Sulit Konsentrasi? Coba Perbaiki Kualitas Tidur Dulu

Sulit Konsentrasi? Coba Perbaiki Kualitas Tidur Dulu. Pernah gak merasa kesulitan untuk berkonsentrasi waktu mau mengerjakan sesuatu? Contohnya mau nulis postingan blog gitu? Saya pernah banget. Sudah duduk di depan laptop tapi belum satu paragraf pun yang bisa ditulis, kalau sudah ada tulisan biasanya merasa gak puas dan dihapus kembali. Rasanya buntu sekali ide ini keluar dari otak. Coba deh diingat-ingat penyebabnya kenapa bisa mengalami hal tersebut?

Perbaiki Kualitas





Salah satu faktor sulit berkonsentrasi adalah kurang baiknya kualitas tidur kita. Mungkin banyak dari kalian yang mengalami keluhan yang sama dengan saya. Tidurnya sudah lumayan lama tapi bangun tidur kok terasa lemas bahkan kadang suka bad mood. Ternyata cukup tidur saja gak cukup kalau kurang berkualitas.


Pas sekali nih, beberapa waktu lalu saya mengikuti webinar tentang "Kesehatan dan Produktivitas Dimulai dari Tidur Berkualitas" (18/6) yang diadakan oleh Deltomed Laboratories dan Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN).

Lewat Zoom Meeting IIDN narasumber  membagikan materi yang bermanfaat, mereka adalah apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc - Chief Business Development and R&D Deltomed Laboratories, Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.(Herbal) - Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, dan Sara Neyrhiza sebagai moderator dari IIDN.

kualitas tidur




Pentingnya Kuantitas dan Kualitas Tidur Untuk Kesehatan


Berapa lama biasanya tidur di malam hari? Hmmm bagusnya sih memang sekitar 7-8 jam ya. Tapi semenjak pandemi ini saya kesulitan tidur di malam hari. Alhamdulillah Kalau sekarang mulai ada perbaikan.

Tidur merupakan istirahat terbaik bagi tubuh kita untuk mengembalikan energi sehingga kita bisa menjalankan kegiatan di esok harinya. Ketika tidur inilah otak kita membersihkan racun-racun atau mendetox dari pikiran kita.

Menurut dr. Inggrid kualitas dan kuantitas itu penting tapi menjaga kualitas tidur yang harus lebih ditingkatkan. Jadi, misalnya tidurnya agak kurang tetapi berkualitas itu lebih bagus. Ya, tapi gak sampai begadang juga lho, apalagi di masa pandemi kita butuh istirahat supaya daya tahan tubuh terjaga.

πŸ’— Perbedaan Kuantitas Tidur dan Kualitas Tidur


Buat yang masih bingung perbedaannya, berikut ini pemaparan dari dr. Inggrid :

Kualitas Tidur adalah banyaknya jam tidur di malam hari biasanya untuk orang dewasa sekitar 7-9 jam. Tapi ini gak bisa dijadikan patokan karena setiap orang bisa saja berbeda kebutuhannya.

Kuantitas Tidur seseorang bisa dikatakan baik diantaranya ada beberapa faktor antara lain bisa tidur dalam waktu kurang dari 30 menit, terbangun di malam hari dan susah untuk tidur kembali.

Supaya kualitas tidur kita bisa tercapai adalah harus melalui siklus tidur atau sleep cycle yang terdiri dari 
  • Tahapan 1 non-REM - tidur ringan
  • Tahapan 2 non-REM - tidur nyenyak
  • Tahapan 3 Deep Sleep non-REM
  • Tahapan tidur REM

Pernah kan saat bangun tidur merasa tidak fit? berarti  tahapan tidur deep sleep-nya masih kurang menurut dr Victor. Kebutuhan deep sleep umumnya sekitar 2 jam tapi kurang-kurang sedikit gak apa-apa sih. Saya sempat mengukur juga kualitas deep sleep menggunakan smartwatch sekitar 1.5 jam saja. Efeknya memang sangat segar ketika bangun pagi hari. Berbeda halnya ketika saya cek lamanya deep sleep di bawah 1 jam.




πŸ’— Pengaruh Tidur Untuk Kesehatan


kualitas tidur adalah


Kalau dilihat dari poin-poin yang pengaruh tidur baik untuk kesehatan, beberapa poin pernah saya alami. Paling sering sih mengalami moody dan daya tahan tubuh menjadi menurun.

πŸ’— Cari Tahu Penyebab Gangguan Tidur dan Tingkatkan Kualitas Tidur


Gangguan tidur yang sering dialami tiap orang berbeda, mungkin sedang sakit, stres, sedang mengonsumsi obat-obatan atau karena gangguan lingkungan. Kalau tidak segera diperbaiki penyebab gangguan tidur tersebut pastinya akan mempengaruhi kualitas tidur kita.

perbaiki kualitas tidur


Dokter Inggrid juga membagikan hal-hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Memang sih setelah saya lakukan tipsnya sangat bermanfaat sekali.

Melakukan exercise atau olahraga membantu saya supaya bisa cepat tidur di malam hari. Tapi, kadang-kadang masih ada gangguan tidur juga sesekali padahal sudah tidur dalam keadaan gelap. Ternyata setelah saya ingat-ingat terlalu banyak kafein sebelum tidur, karena saya suka sekali minum teh.



πŸ’— Perbaiki Kualitas Tidur Dengan Herbal


Indonesia sejak dulu terkenal dengan tanaman herbalnya yang juga dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa bahan herbal yang bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas tidur antara lain Valerian, Lavender, Hop, Chamomile, Hawthorn, Rosemary, St. John's Wort, dan Passion Flower.

Yang saya kenal hanya Lavender, Chamomile, dan Rosemary saja. Kebetulan saya suka memberikan oil lavender pada diffuser yang bermanfaat juga untuk membantu tidur di malam hari supaya tidur lebih nyenyak.

Dari sekian banyak tanaman herbal yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur, tidak mudah didapatkan di sekitar kita apalagi jika untuk dikonsumsi karena tidak semua orang bisa membuat ramuan herbal dengan benar.

Tapi saat ini kita bisa dengan mudah konsumsi obat herbal dalam bentuk tablet untuk memperbaiki kualitas tidur soalnya ada Antangin Good Night.

Tablet Herbal Untuk Perbaiki Kualitas Tidur


Antangin Good Night sebagai tablet herbal yang mengandung Passion Flower Extract, Valerian Extract dan Jahe ini bisa membantu meningkatkan kualitas tidur kita serta meredakan masuk angin.

antangin good night



Saya pun penasaran ingin mencoba Antangin Good Night, waktu diminum terasa sekali aroma herbal dan hangat. Waktu bangun di pagi hari terasa segar dan gak moody lagi.

πŸ“ŒAlasan Antangin Good Night Aman 


Oh ya tablet herbal Antangin Good Night ini aman kok karena sudah memenuhi persyaratan :
  • BPOM yang sudah memberikan persetujuan pada Deltomed dalam pembuatannya dari segi Quality, Safety, dan Efficacy.
  • CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional): petunjuk yang menyangkut aspek produksi dan pengendalian mutu obat tradisional
  • ISO 9001 : Mutu produknya baik
  • Halal dari MUI



πŸ“Œ Cara Penggunaan


Tablet Antangin Good Night bisa dikonsumsi 2 tablet sebelum tidur. Tapi kebutuhan tiap orang berbeda, jika diperlukan dapat ditingkatkan jumlah tabletnya.

πŸ“Œ Beli Antangin Good Night Dimana?


Saya mencoba membeli Antangin Good Night dalam kemasan Stip yang berisi 4 tablet. Kemasan lainnya juga tersedia dalam karton yang terdiri dari 50 Box di mana tiap Box terdiri dari 20 Strip.

Antangin Good Night bisa dibeli di Deltomed Store (Official) di beberapa marketplace juga di beberapa apotek dan toko obat.

Untuk informasi lebih lengkap bisa dilihat di Instagram @antangin_id

Antangin Good Night digunakan untuk membantu meningkatkan tidur berkualitas, tapi perlu diimbangi dengan nutrisi yang baik dan olahraga yang cukup agar badan tetap fit. 

Post a Comment

24 Comments

  1. Mbaaa, aku tuh pernah datang ke acara pameran kasur premium, di mana bintang tamunya Choky Sitohang. Doi bilang gini:
    “Tidur itu BUKAN penutup hari. Tidur adalah awal dari hari kita. Bagaimana kualitas dan kuantitas tidur, itu akan berpengaruh pada produktivitas kita. Selama ini, orang kerap terjebak menganggap tidur sesuatu yang take it for granted. Padahal, kalau tidur tidak berkualitas, bakal berpengaruh negatif terhadap kondisi tubuh dan psikis, yang pada gilirannya ini berpengaruh negatif untuk masa tua kita,”

    Nah, aku setujuuu banget ama Choky, dan Alhamdulillah, seneng banget baca ulasan ini. InsyaALLAH ini bisa mengantarkan daku dan kita semua utk bisa tidur dgn kualitas prima, yeayy!

    ReplyDelete
  2. Efek kurang tidur atau tidur gak berkualitas tuh emang kemana-mana ya.. Makanya kudu diperbaiki nih kualitas tidur biar lebih sehat dan produktif lagi.. Aku sih belunm coba antangin good night. ..kayaknya perlu nih dicoba

    ReplyDelete
  3. Aku nih termasuk orang yang sulit tidur. Biasanya bisa lekas tidur kalau sedang kurang fit malah hehehe :D Biasanya aku minum air teh hangat atau susu hangat supaya lekas mengantuk. Sekarang asyik nih udah ada solusi cepat dan tepat ya. Antangin Good Night. Wah, aku jadi kepengen coba deh, supaya kualitas tidur aku sehari semakin membaik. TFS ya mak Lid.

    ReplyDelete
  4. Suka juga kadang2 ada masanya sussah konsentrasi dan bener banget Mba Lid, karen jam tidur terganggu dan ga berkualitas dan mengganggu kesemua kerjaan.
    Semoga saja dengan mengkonsumsi Antangin Good Night tidurku makin berkualitas kalo lagi dibutuhkan.

    ReplyDelete
  5. Ketika tidur otak kita membersihkan racun-racun atau mendetox dari pikiran kita sebenarnya ya tapi kitanya sendiri yang membuatnya tak maksimal bekerja ya. Hm, perlu Antangin Good Night nih.

    ReplyDelete
  6. Kalau udah ada ijin BPOM, CPOTB, ISO, dan Halal MUI sih ngga perlu ragu lagi ya mam, soalnya kualitas istirahat tuh memang penting banget untuk mempertahankan produktivitas tetap prima

    ReplyDelete
  7. benar sekali mbak, kualitas dan kuantitas tidur itu beda banget yaa. tidur sebentar tapi berkualitas lebih baik dibandingkan tidur lama tapi gak berkualitas. Pernah pas ngantuk banget, terus tidur sekejap, bangun bangun seger banget

    ReplyDelete
  8. Perlu stok di rumah nih karena agak terganggu tidurku apalagi masa pandemi gini buka medsos imun jadi terganggu tidur tak nyenyak pun

    ReplyDelete
  9. Wah bisa cek sendiri berapa lama deep sleep? Bagaimana caranya mbak?
    aku kan masih menyusui, jadi tiap malam kerap terbangun untuk menyusui. Ada tips cara tidur nyenyak untuk ibu menyusui?

    ReplyDelete
  10. oh jadi bisa dibeli di toko obat dan supermarket ya mba, aku kira ada di Alfamidi dan Indomaret, hehhe asiapp aku mau beli ah di apotek terdekat

    ReplyDelete
  11. Banyak tidur gak jamin kualitasnya ya. Aku sering gitu. Kebangun dan susah balik tidur. Terus tidur nyenyak meski sebentar, ini idaman banget. Memang rasanya kudu perbaiki banyak hal biar kualitas tidur jadi lebih baik

    Nanti coba nyari Antangin Good Night juga deh

    ReplyDelete
  12. Aku rasanya ingin sekali punya waktu bisa hibernasi tapi apa daya di rumah aku selalu mencoba produktif biar imun tetap happy. Tapi aku tuh tipe orang yang gak bisa tidur cepat sesungguhnya, jadi aku perlu juga nih stok Antangin di rumah.

    ReplyDelete
  13. Iya tuh.. Kalo kurang tidur jadi buntu, blank, dipake tidur gak bisa. Dan ternyata ada herbal dari Antangin Good Night yang bisa tidur jadi nyenyak

    ReplyDelete
  14. Belakangan ini saya kurang tidur, bukan karena begadang tapi karena emang nggak bisa tidur. Akhirnya paginya jadi susah konsentrasi dan males mau ngapa-ngapain. Kayanya perlu nih dibantu dengan Antangin Good Night. Nanti mau nyoba ah.

    ReplyDelete
  15. Bagaimana cara mengukur deep sleep Mbak?
    Akhir-akhir ini banyak yang tidak bisa tidur nyenyak, termasuk aku nih Mbak. Sering terbangun di malam hari. Apalagi dinginnya menusuk tulang kayak gini, masih ditambah kecemasan karena angka positif naik gila-gilaan gini

    ReplyDelete
  16. Ternyata tidur pun ada tahapannya ya, dan kalau ada yang nggak terpenuhi, atau terpenuhi tapi terlalu singkat, membawa efek yang nggak baik bagi tubuh

    ReplyDelete
  17. wah ternyata kurang tidur bikin sulit konsetrasi ya mbak
    makanya penting banget ya buat bisa tidur berkualitas setiap harinya

    ReplyDelete
  18. Saya sering merasa gak fit. Memang masih berantakan pola tidurnya. Butuh disiplin juga. Semoga saya bisa memperbaiki pola tidur. Capek juga kalau gak fit terus

    ReplyDelete
  19. Tidur emang mempengarui kesehatan banget ya mbak, tentu aja bobonya kudu yang berkualitas, bukan sekadar bobo berjam2 hehe
    Wah deepsleep 1,5 jam dah bikin seger ya?
    keinget pak Habibie yg katanya kalau bobo cuma 2 jam :D
    Aku mayan sering nih gangguan bobo khususnya susah bobo gtu
    Antangin Good Night ini kapan2 bisa deh kyknya aku coba juga, khususnya pas lg gak enak badan dan susah tidur

    ReplyDelete
  20. walau gak punya masalah sama urusan tidur, tapi kayaknya harus stok ya. Karena kadang ada aja yg dipikirin menjelang tidur sampe2 tu pas bangun berasanya gak seger banget krn tidurnya tidur ayam

    ReplyDelete
  21. Terima kasih untuk infonya ini, mbak Lia
    Selama ini tidur asal tidur aja
    Dimanapun
    Ternyata kalau mata terbangun artinya kurang famous

    ReplyDelete
  22. Pernah banget...banget.
    Ada postingan yang menurutku tuh..gak dapat "soul"nya gitu... karena susah konsentrasi tapi dipaksakan selesai.
    Ini akibat deadliners, huhuu..

    Kudu memperbaiki kualitas tidur banget banget yaah..
    Dengan Antangin Good Night yang praktis dan aman dikonsumsi.

    ReplyDelete
  23. Jadi.. Kuantitas dan kualitas tidur itu sama pentingnya ya? Kan sering banyak yang bilang kalau utamakan kualitas tidur jadi meskipun tidurnya sebentar, asal nyenyak itu malah bagus.

    ReplyDelete
  24. Kualitas tidur nyenyak itu yaaaaa dipengaruhi sama :

    1. Dompet yang tebal atau tydac
    2. ART siap cuci setrika - sapu - pel - masak memasak

    kabur ah takut dikeplak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya