Medikids Clinic Kemang Ajak Keluarga Nikmati Serunya Fieldtrip Online

Medikids Clinic Kemang Ajak Keluarga Nikmati Serunya Fieldtrip Online  - Anak-anak paling suka kalau diajak fieldtrip baik bersama keluarga maupun sekolah. Sayangnya sejak pandemi, kegiatan pembelajaran yang menyenangkan tidak bisa dilakukan untuk sementara. Untungnya saya dan Alvin diundang untuk mengikuti field trip online oleh Medikids Clinic Kemang lewat komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis pada hari Rabu, 11 November 2020 lalu melalui aplikasi Zoom.

filed trip online
Melalui field trip anak-anak akan mendapatkan pengalaman belajar sambil bermain secara fun. 

Jam 2 siang kegiatan fieldtrip online ini dimulai setelah anak-anak selesai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) serta makan siang dan sholat dzuhur. Siang hari dengan udara terik enaknya sih istirahat sambil menyalakan pendingin ruangan atau kipas angin. Tapi saya lihat anak-anak yang mengikuti acara semangat semua menyimak materi dan ikut berpartisipasi dengan aktivitas yang diberikan.

Supaya gak ngantuk acara diawali dengan Dance Captain Medi yaitu maskot dari Medikids. Seru banget melihat anak-anak menirukan gerakan dance Captain Medi, mereka pun jadi tambah semangat karena melakukan aktivitas gerak.

Belajar Sambil Bermain Bersama drg. Saskia

Ada drg. Saskia Karenina yang memandu field trip online hari itu untuk mengedukasi orang tua dan anak-anak mengenai kesehatan selama pandemi dan kesehatan gigi. Dokter Saskia yang cantik dan ramah waktu memberikan materi selalu berinteraksi dengan kami sambil sesekali bertanya pada anak-anak supaya mereka tidak bosan.





πŸ“ŒCara Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Pandemi

Meskipun informasi umum mengenai cara menjaga kesehatan tubuh selama pandemi ini sudah banyak diberikan, namun gak ada salahnya ya kalau dokter Saskia mengingatkan kembali pada anak-anak agar senantiasa menjaga kesehatan.

Berikut ini tips untuk menjaga kesehatan yang harus selalu dipatuhi tidak hanya selama pandemi saja lho, tapi kapanpun juga.

langkah-langkah mencuci tangan


  1. Sering dan rajin mencuci tangan dengan sabun dengan cara sesuai anjuran dari WHO (World Health Organization).
  2. Tetap menjaga jarak dengan orang lain ketika berada di luar rumah minimal 1 hingga 2 meter supaya aman.
  3. Jangan lupa menggunakan masker saat keluar rumah baik masker kain maupun masker medis. Ganti masker jika sudah terlalu lama serta tidak menyentuh wajah kalau tangan tidak dalam keadaan bersih.
  4. Istirahat yang cukup supaya daya tahan tubuh lebih kuat. Untuk anak-anak masih diperlukan tidur siang dan tidur malam di waktu yang sama dan teratur. 
  5. Membawa hand sanitizer saat keluar rumah untuk berjaga-jaga tidak ada tempat mencuci tangan.
  6. Selalu konsumsi makan makanan bergizi memenuhi aturan gizi seimbang dan tidak lupa olahraga.
  7. Usahakan tetap di rumah apabila tidak ada keperluan penting yang mendesak.


πŸ“Œ Mengenal Lapisan Gigi

Supaya lebih semangat dokter gigi Saskia mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama dengan lirik yang mengandung edukasi dan mudah diingat. Yuk, teamn-teman bisa ikutan menyanyikannya juga, begini liriknya:

"Mari sikat gigi...2 kali sehari
pagi setelah makan dan malam sebelum tidur 
Pagi setelah makan dan malam sebelum tidur"

mengenal gigi

Dokter gigi Saskia juga menjelaskan mengenai lapisan gigi yang terdiri dari :
  • Enamel yaitu lapisan paling luar. Ketika gigi berlubang karena malas sikat gigi maka kita belum mengalami sakit hanya saja gigi akan berubah warna cokelat.
  • Jika gigi dibiarkan saja maka lama kelamaan akan merasa sakit dan ngilu karena kuman yang berasal dari sisa makanan masuk ke lapisan dentin.
  • Selanjutnya keluhan gigi akan bertambah parah jika tidak diobati ke dokter gigi. Gusi menjadi bengkak dan lubang makin parah yang mengakibatkan menjadi susah makan karena kuman sudah masuk ke dalam saraf san pulpa gigi.

Mengerikan kalau melihat anak-anak sakit gigi sampai ada yang menangis. Anak-anak di rumah suka sekali makanan manis termasuk cokelat. Gak masalah sih asalkan tidak terlalu sering dan tidak lupa menggosok gigi supaya tidak ada sisa makanan yang tertinggal di dalam gigi sehingga mengakibatkan kuman menyerang gigi menjadi lubang.

Dokter Saskia bilang kalau lagi di luar rumah, setelah makan makanan manis dan belum bisa sikat gigi usahakan untuk minum air putih terlebih dahulu serta berkumur supaya rasa manis hilang dari gigi.

πŸ“Œ Cara Sikat Gigi Yang Benar

Rajin sikat gigi tapi kok masih suka sakit gigi? Mungkin cara menyikat giginya kurang benar sehingga masih ada sisa-sisa makanan yang menyangkut pada sela-sela gigi dan menyebabkan kuman penyebab sakit gigi tersebut.

Begini cara menyikat gigi yang benar supaya kamu tidak sakit gigi lagi:
  • Lakukan gerakan bulat-bulat yang diawali dari gigi bagian depan lalu beralih ke bagian samping. Bayangkan saja gimana caranya membuat lingkaran ya ketika melakukan gerakan bulat-bulat supaya tidak bingung.
  • Gerakan selanjutnya adalah gerakan maju-mundur di bagian samping gigi atau kiri dan kanan sampai ke belakang gigi.
  • Lakukan juga gerakan cungkil-cungkil dengan mencungkil gigi bagian atas dan bawah supaya kotoran bisa ditarik keluar gigi.
  • Jangan lupa untuk mnyikat lidah pelan-pelan supaya agak eneg. Bagian ini banyak orang melewatkannya padahal penting lho.
  • Terakhir ada berkumur dengan bersih lalu buang airnya jangan ditelan


πŸ“Œ Cara Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi

Memilih sikat gigi itu gak bisa sembarangan terutama untuk anak-anak yang mulutnya masih kecil. Pilih sikat gigi yang mempunyai ukuran kepala kecil supaya muat di dalam mulut mungilnya dan maksimal dalam membersihkan gigi. 

Ganti sikat gigi 3 bulan sekali atau jika sudah ada tanda-tanda harus diganti seperti warna bulu sudah memudar dan bulu mengembang. Yang paling penting tiap orang punya sikat gigi sendiri gak boleh saling tukar menukar atau pinjam meminjam supaya kuman tidak berpindah.

Gunakan pasta gigi dengan fluoride untuk membantu menguatkan struktur email. Untuk anak di bawah 3 tahun pasta gigi sebesar beras atau tipis saja. Sedangkan anak di atas 3 tahun, pasta gigi sebesar biji jagung.
Dokter Saskia juga berpesan untuk bayi walaupun belum ada gigi atau baru tumbuh 1-2 gigi kebersihan gigi dan mulutnya harus tetap dijaga. Kalau saya dulu menggunakan alat khusus untuk membersihkan gigi, gusi dan lidah sejak anak-anak masih bayi.

πŸ“Œ Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Supaya kesehatan gigi dan mulut tetap sehat maka kita harus menjaganya dengan menerapkan tips berikut ini:
  • Rutin sikat gigi 2 kali sehari yaitu pada pagi hari setelah makan dan malam sebelum tidur Serta menggunakan sikat gigi yang tepat dan pasta gigi mengandung fluoride.
  • Selalu konsumsi makanan bergizi dan mengurangi makanan yang mengandung, asam dan menghindari minuman bersoda.
  • Jangan lupa untuk pergi ke dokter gigi secara rutin 6 bulan sekali untuk memeriksakan gigi. 

