Mau Menekuni Hobi Jadi Bisnis? Yuk Ikutan Berguru!

Mau Menekuni Hobi Jadi Bisnis? Yuk Ikutan Berguru? - Sejak lama saya ingin sekali mempunyai usaha sendiri di rumah. Mencoba berjualan, tapi bingung produknya apa. Padahal bisa aja jadi reseller produk yang dijual oleh adik perempuan saya. Atau menekuni tawaran teman saya untuk menjadi agen suatu perusahaan misalnya.

hobi jadi bisnis



Pernah sih saya jualan buku online yang gak membutuhkan modal karena sistemnya seperti reseller juga. Bahkan pernah menawarkan buku-buku anak murah juga, tapi suka gak tega sama anak karena mereka juga mau buku-bukunya. Semuanya gak berjalan lama, pasti jalan di tempat lagi karena harus menyelesaikan hobi atau kegiatan ngeblog saya.

Di masa pandemi seperti sekarang, meskipun masih ada pendapatan tetap dari suami dan pemasukan tambahan yang saya dapatkan. Saya juga harus berpikir menambah penghasilan lagi untuk menyiapkan dana darurat karena belum tahu kondisi seperti ini akan berakhir sampai kapan.


Mulai Bisnis Dari Hobi

"Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar". Pernah mendengar quote ini? Setahu saya sih dipopulerkan oleh Kang Emil alias Ridwan Kamil sewaktu masih menjabat sebagai Walikota Bandung.

Katanya sih kalau kita melakukan hobi biasanya dijalankan sepenuh hati dan sungguh-sungguh. Jika pekerjaan yang kita geluti berasal dari hobi yang disukai logikanya akan dikerjakan dengan semangat dan sungguh-sungguh pula. 

Jadi harus pintar-pintar menggali potensi dari hobi yang dimiliki dan disukai untuk dijadikan sebuah pekerjaan yang menghasilkan uang.

Setelah tahu apa yang diinginkan dari hobi tersebut segera direalisasikan jangan hanya omong aja supaya cepat menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Intinya sih harus tetap semangat, mau belajar terus, dan tidak bermalas-malasan. Namanya juga pekerjaan ada kalanya tidak langsung mengalami kesuksesan. Terus bangkit tatkala mengalami kegagalan dan memperbaiki kesalahan yang pernah terjadi agar tidak terulang lagi.

Sejauh ini hobi saya masih seputar dunia blog, jadi gak jauh-jauh dengan dunia menulis artikel. Berbekal pengalaman bekerja sebagai content writer saya mencari pekerjaan freelance di dunia ini juga. Sedangkan dunia suami ada di bidang IT khususnya sebagai Software Developer mencari usaha sampingan juga masih di bidang yang sama.  Begitu pula dengan Pascal si sulung yang suka menggambar dan desain ternyata dia sering mencari pekerjaan freelance di dunia maya.

Nah, masih seputar itu aja hobi kami dan mencari tambahan penghasilannya pun gak jauh-jauh dari hobi masing-masing.

Pingin sih punya usaha lain tapi yang bisa bikin saya enjoy menjalaninya tanpa harus takut-takut menawarkan produk pada orang lain. Kalau saya maunya dihandle sendiri dulu mulai dari pengadaan produk, pemasaran hingga pengiriman karena terbiasa mengatur sendiri jadi masih agak susah untuk bekerjasama dengan orang lain dalam hal usaha.

Dari sini saya rajin mencari tahu dan belajar dari teman-teman yang punya bisnis sendiri termasuk melalui dunia maya.

Cari Rekomendasi Bisnis Melalui Dunia Maya


Selama pandemi otomatis aktivitas banyak dilakukan di rumah. Untuk urusan mencari ilmu juga dilakukan dari rumah melalui kelas online. Banyak kelas yang diselenggarakan oleh berbagai pihak baik yang gratis maupun berbayar. Gak masalah kok selagi kita mendapatkan insight dan ide setelahnya sebagai rekomendasi membuka usaha baru.

