Cara Blogger Crony Merayakan Lomba 17 Agustus Online

Wednesday, August 19, 2020

Cara Blogger Crony Merayakan Lomba 17 Agustus Online tahun ini unik karena dalam kondisi yang berbeda dari biasanya. Momen Hari Kemerdekaan yang paling ditunggu adalah digelarnya berbagai kegiatan dan perlombaan di manapun berada baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun kantor.



Meskipun tidak pernah ikut upacara bendera secara resmi dalam rangka HUT RI, tapi kadang saya menghadiri upacara di sekolah Pascal. Selain melihat pengibaran sang saka merah putih, saya juga suka melihat barisan Paskibraka yang sedang bertugas ditambah lagi dengan iringan marching band yang makin meriah.

Setelah pengibaran bendera biasanya diadakan berbagai perlombaan di semua lapisan. Kalau saya suka melihat perlombaan panjat pinang, seru aja lihatnya. Sayangnya tahun ini di tempat saya tinggal gak ada perlombaan apapun karena masih menerapkan protokol kesehatan. 

Meskipun berbeda, ternyata perlombaan 17 Agustus masih bisa diselenggarakan secara online dengan meriah lho. Satu hari jelang tanggal 17 Agustus saya melihat pengumuman di Facebook group Bloggercrony Community mengenai Lomba Virtual 17 Agustus BCC Squad via Zoom Meeting. Wah seru juga nih pikir saya, makanya ikut mendaftar saat itu juga.


Persiapan Lomba 17 Agustus Online

Waktu mendaftar di facebook group BCC, saya sempat bingung mau pilih lomba apa. Karena saya pikir hanya boleh memilih satu lomba saja akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti lomba tiup balon. Hihihi buat seru-seruan aja lagi pula ada stok balon di rumah.



Persiapan lomba 17 Agustus kali ini beda dari biasanya karena diselenggarakan lewat aplikasi Zoom. Supaya lebih meriah kami pun diminta menggunakan dresscode berwarna merah atau putih seperti warna bendera Indonesia pastinya. Saya memilih pakaian berwarna merah dengan kerudung putih bercorak bunga berwarna merah. Pokoknya udah siap banget lah ikutan lomba siang itu.

Ba'da Dzuhur saya pun menyiapkan laptop dan perlengkapan lainnya di atas meja termasuk balon tiup untuk lomba.  Kurang lebih ada 45 orang peserta yang mengikuti Lomba Virtual 17 Agustus BCC sudah termasuk dengan para admin.

8 Perlombaan Seru


Sekitar jam 2 siang Mbak Wawa dan Mas Satto sebagai founder dan co-founder BCC membuka lomba virtual dengan menginformasikan peraturan dan teknis masing-masing lomba. Ternyata masing-masing orang itu boleh pilih bebas dari satu lomba, Alhamdulillah saya bisa nambah ikutan lomba lainnya.

🎉 Lomba Meniup 5 Balon


Perlombaan pertama adalah meniup balon, nah ini bagian saya. Mas Satto sempat tanya kenapa kok saya pilih lomba ini? Hihihi karena sengaja dan merasa jago meniup balon *sombong* sekali. Seperti yang saya ceritakan di atas tadi, gak tau kalau boleh pilih lebih dari satu lomba.

Pesertanya cuma dua tapi akhirnya ditambah oleh admin BCC jadi seru banget. Kami harus meniup 5 buah balon dengan ukuran melebihi kepala, makanya saya tiup sebesar-besarnta aja. Alhamdulillah dapet juga juara bareng Suci Risalah. Benar-benar seru perlombaannya, gak nyangka aja ada lomba meniup balon secara online seperti ini.

balon


🎉 Lomba Memasukkan Benang ke Jarum


Lomba yang satu ini juga gak kalah serunya yaitu memasukkan benang ke jarum. Juaranya mbak Karyati Niken keren banget hanya beberapa detik bisa memasukkan benang tersebut ke dalam jarum. Berarti mbak karyati gak kesulitan ya kalau mau menjahit di rumah.

🎉 Lomba Busana Nasional

Beralih ke lomba selanjutnya yaitu lomba busana nasional. Ceritanya ala-ala fashion show gitu lombanya, peserta memeragakan pakaian daerah yang dikenakannya sambil berjalan di depan kamera Zoom. Ada busana daerah dari Bali, Medan, dan Betawi. Masing-masing peserta juga harus menceritakan mengenai sejarah atau di balik busana yang dikenakannya. Sebagai orang Indonesia harus bangga mengenakan dan melestarikan busana nasional. Di lomba ini yang berhasil meraih juara ada Pak Willy Wijaya dan Mbak Geg Erni dari Bali.