Melihat Medikids Kemang Secara Online

Ke dokter gigi itu jangan menunggu sakit gigi terlebih dahulu, tapi dilakukan secara rutin 2 kali dalam setahun atau 6 bulan sekali.

Di masa pandemi pastinya banyak orang tua yang merasa khawatir harus berkunjung ke dokter atau rumah sakit untuk memeriksakan gigi atau kesehatannya.

menayangkan video field trip online pada kami untuk melihat dan berkeliling ke seluruh fasilitas Medikids Kemang yang sudah buka kembali. Gak usah khawatir karena clinic sudah menerapkan protokol kesehatan yang berlaku sehingga dengan aman akan melayani pasien maupun siapa pun yang akan melakukan konsultasi.





Medikids Kemang adalah one stop clinic menyediakan layanan dental, kesehatan, umum, dan vaksin. Salah satu cabang MHDC Group (Mulia Health & Dental Care) yang berdiri sejak 2017 di Kemang. 

Waktu melihat tayangan suasana, dekorasi, dan ruangan yang ada di Medikids Kemang saya merasa nyaman karena colorful sekali. Anak-anak yang datang ke sini untuk pemeriksaan atau vaksinasi tidak akan merasa bosan karena suasananya playful banget.

πŸ“Œ Tema Around the World


Dengan tema Around the World dan dilengkapi fasilitas London Play Hospital tempat anak bisa belajar dan merasakan serunya menjadi dokter gigi dan tenaga medis lainnya.

Yang uniknya lagi ruangan-ruangan yang ada di Medikids Kemang dibuat seperti airport dari berbagai negara dan bernuansa sesuai negara tersebut. Untuk penamaannya juga sesuai seperti Africa Safari Dental Room, Paris Dental Room, Japan Dental Room, Turkey Dental Room, dan Amerika General Room.

Medikids Kemang
Jl. Benda No. 98 C, Cilandak Timur, RT.2/RW.4, 
Cilandak Tim., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, 
Telp. 021-7802541
Wa: 081-11895531
https://mhdc.co.id/


Aktivitas Bersama Anak


Setelah selesai field trip, anak-anak bun diajak beraktivitas bersama yaitu mewarnai masker dengan gambar Captain Medi. Masker dan alat warna sudah dikirimkan ke alamat rumah masing-masing sebelum kegiatan online berlangsung.

diy medikids



Anak-anak menuangkan kreativitasnya dalam memberikan warna sesuai dengan keinginannya masing-masing. Lalu kami berfoto bersama menggunakan masker yang sudah diwarnai. Sayangnya waktu sudah habis jadi kami harus mengakhiri kegiatan yang menyenangkan tersebut.

Dari kegiatan field trip online anak-anak dan mamanya semoga semakin bisa menjaga kesehatan tubuh termasuk gigi dan mulut.

Di masa pandemi saat ini, mau tidak mau kita harus bisa hidup dan berakivitas berdampingan dengan virus. Tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan ya! Contohnya ketika Alvin ikut mama ke supermarket dia tetap memakai maskernya lho. Bangga sekali menggunakan masker gambar Captain Medi ini.



 Oh ya, saya juga membawa tas parasut lipat yang dikirimkan oleh Medikids. Tasnya jadi bisa digunakan untuk berbelanja karena saat ini pusat perbelanjaan tidak menyediakan lagi kantung belanja plastik untuk mengurangi sampah. Mulai dari diri sendiri untuk menjaga lingkungan dan kesehatan yuk!








Post a Comment

18 Comments

  1. Kalau aku pernah konsultasi gigi aku dan anak bungsuku Fakhri ke Medikids Pesona Square Mall di Depok. Seru deh, ada arena menarik buat anak2 ya berasa bukan di dokter gigi. Fasilitas oke, dokter dan staf ramah2, anak jadi berani periksa gigi deh.