Buat para UMKM atau yang mau memulai bisnis bisa mengikuti kampanye #ObsesiUntukNegeri yang diselenggarakan oleh Ninja Xpress melalui channel Youtube dalam program Ninja Academy. Di dalam program tersebut ada berbagai kategori yang berisi konten yang bekerjasama dengan kreator lokal untuk mendukung UMKM  dan brand lokal agar bisa tetap berjuang di era new normal.

Salah satu kategori program yang ada adalah #BERGURU (Belajar Ragam Usaha Baru) yaitu konten yang mengajak orang-orang tetap melakukan aktivitas dari rumah namun tetap produktif. Melalui video, narasumber akan membagikan tips dan tutorial untuk memulai usaha dari rumah agar masyarakat bisa menciptakan usaha sendiri.


Tayangan Berguru Episode 7


Pada tayangan BERGURU minggu ini mengambil topik "Cari Profit sekaligus Belajar Hidup Sehat dengan Bisnis Jamu Rumahan" yang menampilkan mbak Nova Dewi Setiabudi seorang Jamu Mixologist.


BERGURU



Mbak Nova sebagai pencinta minuman jamu, suatu saat pindah ke Jakarta dari Surabaya dan merasakan susahnya mencari penjual jamu. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa jamu itu baik untuk kesehatan sejak dulu. Karena latar belakang tersebut mbak Nova membuat jamu sendiri dan memulai bisnis jamu rumahan bernama Suwe Ora Jamu. 

Hingga akhirnya mbak Nova membuat kedai Suwe Ora Jamu denga konsep kafe yang kekinian. Bisnisnya berkembang pesat dan kedainya sudah mempunyai franchise.

Siapa sangka berawal dari kesukaan mbak Nova terhadap minuman tradisional bisa mempunyai usaha sendiri melalui kedai jamu modern ini. Dengan kerja keras dan semangatnya kedai jamunya bisa bertahan sampai sekarang apalagi saat ini banyak orang yang mulai mengonsumsi makanan dan minuman sehat agar daya tahan tubuh mereka tetap terjaga, salah satu cara adalah dengan minum jamu.

Setelah melihat video paparan dari pemilik Suwe Ora Jamu, saya jadi punya ide untuk mengubah hobi jadi bisnis dengan mencoba usaha kecil-kecilan. Kami di rumah suka banget makan keju dan cokelat lumer. Kebetulan belum lama saya belajar online  membuat kedua resep tersebut pada teman yang sudah lebih dulu membuka usaha seperti ini tapi di beda kota. Kalau ditekuni sedikit-sedikit dan menitipkan keju dan cokelat lumer ini di toko lumayan juga ya, Bismillah kalau begitu mau memulai usaha kecil-kecilan terlebih dahulu.

Di zaman teknologi seperti saat ini pemasaran usaha perlu dilakukan secara online agar lebih luas jangkauannya. Ninja Xpress sebagai solusi layanan pengiriman berbasis teknologi inovatif yang #ObsesinyaCumaDelivery sangat mendukung insudustri bisnis UKM dan e-commerce. 

Untuk mewujudkan dukungannya terhadap UMKM Ninja Xpress membuat program Ninja Academy agar senantiasa terus mendukung usaha dan brand lokal tetap bangkit dan berjuang bersama.

Buat teman-teman yang ingin melihat topik lainnya di BERGURU tunggu aja tayangannya di channel Youtube Ninja XPress yang tayang setiap satu minggu sekali.



Post a Comment

22 Comments

  1. Inspiratif sekali ya, dari hobi mbak Nova bisa jadi bisnis. Kita fokus dan terus berinovasi bikin bisnis makin bangkit ya mbak

    ReplyDelete
  2. Tapi emang ya yang namanya hobi itu bakalan bisa menghasilkan, karena aku pun demikian. Dari hobi motret yang awalnya gak kepikiran bakal menghasilkan tapi alhamdulillah sekrang sudah menghasilkan.

    ReplyDelete
  3. Hobi jadi bisnis emang paling asyik. Seperti juga yang kita jalani ini ya, ngeblog. Cuma kudu bisa memelihara aspek funnya juga akhirnya, walau udah nyemplung ke bisnis. Keren bgt sih Suwi Ora Jamu ini.

