Tips Hemat Listrik Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Saturday, August 8, 2020

Apa saja tips hemat listrik selama pembelajaran jarak jauh yang bisa diterapkan di rumah pada masa pandemi saat ini? Anak-anak masih belajar dari rumah secara online begitu pula dengan suami yang sama-sama bekerja dari rumah pastinya membutuhkan beberapa perangkat pendukung yang menggunakan listrik lebih banyak lagi.

pembelajaran jarak jauh

Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi mau tidak mau yang bisa diterapkan saat ini untuk meminimalkan penyebaran virus lebih banyak lagi. Agak seram juga sih apalagi beberapa waktu lalu SMP tempat Pascal sekolah sudah membuka kegiatan mengajar secara tatap muka dan dijadikan sekolah role model oleh walikota. Hanya saja tidak semua murid belajar di sekolah, khusus bagi siswa yang orangtuanya mengizinkan. Namun, baru tiga hari ternyata sudah dihentikan karena berbagai alasan.


Nah, supaya belajar dari rumah tetap bisa berjalan dengan lancar haruslah didukung oleh pemanfaatan teknologi berbasis internet. Device pendukung seperti laptop, ponsel, dan lainnya pastilah membutuhkan listrik sehingga menyebabkan pengeluaran listrik menjadi lebih besar dari biasanya.


Agar pembelajaran jarak jauh dapat tetap berlangsung namun tidak menimbulkan pemborosan listrik ada beberapa tips yang bisa diterapkan di rumah, yaitu :


Belajar Pada Satu Ruangan

Buat kalian yang punya anak lebih dari satu orang bisa menerapkan pembelajaran di satu ruangan yang sama. Bebas sih mau menentukan ruangan mana untuk belajar online, baik di kamar anak-anak, ruang tengah, atau ruang belajar yang penting pencahayaan dan sirkulasi udaranya mencukupi untuk mereka belajar. Lagi pula walaupun anak-anak sudah mandiri saya tetap mengawasi mereka selama pembelajaran


Jika belajar dilakukan di ruangan maka perhatikan juga sirkulasi udaranya agar tidak panas dan pengap. Kita bisa membuka jendela dan membiarkan udara masuk dan adanya pertukaran udara. Kalau pun menggunakan AC maupun kipas angin, setidaknya hanya satu ruangan saja lebih hemat dibandingkan jika masing-masing belajar di ruangan yang berbeda.


Menggunakan Cahaya Alami

Kalau di rumah mempunyai ruangan dengan pencahayaan alami yang berasal dari matahari itu lebih bagus lagi, misalnya di taman tengah rumah, teras belakang maupun teras depan. Selain mendapatkan cahaya yang gratis juga ada angin yang bisa menghilangkan rasa panas dan tidak memerlukan tambahan kipas angin maupun AC.


Pakai Lampu Hemat Energi

Alhamdulillah di rumah semua ruangan sudah menggunakan lampu LED yang hemat energi. Menurut informasi yang saya tahu lampu LED ini bisa menghemat hingga 90% energi sehingga bisa menekan tagihan listrik di rumah.


Meskipun lampu LED harganya lebih mahal dibandingkan bola lampu biasanya, tapi masa pakainya lebih tahan lama bisa sampai 2-3 tahun. Bahkan di kamar anak-anak setelah 5 tahun lampunya baru mati dan diganti. Dengan menggunakan lampu LED berarti kita juga ikut mengurangi limbah.


Baca : LED Lebih Terang Lebih Hemat


Gunakan Laptop Dibandingkan Desktop

Jika memungkinkan gunakan laptop karena tidak perlu menggunakan listrik sepanjang hari. Cukup mengisi daya laptop sampai full lalu jangan lupa untuk mencabut steker yang sudah tidak dipakai. 


Begitu pula dengan ponsel gunakan dengan bijak, kalau tidak perlu gak usah dipakai untuk bermain game sehingga tidak perlu terlalu sering mengisi baterainya. Sesekali gak apa-apa kok main games untuk mengusir rasa bosan selama belajar, hanya perlu dibatasi dan diawasi saja.


Dari tips hemat listrik tersebut sebenarnya ada beberapa hambatan pembelajaran jarak jauh yang dirasakan oleh orangtua. Berdasarkan curhatan teman-teman kendalanya ada pada kurangnya device yang mereka miliki apalagi yang anaknya lebih dari satu dan harus belajar di waktu yang bersamaan. 


Saat belajar online menggunakan video streaming mau tidak mau harus punya gadget lebih dari satu supaya pembelajaran tetap bisa dilakukan dan tidak rebutan antar anak. Bagi mereka yang berkecukupan atau punya dana lebih sih mudah, tinggal beli device baru untuk anaknya. 

Untuk mereka yang tetap menginginkan tambahan device salah satu cara yang banyak dilakukan adalah pinjam uang. Tapi, hari gini siapa juga yang mau meminjamkan dana cepat begitu saja tanpa agunan apalagi mereka juga sama-sama sedang berhemat dan membutuhkan.


Baca : Mengajarkan Etika Menggunakan Laptop Pada Anak


Pilih Aplikasi Pinjaman Terbaik

Saat ini kita bisa memanfaatkan aplikasi pinjaman online dari Tunaiku.id untuk kebutuhan yang mendesak.


Tunaiku merupakan situs pinjaman online pertama di Indonesia sejak tahun 2014. Tunaiku ini adalah salah satu produk dari AMAR Bank, yaitu institusi finansial berbentuk bank resmi yang beroperasi sejak tahun 1991. Jadi, Tunaiku ini berada di naungan bank resmi bersama dengan Amra Bank berada di bawah bendera perusahaan multinasional Tolaram Group yang membuat Tunaiku aman terpercaya dan mempunyai kemudahan.


Mengajukan pinjaman online di Tunaiku bisa dilakukan tanpa jaminan cukup dengan KTP dan melakukan 6 langkah cepat pengajuan pinjaman. Pada websitenya juga ada simulasi perhitungan jumlah pinjaman, lama pinjaman serta cicilan perbulan yang harus dibayarkan. Supaya tidak memberatkan peminjam, di Tunaiku juga memberikan tenor yang panjang sesuai dengan pilihan hingga maksimum 20 bulan.


Selain mudah, proses pinjaman di Tunaiku juga aman dan transparan karena PT Bank AMAR Indonesia Tbk sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK sejak tahun 2014. Siapa pun dapat melakukan pinjaman di sini yang penting usia mencukupi, memiliki rekening bank, berdomisili di area layanan serta mempunyai pekerjaan atau penghasilan untuk memastikan dapat membayar cicilan pinjaman.


Setelah punya device tambahan, jangan lupa terapkan tips hemat listrik selama pembelajaran jarak jauh tersebut di atas ya. Semangat terus mendampingi anak-anak ketika belajar sambil berdoa kondisi seperti ini cepat belalu. 




18 comments

  1. Tipsnya mantap banget mba, emang sekarang kami konsumsi listrinya naik karena banyak belajar via zoom dan video call lainnya. Thanks for sharing ya

    ReplyDelete
  2. Hemat listrik harus diupayakan dalam masa pandemi ya. Hm, aplikasi Tunaiku, saya pernah dengar tapi nama banknya, baru tahu.

    ReplyDelete
  3. Wah bener nih Mbaaa
    PJJ memang rentan bikin tarif listrik melonjak!
    Semogaaaa kita semua sehaaatt dan bahagia ya

    ReplyDelete
  4. Terima kasi tips nya mba Lia. Bisa nih kurekomkan ke kelg kakak dan adik yg masih harus berkutat dg fasilitasi PJJ bagi putra-puterinya..

