Pedoman Hidup Sehat Untuk Penderita GERD

Pedoman Hidup Sehat Untuk Penderita GERD perlu banget dijalankan agar tetap bisa menjalani aktivitas dengan nyaman. Gastroesophageal Reflux Disease atau biasa disebut dengan GERD merupakan gangguan sistem pencernaan yang sangat menyiksa. Pasalnya, ketika GERD menyerang, penderitanya akan mengalami heartburn atau sensasi terbakar pada dada hingga tidak dapat melanjutkan aktivitas. 

Penderita GERD



Penyakit GERD sendiri adalah kondisi ketika asam lambung naik hingga kerongkongan. Hal ini disebabkan oleh rusaknya katup pada otot kerongkongan atau yang biasa disebut dengan istilah sfingter esofagus dalam dunia medis. Jika biasanya makanan dari kerongkongan akan masuk menuju lambung dan bertahan di dalamnya selama 3-4 jam untuk masa pencernaan, hal ini terjadi perbedaan pada penderita GERD. GERD dapat terjadi ketika makanan yang ditelan naik kembali menuju kerongkongan bahkan kembali ke mulut dan terasa asam. Jika terjadi terus-menerus, hal ini dapat meningkatkan risiko iritasi pada kerongkongan.

Dulu waktu si sulung kecil pernah mengalami Gejala asam lambung yang naik yang ditandai dengan gumoh setelah menyusu. Sempat saya bawa ke spesialis Gastro, katanya bayi juga bisa mengalami reflux asam lambung karena otot LES masih dalam masa perkembangan, gak usah khawatir nanti bisa sembuh sendiri.

Bersifat kronis, GERD dapat terjadi ketika penderitanya tidak disiplin alias melanggar pedoman hidup sehat untuk penderita GERD. Apa saja pedoman hidup sehat untuk penderita GERD yang harus diterapkan? Berikut penjelasannya.

1. Memulai gaya hidup sehat, apa saja yang harus dilakukan?


Gaya hidup sehat dapat dimulai dengan melakukan olahraga dengan rutin. Hal ini bermanfaat untuk menjaga berat badan agar tetap ideal hingga dapat bermanfaat untuk menurunkan berbagai risiko penyakit, misalnya penyakit jantung.

Olahraga yang dilakukan tidak perlu tipe olahraga yang berat seperti angkat beban. Kamu hanya  perlu olahraga santai, selama rutin, misalnya selama 30 menit dalam satu hari setiap pagi atau sore. Sebab, terlalu sering olahraga juga membawa dampak buruk bagi lambung. Seperti halnya peningkatan tekanan intra abdomen yang dapat memicu naiknya asam lambung. 

Jika kamu penderita GERD, sudah saatnya kamu memperhatikan berat badanmu. Semakin besar ukuran tubuh, semakin mudah naiknya asam lambung. Selain berolahraga, kamu juga perlu menghindari minuman beralkohol serta kebiasaan merokok.

Baca juga :

2. Menjaga pola makanan dan jenis asupan


Penderita GERD disarankan untuk menghindari makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Hal ini dapat memicu kerusakan pada katup sfingter esofagus sehingga menimbulkan naiknya asam lambung. Selain itu, perlu juga menghindari makanan dengan kandungan asam yang tinggi, seperti lemon, jeruk nipis, dan makanan tinggi asam lainnya. Sebab, makanan asam dapat membuat suasana lambung semakin asam yang akhirnya memicu naiknya asam lambung. 

Tidak hanya cukup memperhatikan jenis asupan, porsi makanan pun harus diperhitungkan. Makan dengan porsi besar dapat membuat peregangan atau distensi pada lambung yang akhirnya memudahkan asam lambung menjadi naik ke kerongkongan.

3. Mengkonsumsi jenis makanan yang dapat memperbaiki kondisi lambung


Tidak semua buah baik untuk dikonsumsi penderita GERD. Ada beberapa buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita GERD dan dipercaya dapat memperbaiki suasana lambung atau kenaikan asam lambung.

  • Apel. Tidak hanya memiliki nutrisi yang bagus untuk menyehatkan kulit, apel juga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita GERD. Hal ini karena apel dapat menetralisir asam lambung sehingga membuat perut terasa lebih nyaman.
  • Pepaya. Sudah dipercaya sejak zaman dahulu bahwa pepaya merupakan salah satu buah yang bagus untuk melancarkan sistem pencernaan. Ternyata, pepaya juga bisa menetralkan asam lambung lho. 
  • Semangka. Buah yang tinggi akan kandungan airnya ini juga dapat menetralisir asam lambung. Kamu dapat mengkonsumsinya dengan memakannya langsung atau menjadikannya jus tanpa gula. Selamat mencoba!

4 Selalu sedia obat-obatan


Selain menerapkan pola hidup sehat, penderita GERD juga perlu tetap waspada dan selalu sedia obat-obatan yang bisa menetralisir asam lambung. Misalnya seperti obat promag herbal yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko terdekat. 

Yuk sayangi dirimu mulai dari memperhatikan apa makananmu. You are what you eat!

Post a Comment

0 Comments