Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Friday, June 12, 2020
Mempunyai wajah yang putih berseri merupakan impian banyak wanita karena kerap dikaitkan dengan kata kecantikan wajah. Sayangnya, tidak semua wanita memiliki wajah putih dan berseri apalagi mayoritas kulit orang Indonesia yang berwarna sawo matang. Oleh karena itu, banyak wanita berlomba-lomba memakai produk kecantikan untuk memutihkan wajah demi memperoleh kulit yang cerah.

bahan alami untuk memutihkan wajah bisa terbuat dari buah dan sayur



Saya juga pernah merasa kalau memiliki kulit wajah yang gelap dan tergoda dengan produk-produk kecantikan yang ditawarkan teman. Sayangnya kebanyakan produk tersebut harganya lumayan mahal. Padahal perawatan kecantikan wajah itu tidak selalu harus mahal, tapi disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah. Beberapa bahan alami terbukti bisa membantu mencerahkan wajah lho.

Sebenarnya kita bisa memanfaatkan beberapa bahan alami yang sering dijumpai di rumah seperti buah dan sayuran untuk mencerahkan wajah. Pernyataan tersebut pun pernah saya baca pada laman Realfood.co.id. Produk-produk bahan alami tersebut dapat memutihkan wajah secara alami dan tidak mengandung senyawa yang berbahaya kalau pun ada risiko yang lebih kecil dibandingkan dengan produk yang mengandung zat kimia.

Berikut ini beberapa masker alami memutihkan wajah yang terbuat dari buah dan sayuran yang dapat digunakan di rumah:

Jeruk Nipis


Buah yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kami di rumah selain digunakan untuk memasak, jeruk nipis juga biasa kami konsumsi untuk diminum baik diminum dengan cara diperas maupun sebagai infused water.

masker alami memutihkan wajah yang terbuat dari jeruk nipis


Baca juga : 
Skincare untuk Pemula


Jeruk nipis dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi juga berguna sebagai zat antioksidan. Nah, vitamin C juga dipercaya bisa mengencangkan, mencerahkan dan membuat kulit kita lebih halus karena antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya bisa menetralisir zat-zat yang tidak baik di dalam kulit.

Walaupun rasanya asam tapi khasiatnya besar lho. Bagi teman-teman yang tidak kuat dengan rasa asamnya bisa ditambah dengan sedikit gula atau madu. Tapi saya biasa minum jeruk nipis tanpa pemanis. Selain itu, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai bahan masker. Caranya mudah sekali yaitu dengan memotong jeruk nipis tersebut lalu ditempelkan pada wajah. Kamu juga bisa menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai olesan wajah.

Buah Alpukat


Ini buah kesukaan saya banget yang biasa dikonsumsi juga di rumah. Kami lebih sering memakannya begitu saja dibandingkan dengan menjadikannya jus. Ternyata selain lezat, alpukat juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah dan mencegah penuaan dini berkat kandungan vitamin E di dalamnya.

Penggunaan alpukat untuk memutihkan wajah secara alami bisa digunakan sebagai masker. Caranya kerok daging alpukat tersebut lalu dihaluskan dan mengoleskannya pada wajah kemudian biarkan hingga kering sebelum membilasnya menggunakan air hangat.

Minyak Zaitun


Siapa sangka minyak yang sering digunakan untuk memasak juga bermanfaat di dunia kecantikan karena nutrisinya baik untuk kesehatan kulit. Kandungan beberapa vitamin yang terdapat pada minyak zaitun seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K bisa membantu mencerahkan wajah agar lebih berseri. Di dalamnya pun terdapat kandungan omega 3, omega 6 dan omega 9 yang bisa membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak sehingga bisa membuat kulit kita menjadi lebih muda kembali.

Pilih minyak zaitun yang alami dan tidak tercampur oleh zat-zat kimia jika ingin menggunakannya sebagai masker. Jenis extra virgin olive oil merupakan pilihan terbaik. Untuk mendapatkan kulit lebih cerah, kamu bisa mengoleskan minyak tersebut secara merata ke seluruh wajah.  Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu ya dan pastikan tangan juga steril sebelum menyentuh wajah. Kurang lebih 15 hingga 20 menit setelah masker kering, wajah dapat dibilas dengan air hangat.

Kamu juga dapat menambahkan minyak zaitun dengan putih telur sebagai bahan alami pembuat masker. Sementara putih telurnya sendiri bisa digunakan juga sebagai masker yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit serta menghilangkan komedo.

Susu


Jika kamu dan keluarga mengonsumsi susu sebagai minuman pelengkap, bisa juga memanfaatkannya sebagai pencerah kulit. Kandungan B12 dan B6 pada susu dapat menghidrasi kulit dan mencegah pigmentasi atau penggelapan pada kulit. Nah, buat kamu yang bermasalah dengan komedo, susu juga bisa membantu menghilangkan komedo hitam yang membandel.

Caranya menggunakan susu untuk mencerahkan wajah juga praktis kok, cukup menuangkannya ke dalam mangkuk kemudian mencelupkan kain bersih ke dan susu. Peras kain tersebut lalu digosokan secara perlahan ke wajah sebanyak enak kali. Selah itu bilang wajah dengan air hangat hingga bersih.

Bahan-bahan alami tersebut bisa digunakan untuk mencerahkan wajah dan memiliki efek samping yang kecil karena tidak mengandung senyawa kimia yang berbahaya. Namun, ada baiknya membuat ramuan masker sesaat sebelum digunakan karena jangka waktunya yang pendek membuat bahan tersebut akan cepat rusak dan dihinggapi bakteri jika dibuat dalam waktu lama.

bahan-bahan alami mana yang cocok buat kamu untuk memutihkan wajah? Pilih bahan yang cocok bagi kulit, karena semua bahan tersebut belum cocok bagi kulit justru ada yang menimbulkan efek samping. Cobalah sekali terlebih dahulu, jika ada keluhan segera hentikan pemakaian. Apapun perawatan kita yang penting dilakukan secara rutin dan disipilin merupakan kunci utama kecantikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta tidak lupa untuk menggunakan pelindung matahari.



14 comments

  1. Rutin dan disiplin adalah koentinja.

    Kalau utk jeruk nipis, rasanya clekit-clekit gitu di wajah. Ga apa-apakah, mbak? Atau ada triknya?

    ReplyDelete
  2. aku juga udah beberapa bulan terakhir lagi rajin pake lemon, ampuh banget buat mencerahkan kulit soalnya hihihi, terutama mudarin bekas jerawat nih hehehe

    ReplyDelete
  3. Rutin dan disiplin adalah kunci kecantikan. Naah betul banget ituuu..dan itu masih jadi PR buat saya, hehe...Thx untuk tips-tipsnya ya..

    ReplyDelete
  4. Kayaknya aku udah pernah coba semuanya, deh. Tapi ya itu...aku orangnya enggak bisa rajin pakai gitu, Mbak.. huhu. Jadinya ya hasilnya enggak kelihatan, deh :D

    ReplyDelete
  5. Dalam melakukan perawatan, kita memang harus telaten ya. Apalagi perawatan yg mengandung bahan alami. Prosesnya memang cukup lama tapi hasilnya bagus. Tidak ada efek samping...
    Selama ini kulit putih masih dianggap salah satu penunjang kecantikan. Padahal yg penting kulit sehat...

    ReplyDelete
  6. Wah jeruk nipis aku tiap hari konsumsi dengan madu, alpuket aku suka banget juga susu ah asyik nih mudah2an kulitku bisa jadi cerah hehe.

    ReplyDelete
  7. Kalau rajin suka deh praktek cara-cara di atas terutama menggunakan susu dan jeruk nipis yang mudah didapat, tapi kalau magernya lagi kumat, males deh hehehe

    ReplyDelete
  8. jeruk nipis nih emang terbukti banget ampuhnya apalagi buat yang mudah kusam dan berjerawat tapi jangan terlalu sering karena bisa mengiritasi ya mba.

    ReplyDelete
  9. jadi yang dari dalam cuma buah lemon yaa, kak Lia?
    Aku gak pernah pakai cara alami, selalu pakai produk pabrikan.
    heuuheuu...soalnya yang alami, enak dimakan ((duuh....pelit ini mah...))

    ReplyDelete
  10. Memilih perawatan kulit memang harus hati-hati. Aku juga suka yang alami karena bahan-bahannya udah ada di dapur. Yang penting bisa memperkirakan supaya nggak berlebihan.

    ReplyDelete
  11. aku jugaa mau pakai bahan - bahan di atas Lia...kayaknya enak kalau dipakai untuk masker wajah yaaa

    ReplyDelete
  12. Jeruk nipis boleh juga nih dicobain. Tapi harus dipastikan ya sedang tidak mengalami iritasi kulit wajah atau ada luka. Perih banget soalnya kalau kena cairan jeruk nipis ini.

    ReplyDelete
  13. Aku juga mau dong wajah jadi putih
    Secara wajahku cokelat eksotis gini

    ReplyDelete
  14. kalau kamu mah, kayaknya sejak dulu sudah cantik deh kak, hiihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...