    ReplyDelete
  5. Di rumah bunda Pamulang, bunda diberi alat olsh anak2 ktny sih utk mengurangi daya listrik yg tetpakai jd menghemat kistrik juga menghemat biaya. Hasilnya? Tunggu billingnya bulan depan apkh berkurang.statis atau jangan2 bertambah besar bill nya.

    ReplyDelete
  6. Menggunakan cahaya alami ini sudah saya praktikan ke anak mengaji. Atap ruangan dipasang sejenis plastik kaca. Kalau siang terang. Malam, saat bulan purnama pun ternyata cukup terang juga

    ReplyDelete
  7. Iya belajar di satu ruangan memang menghemat ya Ka...tapi utk kondisi tertentu anak2 senang masing2. Mungkin saat butuh ketenangan hehe...

    ReplyDelete
  8. Mbaaa, satu yang aku tekankan itu emang pakai cahaya alami. Dan ini emang ngebantu hemat energi

    ReplyDelete
  9. PJJ oh PJJ..biaya listrik meningkat, kebutuhan kuota internet melonjak. Wkwkwkw.. Kopi mana kopi. Meski begitu, harus tetap bersyukur..yang penting semuanya sehat yaa

    ReplyDelete
  10. Betapa rempongnya asli ya mba anak-anak yang belajar dari rumah, aku banyak mendengar kisahnya. Harus pinter-pinter kelola keadaan listrik dan kuota biar nggak jebol eheheh

    ReplyDelete
  11. Aku juga gitu kak, kalau lagi ngeblog atau ngedesign di siang hari pasti ku menghemat listrik dengan pencahayaan alami yang berasal dari matahari. Biar gak banyak2 pengeluaran listriknya di masa2 sulit seperti sekarang ini...

    ReplyDelete
  12. Baca ini, lalu aku langsung melihat kabel laptop masih terpasang dari pagi wkwkw. Susah banget mau hemat listrik. Kelupaan matiin lampu atau cabut kabel

    ReplyDelete
  13. Iya, Mbak, di masa pandemi ini banyak sekali wali murid yang beli HP baru. Ya..itu tadi, mulanya nggak terlalu butuh, tapi karena anak harus PJJ, mau nggak mau harus beli HP.

    Soal PJJ dan hemat listrik, memang betul sih semua tips di atas. Akupun kalau di kelas suka buka pintu dan jendela lebar-lebar kemudian nyalain laptop, kerja deh.

    ReplyDelete
  14. Aku hemat liatrik juga pas pandemi ini
    Lampu sering mati kalau malam hari yang dulunya nyala terus
    Sekarang anak anak terbiasa

    ReplyDelete
  15. makasiiih tipsnyaaa Liaa... itu beneran belajar ama ring o light? mantaaap kali nih belajarnyaaa

    ReplyDelete
  16. Laptop saya lagi minta dimanja
    Terpaksa pakai destop, dan memang, sangat memakan atau boros listrik.

    ReplyDelete
  17. Halo semuanya, saya sangat bersemangat hari ini. Saya melihat komentar dari orang-orang yang telah menerima pinjaman dari Sabinhelps@gmail.com dan kemudian saya memutuskan untuk mendaftar berdasarkan rekomendasi mereka. Beberapa jam yang lalu, saya mengonfirmasi total 10.000 euro yang saya minta dari rekening bank saya sendiri. Ini benar-benar berita bagus, dan saya menyarankan siapa pun yang membutuhkan pinjaman nyata untuk mengajukan aplikasi melalui email: sabinhelps@gmail.com atau whatsapp-nya di +79267494861

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen beli ring light liat punya nya mbaa :D.

    Beberapa cara di atas aku lakuin juga sih, kayak menggunakan laptop, selalu cabut steker saat selesai dipake , dan AC biasanya kami hidupkan malam. Pagi sampe sore cendrung dari angin luar ato kalo panasnya kelewatan jd pake kipas.

    So far tagihan listrik ga terlalu jauh beda dari sebelum pandemi. Naik memang, tp ga terlalu bikin shock :p

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...