🎉 Lomba Tebak Foto 

Nah, karena ada yang harus meninggalkan Zoom akhirnya saya menjadi pengganti untuk mengikuti lomba tebak foto. Cara ikutan lomba ini sebenarnya mudah, tapi ternyata kami deg-degan juga saat menjawabnya.

Juri akan memperlihatkan potongan wajah seseorang dan satu atau dua kata clue kemudian peserta harus menjawab di atas kertas yang sudah disediakan. Meriah sekali perlombaan yang satu ini dan banyak kejadian lucu, misalnya ada gambar mata dengan clue ikan. Hayooo kalau gak fokus bingung jawabnya, untung jawaban saya betul yaitu Ibu Susi Pujdiastuti.



Semua peserta terjebak di sebuah foto dengan  full wajah tapi anehnya kami malah kebingungan menyebutkan namanya. Yang seharusnya Achmad Yurianto saya malah ingatnya foto tersebut adalah MenSesNeg Pratikno. Pasti ada yang menertawakan saya nih kalau baca postingan ini :-D. Nurul Gie berhasil mengalahkan saya di pertanyaan terakhir gara-gara Shinkansen nih.


🎉 Lomba Yel-Yel Keluarga Merah Putih

Lomba Yel-yel keluarga ini harus diikuti minimal 2 orang. Seru juga nih pesertanya kreatif ada yang mengajak anak juga boneka. Pasti kenal dengan mbak Hidayati dong yang suka mendongeng bersama bonekanya. Untuk pemenang lomba yel-yel keluarga merah putih jatuh pada Mbak Triana Dewi.

🎉 Lomba Adu Cepat Mengetik Typo Minor

Kemampuan mengetik seorang blogger di sini diuji dalam lomba mengetik typo minor. Ini juga seru lombanya, dalam waktu singkat peserta harus mengikuti satu paragraf tulisan yang kemudian diketik ulang di kolom chat aplikasi Zoom. Pemenangnya tentunya yang paling minim typo, yaitu mbak Andy Hardiyanti yang salah menuliskan tanda baca saja.

 🎉 Lomba Tebak Kata 

Awalnya saya sempat bingung dengan lomba tebak kata. Caranya sebetulnya mudah, juri akan memberikan beberapa kata yang harus dijawab oleh peserta tim, sementara yang lainnya mengarahkan lewat kata dan kalimat.

Gara-gara kata manja dan gelisah seluruh peserta jadi heboh, karena pengarahan dan peserta yang menjawab itu di luar dugaan. Keren banget imajinasi mereka dalam mengarahkan dan menjawabnya. Selamat untuk Grandys dan mbak Sapti yang berhasil menjadi pemenang lomba tebak kata.

🎉 Cerdas Cermat Kahoot Soal Kebangsaan

Lomba cerdas cermat Kahoot jadi puncak acaranya karena seluruh peserta boleh mengikuti lomba ini. Kami peserta diminta login ke Kahoot.id dan memasukkan kode yang sudah disediakan oleh panitia. Pertanyaan akan di-share pada layar, sementara itu peserta menjawab melalui gadget masing-masing di rumah.

Baru kali ini saya mengikuti lomba Kahoot tapi berada di lokasi yang berbeda-beda. Walaupun ada sedikit kendala tapi lomba Kahoot juga gak kalah serunya. Di sini peserta diuji kemampuan pengetahuannya yang dikejar waktu untuk menjawabnya. Juara lomba Kahoot adalah Mbak Vicky, Valka, Gina.


Dari keseluruhan lomba punya kehebohan dan keseruan yang berbeda. Gak nyangka bisa ikutan lomba 17 Agustus online seperti ini. Terima kasih buat Blogger Crony yang sudah menyelenggarakan lomba virtual, walaupun sederhana tapi bermakna dan membuat kami senang. Tetap semangat dan jaga kesehatan untuk teman-teman semua. Merdeka

22 comments

  1. Lomba 17 agustus virtual enggak terlupakan ini ya.

    ReplyDelete
  2. Hahaha, aku ikutan juga dan paling kocak adalah tebak kata ....the part of aku ngakak bgt....thnks too BCC buat acara seru ini

    ReplyDelete
  3. aku ngebayangin kayaknya rame banget ya mbak, apalagi kalau ada anak kecil di rumah, suka kepo pengen ikutan juga kan ya hahahaa :)

