4 Wisata Alam di Bandung dengan Panorama Eksotis

Dalam hal tempat wisata alam di Bandung, Kawah Putih Ciwidey masuk ke dalam jajaran paling kondang. Tidak bisa dipungkiri, alamnya yang sangat cantik dan unik membuat banyak orang sangat tertarik untuk menjelajahinya. Tidak heran juga banyak sekali foto-fotonya wara wiri di media sosial, terutama Instagram.

wisata alam di bandung



Namun selain Kawah Ciwidey, masih banyak juga destinasi wisata alam di Bandung yang menarik buat dijelajahi lho. Bagi kamu yang sekarang sedang mencari rekomendasi buat jalan-jalan, berikut ini daftarnya.

1. Tebing Keraton Dago Atas


Tebing Keraton Dago Atas lokasinya bisa dicapai hanya 15 menit dari pusat kota Bandung. Tepatnya berada di Dago Atas, Desa Ciburial, Cimenyan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Tempat wisata ini memiliki panorama yang cantik dan udara yang sejuk.

Awalnya, tempat wisata ini kondang karena banyaknya unggahan di media sosial. Sekarang sudah menjadi wisata banyak peminatnya. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, mulai dari berburu foto, menyaksikan sunrise atau sunset, trekking, gowes, sampai dengan camping.

Fasilitasnya sudah sangat memadai, ada parkir yang cukup luas, mushola, toilet, serta jajaran warung-warung yang digunakan untuk mengganjal perut. Jam bukanya mulai dari pukul 05:00 sampai dengan 18.00 WIB.

2. Legenda Batu Cinta di Situ Patenggang


Mungkin kamu sudah familiar dengan Situ Patenggang. Namun tahukah kamu ada sebuah batu besar di sana yang menjadi salah satu daya tarik utamanya? Namanya adalah Batu Cinta yang berbentuk menyerupai hati. Konon katanya, batu tersebut sering dikaitkan dengan legenda yang sangat terkenal di Bandung bahkan  Nusantara, yakni kisah cinta antara Dewi Rengganis dan Prabu Kian Santang.

Lokasinya berada di Desa Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung. Terlepas dari berbagai legendanya, Situ Patenggang memiliki panorama yang sangat cantik. Kamu akan melihat hutan, kebun stroberi, dan juga pegunungan hijau. Sangat menenangkan hati, udaranya juga begitu sejuk.

3. Sanghyang Heuleut


Bagi kamu yang ingin basah-basahan di alam terbuka yang sangat unik, Sanghyang Heuleut bisa dikunjungi. Ini merupakan kolam bentukan alam yang digadang-gadang sudah ada sejak zaman pra sejarah. Alamatnya berada di Kp. Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Bandung Barat.

Lokasinya sangat asri, kolamnya memiliki warna biru tosca yang unik dan dikelilingi oleh bebatuan. Sebelum corona, tempat ini ramai jadi kunjungan para wisatawan untuk mandi, berenang dan bermain air dengan floaties. Sekarang juga sudah mulai ramai dikunjungi kembali. Namun disarankan untuk tidak mandi dulu. 

4. Ranca Upas Ciwidey


Ranca Upas berlokasi di Jl. Raya Ciwidey-Patengan No. Km. 11, Patengan, Rancabali, Bandung. Dahulu yang paling kondang dari tempat ini adalah penangkaran rusa. Jadi kamu yang berkunjung bisa bermain-main dengan rusa. Memberinya makan sampai dengan berfoto.

Namun sekarang ini Ranca Upas sudah berkembang pesat, banyak kegiatan seru yang ditawarkan. Contohnya saja ada camping ground, air hangat, war games, fun games, outdoor gathering dan lain sebagainya. 

Jika datang ke tempat ini, jangan lupa isi penuh baterai kameramu. Akan banyak momen-momen epik dari rusa atau keseruan orang-orang menikmati liburan yang bisa kamu jepret.

Pilihan wisata alam di Bandung sangat menggoda untuk segera dikunjungi, bukan? Jika kamu ingin keliling-keliling di Bandung, ada banyak transportasi pendukung. Salah satu rekomendasinya adalah Cititrans sebagai salah satu penyedia layanan shuttle terkemuka di Indonesia. Coba naik Cititrans aja untuk kemudahan bepergian ke Kota Kembang.

Tidak memiliki banyak waktu untuk booking tiket secara manual? Manfaatkan saja platform yang memudahkan, misalnya Traveloka. Di sana, kamu bisa melakukan pemesanan tiket Cititrans secara fleksibel, untuk jadwal keberangkatan yang sesuai keinginan. 

Terakhir, ingat ya untuk selalu patuhi protokol kesehatan saat bepergian maupun berada di destinasi wisata. Itu semua tentunya demi kebaikan diri sendiri dan juga orang lain.
 

Post a Comment

0 Comments