    ReplyDelete
  4. Setuju banget sih ini, mau menjalani bisnis memang harus diawali dengan passion sih. Krn kalau dengan hobby jalani bisnis jadi gak kerasa.

    ReplyDelete
  5. Kayaknya skarang aku lagi melakukan hobi yang jadi bisnis. Alhamdulillah malah jadinya mudah ya mba

    ReplyDelete
  6. Jamu mixiology? Aduhaii, cethar banget ini idenyaaaa
    Aku juga pengin ahh, terjun ke dunia bisnis
    mau cari ide2 dulu :D

    ReplyDelete
  7. masalahnya nih teh, jujur aku gak punya hobi hahahha.. parah sih, semua aku lakukan awalnya karena emang pekerjaan trus diseriusin, sepertinya aku harus cari hobi yang bisa menghasilkan nih biar bisa jadi bisni

    ReplyDelete
  8. wah ada cafe tapi jualannya jamu? keren banget ini pengagas Suwe Ora Jamu.

    Ayuk mbak, direalisasikan bisnis keju dan coklat lumernya. Semoga sukses

    ReplyDelete
  9. Wah aku appreciate banget nih sejak Ninja Xpress pertama kali hadir di Indonesia dengan tagline Obsesinya Cuma Delivery. Itu cool banget. Sekarang malah bikin Ninja Academy, ya, untuk memajukan UMKM. Kereeen.

    ReplyDelete
  10. Keren yaaa dari hobi minum jamu jadi punya usaha bikin jamu sendiri. Hmm, jadi terinspirasi mengulik hobi selain ngeblog biar jadi bisnis nih.

    ReplyDelete
  11. Memang paling asyik kalau hobi bisa dijadikan bisnis. Menjalani bisnis jadi lebih enjoy. Seperti Mbak Nova yang punya usaha jamu dari kegemaran minum jamu ya...

    ReplyDelete
  12. Wah keren ya program Ninja express ini, membantu peluang berusaha...
    Emang paling enak itu hobi yg dibayar ya mbak

    ReplyDelete
  13. Jadi penasaran deh apa nih channel nanti mengenai bisnis, bisa nambah ilmu banyak deh

    ReplyDelete
  14. Inspiratif y mba jadi penasaran kisah lainnya deh keren nih UMKM Ninja Xpress membuat program Ninja Academy yg mendukung usaha brand lokal tetap bangkit dan berjuang bersama.

    ReplyDelete
  15. aaa aku komen berkali2 kak maafkan aku soalnya error2 mulu nih tiap komen!

    aku suka banget sama konsep bar jamunya suwe ora jamu. dan dia tuh tersedia dimana-mana jadi mau pesen via ojol pun tinggal cari yang deket
    jamu kalengnya tuh inovatif dan keren banget huhuhu

    ReplyDelete
  16. It is interesting to see how we can start a flourishing business by following and learning more from mentors or tutorials

    ReplyDelete
  17. Jadi acara BERGURU ini berseri yaa, kak Lia?
    Kemarin pernah baca tulisan blogger mengenai life hack gituu..
    Menarik yaa..

    ReplyDelete
  18. Bagus juga ya mantengin channel Ninja Xpress untuk mencari ide usaha baru. Dari tiap diri kita pasti ada lah ya yang bisa dikembangkan untuk mencari peluang usaha baru.

    ReplyDelete
  19. Jadi pengen meluncur untuk BERGURU ke youtube Ninja Xpress nih mbak, soalnya aku juga galau pengen bisnis rumahan tapi semuanya masih pengen dihandle sendiri. Tapi kadang sadar diri saya belum bisa konsisten.

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah keren ini Mba Lid, dari hobi jadi bisnis ya. Ada tayangannya langsung di youtube, kepengen nonton ah biar bisa belajar juga mengembangkan usaha

    ReplyDelete
  21. Paling bahagia kalau menjalani hobby bisa menghasilkan cuan. Insaallah biar jatuh bangun akan survive juga

    ReplyDelete
  22. bener banget sama quote di atas mbak, karena saya dulu sempat memulai usaha kuliner ya berawal dari hobi yang suka bikin cake. Menarik ini program dari Ninja Express jadi pengen kepoin di yutubnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya