita semakin dimudahkan ya, jadi selama stay at home bisa tetap bisa beli kebutuhan sehari-hari termasuk sayuran dan buah pun beli online.
    .

    ReplyDelete
  33. kalau mau diseriusin sih sebenarnya harus ada tim yang bergerak mengurusi promosi dan pemasaran online ini.Kalau usahanya sudah besar atau pekerjaannnya yang menuntuk untuk terus-menerus diawasi maka pemasaran ini harus diserahkan kepada para ahlinya.

    ReplyDelete
  34. aku pun ikutan berjualan mbk sejak beberapa hari lalu, seru aja memanfaatkan waktu dan menerapkan ilmuku selama ini.

    ReplyDelete
  35. Going online is really important and helpful for all the small and medium scale enterprises nowadays

    ReplyDelete
  36. Promosi online memang yahud sekarang
    Apalagi kalau membuat dalam bentuk giveway
    Setidaknya ada brand awareness dulu ke masyarakat

    ReplyDelete
  37. Keren nih, Mbak. Semua cara pemasaran onlinenya bisa diterapkan. Jadi bisa meningkatkan pemasaran. Kalau penjualan meningkat, semakin semangat menjalankan usaha, termasuk usaha UKM.

    ReplyDelete
  38. 2020 memang tahunnya online, bisa lebih pesat kalo memaksimalkan cara pemasaran online di berbagai platform. Bisnis UKM akan menjadi lebih dikenal masyarakat jika masuk ke ranah digital. Go UKM Indonesia!

    ReplyDelete
  39. Yi Seo emang keren banget ya, milenial yang memasarkan kedai Park Sae Royi secara online lewat medsos dan bloh

    ReplyDelete
  40. keberadaan media online sangat menguntungkan buat pelaku bisnis UKM saat ini. Soalnya pelaku UKM juga banyak dilakoni anak muda. Tidak lagi terpaku kalau sarjana harus PNS. Jadi,adanya media online sangat memberi peluang besar untuk maju...

    ReplyDelete
  41. Ini ya mba mesti bnget pembinaannya secara personal agar UKM atau Usaha Kecil dan Menengah yg merupakan salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia lbih maju dn berkembang

    ReplyDelete
  42. Publish di marketplac termasuk salah satu cara dalam marketing digital nggak sih? Karena orang juga cenderung cari sesuatu di marketplace yang relatif lebih aman..

    ReplyDelete
  43. Bener banget nih promosi di sosial media itu penting banget, ternyata di via digital juga ada tekniknya ya. Agar hasilnya maksmimal. wah terimakasih ni kak jadi lebih banyak paham nih

    ReplyDelete
  44. Pemasaran via online justru banyak menguntungkan ya, selain jangkauannya sangat luas, melakukannya pun lebih hemat tenaga. Semoga sejat terus UKM Indonesia.

    ReplyDelete
  45. Betul sekali mbak, manfaat lain dari pemanfaatan media digital untuk pemasaran online diantaranya dapat menekan biaya promosi dibandingkan dengan promosi offline. Selain itu promosi melalui media digital juga dapat menjangau pasar lebih luas

    ReplyDelete
  46. Pemasaran online sekarang jadi pilihan utama ya.. Karena jangkauannya bisa lebih luas dan biayanya lebih efisien

    ReplyDelete
  47. Pemasaran online sekarang jadi pilihan utama ya.. Karena jangkauannya bisa lebih luas dan biayanya lebih efisien

    ReplyDelete
  48. Info yg menarik dan bermanfaat kak..
    Cocok buat pelaku ukm yg ingin mengembangkan bisnisnya

    ReplyDelete
  49. bisnis UKM sekarang harus melek teknologi dan internet yah, jadi pemasaran lebih luas

    ReplyDelete
  50. Macam2 caranya ya kak dan semuanya dimudahkan dengan serba online asal sesuai penggunaanya. Bisa hemat bgt nih krn skrg nggak terlepas dr internet

    ReplyDelete
  51. aku setuju dengan statement pemasaran online mengurangi biaya promosi. Soalnya praktir dan hampir semua platform bisa dimanfaatkan tanpa biaya.

    ReplyDelete
  52. Saat ini, semua serba online, apalagi pandemi gini. Pemasaran online itu memang harus ikuti langkah² seperti yg Mbak bilang ini karena persaingan semakin ketat, cyiiin

    ReplyDelete
  53. Sekarang emang udah jamannya semua promosi harus melalui media sosial ya.

    ReplyDelete
  54. Udah saatnya sekarang UKM untuk belajar tehnologi promosi lewat media online ya

    ReplyDelete
  55. Kuliner termasuk bisnis yg bisa bertahan lama tinggal pintar2nya memilih makanan yg disukai orang2 dan bukan trend sesaat.

    ReplyDelete
  56. Mbak lid nonton ittaewon Class juga ya.. iya nih banyak pembelajaran dari film itu mengenai strategi bisnis dan peran penting sosial media dan website untuk bangun bisnis dari awal agar dikenal banyak orang.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...