    ReplyDelete
  4. Selamat ya jadi salah satu pemenangnya. Seru emang itu acaranya.tahun depan semoga bisa bikin acara lebih meriah lagi dan bebas dari covid-19

    ReplyDelete
  5. Wah.. thanks mba lidya udah sharing kegiatan virtual lomba bcc dalam tulisan ini.. walaupun ngga ikutan, baca tulisan ini jadi terasa heroik saat perlombaanya lho.. kece banget deh pokoknya

    ReplyDelete
  6. Wah selamat ya mbak lidya jadi salah satu pemenang. Yeay. Alhamdulillah seru sekali yaacara virtual lomba 17annya

    ReplyDelete
  7. Ternyata jago juga niup balon. Saya mah gak berani. Bisa ngilu kalau balonnya makin gede. Takut pecah hehehe!

    ReplyDelete
  8. Waaaah seruuuu loh. Kreatif jugaaa, lombanya di adakan di zoom :D. Duuuh itu niup 5 balon aku nyerah sih mbaaa apalagi hrs gede pulaaa hahahahaha.

    Yg cerdas cermat pasti seru tuh. Dr dulu nth Napa aku suka lomba yg terkait knowledge gini, cepet2an jawab, biasa heboh semua peserta hahahahah.

    ReplyDelete
  9. Ya ampun Mbak Lidya ... harus melebihi ukuran kepala toh balonnya wiiih jagoo. Kalo saya, setengah ukuran kepala saja setengah mati wkwkwk. Selamat sudah menang lombaa.

    ReplyDelete
  10. Seru banget lombanya :)
    Dimasa pandemi seperti ini butuh banget sih merayaka kemerdekaa dengan tetap menjada diri dari covid :) terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  11. Huaa keren abnget idenya tetap bisa lomba 17an yes meski masa pandemi kaya gini. Kemarin waktu q7an aku di rumah aja nih sama keluarga huhu.

    ReplyDelete
  12. seru yaa mba memang komunitas kesayangan kita ini, ada aja idenya buat seseruan, heboh pas tebak kata sama main Kahoot. kayanya harus sering diadain tuh games kaya gitu buat hiburan selama pandemi gini

    ReplyDelete
  13. Seru yaaa.. lomba tarik tambang nggak bisa online ya lid haha, itu Lidya menang lomba balon jago banget deh

    ReplyDelete
  14. Huhuhu..masih kuciwa gak bisa menyaksikan sesi tiup 5 balon. Coba yaa ada rekamannya. Pengen lihat aksi mbak Lidya pas meniup balon. Hahahha..

    ReplyDelete
  15. Seru-seru semua lombanya, selamaat ya mba Lidya dapet juara lomba tiup balon, huhu pasti seru nih bisa ikut lomba agustusan virtual, kreatif banget bcc sebagai penyelenggara

    ReplyDelete
  16. Kreatiff bangettt
    Di sini pun Mbaa
    Pandemi membuat kita jadi makin kreatif
    Meski selalu berdoa semoga pandemi segera berakhir
    Enggak pernah nyangka bahwa Agustusan dirayakan secara online di rumah masing2

    ReplyDelete
  17. kereeen banget perayaan 17 agustus onlinenya mbaa...dan suka dengan kreativitasnya jugaa

    ReplyDelete
  18. Aku ragu-ragu waktu baca infonya meski telat, karena waktu itu lagi donw internetnya. Jadi kegiatan di rumah malah bongkar tanaman. Seru ya lomba 17 Agustus online yang diadakan Blogger Crony

    ReplyDelete
  19. Di gang rumahku uda pada lomba kemarin, terus anakku dipanggil...pada ambyar ikutan laah yaa..
    Senangnya merayakan Dirgahayu Republik Indonesia dengan meriah walau lewat zoom.
    Silaturahm dan suasana kekeluargaan.

    ReplyDelete
  20. keren bangeet BCC agendanya selalu seru. cuma aku kemarin nggak sempat ikut keseruannya. lha masa tujuhbelasan malah ada tukang di rumah wkwk ribet deeeh..

    ReplyDelete
  21. keren banget BCC acaranya selalu seru. sayang aku gak sempat ikut kemarin karena gimana yaa tujuhelasan malah ada tukang di rumah wkwk

    ReplyDelete
  22. seruuuu mbak, sepertinya aku melewatkan iklannya waktu buka fb, atau aku yg nggak ngeh waktu itu ya.
    kocak nih pastinya, apalagi dilangsungkan via online

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...