    ReplyDelete
  2. Seru banget fieldtrip online, pengalaman baru jalan jalan secara online. Anakku dulu juga aku bersihkan gigi dan lidahnya pakai sikat gigi khusus bayi, ada 3 sikat kayaknya

    ReplyDelete
  3. Pastinya mas Alvin bahagia lah dibawa ke medikids. Kan itu urusan gigi udah pasti sensitif banget ya..

    Mas Alvin ngga disuruh merapihkan gigi pake braces kan ya ga kayak bang Dio dan Aniqa yang dua duanya dikawat gigi, rasanya uhuuuy katanya

    ReplyDelete
  4. Suasana ruangan yang colorful memang sangat disukai anak-anak ya, jadi mereka bakalan seneng dan terhibur berada disana, periksa gigi kini bikin ketagihan...hehehe

    ReplyDelete
  5. Medikids nih emang kreatif ya. Mereka buat nyaman anak biar ga takut periksa gigi. Saya sudah datengin yang di depok dan di kalibata, Mba. Emang keren fasilitasnya dan pelayanannya juga ramah.

    ReplyDelete
  6. seru sekali acara fieldtripnya, dapet giftbox segala yaaa.. Keren! hihi. Suka banget deh sama konsepnya medikids ini, cakep interiornya, bikin anak anak ga takut ke dokter yaaa

    ReplyDelete
  7. Senangnya di Medikids Kemang sudah one stop clinic menyediakan layanan dental, kesehatan, umum, dan vaksin. Suasana, dekorasi, dan ruangan yang ada di Medikids Kemang nyaman dan colorful begini, anak-anak yang datang ke sini untuk pemeriksaan atau vaksinasi pasti bakal happy

    ReplyDelete
  8. senengnya anak-anak jaman sekarang ya, periksa gigi serasa mau pergi piknik. Cobalah Medikids ini ada di Malang, pasti anak-anakku bakal semangat kalau diajak periksa gigi

    ReplyDelete
  9. Bagus banget ya mbaa kliniknya. kebayang deh anak-anak bakal betah di saana. Kalau tidak pandemi bisa main lama tuh.. Aniwei kemarin acaranya seru dan padat ilmu ya..

    ReplyDelete
  10. Kalo gini sih anak2 seneng ya mbak dapat edukasi bagus tentang kesehatan gigi. Anak2ku kayanya bagus juga belajar gini

    ReplyDelete
  11. Kalau semua klinik anak kayak gini pasti gak bakalan Ada anak2 takut ke dokter ya... Nex mau ajak anak2 periksa Gigi kesini

    ReplyDelete
  12. Wah senangnya bisa ikut field trip menyusuri bagian-bagian ruangan di Medikids Kemang. Meski online tapi tetap seru ya...

    ReplyDelete
  13. Masa pandemi ini, tour online jadi alternatif di mana-mana. Menyenangkan juga belajar dan wisata dengan cara begini

    ReplyDelete
  14. Aku paling suka sama tas parasut...ringan dan muat banyak.
    Jalan-jalan lalu belajar bareng Bu Dokter, bikin anak memahami materi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuhnya sendiri.
    Keren Medikids Clinic.

    ReplyDelete
  15. Seru amat tuh si Alvin, udah ikutan field trip, eh dapat merchandise pula dari Medikids yang dikirim ke alamat rumah. Lihat dari foto-foto di atas, nyaman banget yaa fasilitas di Medikids Clinic ini.

    ReplyDelete
  16. Asik banget ikut field trip online gini, Mbak. Udah gitu dapat ilmu tentang kesehatan gigi lagi. Cakep juga ya masker dan tasnya.

    ReplyDelete
  17. anak-anak pasti ga takut lagi ke dokter gigi kalau suasanannya kayak di medikids terus ada fieldtrip virtualnya juga

    ReplyDelete
  18. Wah seru banget ada tur online ya. Apalagi materinya bermanfaat dan menarik sekali. Pantas anak2 betah. Menyikat gigi hrs dengan cara yg benar agar gigi tetap sehat. Medikids dekorasinya nyaman euy

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya