Dengan DIY Papercraft Template, Yuk Asah Kreativitas Anak

Dengan DIY Papercraft Template, Yuk Asah Kreativitas Anak. Supaya anak gak terlalu sering main gadget, pastinya harus dialihkan dengan kegiatan lainnya yang menarik. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, aktivitas sehari-hari tidak lepas dengan gadget baik smartphone maupun laptop. Sebisa mungkin memang harus dibatasi screen time anak untuk menatap layar supaya gak ada masalah pada penglihatannya. Trus mereka main apa dong? Cobain DIY Papercraft template yang dicari dari internet, yuk!

DIY Papercraft Template



Berawal dari keisengan si bungsu, Alvin yang mencetak gambar Tanjiro salah satu tokoh anime di Demon Slayer. Jangan tanya ini anime apa ya hehehe, soalnya saya gak suka nonton anime.

Waktu saya tanya Alvin "Ini buat apa De?" Katanya nanti digunting trus dilem gitu jadi deh buat pajangan. Wah boleh juga ya idenya gitu. Sejak saya komplain untuk ga terllau sering depan laptop, dia jadi cari kesibukan sendiri. Maklum sekarang kan sudah kelas 6 harus fokus ke ujian juga nanti sebagai persiapan lulus SD.

Manfaat DIY Papercraft


Papercraft yang umum digunakan banyak orang adalah origami. Dari selembar kertas berwarna bahkan yang memiliki pola kita bisa berkreasi membuat berbagai bentuk yang diinginkan. Sedangkan papercraft yang Alvin gunakan di sini sebuah gambar cetak yang harus digunting terlebih dahulu lalu direkatkan menggunakan lem supaya bisa dijadikan sebuah bentuk tertentu.

download papercraft template



Melalui papercraft ini kita bisa mengasah motorik anak lho, baik motorik kasar maupun halus. Lewat aktivitas menggunting, kita bisa melatih kesabaran dan ketelitian. 

Anak-anak juga bisa melatih konsentrasi lho, saat menyatukan potongan-potongan kecil papercraft supaya bisa membentuk sebuah figure.

Setelah berhasil membuat, kepercayaan diri anak juga bisa meningkat karena mereka akan mendapatkan kepuasan sendiri dari hasil kerja kerasnya. Dari ini bisa ditingkatkan lagi kreativitasnya dengan membuat model yang lebih rumit lagi.


Pilih Model DIY PaperCraft

Kalau si sulung, Pascal dia biasanya suka membuat DIY sendiri tanpa harus mencetak gambar terlebih dahulu dari internet. Tapi buat saya atau siapapun yang kurang mahir membuat sendiri gambar, gak usah khawatir karena bisa mencetak gambar yang diinginkan, tanpa mengurangi manfaatnya.

Kita bisa download papercraft template yang banyak disediakan di dunia maya, salah satu website yang sering kami gunakan untuk mencetak model adalah paperizedcrafts.com dan creativepark.canon.com.

Setelah melihat-lihat banyak bentuk DIY papercraft, akhirnya saya juga tertarik mencetak dan membuatnya juga. Ternyata betul lho, setelah berhasil membuatnya ada rasa kebahagiaan sendiri yang muncul. Aktivitas menyenangkan ini bisa juga dijadikan salah satu cara untuk me time. Melakukan aktivitas yang monoton setiap harinya membuat jenuh, makanya harus bisa mencari inspirasi untuk mengatasi kejenuhan tersebut. 

Kalau Alvin sukanya membuat DIY Papercraft berbentuk animasi gitu atau minecraft papercraft. Sedangkan saya suka dengan papercraft makanan atau bentuk-bentuk ruangan. Setiap orang punya pilihan sendiri, apapun itu yang penting bisa dilakukan dengan menyenangkan.

Papercraft template free download



Yuk, yang mau makan siang pakai sushi bisa ambil aja suka sushi nigiri varian yang mana? Buat pencinta sushi pasti udah gak asing dong dengan Nigiri ini, yaitu sushi yang penyajiannya menggunakan nasi dan diatasnya menggunakan potongan ikan mentang seperti tuna, udang, salmon, telur ikan dan lainnya.

Papercraft template free download bisa diandalkan apalagi jika kita mempunyai printer di rumah. Tapi, kalau pun gak punya bisa mencetak ke rental komputer atau membeli print-out di marketplace, lho. Waktu saya lihat di salah satu marketplace harganya juga gak terlalu mahal mulai dari 6 ribuan, 20 ribuan hingga seratus ribuan. Pilihan aja sih menurut saya, apapun bisa dilakukan untuk refreshing asalkan tidak memberatkan.

Melalui DIY Papercraft Template bukan cuma anak yang bisa refreshing, tapi orangtua juga bisa mengasah kreativitas. Kalian ada yang suka mencoba DIY apa aja selain papercraft? Sharing, yuk, siapa tau bisa dijadikan inspirasi juga untuk orang lain 



Post a Comment

11 Comments

  1. wah keren sekali hasilnya, selain melatih motorik anak juga imaginasinya yaa mba ;)

    ReplyDelete
  2. Bagus ini yah buat mengasah kreativitas anak. Anak saya lebih suka gambar. Kalo papercraft dia malas gunting2

    ReplyDelete
  3. Menarik banget nih, anak-anak saya suka mainin kertas, tapi yang sederhana sih, bebikinan kayak pesawat, kapal dan semacamnya, abis itu disebar deh ke mana-mana, mamak kebagian bersihinnya hahaha.

    Cobain pakai DIY Papercraft Template kali ya, biar lebih fun :)

    ReplyDelete
  4. waahh, seru ini.. makasih mba link papercraft nya.. jadi pengen DIY yang sushi itu dulu deh aku, anakku lagi seneng makan sushi soalnya ^^

    ReplyDelete
  5. Aiih... cakep banget DIY papercraft buatan Alvin. Kayak beneran hehe... Alvin kreatif deh...

    ReplyDelete
  6. Bener-bener kreatif, deh, Mbak. Selama ini papercraft kalau di rumah hanya dibuat untuk origami aja. Ternyata bisa juga dicetak, digunting dan disusun seperti aslinya ya ...

    ReplyDelete
  7. Wah hasilnya lucu2 banget yah mbaaak, cucok buat dipajang

    Iya nih Fathir juga pegang hape dan main game terus nih, coba suruh main papercraft biar makin kreatif deh hehe

    ReplyDelete
  8. Mba, anakku suka DIY mba. Dan aku kayaknya pengen juga beliin buat anakku mba. Apalagi ini ada banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  9. Gemessss banget sushinya mbaaaa.... Dulu akupun senang bebikinan DIY seperti ini, nyari template di pinterest. Kalau sekarang agak ribet pegang-pegang cutter karena ada balita yang "selalu ingin membantu" ya hihihi.... Jadi palingan nyari2 template mewarnai aja, biar bisa dikerjain bareng anak....

    ReplyDelete
  10. Waaah aku demen banget nih main papercraft gini. Favoritku bentuk kapal. Meja kantorku dulu penuh ama mainan papercraft macem-macem kapal, hasil iseng kalo lagi nganggur.

    ReplyDelete
  11. paper craft kalau download harus pakai kertas khusus gak? Hvs bisa tidak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya