Suka Smoothies Buah dan Sayur? Blender Sendiri Aja!

Aneka Smoothies Buah dan Sayur Yang Enak dan Sehat  ini sering saya konsumi kalau lagi gak sempat makan karena masih banyak yang harus dikerjakan terutama pagi hari. Memang kenyang ya minum smoothie? Kenyang dong soalnya mengandung serat apalagi kalau ada campuran lainnya kaya yoghurt, madu, atau es krim.

smoothies buah dan sayur


Membuat smoothies buah dan sayur merupakan salah satu cara mudah mengenalkan buah dan sayur pada anak-anak. Paling bagus sih makan buah secara langsung, lebih alami dan seratnya juga lebih banyak dibanding smoothie atau jus.



Oh ya, teman-teman sudah tahu bukan perbedaan smoothie dan jus? Kalau smoothie itu buah dan sayur dihaluskan semuanya beserta ampasnya. Sedangkan jus kita hanya mengambil airnya saja. 

Biasanya kami membuat smoothie menggunakan buah atau sayuran yang ada di rumah saja, sesekali membeli bahan khusus.

Smoothies Sayuran dan Buah


Sayuran dibuat smoothie juga enak lho! Untung menghilangkan rasa langu dari sayuran tersebut kita harus mengakalinya. Jangan membuat smoothie hanya sayurannya saja apalagi kalau disajikan untuk anak-anak. Sayuran tersebut bisa dicampur dengan pisang, nanas, atau perasan jeruk lemon supaya rasanya lebih enak dan segar.

Pilihan buah dan sayur untuk smoothies itu banyak tergantung selera kita aja mau membuat yang mana. Misalnya untuk smoothies sayuran, kita bisa membuatnya dari bayam, wortel, selada, kangkung, sawi dan lainnya. Bahan-bahan ini juga biasa disebut dengan smoothies hijau yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain memenuhi nutrisi vitamin dan mineral juga bagus untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh karena smoothies hijau ini kaya akan kandungan klorofil. Sedangkan untuk buah-buahan pada dasarnya semua bisa dibuat smoothie.

Nah, kebetulan hari ini saya mau masak sayur bayam, jadi bisa diambil sedikit daun bayamnya untuk dijadikan smoothies bayam. Kalau ada Yoghurt bisa dicampurkan juga lho, atau madu jadi manisnya alami bukan dari tambahan gula apalagi kalau ada campuran pisangnya.

📌 Cara Membuat Smoothies Sayuran dan Buah


Sebetulnya gak ada cara khusus untuk membuat smoothies sayur atau buah, yang penting semuanya diblender aja, udah beres tinggal diminum deh.

Tapi, saya pernah mendapatkan tips dari beberapa ahlinya termasuk dari Almarhum Pak Bondan sebelum membuat smoothie ada beberapa buah yang perlu disimpan terlebih dahulu di dalam freezer. Misalnya pisang dan nanas yang sudah dipotong-potong kecil dibekukan di lemari es supaya nanti diblender ada rasa-rasa es gitu lebih nikmat rasanya dan gak perlu tambahan es batu lagi jadinya.

Tapi, siapa tau berguna buat yang mau buat smoothie sendiri ya, ini saya kasih tau cara membuatnya :

  • Jangan lupa buah dan sayur harus dicuci dulu sampai bersih ya.
  • Kalau mau buat smoothie pagi hari, dari malam sudah bisa disiapkan terutama untuk buah atau sayur yang perlu dibekukan di freezer
  • Supaya lebih sehat gak perlu menambahkan gula lagi karena kita sudah bisa menikmati rasa manis alami dari buah yang digunakan.
  • Untuk buah yang sudah dibekukan gak perlu lagi menambahkan es batu, cukup menambahkan sedikit air saja jika diperlukan
  • Tinggal diblender deh sampai halus dan smoothie pun bisa langsung dinikmati

Memilih Blender Untuk Membuat Smoothie


Blender 220



Blender merupakan alat utama yang harus digunakan untuk membuat smoothie supaya buah dan sayur dapat dihaluskan dengan sempurna.

Sebelum membeli blender biasanya kita mempunyai beberapa kriteria yang harus diperhatikan antara lain:
  • Jenis Blender.  Untuk membuat smoothie menggunakan standing blender, biasanya punya pisau yang kuat untuk menghancurkan es.
  • Bahan Gelas Blender. Ada dua bahan pembuat gelas blender yaitu plastik dan kaca. Bahan plastik mungkin lebih ringan tapi lama-lama bisa menjadi kusam warnanya. Sedangkan bahan kaca lebih berat tapi bisa terlihat jernih lebih lama.
  • Daya Blender sebisa mungkin memilih watt yang kecil supaya bisa menghemat listrik.
  • Harga Blender berbeda tergantung dari fungsi, aksesoris dan kebutuhan penggunanya.
Ada Blender 220 dari Idealifeonline cocok untuk membuat smoothie di rumah yang terdiri dari standing blender dan dry mill blender  atau mini chopper yang bisa digunakan untuk menghaluskan bumbu dalam persiapan memasak.

📌 Glass Electric Blender - Penggiling Pemulat Listrik Kaca (IL-220)


Harga : Rp376.544

smoothies sayur atau buah



Terdiri dari dua alat yang multifungsi untuk membuat jus, smoothie, dan menghancurkan bumbu-bumbu kasar.

Untuk wadahnya terbuat dari bahan kaca yang membuat bahan-bahan yang digunakan lebih higienis karena ketika proses blend dilakukan tidak ada material lain yang tercampur. 

Untuk pisaunya terdiri dari 6 sisi untuk memotong dan memblender dengan sempurna. Pisaunya yang terbuat dari stainless steel ini lebih kuat dan tahan lama serta mudah dibersihkan dengan melepas pisau dari tabungnya.


Untuk produk lain dari Idealife bisa dilihat di akun Instagram @idealifeonline ya!

Kalian suka minum smoothie buah dan sayur apa aja? Bikin sendiri lebih aja pakai blender! Selain lebih murah, mudah, juga kualitas buah dan sayur bisa terjamin.

Post a Comment

22 Comments

  1. Wah aku baru tahu ternyata beda antara smoothies dan jus. Asyik juga ya ngeblender pake Idealife. Semua jadi praktis. Alat yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Bener banget lebih enak bikin sendiri smooties. soalnya kalau beli lebih encer dan kadang buahnya kurang segar. jadi mending bikin di rumha, bisa dinimkati sekeluarga

    ReplyDelete
  3. Kalau daku milih nggak pakai es batu sih, karena sukanya yang adem bukan yang terlalu dingin. Karena kalau dingin gampang pilek hihi

    ReplyDelete
  4. AKu belum pernah sih coba mix sayuran dan sayur. Secara aku juga gak suka sayur sih. Tapi kalau ada rekomendasi smoothies campuran sayur dan buah yang enak, aku mau coba bikin ah. Aduh aduh itu racun banget deh sama barang elektronik dapur.. Jadi pengen beli. ^^

    ReplyDelete
  5. Membahas tentang blender jadi ingat nih, 2 blender saya rusak gak bisa digunakan. Saatnya ganti dengan yang baru. Blender 220 kayaknya keren nih n bisa jadi pilihan

    ReplyDelete
  6. Aku lebih sering minum jus, Mbak, smoothie sesekali doang.Beneran sih, emang kalau smoothie tuh lebih mengenyangkan karena nyars semua bagian buah/sayur banyak diblender. Bayangin smoothie pisang plus perasan jeruk, uwow....segar banget. Jadi ingat blender di rumah dah lama banget dipakai. Walau masih bisa, enaknya sih peremajaan kali ya. Coz blender yang ada biasanya buat blender bumbu biar cepet pas mau masak. Langsung intip harga idealife ah.

    ReplyDelete
  7. Jujur saja, saya lebih memilih jus sih. Kalau smoothies, yuni belum pernah nyobain. Hehehe...

    Memang paling awal harus memilih benar blender yang akan kita beli. Biar nggak salah beli begitu.

    ReplyDelete
  8. Ide bagus nih, buah²an simpen freezer baru diblender. Enak dingin dan pasti rasanya kental. Kalo tambah es, esnya mencair...

    ReplyDelete
  9. aku kok belum bisa menikmati smoothies ya kak
    kalau ngejus sendiri mah sering banget
    campur2 buahnya enak memang

    ReplyDelete
  10. Cakep euy blender Idealife, belum pernah pake produknya satupun. Aku jg suka smoothies jadi semua kebawa nggak ada bekasnya, hehe.

    ReplyDelete
  11. Smoothies buah maupun sayur, yang penting dibikinin. Wkwkwkw. Dasar males akutu. Mbak Lidya atau Aa Pascal mau buatin gak?

    BTW, saya suka nih minum smoothies, kebetulan ada langganan di sini, smoothies sayurnya enak banget.

    ReplyDelete
  12. wah sehat ya klo bisa rutin konsumsi smoothie buah dan sayur buatan sendiri
    Idealife membantu kita untuk terus menarapkn gaya hidup sehat ya mbak

    ReplyDelete
  13. Makanan, minuman atau masakan apa pun yang dicampur-campur dan lembek, aku gak sukaaaaa

    Gak tau kenapa. Gak masuk aja ke tenggorokan 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  14. Waah iya ya bisa diakalin dengan membuat smoothies nih soalnya ankku nggak suka buah dan sayur.

    ReplyDelete
  15. Bener banget mba, dulu aku tuh ngga sangka kalau sayur misal brokoli tuh bisa dijus bareng ama buah. EH hasilnya enak dan ngga berasa makan sayur :D

    ReplyDelete
  16. Blender di rumah rusak, padahal lagi pengen bikin jus alpuket, duh jadi mupeng sama blender idealife, cuss ah kepoin ig-nya

    ReplyDelete
  17. Wahhh bermanfaat banget nih mbak infonya soal smothies...kapan2 aku mau banget cobain bikin smoothies

    ReplyDelete
  18. Wahhh bermanfaat banget nih mbak info soal smoothies nya. Kapan2 aku mau banget cobain bikin smoothies

    ReplyDelete
  19. kedoyanan pak suami nih, tiap pagi pasti blender buah. mulai dari alpukat, wortel, timun dan jambu.
    Baideway, blendernya bagus banget

    ReplyDelete
  20. aku suka bgt dong bikin smoothies sndiri, tapi sebulan lalu blenderku rusakkk belum sempe beli lagi hiks hiks

    ReplyDelete
  21. Paling seneng jus buah, tapi sekarang mulai coba jus sayur yang ada buahnya. Kalau nggak salah pernah coba jus timun, bayam, campur nanas. Pernah juga buat jus sendiri di rumah. Tapi blendernya kegedean hehe.

    ReplyDelete
  22. smoothies aku jarang ya, hanya sesekali saja karena kalau terlalu dingin malah suka bikin pusing, tapi kalau jus buah, hampir tiap hari aku bikin. Dan blender memang perangkat yang memudahkan banget untuk prosesnya, baik bikin smoothies maupun buat bikin jus

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya