Cara Mencari Inspirasi saat Jenuh Menghampiri

Pernah merasa bosan atau jenuh? Bosan atau jenuh adalah hal yang wajar dialami semua orang asalkan tidak berkepanjangan dan harus segera diatasi. Saya pun pernah merasakannya apalagi kalau melakukan aktivitas yang sama dengan berulang setiap harinya di masa pandemic seperti saat ini.

Sudah satu tahun lamanya suami WFO dan anak-anak PJJ di rumah. Senang-seneng aja sih jadi kumpul terus 24 jam. Tapi ada kalanya saya bosan melakukan aktivitas yang sama yaitu masak lagi dan lagi hihihi, maklum anaknya gembul. 

cara mencari inspirasi saat jenuh





Atau hal lainnya yang paling saya rindukan adalah menyendiri, biasanya anak-anak sekolah dan suami berangkat kerja, setidaknya saya ada waktu untuk sendiri. Sekarang waktu tersebut sulit saya dapatkan. Dengan sendiri pekerjaan rumah bisa saya lakukan dengan lebih cepat ketimbang ada orang lain di rumah. Untuk mengatasinya suami biasa mengajak anak-anak olahraga ke luar rumah sementara itu saya sendiri di rumah untuk beres-beres atau sekedar rebahan. Buat saya itu cukup menjadi me time dengan kembali bersemangat lagi.

Rasa bosan kadang juga mempengaruhi saya dalam mencari ide atau inspirasi dalam melakukan pekerjaan termasuk kehilangan ide menulis di blog.

Lalu bagaimana cara saya mengatasi kejenuhan supaya inspirasi datang kembali?

Coba Istirahat dan Lupakan Gadget


Saat badmood datang yang paling sering dilakukan adalah tidur, ini ampuh banget sih. Kalau sampai ada yang whatsapp saya dan lama gak dijawab ada dua kemungkinan lagi nyetir atau lagi tidur. Kadang-kadang saya masih mendengar notifikasi dari smartphone kemudian melihatnya, Tapi ketika jenuh datang, saya pun akan mengacuhkan notifikasi tersebut dan hasilnya lumayan membuat saya menjadi fresh kembali. 


Nonton Film atau Mendengarkan Musik


Biasanya dengan menonton film di kamar seorang diri saya mendapatkan inspirasi baru untuk melakukan kegiatan kembali. Namun selama pandemic ini gak bisa menikmati film sendiri di kamar, soalnya suami bekerja di sana. Akhirnya saya memilih ruang tamu sebagai tempat menyendiri selagi anak-anak belajar online di kamar masing-masing. Atau mendengarkan musik dari smartphone dan laptop. Dulu setel musik kenceng gak masalah, kalau sekarang harus berbagi karena keluarga ada di rumah semua dengan aktivitasnya masing-masing.


Lupakan Masak Sejenak, Pergi Makan Keluar


Kejenuhan yang paling sering saya rasakan sepertinya di bagian masak memasak nih. Pokoknya dalam satu hari saya gak mau masak terlalu sering, jadi sekalian saja masaknya. Selebihnya suami atau si sulung masak sendiri deh.

Tapi lama-lama juga bosan dengan aktivitas ini, biasanya suami mengajak kami makan di luar aja atau pesan antar, yang penting gak stres dengan urusan yang satu ini. 


Kerjakan Pekerjaan Satu-persatu Dengan Skala Prioritas


Kebanyakan perempuan terbiasa melakukan pekerjaan secara multitasking, padahal ini gak bagus lho. Selain gak fokus juga rentan mengalami kejenuhan. Saya sih sadar hal ini, tapi tetap aja kadang dilakukan juga secara multitasking, alhasil capek sendiri dan gak maksimal hasilnya. 

Makanya perlu membiasakan diri untuk melakukan pekerjaan dengan skala prioritas dan diatur berdasarkan waktu yang paling cepat terlebih dahulu untuk dikerjakan. Satu hal yang perlu saya lamawan adalah menunda sesuatu.

Selain 4 aktivitas di atas untuk mengusir kejenuhan, maunya sih traveling supaya pikiran fresh kembali. Tapi apa daya kondisinya belum memungkin untuk melakukan liburan apalagi ke tempat yang jauh.

Kalau semua hal di atas masih belum bisa mengatasi kejenuhan gimana dong? Banyak ibadah aja berkomunikasi dengan Allah Insya Allah semuanya ada jalannya.

#Hari11
#BPNRamadan2021

Post a Comment

0 Comments