Mari Mengenal Arti Rambu Lalu Lintas Petunjuk

Jenis rambu lalu lintas terdapat dalam beberapa macam sesuai dengan tujuan informasi yang disampaikan. Termasuk di dalamnya adalah rambu perintah, larangan, tanda bahaya, dan petunjuk. 

Arti Rambu Lalu Lintas Petunjuk



Masing-masing jenis rambu ini memiliki maknanya tersendiri sesuai dengan peran dan fungsinya sebagai isyarat dalam pengaturan lalu lintas. Dari sekian jenis tersebut, dalam ulasan kali ini, akan dibahas terkait arti rambu lalu lintas petunjuk. 

Rambu ini kerap ditemui di sisi pinggir jalan raya. Dengan ciri khas menggunakan warna dasar hijau maupun biru dan putih pada papan rambunya, rambu lalu lintas petunjuk ini memiliki arti yang beragam. Berikut ulasannya.

Tanda Rumah Sakit


Sering kali rambu jenis petunjuk bermaksud memberikan informasi terkait keberadaan sarana umum tertentu. Salah satunya adalah rumah sakit. Jenis sarana ini cenderung banyak dicari oleh masyarakat dalam kondisi darurat.

Rambu yang menandakan adanya rumah sakit pada area tersebut, akan memudahkan masyarakat dalam menemukannya. Rambu rumah sakit memiliki tampilan simbol bergambar ranjang dengan tanda + berwarna merah pada sisi kanan atas rambu ini.

Tanda Penginapan


Hampir mirip dengan simbol yang dimiliki rambu petunjuk rumah sakit, rambu yang menunjukkan adanya penginapan juga menggunakan simbol berupa ranjang. Bedanya adalah, pada rambu petunjuk penginapan tidak memiliki tanda + pada salah satu sisinya.

Rambu ini memberikan informasi bahwa di sekitar area tersebut terdapat hotel, motel, atau jenis penginapan lainnya. Hal ini akan mempermudah pengguna jalan yang sedang membutuhkan lokasi beristirahat ketika sedang melakukan perjalanan jauh menuju luar kota.

Tanda SPBU


SPBU merupakan lokasi yang paling sering dicari saat sedang menempuh perjalanan. Hal ini karena SPBU selain sebagai tempat pengisian bahan bakar, juga sangat bersahabat sebagai rest area. Hal tersebut mengingat SPBU memiliki fasilitas yang lengkap seperti kamar mandi, mushola, dan minimarket.

Pengguna jalan raya akan lebih mudah menemukan letak SPBU terdekat dengan adanya rambu yang bersimbol seperti alat pengisi bahan bakar. Simbol ini menandakan bahwa pada area sekitar rambu tersebut terdapat SPBU terdekat.

Tanda Orang Jalan Kaki


Rambu petunjuk juga ada yang digambarkan dengan dua orang yang sedang berjalan kaki. Rambu ini memiliki arti bahwa area yang ditempati rambu orang berjalan memang diperuntukkan bagi pejalan kaki. 
Hal ini menandakan bahwa, pengguna kendaraan, dilarang melintasi area tersebut. Petunjuk ini sebaiknya dipenuhi agar pemanfaatan fasilitas lalu lintas yang ada dapat digunakan dengan maksimal. Dengan tidak berkendara di sekitarnya juga akan menghindarkan hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Tanda Jalan Tol


Jalan tol adalah sebuah sarana khusus mobil di jalan raya. Pengemudi yang sering menempuh perjalanan jauh pasti sudah tidak asing dengan jalan tol yang dapat membuat perjalanan lebih cepat dan efisien.
Rambu yang menandakan adanya jalan tol memiliki simbol dua garis yang dilengkapi simbol garis melintang di atasnya, yang berarti gerbang tol. Adanya rambu ini mengisyaratkan bahwa jarak beberapa meter ke depan, pengemudi akan segera menemukan gerbang tol yang bisa dilintasi. 

Tanda Arah Kota Di Persimpangan


Tanda ini berlaku sebagai petunjuk bagi para pengguna jalan raya agar lebih mudah menentukan arah ke kota tujuan. Rambu dengan tanda arah kota di persimpangan menunjukkan arah mana yang dapat ditempuh untuk mencapai kota tujuannya.

Rambu jenis ini biasa ditemui di persimpangan jalan raya yang menghubungkan arah kota satu sama lain. Memahami arti dari simbol ini cukup mudah. Ikuti arah panah yang tertera pada papan rambu petunjuk untuk mengetahui arah mana yang perlu dilintasi untuk sampai di kota tertentu. 

Tanda Arah Kota


Hampir sama dengan rambu sebelumnya, namun tanda arah kota lebih cenderung tidak dipasang pada area persimpangan. Rambu ini banyak didapati di titik tertentu pada ruas jalan raya yang sekiranya lebih jauh dari persimpangan.

Tanda ini memiliki tampilan nama kota dengan arah panah yang menyertainya. Hal ini menandakan bahwa kota yang akan dituju dapat ditempuh dengan jalur yang sesuai dengan arah panah yang tertera pada rambu tersebut.

Rambu lalu lintas dan artinya disini memang sangat penting dipahami, apalagi rambu petunjuk yang kadang masih awam. Dengan memahaminya, akan lebih mudah bagi Anda menemukan informasi maupun fasilitas umum tertentu. 

Post a Comment

4 Comments

  1. wah sangat bermanfaat, terima kasih informasinya ya kak :D

    ReplyDelete
  2. Saya pernah ketemu pas nyetir di Oman, rambu gambar Onta. Kirain itu apa, ternyata disekitar situ banyak Onta yang melintas.

    ReplyDelete
  3. Hi Mbak Lidya. Apa khabar? Sudah lama saya nggak Blogwalking. Semoga sehat sehat selalu ya Mbak.

    ReplyDelete
  4. Kalau sudah di jalan selain mematuhi rambu, juga perhatikan sekitar, kadang kita yang patuh ada yang kurang patuh... sama jaga emosi... hehe selalu adem...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya